5 Manfaat Pijat Bayi Bagi Pertumbuhan dan Perkembangan

0
67
manfaat pijat bayi
manfaat pijat bayi

Pijat adalah salah satu terapi yang baik bagi bayi di awal tumbuh kembangnya. Pijat pada bayi telah diketahui memiliki banyak manfaat salah satunya adalah membantu untuk mengoptimalkan tumbuh kembang menjadi lebih baik. Pijat bayi bisa dilakukan sejak bayi lahir. Kekuatan pemijatan biasanya dilakukan bertahap sesuai dengan usia. Pada bayi baru lahir, pemijatan baru sebatas sentuhan lembut. Saat usia bayi bertambah, penekanan bisa ditambahkan sehingga bayi akan benar-benar merasakan pijatan lembut. Nah, pada artikel kali ini saya ingin mengulas salah satu manfaat pijat bayi khususnya dalam aspek tumbuh kembang anak.

Cara melakukan pijat bayi, baca : Cara Memijat Bayi yang Benar

Manfaat Pijat Bayi Bagi Pertumbuhan dan Perkembangan

Setidaknya ada 5 manfaat utama pijat bayi bagi pertumbuhan dan perkembangan anak, yaitu sebagai berikut :

Meningkatkan berat badan

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Prof.T.Field & Scafidi menunjukkan bayi prematur yang mendapatkan pijatan rutin ternyata mengalami peningkatan berat badan yang lebih baik dibandingkan dengan bayi prematur lainnya yang tidak mendapatkan pijatan.

Meningkatkan pertumbuhan

Schanberg, seorang ilmuwan lain juga melakukan penelitian untuk mengetahui manfaat pijat terhadap bayi. Ia melakukan penelitian kepada tikus untuk mengetahui bagaimana pengaruh rangsangan taktil/rangsangan sentuh pada tikus. Ternyata hasil pengamatan menunjukkan bahwa tikus yang tidak mendapatkan rangsangan sentuh mengalami penurunan kadar hormon pertumbuhan. Dari hasil inilah, diketahui bahwa pijat bayi akan berpengaruh terhadap aspek pertumbuhan bayi.

Baca juga : 6 Manfaat Sentuhan pada Pijat Bayi

Membuat tidur bayi lebih pulas

Dengan melakukan pijat bayi, maka peredaran tubuh si kecil menjadi lebih lancar. Darah pada tubuh manusia akan mengalir ke seluruh bagian tubuh, tidak terkecuali pada bagian otaknya. Salah satu zat penting yang diangkut oleh darah adalah oksigen. Fungsi otak akan semakin optimal ketika asupan oksiegn mencukupi kebutuhan oksigen otak. Jika kebutuhan tersebut terpenuhi, akan membuat konsentrasi dan kesiagaan bayi menjadi lebih baik.

Umumnya, bayi yang dipijat akan tertidur lebih lelap. Selanjutnya pada waktu bangun, konsentrasinya akan lebih penuh. Dengan tidur yang lelap dan efektif, si kecil akan merasa bugar saat terbangun. Kebugaran dan kesehatan tubuh ini akan sangat menunjang konsetrasi dan kerja otak si kecil. Tidak hanya berpengaruh pada kualitas tidur, pijat bayi juga akan memberikan rangsangan pada indera bayi meliputi rangsangan pada indera peraba, indera penglihatan dan pendengaran. Rangsangan atau stimulan ini akan meningkatkan daya ingat dan kesanggupan belajar pada bayi.

Mengatasi masalah keterlambatan perkembangan

Pijat bayi juga mengatasi masalah perkembangan, mendeteksi adanya gangguan pada fisiknya, hiperaktif , gangguan tidur dan susah makan serta untuk mengatasi anak dengan gangguan sindrom

Baca juga : 4 Manfaat Menggendong Bayi yang Menakjubkan

Memperkenalkan bayi sejak dini tentang bagian tubuhnya

Selama proses pemijatan berlangsung, Mak harus tetap menjaga komunikasi dengan bayi ya. Ini penting, karena selama proses pemijatan Mak bisa mengenalkan kepada si kecil sejak dini tentang bagian tubuhnya serta apa saja fungsinya. Misalnya “ Ini tangan dede,bisa untuk pegang mainan ya”, dan sebagainya.

Nah Mak, ternyata dari aspek pertumbuhan dan perkembangan saja, banyak sekali manfaat pijat bayi ya. Masih banyak aspek lainnya yang juga mendapatkan manfaat dari pemijatan pada bayi. Jadi, yuk jadikan pijat bayi sebagai aktifitas rutin dirumah. Tidak perlu keluar rumah dan bayar baby spa yang berharga mahal. Karena pijat bayi sederhana dan simpel bisa dilakukan dirumah, baik oleh Mak, ayah atau anggota keluarga lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here