10 Manfaat Matcha, Serbuk Hijau yang Ajaib (+Resep)

0
43

Matcha, teh yang sedang happening ini ternyata ajaib. Ada banyak manfaat matcha yang dapat Anda peroleh. Di antaranya, untuk kesehatan, kecantikan, bahkan untuk kuliner. Di dunia kuliner, serbuk hijau ajaib ini dapat dijadikan sebagai pewarna alami dan perasa yang dapat meningkatkan nilai suatu hidangan. Tak heran jika matcha dinobatkan sebagai salah satu superfood.

Cek juga: 15 Aneka Tanaman Berkhasiat Turunkan Kolesterol.

manfaat matcha
http://www.blogbarradecereal.com.br/

Matcha Sama dengan Teh Hijau?

Matcha adalah teh hijau yang berbentuk bubuk. Serbuk hijau ajaib ini dibuat dari daun teh hijau berkualitas tinggi yang digiling super halus hingga berbentuk serbuk atau tepung. Ketika Anda menyeduh daun teh hijau, Anda hanya akan meminum hasil seduhan tersebut. Namun, berbeda dengan matcha. Ketika menyeduh matcha dengan air panas, yang Anda konsumsi adalah keseluruhan daun teh hijau. Oleh karena itulah, harga matcha lebih mahal daripada teh hijau seduh.

Manfaat Matcha

Ada 10 manfaat matcha yang baik bagi kesehatan tubuh. Di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Sumber Antioksidan

Matcha mengandung antioksidan tinggi. Zat ajaib ini dikenal sebagai penangkal radikal bebas sehingga bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Bagi kesehatan, antioksidan melindungi tubuh terjangkit berbagai penyakit berbahaya. Sementara bagi kecantikan, antioksidan mampu membuat kulit terlihat lebih muda.

Kandungan antioksidan pada matcha lebih tinggi 60 kali lipat daripada antioksidan pada bayam. Sementara jika dibandingkan dengan antioksidan pada cokelat hitam, matcha unggul 7 kali lipat.

2. Anti Kanker

Matcha mengandung EGCg (Epigallocathecin-gallate) yang baik sekali untuk membunuh sel-sel kanker. Peran senyawa EGCg dalam membunuh sel kanker ini lebih menguntungkan dibandingkan dengan kemoterapi. Ini karena kemoterapi selain membunuh sel kanker, juga membunuh sel normal. Sementara, senyawa EGCg lebih spesifi menyerang sel kanker. Kandungan EGCg pada matcha 100 kali lebih tinggi dibandingkan dengan jenis teh lainnya.

3. Anti Stress

Mengonsumsi matcha dapat menimbulkan efek relaksasi atau menenangkan pikiran. Ini akibat zat asam amino L-Theanine yang terkandung di dalamnya. Namun, tenang saja, Mak. Walaupun dapat menimbulkan efek relaksasi, mengonsumsi matcha tidak menimbulkan kantuk. Malahan, stress bakalan hilang.

4. Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

Selain untuk relaksasi, asam amino L-Theanine pun berperan dalam meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.

5. Sumber Energi

Pada zaman dahulu, matcha dijadikan minuman penambah energi di Jepang. Ini karena kandungan kafeinnya. Namun uniknya, kafein pada matcha ini tidak menimbulkan jantung berdebar-debar. Ini karena jasa L-Theanine yang bersifat menenangkan.

6. Membakar Kalori

Mengonsumsi matcha dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu, juga membantu membakar lemak dalam tubuh sebanyak 4 kali lebih cepat dibandingkan biasanya. Dan ini tidak menimbulkan efek samping apapun. Seperti jantung berdebar-debar dan tekanan darah tinggi.

7. Detoksifiksi

Matcha mengandung zat klorofil yang sangat tinggi. Zat ini tidak hanya memberikan efek warna hijau yang cantik saja. Namun, juga sebagai zat pendetoks alami yang sangat ampuh. Klorofil mampu menghilangkan logam berat dan zat kimia dalam tubuh.

8. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Senyawa Catechin mengandung antibiotik yang mampu meningkatkan kesehatan tubuh. Dalam 1 cangkir matcha terkandung kalsium, kalium, vitamin A, vitamin C, zat besi, dan protein dalam jumlah yang tinggi. Selain itu, penelitian lebih lanjut pun menyatakan bahwa Matcha kemungkinan mampu menghambat HIV pada T-sel manusia.

9. Baik Bagi Kesehatan Jantung

Penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi matcha mampu meningkatkan kolesterol baik (HDL). Bersamaan dengan itu, jumlah kolesterol jahat (LDL) pun menurun. Dengan demikian, mengonsumsi matcha dapat mengurangi potensi sakit jantung.

10. Rasanya Enak

Ini dia manfaat yang paling mudah dirasakan. Selain memiliki segudang manfaat yang super, rasa matcha ini enak! Superfood ini nikmat disajikan dalam berbagai bentuk makanan dan minuman.

Ingin tahu berbagai resep kreasi matcha? Yuk, simak saja uraian berikut.

Aneka Resep Matcha

1. Puding Matcha

silky green tea pudding

2. Pie Susu Matcha

cara membuat pie susu green tea

3. Matcha Latte

resep matcha latte

4. Crispy Matcha Almond Cookies

cara membuat crispy matcha almond cookies

5. Waffle Matcha
6. Matcha Praline
7. Kue Cubit Matcha
8. Donat Matcha
9. Matcha Mug Cake
10. Matcha Cake
11. Kue Kering Matcha
12. Mochi Matcha
13. Es Krim Matcha

Wow! Superfood hijau ini memang benar-benar ajaib ya, Mak. Selain kaya manfaat, rasanya pun enak. Jadi, siapa bilang mau sehat itu tidak boleh makan dan minum enak? Yuk, mengonsumsi matcha. Supaya manfaat matcha ini benar-benar terasa. Be healthy.

Baca juga: Suplemen untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri.

Source: 

  • http://wellnessmama.com/
  • http://www.naturallivingideas.com/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here