Manfaat Makanan Pedas untuk Kesehatan

0
22

makanan pedas

Makanan pedas di Indonesia selalu menjadi primadona dalam bentuk apapun. Mulai dari rendang khas Sumatera Barat, karedok dari Jawa barat, sambal goreng ati, keripik pedas dalam berbagai level pedas, seblak, abon cabai, dll. Semua yang berbau pedas seringkali menjadi makanan yang hits. Hal ini membuktikan bahwa betapa banyaknya penggemar pedas di negeri kita tercinta ini. Bisa jadi Anda salah satunya.

Rasa pedasnya ada yang berasal dari rempah-rempah, ada pula yang berasal dari berbagai jenis cabai yang tumbuh dengan subur di Indonesia. Selain menjadi tersangka utama sakit perut, ternyata makanan pedas ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, Mak. Berikut diantaranya:

Makanan Pedas Ampuh Mengurangi Derita Peradangan Sendi 

Makanan pedas berkuah rempah yang pedas mengandung senyawa tumeric. Senyawa ini memiliki kemampuan istimewac dalam mengurangi peradangan yang terjadi  pada tulang manusia. Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari asam urat atau bahkan rusaknya tulang akibat usia atau pola hidup tidak sehat. Dengan mengonsumsi makanan pedas jenis ini rasa perih atau nyeri yang timbul akan mereda. Selain itu makanan pedas yang mengandung capsaicin ini juga mampu mengurangi rasa nyeri dengan cara mengurangi sel syaraf yang mengirimkan signal rasa sakit ke otak.

Makanan Pedas dapat Membunuh Sel Kanker

Pada makanan pedas, baik yang berasal dari bumbu rempah atau dari cabai juga terdapat kandungan senyawa capsaicin. Menurut penelitian senyawa ini dapat membunuh sel kanker dengan menyerang mitokondria dari sel kanker. Keistimewaannya, walaupun zat ini dapat menghancurkan sel kanker, zat ini tidak menyebabkan kerusakan pada sel-sel lain yang memang bermanfaat bagi tubuh. Sel kanker juga dapat dibasmi dengan kurkumin yang terdapat pada kuah kari yang juga memiliki efek anti kanker.

Makanan Pedas Memperlancar Peredaran Darah

Ini berkaitan dengan kerja jantung dalam memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Makanan pedas yang dikonsumsi terbukti dapat menyehatkan jantung. Jantung yang sehat dapat bekerja dengan baik. Selain itu, konsumsi makanan pedas berbahan cabai juga memiliki kemampuan dalam meningkatkan jumlah darah yang dialirkan ke seluruh tubuh. Pembuluh darah menjadi lebih kuat karena kandungan vitamin A dan C yang terdapat di dalam cabai. Pembuluh darah menjadi elastis hingga dengan mudah menyesuaikan tinggi rendahnya tekanan darah. Hasilnya peredaran darah lancar serta metabolisme tubuh juga berjalan dengan baik.

Makana Pedas Mengurangi Penderitaan Ketika Terserang Flu

Ketika kita menyantap makanan pedas, salah satu reaksi yang ditimbulkan karena rasa pedas ini adalah berkeringat. Dengan keringat yang terkuras karena makanan pedas lendir juga ikut terkuras. Hasilnya, badan yang terasa berat akibat flu yang diderita menjadi lebih enteng. Anda juga bisa bernafas lebih lega karena hidung sudah tidak lagi berasa buntu akibat flu. Itulah sebabnya makanan pedas dapat membantu mengurangi derita yang seringkali dialami saat flu datang menyerang.

Mekanan Pedas Membantu Membakar Kalori

Jika Anda sedang berusaha keras mengurangi banyak lemak dan kalori yang terdapat di tubuh Anda, makanan pedas bisa menjadi salah satu solusinya. Makanan pedas yang dikonsumsi akan membakar kalori lebih cepat, sehingga proses metabolisme bisa dilakukan lebih cepat. Dengan begitu, Anda terhindar dari sembelit dan tidak lagi penumpukan kalori di tubuh. Lemak juga akan berkurang sedikit demi sedikit seiring berkurangnya kalori pada tubuh Anda.

Cukup banyak bukan manfaat makanan pedas bagi tubuh kita, Mak? Namun demikian tingkat kepedasan sebaiknya disesuaikan dengan kekuataan Anda dalam mengecap makanan pedas. Jika Anda belum terbiasa sebaiknya coba sedikit demi sedikit. Semakin lama semakin bertambah tingkatan pedasnya disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan tubuh. Jika tidak kuat, jangan dipaksakan karena setiap orang memiliki batas kekuatan yang berbeda terhadap jenis makanan pedas ini.

 

 

 

 


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here