Yuk, Bunda, Lebih Sayang Mertua dengan Memahami Hal Ini

0
7
Lebih Sayang Mertua
Lebih Sayang Mertua

Ketika menikah, adakalanya Bunda perlu menerima serta memahami mengenai perubahan dan perbedaan yang berasal dari dunia suami, termasuk ikut memunculkan perasaan “lebih sayang mertua”. Secara sejajar mereka juga layak mendapat perlakuan seimbang sebagaimana yang Bunda lakukan terhadap orangtua kandung.

Yuk, Bunda, Lebih Sayang Mertua dengan Memahami Hal Ini

Karena pada umumnya, masih banyak Bunda yang justru menganggap mertua itu serupa orang lain, dan akhirnya mengaburkan hubungan orangtua-anak. Untuk menghindari pemikiran yang demikian, berikut ini hal-hal yang perlu Bunda pahami mengenai mertua agar Anda lebih sayang mertua:

Mertua pun Merasa

Tindakan apapun yang Bunda lakukan pada mereka, pada dasarnya akan mendapat perhatian yang sebanding dengan anaknya. Mereka pun memiliki perasaan yang membuatnya selalu ingin dihargai, diperhatikan, dan juga dikasihi. Oleh karena itu, seandainya ada perbedaan yang terjadi, mereka pun akan merasa bersedih. Seharusnya, jika Bunda mengaku mencintai putra atau putri mereka, maka Bunda tidak akan terlalu sulit juga untuk mencintai orangtuanya. Tapi lagi-lagi, untuk keadaan tersulit, Bunda hanya perlu lebih beradaptasi.

Mertua Kadang Akan Bersikap Menyebalkan

Bunda perlu paham bahwa hal yang wajar jika kadang mereka terasa menyebalkan. Tidak aneh, karena kebanyakan perbedaan akan memperlihatkan sisi yang tidak sepaham sekalipun Bunda dan mertua sudah klop. Terima dengan terbuka hal tersebut sebagai cara Bunda agar lebih memahami mertua, jangan malah dijadikan bumerang atau alasan untuk menjauhinya.

Mertua pun Berusaha

Di balik rasa suka ataupun tidak yang Bunda rasakan terhadap mertua, pada dasarnya setiap mertua pun akan berusaha menerima keberadaan Bunda. Bahkan dengan lebih besar hati dibanding yang sanggup Bunda lakukan. Karena mereka pasti benar mencintai anaknya, dan sebesar apapun kepemilikan yang mereka tunjukkan, tidak akan berlaku lagi ketika sang anak telah memilih Bunda. Oleh karena itu, mengantisipasi keadaan yang tidak enak, ada baiknya Bunda dan suami segera hidup mandiri selepas menikah.

Mertua Menitipkan Anaknya Pada Bunda

Bunda perlu memahami hal ini dengan baik. Karena setiap orangtua pasti menginginkan anaknya menjadi lebih baik dibanding dirinya. Ketika harapan itu belum terwujud, mertua akan menitipkannya pada Bunda dengan harapan yang juga sama besar seperti sebelumnya. Jadi jangan tersinggung jika mertua tidak segan menegur tindakan Bunda yang mungkin dianggapnya kurang baik. Atau mungkin dengan cara menunjukkan cara-cara yang tidak menyamankan Bunda.

Mertua Itu Tempat Curhat Paling Ampuh

Sekalipun Bunda merasa tidak nyaman, jadikan mereka itu sebagai sahabat. Jika Bunda memiliki masalah dengan suami, ada baiknya Bundamenceritakan pada mereka. Karena mereka pasti memahami anaknya. Tidakperlu mengharapkan solusi. Dengan tahu dan mengerti pun, akan dengan sendirinya membuat mereka membantu menyelesaikan seandainya ada masalah pelik yang perlu diselesaikan.

Jadi Bunda, tidak ada cara yang lebih baik untuk lebih sayang mertua dibanding dengan memahami mereka Bukan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here