Begini Bunda, Langkah Tepat Membuat Nasi

0
13

Langkah Tepat Membuat Nasi

Langkah tepat membuat nasi seringkali diabaikan oleh para Bunda. Wajar saja karena kebanyakan Bunda justru lebih mengutamakan membuat lauk yang enak, dan nasi hanya sebagai peneman makan. Padahal, nasi yang dibuat secara tepat dengan memperhatikan keseluruhan pemilihan hingga penyajiannya, bisa menciptakan cita rasa sendiri yang membuat nasi buatan Bunda jadi takterkalahkan. Nah, mau tau rahasia agar nasi buatan Bunda berkualitas? Mari kita simak langkah tepat membuat nasi berikut ini yuk Bunda!

Begini Bunda, Langkah Tepat Membuat Nasi

Ketika memilih beras saat membeli, Bunda perlu cermat memperhatikan baru atau tidaknya beras yang Bunda pilih. Karena beras yang baru masih memiliki kandungan karbohidrat tinggi. Tambah lagi, vitamin yang terkandung dalam beras pun masih lengkap dan belum terkontaminasi unsur udara. Terbayang kan senangnya  Bunda, ketika seluruh keluarga memakan nasi, mereka bisa mendapatkan nutrisi yang sesuai, dan itu semua adalah hasil kecermatan Bunda dalam memilih.

Belum selesai sampai di situ, Bunda juga perlu secara cermat mengenali jenis beras yang akan dimasak. Jika Bunda memilih beras yang pulen, kandungan air di dalamnya secara alami akan lebih banyak. Secara otomatis, vitamin yang terkandung di dalamnya pun akan semakin banyak. Beras yang dihasilkan pun akan bertekstur lebih lembut ,menghasilkan warna yang lebih putih, dan terasa lebih gurih. Inilah sebabnya semakin pulen jenis beras, maka semakin tinggi pula harganya.

Untuk menakar banyaknya air yang akan digunakan ketika memasak beras, Bunda bisa memperhitungkannya berdasarkan jenis beras yang Bunda pilih tadi. Jenis beras yang pulen membutuhkan takaran air yang lebih sedikit dibanding jenis beras lainnya. Cara mengukurnya bisa dilakukan dengan perbandingan tinggi air berdasarkan dua kali tinggi beras untuk perhitungan beras standar.

Khusus untuk beras berjenis pera, langkah tepat membuat nasinya adalah dengan merendam terlebih dulu di dalam air. Hal ini bisa membuat beras menjadi lebih lembut. Berikan takaran air yang lebih banyak dibanding takaran yang biasa.

Sebelum memasaknya, Bunda bisa menambahkan sedikit garam ke dalam beras. Agar rasanya menjadi lebih gurih dan memperlambat prose menguning pada nasi.

Jika Bunda menggunakan rice cooker, Bunda bisa segera mematikan listriknya setelah beras menjadi nasi. Selain menghemat listrik, Nasi juga tidak mudah menjadi keras. Jangan lupa untuk membuka tutupnya beberapa saat, agar uap di dalam nasi bisa keluar dan tidak berkumpul menjadi air. Uap yang berkumpul dan didiamkan akan mempercepat nasi menjadi mudah basi.

Setelah uap keluar sebaiknya Bunda segera menutupnya dengan kain. Agar sisa uap bisa segera diserap kain. Ingat ya Bunda, jangan menggunakan kain yang sama ketika membuat nasi baru.

Nah, tidak sulit bukan memahami langkah tepat membuat nasi. Ikuti langkahnya dan sajikan nasi berkualitas buatan Bunda bagi keluarga. Selamat mencoba Bunda,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here