Lakukan 3 Jenis Promosi  Ini Agar Usaha Kuliner Anda Sukses !!

0
19

warsaw_food_restaurant_burger_kitchen_2

Promosi dan bisnis adalah 2 sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan. Promosi yang tepat dan sesuai sangat menunjang keberhasilan bisnis Mak, termasuk dalam bisnis kuliner misalnya rumah makan, kedai, kafe atau restoran. Kali ini kita akan bahas tentang 3 jenis promosi yang harus Mak lakukan jika ingin usaha kuliner yang dijalankan sukses.

Seperti yang dibahas dalam Buku “Sukses Memiliki Restoran Tanpa Modal” karya Ilmi Ihsana dan Supriyadi Amir, dalam proses promosi usaha kuliner setidaknya ada beberapa jenis promosi yang harus dilakukan. Promosi haruslah dibuat semenarik mungkin, sesuai segmen dan tentu hasil akhirnya banyak orang yang tertarik untuk berkunjung.

3 Teknik Promosi

  • Getok Tular

Pernah melihat adalah slogan “Jika Anda tidak puas beritahu Kami, jika Anda puas beritahu teman” ? Ya, itulah Getok Tular. Media promosi yang paling jitu adalah testimoni pelanggan yang pernah berkunjung ke tempat usaha Mak. Hal semacam ini tentu bisa berdampak baik atau berdampak buruk bagi citra usaha kuliner yang sedang Mak bangun.

Jika pelanggan Mak merasa puas atas pelayanan yang Mak berikan, maka ia akan bercerita kepada oranglain. Tentu, kondisi seperti ini akan sangat memberikan keuntungan bagi usaha kuliner Mak. Selain lebih efektif, jenis getok tular positif semacam ini merupakan jenis promosi yang efisien karena murah dan tanpa biaya. Namun sebaliknya, saat pelanggan merasa ada kekecewaan maka bisa jadi Ia pun akan menceritakannya tidak hanya ke perorangan namun juga bisa disebarkan melalui sosial media yang mempunyai dampak yang lebih luas.

Jadi sadari dan manfaatkan potensi adanya promosi getok tular ini dengan cara menjaga kualitas produk yang ditawarkan serta pelayanan agar pelanggan merasa puas dan bahagia.

  • In House Promotion

Sesuai dengan namanya, yang dimaksud dengan in house promotion adalah segala jenis promosi yang ditampilkan di dalam restoran atau tempat makan yang Mak miliki. Kenyamanan lokasi, tata letak ruangan yang apik dan nyaman, spanduk promosi di dalam tempat usaha, hingga daftar menu bisa menjadi sarana in house promotion.

Atau Mak pernah lihat ada rumah makan yang sengaja meletakkan papan tulis hitam di bagian depan, kemudian menuliskan berbagai menu istimewa dan penawaran menarik setiak harinya dengan menggunakan kapur tulis berwarna? Itu juga salah satu jenis In house promotion. Jadi segala sesuatu yang ditampilkan di lokasi usaha yang bertujuan mengundang ketertarikan orang untuk berkunjung itulah yang dimaksud dengna in house promotion. Jadi tata lah tempat usaha Anda dengan baik, rapi dan semenarik mungkin ya.

  • Out door promotion

Ini adalah jenis promosi yang dilakukan diluar tempat usaha. Macam-macam bentuknya Mak, bisa berupa baliho, spanduk, billboard, banner dan lainnya. Semua jenis media promosi ini dipasang di tempat yang strategis dan didesain semenarik mungkin agar banyak orang yang tertarik untuk membacanya, kemudian menaruh minat orang untuk mengunjungi tempat usaha Mak.

3 jenis promosi diatas haruslah dijalankan seiringan agar mendapatkan hasil yang maksimal. Dengan promosi yang tepat, efektif dan efisien tentu harapannya tempat usaha Mak bisa sukses dan mendapatkan banyak pelanggan. Semoga artikel nya bermanfaat ya dan selamat mencoba promosi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here