Ini Bahayanya Kurang Tidur Bagi Kesehatan

0
6
Kurang Tidur Bagi Kesehatan
Kurang Tidur Bagi Kesehatan

Efek kurang tidur bagi kesehatan telah terbukti sejak lama akan menurunkan performa pada metabolisme tubuh. Bukan itu saja, ternyata masih banyak bahaya lain yang menanti dan membuat Bunda kehilangan perasaan bahagia. Mau tahu apa saja? Berikut ini bahayanya:

Ini Bahayanya Kurang Tidur Bagi Kesehatan

Menurunkan Fungsi Otak

Kurang tidur bagi kesehatan berdampak pada otak. Sekalipun manusia tidur, otak tidak akan pernah tertidur. Sekalipun begitu, kapasitas dan kemampuan otak maksimal pada tubuh manusia akan bekerja secara aktif tidak lebih dari 24 jam. Selanjutnya fungsi otak akan terus menurun dengan menunjukkan perlambatan. Seperti halnya hp yang perlu dicas setiapkali batrenya drop, otak juga perlu dicas dengan cara tidur.

Orang yang kurang tidur, akan lebih sulit menyerap sesuatu yang perlu diolah melalui otak. Mereka juga akan lebih lambat menerima respon dan juga menyimpan segala hal dalam memori otak. Apalagi untuk memahami atau menganalisis keadaan, termasuk melakukan kegiatan.

Mengubah Suasana Hati

Orang yang kurang tidur cenderung menunjukkan suasana hati yang buruk. Mereka akan lebih sensitif pada keadaan karena otaknya tidak dapat merespon setiap keadaan dengan baik. Tak jarang orang yang kurang tidur akan lebih mudah marah dan merasa kesal karena masalah yang sepele. Mereka pun cenderung tidak ingin tersenyum atau tertawa, karena merasa lelah.

Menurunkan Daya Tahan Tubuh

Tubuh pada keadaan tertentu akan melepaskan imun sebagai pencegah terserang penyakit. Ketika seseorang kekurangan waktu tidur, tubuhnya tidak akan mampu menghasilkan imun tersebut. Oleh karena itu, orang yang kurang tidur akan lebih mudah terserang penyakit dibanding orang yang tidur dengan cukup. Sekali pun mereka merasa sudah menerapkan pola hidup cukup sehat selain waktu tidur yang kurang.

Memancing Stres

Orang yang kurang tidur akan merasakan tubuhnya selalu dalam keadaan lelah. Mereka juga lebih sensitif. Hal ini terjadi akibat pelepasan hormon kortisol dalam jumlah banyak. Ketika otaknya mengalami keadaan normal beberapa saat, mereka pun akan mulai memikirkan kesalahan yang baru dilakukannya. Sehingga tidak jarang pula orang yang kurang tidur akan mengalami stres.

Menyebabkan Obesitas dan Penuaan Dini

Bahaya kurang tidur bagi kesehatan akan menyebabkan diproduksinya hormon-hormon yang tidak dibutuhkan tubuh secara berlebih. Buruknya, hormon tersebut memiliki dampak tersendiri yang menyerang kesehatan dan kecantikan seseorang. Misalnya hormon ghrelin yang membuat seseorang terus merasa lapar.

Sehingga dalam keadaan akut hal ini akan berubah menjadi obesitas. Belum lagi hormon kortisol yang dikeluarkan pun akan merusak kolagen, yang menyebabkan kulit tidak memiliki perlindungan elastis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here