4 Cara Menghindari Konflik dengan Teman Kerja

0
67
Konflik dengan Teman Kerja
Konflik dengan Teman Kerja

Sebuah kenyataan bahwa konflik dengan teman kerja potensial terjadi dalam lingkungan yang menuntut profesionalitas. Alasannya bisa berbagai macam dan sama sekali tidak boleh diabaikan. Bisa saja dua orang rekan kerja tampak sangat akrab di luaran, tapi tidak demikian halnya ketika menjadi mitra untuk urusan pekerjaan. Salah satu atau berdua dari mereka bisa saja menjadi sangat panas, ataupun memendam kekesalan sendirir-sendiri terhadap cara kerja masing-masing.

4 Cara Menghindari Konflik dengan Teman Kerja

Konflik akibat pekerjaan lainnya yang bisa saja terjadi dengan orang yang tidak begitu anda kenal, baik dalam lingkungan kantor ataupun bukan. Untuk menghindari hal-hal yang dapat memicu situasi tidak nyaman dalam urusan kerja, ada baiknya anda menyimak beberapa tips untuk menghindari serta mengatasi konflik dengan teman kerja berikut:

Mengalah dan Menenangkan Pikiran

Seringkali hal yang dapat memicu amarah seseorang berasal dari keadaan merasa benar. Setiap kali amarah mulai keluar, cobalah mengalah sebentar dengan memikirkan lagi apakah tindakan yang anda anggap benar tersebut juga baik? Hal terbijak untuk memikirkannya adalah dengan menenangkan pikiran sejenak, misalnya dengan berdiam atau menarik napas panjang. Otomatis diri ikut menjadi lebih tenang dan tidak mudah terpancing emosi, meskipun telah terjadi perdebatan sengit.

Orientasi Solusi

Anda harus terlebih dulu meyakinkan diri bahwa setiap permasalahan pasti ada jalan keluarnya. Sehingga orientasinya menjadi jelas, yaitu untuk menyelesaikan masalah, bukan memperparah keadaan dengan hasrat ataupun dendam. Seringkali perasaan merasa benar justru menjerumuskan seseorang untuk menjatuhkan rekan kerja yang kurang disukai, dengan cara apapun.

Keadaan ini bisa berbahaya, karena akan megganggu orientasi bekerja anda juga. Bayangkan jika anda tak mampu lagi bersaing secara sehat, tidak ingin dikalahkan yang berakibat tidak fokus dalam menjalankan pekerjaan, tentu akan berpengaruh pada hasil pekerjaan anda kelak.

Tidak Membiarkan Masalah Berlarut-Larut

Masalah antar rekan kerja yang dibiarkan berlarut-larut akan menciptakan kondisi tidak stabil dan cenderung memperbesar masalah. Nantinya hal ini bisa mengganggu kinerja salah satu atau keduanya. Oleh karena itu, jika anda merasa tidak nyaman terhadap segala hal yang dilakkan rekan kerja, cobalah untuk segera membicarakannya dalam keadaan tenang. Sebisa mungkin selesaikan masalah secepatnya dengan orang yang bersangkutan, tidak perlu membawa pihak lain yang bisa aja memperkeruh masalah.

Lebih Bijak

Konflk dengan teman kerja bisa disebabkan banyak hal. Terutama hal-hal kecil yang tidak dianggap kemudian berubah menjadi sensitif akibat mispersepsi.

Bisa jadi hal ini juga terjadi karena kurang komunikasi. Oleh karena itu, lebih bijak dalam menjalani dunia kerja sangat dibutuhkan agar anda bisa memahami cara pandang orang lain, mau mendengarnya, dan juga tidak mudah termakan gosip yang memunculkan asumsi menyesatkan.

Semoga dengan artikel ini Anda bisa menyelesaikan konflik dengan teman kerja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here