Kenali 8 Tanda Bayi Siap Diberikan MP-ASI

0
29

mp asi

Bayi, si makhluk mungil yang satu ini memang sangat menggemaskan ya Mak. Hebatnya di balik tubuh mungilnya itu, Tuhan sudah membekalinya dengan insting yang kuat sebagai bekal bayi untuk bisa bertahan hidup. Insting itu adalah makan. Seringkali kita lihat, bayi yang baru dilahirkan saat Inisasi Menyusu Dini (IMD) dalam waktu kurang dari 1 jam langsung berhasil menemukan puting payudara dan langsung bisa menyusu dengan kuatnya. Itulah insting sebagai karunia yang Tuhan berikan kepada manusia.

Fase Makan

Seiring dengan pertambahan usia, kini si bayi mungil tidak hanya bisa menghisap dan menelan saja, tapi kini ia memasuki fase berikutnya yaitu fase makan. Pada fase ini, bayi akan mempelajari keterampilan baru yang akan membantunya untuk bisa makan dengan baik dan benar. Keterampilan yang dimaksud diantaranya kemampuan mendorong makanan dengan lidah hingga masuk ke bagian belakang mulut, menelan makanan, menggunakan bibir untuk mengambil makanan yang ada pada sendok makan dan sebagainya.

Ketika fase menyusu, bayi hanya menggunakan otot rahang dan pipinya untuk mendapatkan makanan. Namun ketika dia bertambah besar dan makanan yang diberikan pun mulai beragam tentu ada banyak organ lainnya yang juga harus dilatih agar kegiatan makan si kecil bisa berjalan dengan baik.

Tanda Khusus Bayi Siap Makan

Seperti yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya tentang kapan waktu yang tepat dalam memberikan MP-ASI, bahwa bayi hanya boleh diberikan makanan jika usianya sudah 6 bulan. Selain dari patokan usia,terdapat beberapa tanda khusus yang bisa Mak perhatikan sebagai tanda bahwa si kecil mungil itu sudah siap menerima makanan pendamping, yaitu sebagai berikut :

  1. Mempunyai kontrol yang terhadap kepala dan leher. Jadi, bayi sudah mampu menegakkan lehernya dengan sempurna tanpa perlu bantuan penyangga.
  2. Bayi sudah bisa duduk sendiri tanpa bantuan dari ibu. Tapi dalam beberapa kasus, ditemukan juga bayi yang belum bisa duduk sempurna di usia 6 bulan karena beberapa alasan,misalnya faktor berat badan/kegemukan.
  3. Bayi memperlihatkan ketertarikannya terhadap makanan
  4. Bayi suka menggapai makanan atau benda lain kemudian memasukkannya ke dalam mulutnya.
  5. Bayi suka memindahkan sendok dari satu tangan ke tangan yang lain
  6. Bayi memperhatikan saat ada orang di dekatnya atau anggota keluarga saat sedang makan
  7. Bayi terlihat sering mengecap-ecap mulutnya saat ia memperhatikan Mak atau anggota keluarga lainnya sedang makan
  8. Bayi terlihat masih lapar, menangis dan tidak kenyang meskipun sudah menyusu.

Nah itulah Mak 8 tanda yang biasa diperlihatkan si kecil yang menunjukkan ia siap untuk menyantap makanannya. Jangan lupa, berikan makanan secara bertahap ya sesuai dengan perkembangan organ pencernaannya serta keterampilan makan anak. Jika semua tanda diatas sudah terlihat dan usia nya sudah genap memasuki 6 bulan, bersiaplah untuk menyiapkan makanan terbaik dan bergizi untuk melengkapi gizi yang didapatkan dari ASI.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here