Tips Agar Kegiatan Masak Tidak Terasa Merepotkan

0
11
Kegiatan Masak Tidak Terasa Merepotkan
Kegiatan Masak Tidak Terasa Merepotkan

Agar kegiatan masak tidak terasa merepotkan, Bunda perlu lebih kreatif dalam menaggulanginya. Karena bagaimanapun, kegiatan masak merupakan salah satu kegiatan wajib yang perlu dilakukan ibu rumah tangga.

Tips Agar Kegiatan Masak Tidak Terasa Merepotkan

Coba bayangkan, apa jadinya jika tiap hari Bunda harus menyediakan sajian makanan yang Bunda sendiri tidak tahu proses pembuatannya. Bisa saja dalam makanan tersebut terdapat kandungan mecin berlebih yang tidak baik bagi perkembangan otak anak. Atau mungkin, sayuran yang digunakan sudah berkurang kandungan vitaminnya, sekalipun Bunda memibeli makanan yang tampak paling sehat.

Apabila Bunda merasa terbebani dengan kegiatan harus masak, yang seringkali dianggap merepotkan, membuang waktu, hingga menyita tenaga, mungkin Bunda perlu berpikir dua kali jika membayangkan pengeluaran berlebih ataupun kendala tidak dapat mengontrol kebaikan asupan gizi. Oleh karena itu, beberapa tips ini mungkin bisa membantu Bunda agar kegiatan masak tidak terasa merepotkan:

Siapkan Bumbu Jadi

Jika Bunda tidak mau repot, coba selalu menyajikan alternatif dengan menyiapkan bumbu inti dan bumbu jadi untuk jenis makanan apapun. Bunda bisa membelinya di pasaran, atau membuatnya sendiri di kala senggang.

Misalnya jenis bumbu jadi yang dijual sasetan sesuai dengan masakan yang akan bunda buat ,atau membuat bumbu inti yang terdiri dari bumbu kuning, bumbu merah, dan bumbu putih yang bisa segera dimasukkan pada jenis masakan yang sesuai.

Hindari Mengupas

Kegiatan mengupas bisa memperlama waktu kerja. Jadi, jika Bunda ingin lebih mudah dalam memasak sebaiknya hindarikeadaan ini. Misalnya mengupas bawang bukan pada saat Bunda sedang terburu-buru, lalu menyimpannya dalam wadah berisi air di kulkas.

Sesuaikan Menu Masakan

Jika Bunda sedang sibuk dan masih harus mengerjakan banyak pekerjaan lain, pilihlah menu yang menurut Bunda lebih mudah untuk disajikan, atau menu yang sudah bunda kuasai. Bukan masalah kok Bunda, jika harus menampilkn menu yang itu-itu saja, selama menu tersebut memang menyehatkan. Bunda bisa kan meminta pengertian anggota keluarga yang lain terhadap aktivitas Bunda. Hal ini utuk menghindari rasa kesal ketika memasak yang membuat Bunda merasa direpotkan dengan kegiatan wajib yang seharusnya menyenangkan.

Siapkan Bahan dan Curi-curi Waktu

Buat kegiatan masak sefleksibel mungkin. Dahulukan memotong dan mencuci bahan masakan. Jika ada kegiatan menunggu sebelum masak seperti harus merebus dulu, coba untuk memanfaatkannya untuk menyiapkan bahan masakan ataupun bumbu. Sehingga waktu Bunda yang padat tidak terbuang percuma dan kegiatan masak tidak terasa merepotkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here