Kartu Identitas Anak: Tahun 2016 Anak Wajib Punya KTP

0
14

Mulai tahun 2016 ini, setiap anak wajib memiliki KTP. Namanya adalah Kartu Identitas Anak, disingkat KIA. Jadi, seluruh anak mulai dari bayi yang baru lahir hingga yang berusia 17 tahun kurang sehari, wajib memiliki KIA.

KTP anak
Penampakan KIA – Sumber: dukcapil.kemendagri.go.id

Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) telah menerbitkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak. Peraturan Menteri ini ditetapkan pada tanggal 14 Januari 2016.

Cek juga: Anak-Anak Digempur Isu LGBT.

Mengapa Perlu Kartu Identitas Anak?

Latar belakang pemerintah menerbitkan KIA adalah sebagai berikut.

  1. Pada saat ini, anak berusia kurang dari 17 tahun dan belum menikah tidak memiliki identitas penduduk yang berlaku secara nasional dan terintegrasi dengan Sistem Informasi dan Administrasi Kependudukan.
  2. Pemerintah berkewajiban untuk memberikan identitas kependudukan kepada seluruh warga negara Indonesia yang berlaku secara nasional sebagai upaya perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional.
  3. Pemberian identitas kependudukan kepada anak akan mendorong peningkatan pendataan, perlindungan, dan pelayanan publik untuk mewujudkan hak terbaik bagi anak.

Tujuan pemerintah dalam menerbitkan KIA ini adalah untuk meningkatkan pendataan, perlindungan dan pelayanan publik, serta sebagai upaya memberikan perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara.

Apa Perbedaan Kartu Identitas Anak dan KTP-el?

Secara umum, KIA dan KTP-el hampir sama. Perbedaannya adalah KIA tidak menggunakan chip. Sementara, KTP-el menggunakan chip.

Ada 2 Macam Kartu Identitas Anak

Terdapat 2 macam KIA, yaitu sebagai berikut.

  • KIA untuk anak berusia 0-5 tahun (tidak menggunakan foto)
  • KIA untuk anak berusia 5-17 tahun kurang sehari (menggunakan foto).

Setelah berusia 17 tahun, KIA diganti dengan KTP-el.

Beberapa Wilayah Telah Menerbitkan KIA

Sebelum ditetapkannya Peraturan Menteri mengenai KIA, beberapa daerah telah lebih dulu menerbitkan kartu identitas anak. Antara lain, Kota Surakarta, Kota Malang, Kabupaten Bantul, Kota Yogyakarta, dan Kota Makassar.

kartu identitas anak
KIA telah diterbitkan di beberapa wilayah – Sumber: didukcapil.purworejokab.go.id

Uji Coba KIA Dilakukan di 50 Wilayah

Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil akan menguji coba penerapan KIA di 50 kabupaten/kota pada tahun 2016.  Selanjutnya, tahun 2017 mendatang, KIA akan diterapkan menyeluruh di semua kabupaten/kota di Indonesia.

Lima puluh wilayah tersebut dipilih berdasarkan kepemilikan akta kelahiran di setiap daerah. Daerah dengan 75% warganya telah memiliki akta kelahiran, dipilih sebagai daerah penerapan awal KIA.

Jadi, siap-siap saja ya Mak, untuk mengurus Kartu Identitas Anak bagi putra-putri Anda. Semoga bermanfaat.

Cek juga: Joey Alexander, Pianis Cilik Indonesia Gemparkan Dunia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here