Kapan Bayi Anda Siap Diberi Makanan Pendamping ASI?

0
23

“Apakah bayi saya telah siap diberi makanan pendamping ASI?” Pertanyaan ini biasanya sering keluar dari para Ibu baru. Mungkin Anda salah satunya, Mak.

makanan pendamping asi
Kredit: www.plumorganics.com

Para ahli menyarankan, makanan pendamping ASI pertama bayi Anda sebaiknya diberikan pada saat usia bayi telah mencapai 6 bulan. Lalu, bagaimana jika bayi Anda menunjukkan beberapa tanda telah siap diberikan MPASI, padahal usianya belum mencapai 6 bulan?

Hmm, hati-hati ya, Mak. Menurut babycentre.co.uk, ada beberapa tanda yang dilakukan bayi, yang sering diterjemahkan keliru oleh kita mengenai kesiapannya mendapatkan MPASI pertama. Tanda-tanda apa sajakah itu? Lalu, tanda apa saja yang menunjukkan bayi telah siap diperkenalkan dengan MPASI pertamanya?

Jangan khawatir ya Mak, semuanya akan kita bahas di sini.

Beberapa Tanda Bayi yang Sering Diterjemahkan Keliru

Nah, berikut ini beberapa tanda yang sering diterjemahkan keliru oleh kita mengenai kesiapan bayi mendapatkan MPASI.

  1. Bayi Anda mengunyah tangannya
  2. Bayi Anda terbangun di tengah malam
  3. Bayi Anda minum ASI lebih banyak

Hal-hal tersebut biasa terjadi dalam rangka pertumbuhan bayi. Dan bukan sebagai tanda bahwa bayi Anda telah siap diperkenalkan dengan MPASI.

Tanda Bayi Anda Telah Siap Diberi Makanan Pendamping ASI

Lalu, apa saja tanda-tanda bahwa bayi Anda telah siap diberikan MPASI pertamanya? Berikut ini tanda-tandanya, Mak.

  1. Bayi Anda telah dapat menegakkan kepalanya sendiri.
  2. Bayi Anda dapat duduk sendiri di kursi khusus bayi.
  3. Bayi Anda telah melakukan gerakan-gerakan mengunyah.
  4. Berat badan bayi Anda bertambah menjadi sekitar dua kali lipat (pada umumnya) dibandingkan dengan berat pada saat lahir.
  5. Bayi Anda terlihat tertarik, bahkan mupeng dengan makanan yang Anda makan.
  6. Bayi Anda telah memiliki koordinasi yang baik antara tangan dan mulut. Ia telah mampu memegang makanan dengan baik dan memasukkannya ke dalam mulut.

Lalu, jika bayi Anda belum berusia 6 bulan, namun telah menunjukkan tanda-tanda tersebut, apakah ia telah siap diperkenalkan dengan MPASI?

Walaupun bayi Anda telah menampakkan hal-hal tersebut, namun jika usianya belum mencapai 6 bulan, sebaiknya Anda menunggu hingga bayi Anda berusia 6 bulan.

Pemberian MPASI yang dini akan mengakibatkan pencernaan bayi bekerja berat karena belum siap untuk menerima makanan padat. Hal ini pun akan menyebabkan risiko timbulnya alergi pada bayi.

Jadi, sebaiknya bayi Anda diberikan makanan pendamping ASI setelah menginjak usia 6 bulan. Jika Anda berniat untuk memberikannya lebih awal, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter anak.

Semoga bermanfaat.

Dibaca juga yuk, informasi menarik berikut:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here