Jawaban Pintar untuk Menjawab Pertanyaan Anak Sekitar 17+

0
29

Sebagai Emak Super, bisa menjawab pertanyaan anak tentu menjadi salah satu hal yang sudah seharusnya mudah untuk dilakukan. Tapi bagaimana jika pertanyaan tersebut adalah pertanyaan yang berhubungan dengan hal-hal berbau 17+? Kita harus siap menjawab pertanyaan yang bisa jadi menjadi pertanyaan anak-anak kita. Faktanya pengetahuan tentang hal ini justru menjadi penting agar bisa menjadi bekal bagi mereka untuk melindungi diri mereka dari kejahatan para pedophilia yang berkeliaran di luar sana.

Ini dia beberapa jawaban pintar yang bisa kita berikan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan kritis yang mungkin menjadi salah satu pertanyaan yang ditanyakan buah hati Anda:

menjawab pertanyaan anak pintar ini

 

Kenapa Punya Ayah dan Punya Ibu Berbeda?

Beri buah hati Anda pengertiaan bahwa Tuhan menciptakan laki-laki dan perempuan dengan ciri tubuhnya masing-masing. Salah satunya yang Anda dan ayahnya miliki. Sebutkan istilah yang benar dengan menyebutnya penis dan vagina. Hal ini untuk membuatnya tidak bingung dengan istilah ini di kemudian hari.

Kenapa Dada Perempuan Besar?

Jelaskan pada buah hati Anda bahwa payudara yang membesar adalah tanda bahwa seorang perempuan sudah mulai dewasa. Beri tahu mereka fungsi dari payudara sebagai penghasil ASI dan tugas istimewa ini diberikan pada perempuan. Termasuk memberinya ASI ketika masih bayi. Itulah sebabnya dada ibunya yang membesar bukan dada ayahnya.

Kenapa Penisku Suka Berdiri?

Sebelumnya tanyakan pada buah hati Anda kapan penisnya berdiri? Jika jawabannya “setiap pagi” Maka Anda bisa menganalogikannya dengan bangun tidur setiap pagi, begitupun dengan penis. Tapi jika jawabannya “Kalau lihat perempuan cantik.” maka jawabannya, tubuh memiliki reaksi yang berbeda. Seperti tertawa jika ada yang lucu, berair mata ketika sedih atau menangis, matanya menjadi sipit apabila silau, pun seperti apa yang ia alami. Itulah reaksi penis terhadap perempuan cantik, jadi tidak usah dipegang. Ingatkan ia untuk hanya memegang penisnya ketika buang air kecil saja karena jika terlalu sering dipegang nanti penisnya akan luka dan akan sakit ketika ia pipis.

Baca juga: Anak Mengeluh Sakit Saat Kencing, Waspada Infeksi Saluran Kemih !

Mentruasi itu apa?

Mentruasi adalah sebuah tanda yang menunjukan bahwa seorang perempuan sudah bisa hamil. Jelaskan bahwa di dalam tubuh perempuan yang mulai dewasa ada telur, hanya berbeda bentuknya. Kalau telur itu tidak tumbuh maka akan dikeluarkan melalui vagina perempuan itulah yang namanya menstruasi. Jika yang bertanya adalah anak perempuan jelaskan juga seperti apa bentuknya termasuk bagaimana cara menggunakan pembalut dan cara merawat vaginanya.

Kenapa orang Dewasa Ciuman di Bibir?

Jelaskan bahwa ciuman di bibir adalah salah satu cara untuk menunjukan kasih sayang. Ayah dan Bunda juga melakukannya karena saling menyayangi. Jadi ketika ia minta dicium di bibir lakukanlah sesekali dengan penjelasan bahwa hanya Anda dan ayahnya yang boleh melakukannya, tidak bisa setiap orang. Jika ia menanyakan ciuman dengan lidah maka katakan bahwa itu hanya boleh dilakukan oleh suami istri seperti ayah dengan Bunda saja.

Gimana sih Cara Buat Adik?

Pertanyaan ini bisa dijawab sesuai dengan usia. Jika masih kecil cukup jawab dengan memberinya penjelasan bahwa ketika laki-laki dan perempuan menikah mereka ingin mempunyai anak. Lalu Tuhan memasukan bayi yang masih sangat kecil ke perut Ibu, karena Ibu mempunyai tempat untuk menyimpan bayi yang disebut rahim. Itulah sebabnya perut Ibu membesar dan akhirnya Ibu melahirkan bayi itu, jadinya kamu, atau seperti adik.

Jika ia beranjak besar, lebih dari 8 tahun dan mulai mengetahui proses reproduksi maka persiapkan diri untuk menjelaskan bagaimana bertemunya sel sperma dan sel telur tentu dengan bahasa yang sederhana yang mudah ia pahami. Beri ia pengertian bahwa perempuan yang sudah mengalami mentruasi bisa hamil. Jelaskan pula bahwa suami istri akan menunjukan kasih sayangnya dengan berbagai cara seperti mencium, memeluk, dll.

Dari semua itu ada satu kegiatan yang bisa menyebabkan kehamilan. Jika pertanyaannya lebih lanjut maka jawab dengan menjelaskan hubungan suami istri yang tidak boleh terlihat oleh siapapun, biasanya dilakukan di ruangan tertutup. Hanya boleh dilakukan oleh suami istri yang sudah menikah, nanti ketika kamu sudah dewasa kami juga akan tahu dan mengalaminya.

Jelaskan pula pada mereka bagian-bagian tubuhnya yang tidak boleh disentuh oleh siapapun selain dirinya, ayah dan ibunya. Sentuhan itupun hanya untuk membatunya ketika cebok atau memandikannya saja. Katakan juga bahwa bagian-bagian itu tidak boleh diperlihatkan kepada orang lain, apalagi disentuh. Bagian-bagian tersebut harus dijaga karena bagian yang berharga dalam hidup kamu seperti Bunda begitu menyayangi kamu karena kamu begitu berharga untuk Bunda. Jadi, kamu juga harus benar-benar menjaganya dengan baik. Semoga bisa membantu menjawab pertanyaan anak-anak Anda ya Mak. Jangan sampai mereka mencari tahu sendiri atau bertanya pada orang yang salah.

Baca juga: 4 Kesalahan Orangtua Yang Berujung Buruknya Akhlak Anak

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here