Jabar Akan Bangun Museum Gedung Sate, Tercanggih di Indonesia

0
14

Kabar gembira bagi masyarakat Jawa barat, khususnya Kota Bandung. Pasalnya, sebentar lagi akan dibangun Museum Gedung Sate. Museum ini akan menjadi museum tercanggih di Indonesia lho, Mak!

Baca juga: Profil Walikota Bandung, Ridwan Kamil.

museum gedung sate
Kredit: tempatwisatabandung.net

Kapan Museum Gedung Sate Akan Dibuka?

Seperti dilansir dari ANTARA, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar menyatakan bahwa Pemprov Jawa Barat mengubah sebagian bangunan Gedung Sate Bandung menjadi sebuah museum yang akan mulai dibuka untuk umum pada tahun 2017.

“Jadi, pendirian museum telah direncanakan sejak lama, namun dalam perjalanannya malah terkatung-katung. Kini, rencana tersebut akan segera direalisasikan. Dan rencana pendirian museum Gedung Sate sudah dari 2014, jadi harus terwujud di 2017,” tutur Deddy Mizwar di Bandung, Jumat (12/2).

Baca juga: Biopori, Solusi Tepat Cegah Banjir.

Pengumpulan Arsip Museum Gedung Sate Dilakukan Hingga ke Luar Negeri

Demi merealisasikan target tersebut, Pemprov Jabar telah melakukan penelitian pustaka hingga ke luar negeri. Penilitian pustaka ini dilakukan guna menghimpun data sejarah mengenai Gedung Sate. Beberapa negara yang dikunjungi adalah Belanda, Jerman, dan Paris. Beberapa negara ini memiliki kelengkapan informasi yang lebih baik mengenai Gedung Sate dibandingkan dengan Indonesia.

Dalam menelaah data tersebut, Pemprov Jabar mendapat dukungan seorang arsiparis dari Lembaga Independen tentang Kearsipan Negara Hindia Belanda, yaitu Mr. Nico Van Horn. Beliau pun sekaligus akan menjadi advisor (penasihat) dalam pendirian Museum Gedung Sate ini. Pemprov Jabar pun mendapatkan akses data secara langsung di Universitas Leiden, universitas tertua di Belanda.

Museum Gedung Sate Akan Menjadi Tercanggih di Indonesia

Data sejarah mengenai Gedung Sate akan didokumentasikan dengan memanfaatkan teknologi tercanggih. Hal tersebut akan memudahkan pengunjung. Selain itu, penggunaan ruangan pun menjadi efisien. Rencananya, lokasi museum ini akan menggunakan bangunan khusus di ruang bawah tanah.

Museum ini akan memuat informasi dalam bentuk tulisan, gambar dan film dalam bentuk digital. Dan akan menjadi museum tercanggih di Indonesia.

Wah, keren sekali ya, Mak. Rasanya sudah tidak sabar untuk dapat melihat bagaimana canggihnya museum Gedung Sate ini. Semoga proses pembangunannya dapat berjalan dengan baik, sebagaimana yang telah direncanakan. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Tokoh Inpirasi : Bupati Pertama Bergelar Profesor dari Bantaeng.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here