Inovasi Kreatif yang Efektif untuk Mendongkrak Bisnis Kuliner

0
69

Jika bisnis kuliner sudah dimulai dengan menjalankan rangkaian tips memulai bisnis kuliner maka langkah selanjutnya yaitu membuat berbagai inovasi kreatif untuk mendongkrak bisnis ini. Dengan cara berinovasi ini bisnis kuliner Anda bisa berkembang dengan pesat. Alasannya karena sesuatu yang beda, unik, dan baru akan menjadi sasaran untuk diburu oleh para pemburu kuliner. Apalagi jika rasanya sudah tidak diragukan lagi.

Ada beberapa inovasi kreatif yang dapat mendongkrak penjualan kuliner yang Anda jual dengan sangat baik. Berikut diantaranya:

Memodifikasi  Rasa

Tantangan ini akan didapatkan apabila Anda membuka bisnis kuliner yang sebetulnya sudah ada. Sebut saja misalnya bakso, nasi goreng, kue cubit, martabak, dll. Bisa jadi karena banyak orang yang memiliki ide bisnis kuliner yang sama dengan Anda hingga saingan Anda sudah tercipta sejak lama. Untuk mengatasi tantangan ini berinovasi dalam segi rasa adalah salah satu cara yang ampuh yang bisa Anda lakukan.

Jika rasa bakso suda biasa-biasa saja sejak dulu maka tidak ada salahnya juga Anda buat bakso rasa cheese burger misalnya, dengan menambahkan potongan smoked beef dan keju sebagai topping. Untuk penjual martabak bisa membuat martabak manis 12 rasa dalam 1 martabak, dll. Rasa yang sebelumnya belum pernah ada. Ini akan membuat banyak orang penasaran dan mencoba kuliner Anda dengan sukses.

Berinovasi dalam  Bentuk

Jika dari segi rasa tidak memungkinkan maka berinovasi dari segi bentuk bisa coba Anda lakukan. Misalnya dengan membuat bakso berbentuk binatang-binatang lucu  yang warna warni. Bisa juga dengan membuat dessert dengan berbagai bentuk unik dari dessert yang suddah ada sebelumnya. Berpikirlah kreatif untuk menciptakan bentuk makanan yang menarik dan belum pernah ada sebelumya.

Berinovasi dalam Teknik Penyajian

penyajian menarik

Ini juga dapat dilakukan sebagai salah satu cara untuk mendongkrak bisnis kuliner Anda. Misalnya menyajikan nasi goreng yang Anda jual dengan bentuk boneka lucu atau berbagai karakter kartun yang disukai anak-anak. Bisa juga membuat menu bento dengan berbagai variasi bentuk yang bisa dibawa untuk bekal anak-anak sekolah. Jika Anda menjual kuliner tradisional, coba sajikan dalam bentuk modern. Cari berbagai ide kreatif untuk menciptakan bentuk penyajian yang unik dan menarik yang belum pernah ada sebelumnya.

Mengubah Kemasan yang Lebih Menjual

kemasan menarik

Kuliner yang disajikan dalam bentuk kemasan bisa didongkrak dengan mengubah bentu kemasannya menjadi lebih menarik dan berdaya jual tinggi. Kantong plastik diganti dengan mika, dus biasa diganti dengan dus bermika, plastik biasa diganti dengan plastik yang lebih tebal dengan label yang menarik, atau menggunakan jar,. Banyak ide pengemasan yang bisa Anda jadikan contoh untuk mengembangkan bisnis kuliner Anda.

Kreatif dalam Berpromosi

Buat flyer atau baligo yang unikdan menarik untuk mempromosikan kuliner Anda. Foto berbagai kuliner yang Anda jual dengan foto yang bagus dan gunakan dalam setiap media promosi yang terlihat. Saat ini dunia maya juga bisa menjadi media yang efektif untuk mempromosikan kuliner Anda. Tidak perlu yang mahal tapi sudah terbukti efektifitasnya.

Itulah beberapa cara yang efektif untuk mendongkrak bisnis kuliner Anda, Mak. Lakukanlah yang paling mungkin yang dapat Anda lakukan. Kunci dari semuanya yaitu proses kreatif untuk  menciptakan sebuah inovasi. Untuk itu perkayalah wawasan dan pengetahuan Anda dengan tidak hanya melihat apa yang sudah ada di Indonesia tapi dunia bahkan yang belum pernah ada di dunia sama sekali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here