Inilah 5 Tanda Bahwa Kulit Anda Termasuk Jenis Kulit Berminyak

0
304

jenis kulit  berminyak

Jenis kulit berminyak adalah salah satu jenis kulit yang paling ditakuti oleh sebagian besar orang. Alasannya karena kulit berminyak ini sangat rentan mengalami masalah dengan kesehatan kulitnya. Mereka lebih sering mengeluh karena kulitnya yang jauh lebih banyak mengandung minyak dibandingkan jenis kulit lainnya. Selain itu mereka juga sering kesulitan untuk menggunakan make-up karena tidak membutuhkan waktu yang lama untuk segera hilang dari wajahnya karena terhapus secara alami oleh minyak yang keluar dari pori-pori kulit wajahnya.

Namun tahukan Anda seringkali masih banyak orang merasa kebingungan ketika ditanya kulit mereka termasuk kulit berminya atau tidak. Inilah 5 ciri-ciri untuk mengenalinya dengan tepat:

Kulit Wajah Terlihat Mengkilap

Mereka yang memiliki jenis kulit yang berminyak kulit wajahnya selalu terlihat mengkilat. Di manapun mereka berada, kapan saja, kulit mengkilatnya selalu terlihat walau hanya sedikit. Ketika mereka berusaha menutupinya dengan riasanpun kadang hanya bertahan sebentar saja dan minyakpun kembali  menghiasi wajah mereka. Hasilnya wajah kembali mengkilap hingga seringkali membuat mereka mengeluh dan tampak kesal karena terlihat kumal dan tidak segar.

Pori-Pori Terlihat Besar

Pernahkan Anda dekat dengan seseorang dan ketika Anda perhatikan dari dekat pori-pori kulit wajahnya terlihat dengan jelas? Ya, itulah salah satu tanda yang juga dimiliki mereka yang memiliki jenis kulit berminyak ini. Pori-pori kulit mereka yang besar inilah yang seringkali menjadi penyebab banyaknya masalah di kulit mereka. Tidak hanya minyak yang keluar sangat banyak dari balik pori-pori kulit mereka, tapi juga mudahnya kotoran dan debu masuk ke dalam pori-pori wjah mereka. Inilah yang akhirnya menjadi penyebab timbulnya jerawat dan komedo yang merupakan masalah yang biasa dialami oleh mereka yang memiliki kulit berminyak ini.

Baca juga: Rahasia Make Up Cantik untuk Si Kulit Berminyak

Mudah Bernoda

Noda di wajah mereka tidak hanya diakibatkan kotoran yang mudah masuk ke dala pori-pori mereka yang besar tapi juga bisa karena yang lainnya. Mulai dari polusi udara hingga lingkungan yang memang tidak bersih yang mereka singgahi. Pun dengan berbagai benda asing yang dengan sengaja mereka gunakan pada wajah mereka. Mulai dari make-up, krim pemutih, atau bahkan pembersih wajah yang tidak dibasuh atau dibersihkan dengan sempurna.

Mudah Berjerawat/Berkomedo

Masalah Jerawat yang kerap kali timbul pada mereka yang memiliki jenis kulit ini biasanya disebabkan oleh tersumbatnya pori-pori wajah mereka. Penyebabnya tentu berbagai benda tak dikenal yang tidak sengaja atau sengaja menyumbat pori-pori mereka yang besar. Jika tidak sering dibersihkan karena lupa atau karena malas akan dengan mudah menjadi jerawat atau komedo. Bahkan ketika rajin cuci mukapun apabila tidak bersih maka akan dengan mudah menjadi sumber jerawat atau komedo di wajah mereka. Itulah sebabnya scrub seringkali menjadi salah satu benda ajaib yang bisa membantu mereka mengatasi masalah ini.

Ini dia cara lainnya: Cara Menghilangkan Komedo Praktis, Tanpa Ribet

Terkadang Kulit Terasa Lebih Kencang

Ciri lainnya yang seringkali luput dari perhatian adalah perasaan kencang pada kulit mereka. Biasanya ketika kulit mereka baru saja dicuci atau setelah melakukan treatment tertentu pada wajahnya. Hal ini bisa juga terjadi ketika mereka berada pada suhu atau ruang tertentu yang membuat kandungan minyak di wajahnya menjadi lebih pekat. Akhirnya memnuat kulit wajah mereka terasa kencang atau kaku.

Itulah 5 tanda pasti untuk  mengetahui bahwa kulit anda termasuk jenis kulit berminyak atau oilly skin. Dengan mengetahui tanpa pasti ini maka ketika Anda memilih perawatan wajah pilihlah khusus untuk merawat kulit berminyak. begitupun ketika Anda akan memberli berbagai obat-obatan untuk merawat kulit Anda atau untuk meriasnya. Pilih yang bersahabat dan memang diperuntukan untuk jenis kulit Anda. Kesalahan memilih produk yang tidak sesuai dapat mengakibatkan kulit Anda menjadi semakin berminyak dan semakin banyak masalah kulit yang akan timbul karenanya.

Ini juga penting Mak: Perawatan Wajah Sesuai Jenis Kulit

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here