Inilah 11 Rahasia Tanaman Obat dan Khasiatnya (Part-1)

0
51

Untuk Anda yang masih meragukan bahwa di dunia ini Tuhan sudah menciptakan berbagai tanaman obat dan khasiatnya, maka wajib membaca tulisan ini. Kali ini, kami akan mengupas 11 tanaman obat serta khasiatnya yang bisa membuka mata Anda untuk lebih mengenal tanaman-tanaman obat yang bisa jadi berada di sekitar Anda ini. Dengan begitu, Anda bisa memanfaatkannya. Bahkan jika belum ada di sekitar Anda, Anda bisa menjadi salah seorang pelopor yang menanam serta mengembangbiakan tanaman-tanaman obat yang memiliki banyak khasiat ini.

Baca juga: Cara Cepat Menurunkan Demam Anak Tanpa Obat

tanaman obat dan khasiatnya
Kredit: cancersymptoms.xyz

Mahkota Dewa dan Khasiatnya

Tanaman yang bernama latin Phaleria macrocarpa yang lebih tren disebut buah simalakama ini memiliki beberapa kandungan yang membuatnya berkhasiat. Di antara kandungan tersebut yaitu alkaloid, saponin, flavonoid, dan polifenol. Beberapa khasiatnya yaitu sebagai penyembuh berbagai penyakit, seperti hepatitis, diabetes mellitus, tumor dan kanker.

Daun Sambung Nyawa dan Khasiatnya

Kandungan minyak atsiri, saponin, flavonida, dan kandungan senyawa anti radang yang dimiliki tanaman ini membuatnya dimanfaatkan oleh para ahli herbal dalam mengobati berbagai macam penyakit. Penyakit-penyakit yang bisa disembuhkan dengan daun sambung nyawa di antaranya adalah: hipertensi, radang tenggorokan, ginjal, tumor, lever, maag, diabetes, kolesterol tinggi, dan ambeien.

Minyak Zaitun dan Khasiatnya

Manfaat utama dari minyak zaitun yaitu untuk merawat rambut. Selain dapat membuat rambut sehat terawat, minyak zaitun juga dapat digunakan untuk memperbaiki berbagai masalah rambut mulai dari mengatasi kerontokan rambut, rambut bercabang, rambut kering, mengatasi masalah ketombe hingga kutu rambut. Minyak zaitun juga terbukti efektif untuk merangsang pertumbuhan rambut pada bayi yang rambutnya belum juga tumbuh.

Daun Mengkudu dan Khasiatnya

Daun mengkudu juga termasuk daun yang tergolongan tanaman obat yang memiliki khasiat. Teh daun mengkudu biasanya dimanfaatkan untuk memperbaiki berbagai masalah yang berkaitan dengan pencernaan, pengobatan kanker, untuk mencegah tumbuhnya jerawat pada wajah, hingga untuk pengobati jerawat yang efektif.

Daun Pandan dan Khasiatnya

Daun pandan yang kita sangka hanya tanaman biasa, ternyata juga masuk ke dalam tanaman obat. Hal ini tentu karena khasiat yang dimilikinya yang bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit. Penyakit tersebut di antaranya: darah tinggi, rematik dan pegal linu, serta anti depresi. Selain itu, daun pandan juga bisa digunakan untuk penambah nafsu makan alami bagi mereka yang tiba-tiba kehilangan nafsu makan akibat kesehatan mereka yang terganggu atau masalah lainnya.

Daun Sambiloto dan Khasiatnya

Daun sambiloto terkenal akan kemampuannya untuk menghambat sel kanker dan tumor. Beberapa kanker yang sudah terbukti dapat disembuhkan dengan daun sambiloto ini di antaranya adalah kanker darah, kanker kulit, kanker payudara, dan kanker lambung. Walaupun pengujian dilakukan secara terpisah, namun semuanya mendapati hasil yang serupa bahwa kanker berhenti berkembang dan tidak tumbuh lagi.

Beras Kencur dan Khasiatnya

Beras kencur sedari dulu sudah menjadi salah satu obat yang berkhasiat. Berikut ini beberapa khasiat dari beras kencur.

  • Untuk mencegah minyak berlebih, mengatasi masalah komedo serta mencegah timbulnya jerawat. Pemanfaatannya yaitu dengan membuat ramuan beras kencur dan menjadikannya masker yang digunakan untuk perawatan wajah.
  • Membantu melangsingkan setelah persalinan. Ramuan beras kencur dioleskan pada perut yang masih besar setelah selesai bersalin hingga bentuknya langsing seperti sediakala sebelum hamil dan melahirkan. Jamu beras kencurnya dikonsumsi untuk membantu proses pelangsingan dari dalam.
  • Menghilangkan sariawan, batuk pilek, migren, masuk angin, dan sakit maag. Caranya yaitu dengan langsung mengkonsumsi beras kencur yang dibuat berupa jamu untuk dikonsumsi saat diperlukan.

Bersambung….

Baca juga: 15 Aneka Tanaman Berkhasiat Turunkan Kolesterol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here