Ini Dia Cara untuk Bawa Belanjaan yang Benar-Benar Ramah Lingkungan

0
33

Kita benar-benar perlu solusi untuk  membawa belanjaan yang benar-benar ramah lingkungan. Hal ini terkait dengan program pemerintah untuk mengurangi sampah plastik hingga terbebas dari sampah plastik di tahun 2020. Hal yang kerapkali terjadi adalah ketika tanpa rencana kita harus berbelanja ke mini market atau super market atau bahkan warung kelontong untuk membeli sesuatu. Bisa banyak, bisa sedikit atau bahkan secuil tapi kita sama sekali tidak membawa tas.

Adapun tas yang kita bawa seringkali terlalu kecil untuk memuat semua barang belanjaan. Bisa jadi belanjaan kira ternyata diluar dugaan hingga tas belanja kita tidak cukup untuk digunakan membawa semua barang belanjaan kita.Nah, ada beberapa cara yang bisa kita gunakan sebagai trik untuk turut serta membantu Indonesia terbebas dari sampah plastik. Ini dia caranya:

Gunakan Reuseable Bag

Ini adalah cara yang disarankan sesuai dengan program yang dicanagkan pemerintah. Tas belanja yang bisa digunakan berulang-ulang. Pilih bahan yang benar-benar bisa terurai di alam. Saat ini sudah banyak dijual tas yang merupakan hasil daur ulang hingga bisa digunakan terus menerus. Banyak inovasi bahan tas yang dibuat sedemikian rupa yang membuat tas tersebut bisa dilipat hingga ukuran terkecil namun ketika digunakan ukurannya cukup besar untuk memuat barang-barang belanjaan kita. Dengan begitu, tas ini bisa kita bawa kemana-mana. bahkan kita simpan di tempat HP karena ukurannya yang bisa dilipat hingga berukuran sangat kecil. Tas ini benar-benar solusi untuk kita yang sering berbelanja di saat tak terduga. Jangan lupa, setiap kali selesai berbelanja lipat kembali dan simpan di tempat semua agar tidak ada alasan lagi lupa membawa tas belanja.

Ingin yang lebih unik sekaligus mengurangi sampah yang sudah ada? Anda bisa mengumpulkan limbah bekas minuman instan, mie instan, ditergen, dll dan mengubahnya menjadi tas belanja. Bedanya yang ini tidak bisa dilipat, jadi hanya bisa dibawa khusus ketika memang Anda akan memenuhi jadwal belanja Anda. Mengurangi sampah yang tidak bisa terurai dengan menggunakannya terus menerus juga bisa menjadi solusi untuk mengurangi sampah. Jika Anda sudah lihai membuatnya, Anda juga bisa menjualnya pada mereka yang juga membutuhkan tas belanja ramah lingkungan dan menjadikannya berdaya jual.

Baca juga: 9 Alasan Mengapa Harus Bawa Tas Belanja Sendiri

Kardus Bekas

kardus bekas yang lebih ramah lingkungan

Ini menjadi solusi yang tak kalah menarik terutama bagi Anda yang berbelanja bulanan dengan jumlah yang cukup banyak. Jika menggunakan kantong plastik pastilah harus berkantong-kantong. Terbayang berapa kantong plastik yang Anda gunakan hanya untuk memindahkan barang belanjaan Anda dari toko hingg sampai di rumah. Itulah sebabnya lebih baik minta penjual untuk menempatkan barang belanjaan Anda pada dus bekas. Mereka akan dengan senang hati memberikannya.

Selain bisa membawa barang dalam jumlah yang banyak, dus bekas juga lebih kuat untuk membawa barang-barang dalam jumlah banyak. Termasuk barang yang memiliki kemungkinan untuk pecah. Selain itu, dus bekas tersebut bisa Anda berikan pada para pemulung. Tentu akan lebih bernilai jika mereka menjualnya dibandingkan dengan plastik bisa atau bahkan kantong kresek yang tidak ada harganya sama sekali selain hanya menjadi tumpukan sampah yang mengotori bumi.

Cukup 1 dan Gunakan Sampai Rusak

Jika Anda sudah memiliki kantong plastik biasa dengan berbagai ukuran. Tentunya dengan ketebalan yang cukup kuat tidak seperti kantong plastik ramah lingkungan. Daripada membuangnya dan membuatnya menjadi sampah lebih baik gunakan. Bawa jika Anda akan berbelanja ke pasar tradisional atau bahkan sediakan selalu di bagasi kendaraan Anda jika suatu waktu Anda membutuhkannya. Setidaknya untuk membuat barang Anda tetap aman dan tidak kena air hujan jika menggunakan motor.

Selain mengurangi sampah, cara ini juga membuat sampah plastik yang terlanjur Anda miliki berdaya guna. Tidak hanya menjadi kantong plastik yang penggunaannya hanya dalam waktu singkat yang hanya menyumbangkan sampah plastik saja. Faktanya kantong plastik konvesional biasanya memang memiliki kekuatan yang lebih kuat daripada kantong plastik yang yang katanya ramah lingkungan tapi nyatanya tidak. Inilah solusi untuk membawa barang belanjaan yang benar-benar ramah lingkungan. Usaha mengurangi sampah termasuk kantong plastik dengan memanfaatkannya secara maksimal.

Baca juga: Kantong Plastik Ramah Lingkungan Sudah Ditinggalkan


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here