Seri Bisnis Ibu Rumah Tangga : Katering Online

0
24

 

katering

Buat para emak super yang suka masak, bisnis yang satu ini cocok sekali. Bisnis katering merupakan bisnis rumahan yang sangat menjanjikan karena sangat dibutuhkan oleh masyarakat banyak khususnya perkotaan. Umumnya katering dibutuhkan dalam acara-acara atau momen-momen tertentu. Apalagi, penyelenggaraan sebuah acara dimasyarakat semakin meningkat sehingga membutuhkan jasa katering untuk suguhan para tamu.

Tingkat kesibukan masyarakat juga menambah larisnya usaha ini. Selain itu, usaha ini hampir tidak ada ruginya karena membuang biaya operasional  berdasarkan pesanan. Orang order dulu, lalu anda harus melakukan persiapan sehingga kemungkinan rugi bisa ditekan.

Baca juga : Bisnis Rumahan Yang Menguntungkan

Cara mudah Memulai Bisnis

Berikut ini langkah-langkah yang dapat anda lakukan untuk memulai bisnis katering rumahan agar sukses:

  1. Melakukan riset. Lakukan riset serius sebelum memulai bisnis katering, misalnya jenis makanan, kebutuhan pasar, persaingan pasar, kompetitor, harga pasaran, dan lain sebagainya.
  2. Tentukan target pasar atau konsumen. Tentukan terlebih dahulu, siapakah yang akan menjadi target pasar, apakah hajatan, anak-anak, kantor, atau acara lain.
  3. Mempersiapakan modal usaha. Modal usaha dibutuhkan untuk pembelian beberapa peralatan yang dibutuhkan, misalnya alat masak, alat penyajian makanan, dan alat makan. Dengan demikian, anda bisa memberikan layanan satu paket, dari mulai penyediaan makanan sampai penyewaan peralatan makan untuk pesta.
  4. Siapkan tenaga tambahan yang profesional. Katering adalah bisnis yang memproduksi makanan dalam jumlah besar. Oleh sebab itu, anda akan membutuhkan banyak tenaga kerja untuk mendukung kelancaran bisnis ini. Usahakan untuk memilih karyawan yang memiliki keahlian di bidang memasak, bisa menjaga kebersihan makanan, dan mengetahui cara menciptakan kebersihan makanan, dan mengetahui cara menciptakan rasa makanan yang enak.
  5. Strategi promosi. lakukan promosi secara praktis dan efisien agar konsumen mengenal bisnis yang sedang anda jalankan. Upaya promosi bisa dilakukan secara online maupun offline, bisa memanfaatkan sosial media facebook, twitter, WhatApp dan lain sebagainya dan akan lebih baik lagi bila memiliki website sendiri. Sedangkan, untuk promosi offline, anda bisa melakukannya dengan cara menyebarkan pamflet, kartu nama, brosur dan lain sebagainya.
  6. Berikan kesan baik di mata konsumen. Bila makanan enak maka konsumen akan kembali memesan jasa katering yang sedang anda jalankan. Biasanya konsumen puas maka ia akan memberikan testimoni sendiri kepada kenalannya lagi, tentu ini iklan gratis yang efektif. Yang perlu anda lakukan adalah menjaga cita rasa makanan, kebersihan, kehalalan makanan dan bahan makanan, dan lengkapi peralatan memasak dan peralatan lain yang dibutuhkan.

Baca juga : Inovasi Kreatif yang Efektif untuk Mendongkrak Bisnis Kuliner

Tips Sukses Bisnis

Berikut ini beberapa tips sukses bisnis katering online.

  • Miliki niat yang kuat untuk menjadikan usaha katering mejadi besar.
  • Siapkan promosi yang bagus, sebab promosi merupakan hal yang sangat penting dalam mencapai kesuksesan usaha katering.
  • Tetapkan harga yang bersaing.
  • Selalu menjaga pelayanan yang memuaskan.
  • Mengembangkan usaha dengan kreativitas

Bila anda menerapkan tips sukses di atas, tidak perlu waktu lama usaha Mak akan berkembang pesat apalagi buat Mak yang memang udah hobi dan jago masak. Yuk, langsung eksekusi bisnis rumahan yang satu ini ya Mak. Semoga sukses dan beruntung ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here