Ini dia Bahan Alami Pengganti MSG

0
847

Bahan alami pengganti MSG (Monosodium Glutamat) dicari banyak orang yang peduli akan lezatnya sebuah masakan tapi juga tidak mengesampingkan masalah kesehatan. Apalagi mengingat bahaya MSG sudah santer dibicarakan di berbagai media begitupun berbagai kalangan. Mulai dari kalangan masyarakat hingga tingkat elite. Itulah sebabnya tidak sedikit yang kini sudah mulai sadar untuk berhenti menggunakan MSG karena bahayanya yang cukup mengerikan. Terutama bagi anak-anak yang memerlukan nutrisi yang tidak hanya lezat tapi juga sehat.

Itulah sebabnya kali ini kami akan memberikan solusi untuk membantu Anda dalam mencari bahan-bahan yang sudah pasti bisa menggantikan posisi MSG sebagai penguat rasa. Membantu Emak semua untuk membuat aneka masakan menjadi lebih lezat dan gurih. Ini dia bahan-bahan alami yang bisa Anda gunakan:

Jamur Shiitake

jamur shitake bahan alami pengganti msgJamur shiitake atau yang sering ditulis shitake adalah jamur pangan yang berasal dari Asia. Nama latinnya Lenitula edodes atau disebut juga jamur hioko. Di Indonesia sendiri para petani sering menyebutnya jamur jengkol karena selain bentuknya seperti jengkol konon aromanya juga tidak jauh berbeda dengan jengkol. Ditemukan pertama kali di negeri Tiongkok hingga sebagian orang menyebutnya Jamur hitam China. Jamur ini ketika diolah mengeluarkan rasa yang lezat melebihi MSG. Itulah sebabnya jamur ini seringkali dijadikan bahan campuran aneka hidangan atau bahkan dibuat bahan utama dengan cita rasa menggoda.

Kentang

Kentang ternyata termasuk jenis umbi yang mampu membuat masakan semakin keluar kelezatannya. Ia memiliki kemampuan untuk menyerap aneka rasa dari bumbu yang digunakan tapi juga menambah kelezatan masakan tersebut. Itulah sebabnya walaupun kentang sudah dipastikan termasuk ke dalam salah satu jenis karbohidrat, kentang ini seringkali dibuat sebagai salah satu bahan yang tidak boleh dilewatkan ketika memasak. Mulai dari sayur sop atau bahkan pembuatan donat yang gurih dan lezat.

Air Kaldu

Kaldu ayam atau sapi adalah kaldu yang seringkali digunakan dalam pelezat makanan. Alasannya tentu karena rasa asli dari 2 bahan ini memang sudah ada secara alami. Untuk mendapatkan air kaldu ini Anda cukup merebus potongan daging ayam atau sapi hingga mendidih. Biasanya air rebusannya warnanya berubah dan menjadi lebih kental dari sebelumnya. Inilah yang dinamakan air kaldu yang memiliki citarasa yang lezat secara alami ini. Untuk kaldu ayam biasanya digunakan ceker ayam untuk dibuat kaldu sedangkan untuk sapi bagian sumsum dan tulangnya menjadi bagian yang paling tepat untuk digunakan.

Bisa coba resep ini Mak: Resep Gulai Iga Sapi: Enak dan Tidak Bau Amis

Kaldu Sayuran

Sayuran yang seringkali digunakan untuk diambil kaldunya yaitu sayuran yang beraroma tajam dan harum. Misalnya kol, tomat, seledri, daun bawang, kubis, dll. Bahan-bahan ini bisa menjadi pelezat alami pengganti MSG yang mampu mengeluarkan rasa lezat alami yang unik dari masakan yang Anda buat. Selain itu bahannya juga mudah didapat dengan harga yang cukup murah. Anda juga tidak perlu menggunakan terlalu banyak untuk dijadikan kaldu, sedikit saja sudah bisa mengeluarkan aroma dan rasa yang lezat.

Keju Cheddar

keju cheedar bahan alami pengganti msg

Keju cheddar adalah hasil olahan dari susu. Biasanya yang sering digunakan adalah susu sapi. Dengan fermentasi khusus menghasilkan keju chedar yang dapat dipergunakan untuk membuat masakan bertambah lezat. Ada sensasi gurih dan lezat yang ditimbulkan dari keju jenis ini. Biasanya semakin banyak digunakan semakin lezat. Itulah sebabnya tidak sedikit mereka yang gemar sekali dengan berbagai varian makanan yang menjadikan keju ini sebagai campuran bahan atau bahkan topping dalam sebuah hidangan.

Garam dan Gula

Garam ini mengeluarkan rasa asin. Membuat sebuah masakan memiliki rasa yang lezat untuk dinikmati. Pernah dengan istilah sayur tanpa garam? Ya, begitulah, ketika memasak tanpa menggunakan garam. masakan tersebut tidak berasa. Orang Jawa bilang ‘Anyep’  orang Sunda bilang ‘Tiis” yang artinya hambar. Membuat acara makan menjadi tidak berselera karena tidak ada rasanya.

Gula mengeluarkan rasa manis yang membuat sebuah makanan juga menjadi berasa. Gula yang terbuat dari tebu ini juga bisa menjadi pelezat untuk berbagai aneka hidangan. Mengkombinasikan gula dan garam dengan komposisi tertentu akan menghasilkan penguat rasa alami yang bahkan lebih lezat dan gurih dari MSG. Itulah sebabnya keduanya sering dipadugan untuk mendapatkan sebuah masakan dengan rasa yang gurih. Baik pada makanan yang rasa dasarnya manis atau bahkan asin.

Banyak juga ya Mak ternyata bahan-bahan yang bisa digunakan untuk melezatkan makanan atau masakan bahkan lebih lezat dibandingkan menggunakan MSG. Ada bahan lainnya yang bisa membantu masakan menjadi bertambah kelezatannya? Silahkan share di comment ya, Mak. Semoga dengan berbagai alternatif bahan alami pengganti MSG ini kita bisa membuatkan aneka hidangan yang tidak hanya lezat tapi juga sehat untuk keluarga tercinta.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi Anak Susah Makan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here