Ini Dia 50 Usaha Sampingan di Rumah yang Nyaris Tanpa Modal

1
19336

Emaksuper.com – Butuh usaha sampingan di rumah tapi tidak punya modal untuk memulai usaha? Tenang…Kami punya solusi untuk masalah Anda. Kali ini kami akan berikan 50 jenis usaha yang bisa Anda kerjakan sendiri di rumah walaupun tanpa modal sekalipun. Tidak percaya? Silahkan cek satu per satu dari 50 jenis usaha ini. Anda bisa pilih usaha yang mana yang paling sesuai untuk Anda dan yang paling mungkin untuk Anda lakukan. Percayalah, semua jenis usaha ini hanya membutuhkan tekad dan keinginan yang kuat untuk bisa Anda lakukan.

50 Inspirasi Usaha Sampingan di Rumah Pilihan

  1. Data Entry

Ini adalah salah satu bisnis sampingan yang jika ditelateni cukup memberikan hasil yang tidak sedikit. Mulai dari 5 ribuan untuk satu kata hingga puluhan ribu. Harga yang ditawarkan biasanya disesuaikan dengan tingkat kesulitan dan ketelitian yang dibutuhkan dalam melakukan proses input data tersebut. Selain itu juga berdasarkan lama atau sebentarnya waktu pengerjaan yang diminta oleh klien.

bisnis sampingan di rumah:data-entry

Data entry yang dimaksud mulai dari memasukan kumpulan data ke dalam bentuk tabel. Bisa juga untuk menulis capcha dengan benar, atau menuliskan angka secara akurat. Bisa juga dengan meminta Anda menuliskan email dari banyak perusahaan dengan benar, memasukan data-data yang dibutuhkan oleh perusahaan, menyalin foto atau scan buku tertentu untuk dijadikan e-book, dan banyak lagi yang lainnya.

Pekerjaan Anda hanya menyalin dan memastikan apa yang Anda masukan atau Anda tulis sama persis dengan yang ada di bahan. Itulah yang biasanya diminta klien. Oleh karena itu pekerjaan ini cocok dilakukan oleh Anda yang memiliki tingkat ketelitian dan kecermatan yang tinggi. Selain itu juga Anda haruslah bisa tahan berlama-lama untuk melakukan input data dengan intensitas yang tinggi sesuai dengan order yang diberikan pada Anda atau yang Anda sanggupi.

Untuk mendapatkan pekerjaan ini Anda bisa lakukan hanya dengan ketersediaan jaringan internet di rumah Anda. Hal ini akan memungkinkan Anda untuk melakukan pekerjaan ini tanpa meninggalkan rumah. Untuk mendapatkan order data entry saat ini sudah banyak situs lowongan kerja untuk pekerjaan ini. Anda bisa mendaftar sebagai penerima order sementara di pihak yang lain adalah mereka yang sedang mencari dan membutuhkan jasa Anda sebagai penginput data. Salah satunya di freelancer.com atau situs sejenis lainnya.

Tantangan terbesar dari usaha sampingan ini yaitu ketersediaan waktu yang banyak dan juga keharusan Anda untuk bisa fokus dalam melakukan input data tersebut. Kesalahan satu huruf atau karakterpun akan sangat menentukan keberlangsungan pekerjaan yang Anda lakukan. Ketika klien Anda puas dengan hasil kerja Anda maka ia akan menjadikan Anda sebagai kandidat yang selalu dicarinya jika ada pekerjaan baru yang lain untuk urusan input data ini.

  1. Mengolah Data

Usaha sampingan di rumah lainnya yang bisa Anda lakukan yaitu mengolah data. Ini juga bisa dilakukan di rumah. Hanya saja tidak semua orang bisa melakukannya karena ini berkaitan dengan keahlian seseorang di dalam statistika. Itulah sebabnya hanya mereka yang memiliki keahlian dan pengalaman dalam mengolah data dalam sebuat statistik akan dengan mudah mendapatkan serta mengerjakan pekerjaan ini.

Jika Anda merasa memiliki keahlian dalam mata kuliah statistika maka usaha sampingan ini sangat mungkin untuk menjadi lahan usaha Anda sehari-hari. Ada banyak perusahaan atau bahkan institusi yang membutuhkan keahlian Anda dalam mengolah data-data yang mereka miliki. Mereka yang mengumpulkan data melalu survey, sensus, menyebar questioner, dan sejenisnya.

bisnis sampingan di rumah: mengolah data

Selanjutnya Andalah yang mengolahnya menjadi sebuah data yang bisa terbaca dengan jelas. Menjadi sebuah olahan data yang bisa dengan mudah untuk dipresentasikan. Hasilnya tentu tujuan dari pengumpulan data tersebut tepat guna. Mudah untuk dipersentasikan dengan kata-kata oleh mereka yang akan mempersentasikannya. Apapun hasilnya nanti, mulai dari bentuk diagram, hipotesa-hipotesa, dan kesimpulan yang diperoleh dari pengolahan data tersebut.

Tidak hanya dibutuhkan kecermatan dan keteliatian dalam analisa, tapi juga perhitungan. Anda juga harus menguasai berbagai metode kuantitatif hingga hasil pengolahan data yang Anda lakukan benar-benar akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. Tidak mudah mencari orang dengan kualifikasi tersebut. Untuk itu Anda bisa menjadi pelopor untuk menjadikan jasa pengolah data ini sebagai usaha sampingan Anda. Jika sudah berkembang bahkan Anda bisa merekrut para sarjana yang ahli dalam statistika ini untuk bekerja secara freelance pada Anda.

Nantinya Anda yang mencarikan mereka pekerjaan. Mencari klien yang membutuhkan jasa Anda dan rekan-rekan Anda sebagai pengolah data. Walaupun demikian pekerjaan mengolah data ini dapat dijadikan usaha sampingan dengan penghasilan yang cukup lumayan. Penghasilan yang bisa dihasilkan dari pekerjaan ini minimal 1 juta rupiah untuk pengolahan data dengan jumlah data yang sedikit termasuk pengolahan data yan tidak terlalu rumit. Untuk data yang jauh lebih besar dan kompleks minimal Rp3.000.000,- sudah bisa Anda kantongi.

Klien yang bisa Anda jadikan sasaran untuk mempersentasikan jasa pengumpulan data yang Anda lakukan diantaranya berbagai instansi baik miliki swasta maupun pemerintahan. Untuk klien perorangan biasanya mereka para mahasiswa baik S-1 maupun S-2 yang sedang mengerjakan tugas akhir mereka. Entah itu skripsi maupun tesis. Terutama yang menggunakan metode kuantitatif. Mereka yang tidak memiliki banyak waktu atau bisa jadi tidak memiliki kemampuan yang cukup baik dalam melakukan pengolahan data tersebut. Sementara di sisi lain mereka membutuhkan hasil dari pengolahan data tersebut untuk menjadi bagian dari isi penelitian yang sedang mereka lakukan.

 

  1. Mengisi Survey

Terdengar sepele memang, namun ternyata pekerjaan ini bisa menjadi salah satu jenis usaha sampingan di rumah yang bisa Anda lakukan sendiri tanpa harus meninggalkan rumah. Modalnya cukup dengan memanfaatkan koneksi internet yang Anda miliki di rumah. Untuk menjadi salah satu pengisi survey sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu konteks dari survey yang akan dilakukan. Dengan begitu, Anda bisa menjawab setiap pertanyaan yang dilontarkan pada Anda dengan baik dan sesuai dengan harapan klien. Manfaatnya tentu untuk hasil survey yang akurat dan dapat dipertanggung jawabkan.

Saat ini sudah banyak website yang dapat membantu Anda untuk mendapatkan pekerjaan dengan menjadi sample atau pihak yang dimintai keterangan. Salah satunya yaitu poin-web.com. Biasanya setelah menyelesaikan satu survey Anda akan mendapatkan sejumlah poin yang banyaknya disesuaikan dengan berapa pertanyaan yang Anda selesaikan dalam kuestioner yang Anda isi secara on line dan real time. Itulah sebabnya Anda butuh waktu yang benar-benar khusus tanpa gangguan selama mengerjakan sebuah survey.

Nantinya poin-poin ini bisa ditukar dengan uang, voucher, pulsa, dan banyak lagi hadiah lainnya sesuai dengan besarnya poin yang Anda dapatkan. Semakin banyak pertanyaan yang Anda jawab maka semakin besar poin Anda. Semakin banyak survey yang Anda lakukan juga akan mendongkrak jumlah poin Anda. Apalagi jika Anda termasuk yang seringkali menyelesaikan setiap kuesioner yang diberikan hingga akhir survey. Biasanya akan ada tambahan bonus poin untuk Anda.

bisnis sampingan di rumah: mengisi survay

Jika Anda menguasai bahasa asing bahkan Anda uga bisa mengikuti survey dari perusahaan-perusahaan asing tentunya dengan bayaran dolar yang jauh lebih menjanjikan. Namun untuk pembayaran yang berhubungan dengan luar negeri ada baiknya Anda sudah memiliki paypal, dan sejenisnya yang memungkinkan Anda untuk menerima bayaran yang sudah menjadi hak Anda atas jerih payah Anda menjawab semua pertanyaan dengan jujur dan akurat. Bayarannya biasanya akan dibayarkan jika sudah melewati batas minimal tertentu.

Untuk bisa mengerjakan pekerjaan sampingan ini, selain membutuhkan koneksi internet yang baik juga dibutuhkan pengetahuan seputar materi yang akan menjadi materi pertanyaan. Sebelumnya biasanya ada pemberitahuan tentang berbagai survey yang mungkin untuk Anda kerjakan dengan judul survey. Judul survey inilah yang bisa Anda jadikan petunjuk pertanyaan mengenai apa yang akan Anda dapatkan dalam questioner yang diberikan. Dengan

begitu Anda bisa menjawab lebih banyak pertanyaan hingga survey tersebut bisa Anda selesaikan hingga pertanyaan terakhir. Hasilnya Anda akan mendapatkan poin yang lebih banyak

Poin-poin inilah yang nantinya akan diakumulasikan dan bisa ditukarkan dengan voucher, pulsa hingga sejumlah uang sebagai bayaran atas kesediaan Anda mengikuti survey yang diberikan. Memberikan jawaban yang dianggap akurat oleh penyelenggara survey. Untuk itu ketika pendaftaran biasanya kita diharuskan mengisi data-data dasar mulai dari pekerjaan, penghasilan, barang-barang elektronik yang kita miliki, kebiasaan bepergian yang kita lakukan, dll yang akan sangat berguna untuk menyeleksi layak atau tidaknya kita menjadi sample dari survey yang akan dilakukan,

Dari jawaban-jawaban yang Anda berikan itulah Anda akan terseleksi secara otomatis untuk meneriman berbagai undangan survey yang diperkirakan sesuai dengan diri Anda. Ketika survey berjalan dan ternyata Anda tidak memenuhi kriteria maka survey tersebut akan dihentikan hingga poin yang didapat juga menjadi lebih sedikit dibandingkan dengan survey yang selesai hingga terakhir. Untuk situs lembaga survey internasional yang menggunakan bahasa Inggris biasanya menyediakan bayaran yang lebih besar lagi. Hingga sangat besar kemungkinan Anda untuk mendulang dolar hanya dengan mengerjakan survey-survay berbahasa Inggris tersebut.

Untuk mengerjakan pekerjaan ini Anda haruslah memiliki waktu yang cukup dan memiliki nalar yang baik dalam memahami setiap pertanyaan yang diberikan. Dengan begitu Anda dapat mengerjakan survey lebih banyak dengan jawaban yang sesuai dengan yang diminta atau diinginkan oleh pihak penyedia survey. Entah itu instansi maupun perorangan. Itulah sebabnya ini bisa dijadikan usaha sampingan untuk mendapat tambahan penghasilan dari rumah.

 

  1. Jasa Desain Logo

Usaha sampingan di rumah berikutnya adalah usaha sampingan yang bisa dilakukan oleh Anda yang memiliki keahlian dalam mendesain. Kabar baiknya saat ini dengan banyaknya tutorial atau panduan untuk belajar desain di internet akan membantu Anda untuk bisa mempelajarinya sendiri. Itu artinya walaupun Anda bukan seorang pakar dalam men-design Anda juga bisa belajar membuat desain logo sendiri. Namun tentunya dengan sering berlatih dan terus belajar mengenai berbagai unsur yang terdapat dalam suatu logo mulai dari titik, warna, dan juga bentuk yang akan menimbulkan makna yang berbeda antara satu logo dengan yang lain.

Membuat desain logo memang lebih istimewa dibandingkan dengan desain lainnya karena ketika Anda membuat sebuah logo, maka logo tersebut harus dapat merepresentasikan sesuatu. Dalam hal ini menyangkut visi dan misi dari sebuah perusahaan, instansi atau bahkan sebuah produk. Itulah sebabnya selain belajar untuk membuat berbagai desain logo Anda juga jangan pernah berhenti untuk terus mengikuti perkembangan pengetahuan dalam dunia desain logo ini.

bisnis sampingan di rumah: desain logodesign-logo

Belajarlah terus dari mereka yang sudah pakar dalam membuat desain logo ini. Belajar mengenai semiotika, warna, dan berbagai unsur lain yang terdapat dalam logo. Karena seperti kita ketahui desain sebuah logo akan mampu berbicara banyak walau hanya dengan ukuran yang kecil. Di sana ada sebuah penilaian atau persepsi yang ingin dicapai suatu badan, instansi, organisasi bahkan perorangan berkaitan dengan logo yang ia gunakan tersebut.

Jangan lupa untuk mengumpulkan setiap logo yang sudah berhasil Anda buat dalam sebuah portpolio. Ini akan menambah nilai jual Anda sebagai seorang designer logo. Dengan begitu Anda akan bisa lebih banyak mendapatkan klien. Saat ini juga Anda diberi kemudahan dengan tersedianya situs-situs yang digunakan untuk melelang desain logo yang Anda buat. Sistemnya yaitu -mempertemukan desainer dengan pihak-pihak yang membutuhkan desain logo.

Nantinya para penerima akan menyeleksi semua logo yang masuk. Ketika logo Anda yang terpilih maka Anda akan mendapatkan bayaran sesuai dengan yang dijanjikan pihak yang melakukan pemesanan logo tersebut. Jika Anda ingin mendapatkan nominal yang lebih besar tentunya dengan masuk ke situs lelang desain internasional. Dengan demikian klien yang melakukan pemesanan adalah berbagai instansi yang berasal dari luar negeri. Dengan begitu usaha Anda lebih cepat berkembang karena Anda dibayar dengan kurs yang lebih tinggi nilainya dari rupiah.

Jika Anda memang sudah memiliki keahlian dalam membuat desain logo karena dukungan akademis. Bisa juga karena berbagai sertifikat pelatihan desain yang sudah Anda miliki, maka Anda bisa menjadikan bisnis desain logo ini menjadi sebuah bisnis yang bisa Anda jalankan sendiri di rumah. Hanya saja diri Anda sendiri yang harus memperkenalkan usaha ini pada dunia. Hingga banyak orang yang tahu bahwa Anda seorang desainer spesialis logo.

Anda juga bisa menawarkan pada perusahaan-perusahaan yang berencana ingin mengganti logo mereka. Bisa juga perusahaan yang Anda anggap memiliki logo yang buruk. Nantinya Anda bisa menjemput bola dengan mendatangi perusahaan tersebut untuk mengajukan ide logo yang sudah Anda rancang untuk perusahaan tersebut. Namun tentunya tidak dengan tangan kosong melainkan dengan berbagai alasan yang Anda persentasikan untuk memberi tahu mereka bahwa logo yang Anda buat jauh lebih bagus dari logo perusahaan mereka saat ini.

Bekalnya tentu survey dan riset yang sudah Anda lakukan jauh-jauh hari sebelum Anda mencoba membuat desain logo untuk perusahaan yang akan Anda datangi tersebut. Perusahaan yang menjadi target Anda untuk meng-goal kan logo yang Anda buat. Jika ternyata mereka menyukai logo yang Anda buat hingga benar-benar diajukan untuk menjadi logo pengganti yang baru maka tentunya Anda akan mendapatkan upah atas kerja keras Anda dalam membuat desain tersebut.

Jika tidak berhasilpun Anda tidak perlu kecewa karena masih banyak perusahaan-perusahaan lainnya yang bisa jadi jauh lebih baik dalam penghargaan yang mereka berikan atas logo yang sudah dibuat. Sekali saja berhasil maka percayalah, Anda akan mendapatkan tawaran-tawaran lain dari berbagai perusahaan untuk menjadi desainer logo perusahaan mereka. Terutama untuk perusahaan-perusahaan baru yang bahkan sama sekali belum memiliki logo untuk brand mereka. Dengan begitu Anda sudah pasti bisa mengumpulkan pundi-pundi uang Anda lebih banyak lagi.

Harapannya tentu membuat jasa pembuatan logo Anda semakin berkembang hingga memungkinkan Anda untuk mepekerjakan beberapa desainer yang akan membantu Anda dakam menyelesaikan banyak order desain logo yang sampai ke tangan Anda. Hingga bukan tidak mungkin, hanya dari kehlian Anda dalam membuat desain logo menjadi sebuah bisnis sampingan yang besar. Bahkan bisa jadi lebih besar dibandingkan gaji seorang karyawan setiap bulannya.

 

  1. Jasa Desain Kartu Nama

Jasa desain lain yang cukup populer dan juga bisa menghasilkan adalah desain kartu nama. Desainer kartu nama juga bisa menjadi salah satu bisnis sampingan menghasilkan yang dapat Anda kerjakan di rumah. Alasannya tentu karena kartu nama sudah menjadi kebutuhan yang tidak terelakan lagi. Terutama bagi mereka yang memiliki kehlian atau profesi tertentu. Dengan adanya kartu nama tentu akan mempermudah mereka untuk mendapatkan klien ataua customer yang nantinya akan menjadi aset untuk mereka.

Kartu nama seseorang sedikit banyak mempresentasikan bagiamana karakter seseorang. Seberapa penting keberadaannya dibutuhkan dalam project tertentu. Bahkan untuk yang memiliki profesi tertentu yang menjadikan kartu nama yang mereka miliki sebagai salah satu bagian dari personal branding yang mereka lakukan. Salah satu yang penting dimiliki untuk mereka yang menjadikan pekerjaan mereka sebagai sebuah profesi.

Misalnya saja untuk seorang pengacara, dokter, penulis, blogger, personal trainer, mc, konsultan, arsitek, desainer, dan sederet profesi lain yang bisa diketahui atau diberitahukan kepada orang lain. Terutama relasi atau kenalan-kenalan baru yang mereka temui. Kartu nama ini akan sangat membantu mereka untuk mendpatkan pekerjaan atau peluang bisnis dari kolega-kolega baru yang mereka temui dalam suatu acara.

bisnis sampingan di rumah: desain-kartu-nama

Kartu nama ini menjadi salah satu perlengkapan orang sukses. Itulah sebabnya desain dari kartu nama tentu menjadi poin yang tak kalah penting. Sebagaimana ketika kita bertemu seseorang maka kesan pertama yang kita lihat adalah dari penampilannya. Jika kita diberi kartu nama oleh seseorang ketika mereka memberikan kita referensi dalam suatu hal tentu yang akan kita lihat pertama kali desain dari kartu nama tersebut. Itulah sebabnya usaha sampingan desain kartu nama bisa menjadi salah satu bisnis sampingan yang menjanjikan.

Untuk desain sebuah kartu nama bisa dimulai dengan puluhan ribu. Selanjutnya meningkat sesuai dengan tingkat kesulitan desain dan juga tingkat kemampuan klien Anda. Namun demikian perlu diingat bahwa siapapun klien Anda tetap berikan mereka hasil desain yang terbaik yang sesuai dengan standar harga yang Anda tawarkan kepada mereka. Bekerja sama dengan tukang sablon atau percetakan untuk mencetak kartu nama. Dengan begitu selain desain juga bisa sekaligus cetak kartu nama. Keuntungannya tentu bertambah besar karena Anda juga bisa mengambil keuntungan dari bahan dan percetakan langganan Anda tersebut.

  1. Jasa Desain Stiker

Stiker merupakan salah satu alat promosi, identitas, brand atau bahkan bisa juga sebagai karya seni. Semua itu bergantung pada siapa yang memesan dan untuk apa. Jadi tugas Anda hanya membuatkan sesuai pesanan saja. Namun tentunya dengan konsep yang jelas mengenai stiker seperti apa yang diinginkan. Mulai dari ukuran, bentuk, warnanya hingga bahan yang ingin digunakan. Faktor-faktor inilah yang nantinya akan menjadi acuan Anda untuk pengerjaan project desain tersebut.

Jika pesanan stiker yang akan Anda buat untuk alat promosi tentunya dibuat semenarik mungkin. Tak lupa pesan yang ingin disampaikan dari stiker tersebut. Harapannya tentu tujuannya tercapai untuk menjadikan stiker tersebut sebagai alat promosi. Dengan begitu ketika orang melihat stiker tersebut maka mereka sudah kenal betul dengan stiker tersebut. Oleh karena itu pastikan konsep dari stiker yang akan dibuat memang sesuai dengan target dari pasar yang dituju dari perusahaan atau produk tersebut.

Menggunakan stiker tertentu juga bisa jadi kebanggaan tersendiri bagi penggunanya. Tidak  mudah untuk mendapatkan stiker tersebut. Alasannya tentu karena tidak sembarang orang yang memiliki akses untuk memasang stiker tersebut. Itulah sebabnya, stiker yang dibuatpun memiliki desain dan bahan yang ekslusif. Jika Anda bisa menjadi desainer yang membuat pesanan desain stiker tersebut tentunya Anda juga akan dibayar mahal atas desain ekslusif yang akan Anda buat.

Banyak lagi peluang yang bisa Anda dapatkan hanya dengan mendesain stiker. Cara termudah medapatkan klien tentu dengan memiliki banyak kolega dari kalangan pebisis kakap yang bisa jadi akan membutuhkan jasa Anda dalam membuat desain stiker yang mereka butuhkan. Perluas pasar hingga ke internasional untuk mendapat klien-klien internasional yang rela membayar desain Anda dengan tarif lebih mahal biasanya dibandingkan dengan pangsa lokal.

 

  1. Jasa Desain Produk

Jasa desain produk juga bisa menjadi salah satu usaha sampingan di rumah yang cukup menjanjikan. Ini berkaitan dengan kemampuan Anda dalam berkreasi sekreatif mungkin. Produknya bisa apa saja disesuaikan dengan minat atau pesanan dari klien. Jika memang yang Anda ingin lakukan sekadar untuk bisnis sampingan tentu akan lebih menyenangkan jika desain yang dipilih adalah yang paling sesuai dengan minat.

Misalnya Anda lebih senang dengan merancang busana atau pakaian maka buatlah desain pakaian sebanyak mungkin. Buatlah sesuai dengan kreasi dan kreatifitas Anda. Jika lebih cenderung menyukai desain tas Anda juga bisa coba buat berbagai desain tas sekreatif mungkin. Ini juga berlaku untuk Anda yang berminat pada desain produk lainnya. Mug, lampu, piring, jam dinding, jam tangan, sepatu, sandal, topi, aksesoris, perhiasan, dll.

Perbanyak referensi dengan melihat karya-karya para desainer produk dunia. Dengan begitu Anda akan selalu mendapatkan ide baru. Salah satu cara yang populer dan mudah untuk dilakukan yaitu metode AMD yang merupakan singkatan dari Amati, Tiru, lalu Modifikasi. Cara ini bisa Anda lakukan untuk mendapatkan karya Anda sendiri. Tentunya sebuah karya yang baru karena sudah Anda modifikasi dengan baik. Semakin orisinal desain yang Anda buat akan membuat nilai desain Anda semakin tinggi. Hasilnya tentu membuat produk Anda bisa dijual dengan harga yang juga lebih tinggi.

 

  1. Jasa Desain Interior

Jika Anda adalah senang melakukan desain di dalam ruangan, terutama jika Anda termasuk orang yang memiliki bekal akademik dalam mendesain interior tidak ada salahnya untuk menjadikan desain interior ini menjadi pekerjaan sampingan Anda. Apalagi jika Anda juga gemar mencari dan mengumpulkan barang-barang atau benda unik yang dapat membuat suatu ruangan jadi terlihat berbeda. Tidak hanya karena komposisinya, tapi juga perpaduan warna, bentuk, dan fungsi dari setiap ruangan.

Ditambah lagi keahlian untuk mengoperasikan program-program guna memvisualisasikan desain yang Anda buat. Dengan begitu, Anda bisa membuat port polio yang merupakan contoh desain-desain interior yang pernah Anda buat. Ini akan mempermudah Anda ketika suatu saat Anda bertemu calon klien yang akan menggunakan jasa Anda. Mereka yang akan meminta Anda untuk membuatkan desain interior bangunan yang mereka miliki. Entah itu rumah tinggal, kantor, hotel, restoran, mall, dan lain sebagainya.

Semakin besar dan banyak ruangan yang membutuhkan sentuhan desain Anda tentunya akan membuat bayaran yang Anda terima lebih besar lagi. Semakin banyak portpolio hasil desain interior yang Anda kerjakan akan menambah jam terbang Anda dan memperbanyak alternatif bagi klien Anda untuk memilih desain mana yang mereka inginkan. Dengan begitu proses order yang dilakukan bisa dilakukan dengan lebih singkat lagi. Anda juga tidak membutuhkan lebih banyak waktu untuk mengerjakannya karena hanya perlu mengedit sedikit desain interior yang sudah Anda buat sebelumnya.

Untuk memastikan desain interior yang Anda buat ekslusif sekalipun klien meminta sebuah desain yang sudah dibeli oleh sebuah brand, sebaiknya gunakan desain baru. Hal ini menyangkut kepercayaan para klien Anda sebelumnya yang sudah menggunakan jasa desain interior yang telah Anda lakukan. Dengan begitu pekerjaan sampingan Anda dapat terus berjalan dengan baik. Hasilnya tentu pundi-pundi rupiahpun akan mengalir lebih deras ke rekening Anda.

  1. Jasa Desain Taman

Urusan desain taman berkaitan dengan Anda yang gemar berkebun atau berurusan dengan tanaman. Selain Anda memiliki kemampuan untuk merancang taman yang tidak hanya indah dari segi estetika tapi juga sesuai dengan karakter atau sifat dari tanaman-tanaman yang Anda pilih untuk ditananm pada sebuah taman milik klien Anda. Hal ini tentu disesuaikan dengan fungsi keberadaan dari tanaman tersebut pada sebuah taman.

Untuk itu sebelum mengerjakan project desain taman untuk klien Anda ada baiknya Anda mengkomunikasikannya dengan baik dengan klien Anda. Poin nya adalah Anda mengerti benar apa yang menjadi keinginan dari klien Anda. Taman seperti apa yang ingin dibuatnya, fungsinya untuk apa, budgetnya berapa, dan hal-hal lain yang mempengaruhi Anda dalam mengerjakan project taman dari klien Anda tersebut.

Hal ini akan memudahkan Anda untuk menentukan tanama-tanaman apa saja yang harus Anda cari untuk ditanam dan ditempatkan di taman yang akan Anda rancang tersebut. Tidak hanya dengan melihat jenis tanamannya, kelangkaan tanamannya, warnanya, bentuknya, cara tanaman tersebut tumbuh, apa yang paling dibutuhkan tanaman tersebut untuk bisa tumbuh dengan baik, di bagian mana bisa ditempatkan, dll.

Jika Anda berhasil meletakannya pada tempat yang tepat dengan komposisi yang tepat serta memenuhi fungsi dari keberadan setiap tanamann tersebut di taman maka Anda berhasil. Menjadikan taman tidak hanya indah dipandang mata tapi juga dapat dimanfaatkan oleh klien Anda serta membantu menyelamatkan lingkungan. Apalagi jika Anda juga secara tidak langsung turut serta melestarikan tanaman-tenaman tertentu yang sudah jarang keberadaannya.

Carilah referensi desain dari berbagai situs design taman baik dari dalam maupun luar negeri. Perdalam juga pengetahuan Anda tentang tanaman-tanaman hias maupun tanaman jenis lainnya. Bisa jadi tidak hanya desain taman hias yang Anda lakukan tapi juga taman herbal atau jenis taman lain yang tidak hanya mengutamakan segi keindahannya saja, melainkan juga fungsionalnya.

Bayaran yang Anda terima dari jasa desain taman ini tentunya cukup besar. Apalagi jika klien Anda adalah perusahaan besar atau perusahaan yang berskala internasional. Bisa berjuta-juta dari setiap desain yang Anda kerjakan. Namun memang tidak mudah untuk meyakinkan mereka bahwa Anda adalah orang yang tepat dan harus dibayar dengan bayaran yang tinggi. Mereka butuh diyakinkan bahwa Anda adalah orang yang tepat yang mereka cari. Itulah sebabnya perkaya pengalaman dan pengetahuan Anda tentang desain taman ini sebelum Anda memutuskan untuk menekuni usaha sampingan ini.

 

  1. Jasa Edit Foto

Dengan maraknya foto digital atau bahkan hampir semua telepon seluler dilengkapi dengan camera membuat mengambil foto bukanlah hal yang sulit. Namun hal ini akhirnya menimbulkan peluang baru yaitu dalam mengedit foto. Jadi tak penting lagi bisa memotret yang penting bisa mengedit foto. Terutama mereka yang gemar jika fotonya dibuat menjadi sesuatu yang unik. Misalnya dengan menggunakan latar belakang seperti di luar negeri. Bisa juga melakukan permak wajah dengan menghilangkan jerawat, dll.

Ada lagi yang tak kalah banyak penggemar adalah edit foto seolah-olah sudah melakukan welfi bersama para sosok publik figure. Mulai dari artis, para pejabat, dll. Di kota besar pekerjaan sampingan ini mungkin tidak terlalu banyak diminati. Hal ini berkaitan dengan kemudahan teknologi dan lebih banyaknya orang yang melek teknologi yang dengan menggunakan aplikasi pun sudah bisa melakukan edit foto sesuai dengan yang ia inginkan. Berbeda dengan di kota-kota kecil atau daerah.

Itulah sebabnya pekerjaan sampingan ini akan sangat mungkin menjadi pekerjaan yang menghasilkan jika Anda tinggal di kota-kota kecil atau daerah. Akan ada banyak calon klien Anda yang berminat untuk diedit fotonya, Terutama mereka yang baru mengenal media sosial. Jika di kota besar jasa edit foto ini biasanya sudah mencakup jasa fotografi. Itulah sebabnya untuk menjalani pekerjaan edit foto ini sebagai usaha sampingan, Anda bisa bermitra dengan teman-teman Anda yang berprofesi sebagai fotografer.

Nantinya Anda yang akan mengedit foto-foto hasil jepretannya menjadi gambar-gambar yang menarik dan memiliki sentuhan artistik yang indah. Dengan begitu foto-foto yang dihasilkan memiliki nilai jual yang lebih tinggi dari sebelum diedit. Jenis fotonya mulai dari foto prawedding, foto ibu hamil, foto baby born, foto makanan, dll. Apalagi ketika foto itu ditujukan untuk promosi yang bersifat komersil, maka Anda akan sangat dibutuhkan.

 

  1. Jasa Pengetikan di Rumah

Mulai dari jenjang sekolah TK di kota-kota besar sudah dikenalkan dengan teknologi komputer. Tidak hanya belajar menggambar mereka juga diajarkan cara mengetik menggunakan berbagai aplikasi yang ada di komputer. Terutama Microsoft Office. Dengan begitu keterampilan mengetik dan menggunakan komputer bukan lagi hal asing bagi mereka yang tinggal di kota. Bahkan dengan menggunakan Smart phone yang mereka miliki mereka bisa mengetik sejumlah hasil karya mereka yang harus menjadi tulisan yang ditulis dengan komputer.

Mirisnya di kota-kota kecil atau daerah, masih banyak yang tidak memiliki komputer, apalagi komputer jinjing. Sementara untuk tugas di sekolah hingga tugas kuliah tentunya harus diketik. Itulah sebabnya keberadaan jasa pengetikan di rumah yang Anda buka sebagai usaha sampingan Anda tentu akan sangat bermanfaat bagi mereka. Imbasnya tentu Anda akan mendapatkan bayaran dari apa yang Anda kerjakan tersebut.

Mengetik apa saja mulai dari nama-nama untuk undangan, tugas sekolah, berbagai karya tulis ilmiah. Semuanya bisa menjadi ladang bagi Anda dalam memperoleh penghasilan dari kemampuan mengetik dan perangkat laptop atau komputer yang Anda miliki. Tugas Anda hanya menyalin apa yang harus Anda tuliskan. Ketika ada typo atau kesalahan dalam penulisan maka Anda juga bisa langsung melakukan koreksi. Dengan begitu ada nilai jual dari jasa pengetikan yang Anda buka di rumah Anda sendiri ini.

 

  1. Jasa Penerjemah Bahasa Asing

Tidak banyak orang yang memiliki kemampuan untuk memahami dan mengerti bahasa lain selain bahasa Indonesia atau bahasa ibu yang ia miliki sendiri. Sementara berbagai literasi berbahasa asaing semakin mudah masuk dan di akses oleh siapa saja. Terutama para kalangan akademisi yang membutuhkan referensi dari buku-buku asing yang dinilai jauh lebih lengkap daripada yang berbahasa Indonesia. Karena walau bagaimanapun hasil terjemahan manusia tentu akan lebih mudah dimengerti dibandingkan dengan terjemahan yang dilakukan oleh mesin penerjemaah.

Untuk menjalani profesi ini Anda harus memiliki kemampuan yang baik dalam memahami dan menterjemahkan bahasa Asing. Setidaknya Anda memiliki dasar akademis atau bahkan pernah belajar bahasa di berbagai lembaga pelatihan Bahasa Asing yang ada di Indonesia. Tentunya dengan nilai yang baik yang bisa menjadi daya jual Anda dalam menjadi seorang penerjemah. Pengalaman Anda dalam menerjemahkan berbagai literasi juga menjadi acuan para calon klien pengguna jasa Anda untuk akhirnya menjatuhkan pilihan pada Anda sebagai calon penerjemaah.

Mulai dari menerjemahkan kalimat sehari-hari untuk diubah menjadi bahasa asing, menterjemahkan literatur tertentu untuk konsumsi pribadi, hingga menerjemahkan karya tulis dari buku berbahasa Asing ke dalam Bahasa Indonesia. Untuk yang terakhir, biasanya berkaitan dengan dunia literasi. Para penerbit biasanya yang bermain di ranah ini. Itulah sebabnya jika Anda mengincar pekerjaan sebagai penerjemah untuk buku-buku berbahasa asing Anda harus melamar pada penerbit-penerbit yang biasanya menerbitkan ulang buku-buku bahasa Asing untuk dibuat versi Bahasa Indonesianya atau bahkan sebaliknya.

Dengan begitu profesi penerjemah ini tentu memiliki kualifikasi yang pastinya jauh lebih baik lagi. Karena selain dia bisa menerjemahkan dengan baik, ia juga harus mengerti cara menulis dalam bahasa asing yang baik dan benar. Hingga terjemahannya bisa diterima dengan baik oleh mereka yang nantinya akan membaca buku yang sudah Anda terjemahkan dari bahasa Asing atau sebaliknya.

Untuk itulah penerbit juga akan melakukan seleksi yang ketat untuk pekerjaan ini. Biasanya yang mereka cari adalah mereka yang memiliki basic akademisi Bahasa Asing, pernah tinggal di luar negeri atau mereka yang memang sudah terbukti memiliki karya-karya yang sudah mereka kerjakan sebagai bukti bahwa mereka pernah menerjemahkan suatu karya literasi yang berbahasa asing atau sebaliknya.

Dengan begitu bayaran untuk mereka juga tidak main-main. Untuk 1 buku bisa sampai jutaan. Hingga jasa penerjemah yang Anda buka sebagai usaha sampingan ini bisa digeluti sebaga profesi yang mendatangkan penghasilan dalam jumlah yang besar. Apalagi jika jam terbang Anda dalam menerjemahkan semakin tinggi lagi. Sudah pasti bayaran Anda juga akan jauh lebih besar lagi.

bisnis sampingan di rumah: pengetikan

  1. Jasa Mengetik Ulang

Untuk usaha sampingan ini sebenarnya tidak jauh berbeda denga jasa input data. Hanya saja data yang harus Anda masukan adalah tulisan yang banyaknya berlembar-lembar. Biasanya isinya berkaitan satu sama lain atau bisa jadi yang harus Anda ketikan tersebut adalah sebuah buku. Biasanya buku tersebut adalah buku-buku lama yang sudah tidak memiliki soft copy. Itulah sebabnya jasa Anda dibutuhkan untuk membuat buku-buku tersebut memiliki soft copy lagi yang berupa file. Hingga akhirnya dibuat dalam bentuk ebook yang saat ini sudah marak di dunia.

Untuk memperoleh pekerjaan ini Anda bisa cari website-website pencari kerja yang membutuhkan Pekerja untuk menuliskan naskah-naskah dokumen yang biasanya berupa file foto atau gambar. Nantinya Anda harus mengetikannya sesuai dengan text yang tertera pada foto atau gambar yang diberikan pihak agensi atau pemberi pekerjaan pada Anda. Jika ada ketentuan lain mereka akan memberikan informasinya ketika Anda mendapatkan penugasan untuk mengetikan ulang naskah yang yang dalam bentuk gambar atau foto tersebut.

Tentunya dengan informasi untuk tenggat waktu yang diberikan pada Anda untuk mengerjakan pekerjaan tersebut. Sementara untuk penghasilan biasanya akan ditawarkan di awal sebelum Anda setuju untuk mengambil pekerjaan tersebut. Dalah hal ini Anda akan bersaing dengan para penyalin ulang lainnya untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Itulah sebabnya Anda harus memberikan gambara kelebihan yang bisa Anda berikan ketika mengerjakan pekerjaan tersebut.

Jika yang Anda datangi adalah pihak penerbit yang hendak menjadikan buku yang sudah mereka terbitkan menjadi sebuah e-book . Terutama buku-buku lama yang soft copy nya sudah tidak ditemukan lagi, maka tugas Anda menyalin isi buku tersebut ke dalam bentuk tulisan. Tugas Anda memasukan kata demi kata yang tertulis di dalam buku ke dalam bentuk teks. Untuk menjadikan buku yang sudah terbit tersebut ke dalam bentuk file kembali untuk selanjutnya diperjual belikan melalui ebook.

  1. Jasa Pengetikan Skripsi

Walaupun pada umumnya mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir atau skripsi mengerjakan skripsinya sendiri namun selalu ada pengecualian. Terutama mereka yang lebih senang menuliskan setiap Bab Skripsinya dengan menulis tangan. Alasannya bisa jadi bukan karena tidak ada laptop atau komputer tapi karena lebih suka menuangkan apa yang ada di pikirannya melalui goresan tulisan tangan. Sementara hasil yang diinginkan tentu berupa hasil ketik tangan melalui komputer atau laptop.

Nah, untuk mereka yang memiliki kecenderungan inilah Anda dibutuhkan. Hingga jasa pengetikan skripsi ini layak dijadikan usaha sampingan yang memang dapat membantu Anda untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah. Tentu lebih mahal bayarannya dibandingkan pengetikan tulisan biasa. Alasannya tentu karena teknik dalam menulis skripsi berbeda dengan tulisan biasa. Hal tersebut terutama karena bentuk sripsi yang tiada lain merupakan salah satu karya ilmiah.

Tidak hanya karena pengetikannya yang harus mengikuti ejaan penulisan yang telah disempurnakan, tapi juga mengikuti kaidah dari aturan penulisan skripsi. Mulai dari cara menulis kutipan, catatan kaki, dll. Itulah sebabnya tidak hanya dibutuhkan keahlian untuk menginput tulisan menjadi hasil ketikan komputer tapi juga bagaimana mengubah bentuk tulisan tangan tersebut menjadi sebuah karya tulis ilmiah yang baik yang memenuhi ketentuan yang diinginkan atau aturan tertentu yang diberikan pihak kampus.

Bahkan tidak sedikit mereka yang menyerahkan teknik penulisan sepenuhnya pada pengetik skripsi ini. Setiap ada revisi maka ia akan kembali lagi pada juru ketik dan menyampaikan revisi yang ia dapat dari dosen pembimbingnya. Mengoreksi beberapa bagian dalam tulisannya atau bahkan satu Bab. Bisa juga menambahkan tulisan baru yang dirasa kurang, dan lain sebagainya seperti apa yang disarankan oleh pembimbingnya. Hal ini akan terus menerus dilakukan hingga Tugas Akhirnya selesai dan tidak ada lagi revisi. Selama itu pula, Anda akan menjadi mitranya sebagai pengetik Skripsi.

Tantangannya tentu Anda harus siap dengan berkali-kali revisi, sedianya Anda yang sedang menjadi mahasiswa, sementara klien Anda yang menjadi dosen pembimbingnya. Namun ini sudah menjadi resiko yang harus dihadapi dalam bisnis sampingan yang Anda pilih ini. Semakin banyak Skripsi atau Tugas Akhir yang Anda tuliskan akan membuat jam terbang Anda semakin tinggi. Hasilnya dari hari ke hari pekerjaan yang Anda jalani tentu akan terasa lebih mudah. Hasilnyapun tentu akan semakin terasa.

 

  1. Jasa Editing Skripsi

Masih tentang Skripsi atau penulisan Tugas Akhir, namu pekerjaan sampingan yang ini lebih tinggi tingkatannya dari sekedar juru ketik skripsi. Alasannya tentu karena Anda menjadi editor dari naskah Tugas Akhir yang sudah dibuat klien Anda. Tentunya sebelum ia menyerahkannya kepada dosen pembimbingnya. Di sini Anda menjadi pembaca pertama tulisan yang dibuat oleh klien Anda. Dengan begitu sebelum dikoreksi habis-habisan oleh dosen pembimbingnya Andalah yang akan memberikan sentuhan editing hingga naskah Tugas akhir tersebut bisa dibuat sebagai mana mestinya.

Tentunya dengan memenuhi kaidah penulisan yang baik dan benar. Bebas dari kesalahan pengetikan, penulisan huruf besar dan kecil, line space, penulisan kutipan, bahasa serapan, catatan kaki, dll. Secara teknis dan isi dari konten naskah skripsi tersebut. Itulah sebabnya, untuk menjalani pekerjaan ini sebagai pekerjaan sampingan Anda tidak hanya sekadar mengerti mengenai teknik penulisan skripsi saja, tapi juga mengerti mengenai metode penelitian, cara membuat grafis, dll.

Dengan begitu editing yang Anda lakukan benar-benar bisa meminimalisir revisi yang harus dilakukan mahasiswa tersebut saat ia menyerahkan bab demi bab skripsi yang ditulisnya tersebut. Hasilnya proses pengerjaan Skripsi bisa menjadi lebih cepat. Tentunya jika didukung dengan konsistensi dari mahasiswa yang mengerjakan Tugas Akhirnya tersebut. Mengerjakan setiap babnya secara terus menerus. Semakin cepat maka semakin baik, dan Anda juga semakin cepat mendapat bayaran atas jasa editing skripsi ini.

Untuk masalah tarif, biasanya tergantung kesepakatan Anda dengan klien Anda. Namun biasanya, semakin terkenal Anda sebagai pengedit skripsi yang baik maka bayaran atas jasa editing yang Anda lakukan juga semakin tinggi. Untuk itu, ketika Anda ingin memperbesar pendapatan Anda maka Anda juga harus semakin meningkatkan kemampuan Anda dalam melakukan editing dari tulisan karya ilmiah yang berupa skripsi ini.

  1. Menjadi First Reader

Jika Anda gemar membaca, pekerjaan ini tentu akan menjadi sebuah peluang usaha yang menyenangkan untuk Anda. Selain Anda bisa menyalurkan hobi Anda membaca, Anda juga mendapat bayaran dari pekerjaan Anda tersebut. Untuk mulai menjajal pekerjaan ini menjadi usaha sampingan Anda cobalah untuk membuat resensi ata review buku-buku yang baru saja terbit dan beredar di toko buku. Lalu Anda kirimkan ke berbagai media yang menyediakan space khusus untuk resensi ini.

Semakin sering nama Anda muncul di media cetak dengan resensi buku yang Anda buat, maka nama Anda akan dikenal semakin dikenal. Setidaknya oleh penulis buku atau penerbit yang menerbitkan buku tersebut. Jika resensi yang Anda buat bagus maka bisa jadi Anda akan diminta untuk menjadi first reader dari berbagai genre buku baru yang dikeluarkan oleh penerbit tersebut. Minimal oleh Si Penulis karena ia merasa resensi yang Anda buat benar-benar bagus dan berkualitas.

Terutama yang berkaitan dengan kejujuran seorang pembaca yang pertama kali membaca buku tersebut. Resensi yang bukan iklan melainkan penilaian yang objektif dari seorang pembaca buku. Hingga ia tidak memiliki kepentingan apapun untuk mempromosikan buku tersebut atau sebaliknya untuk menjelek-jelekan buku tersebut. Menjadi penilai murni layaknya seorang pembaca buku yang menilai buku yang sudah dibacanya tersebut.

Pun dengan kelengkapan dari isi resensi tersebut yang membuat poin khusus. Tak lupa penuturan resensi yang enak dibaca dan mudah dipahami oleh pembaca resensi yang merasa terwakili dengan resensi yang Anda buat tersebut. Sehingga seseorang bisa menjadi tertarik untuk membaca buku tersebut, atau sebaliknya bersyukur sudah membaca resensi yang Anda buat hingga ia urung membeli buku yang Anda resensikan tersebut karena memang tidak sesuai dengan ekspektasinya.

Jika sudah bisa menjadi seorang peresensi yang baik, biasanya akan Anda penerbit yang atau penulis yang langsung mengontak Anda untuk meminta Anda menjadi pembaca pertama dari buku yang telah ditulis atau yang telah mereka terbitkan. Selain Anda mendapatkan buku baru Anda juga mendapatkan bayaran dari pekerjaan Anda sebagai first reader. Semakin banyak Anda dikenal sebagai first reader yang baik maka orderan atas jasa Anda tentu akan semakin banyak. Hasilnya tentu juga akan semakin banyak. Namun pastikan juga dengan kemampuan membaca Anda karena klien tentu tidak mau menunggu Anda untuk segera menghabiskan bacaan yang mereka sodorkan untuk Anda baca dan Anda resensi.

Untuk dapat menjadikan pekerjaan in sebagai usaha sampingan selain dengan memulai meresensi di berbagai media Anda juga bisa menghubungi masing-masing penerbit atau penulis. Untuk menjadi first reader mereka. Biasanya mereka akan meminta Anda untuk memberikan contoh resensi-resensi buku yang pernah Anda buat. Selain itu Anda juga bisa mencari di situs lowongan pekerjaan sebagai first reader. Selanjutnya, kirimkan CV Anda dengan bahasa menarik yang meyakinkan mereka bahwa Anda layak menjadi seorang first reader.

  1. Berjualan Makanan dan Minuman

Berjualan makanan dan minuman adalah salah satu usaha sampingan di rumah yang bisa Anda pilih. Terutama untuk Anda yang gemar memasak atau bahkan yang hobi makan. Karena dua hal tersebut bisa jadi merupakan modal yang cukup potensil untuk membuka usaha sampingan ini. Jika Anda gemar memasak maka Anda dapat berkreasi dalam membuat makanan atau minuman yang enak. Terlebih jika dibuat dari bahan-bahan pilihan yang berkualitas. Membuat makanan dan minuman yang Anda pilih tidak hanya lezat tapi juga sehat.

Berbagai kreasi makanan dan minuman yang Anda buat bisa menjadi salah satu favorit para calon pelanggan Anda. Untuk itu Anda harus bisa melahirkan makanan atau minuman yang unik dan menarik. Tidak hanya dihadirkan dengan penampilan yang unik dan menarik tapi juga lezat. Ditambah lagi jika dengan inovasi yang Anda buat dengan resep atau cara penyajiannya yang sudah pasti menarik banyak calon pembeli yang ingin mencoba makanan dan minuman hasil kreasi Anda. Menjadi satu yang diburu oleh mereka para penggemar makanan dan minuman hasil karya Anda di dapur

usaha sampingan di rumah: jual makanan

Jika Anda tidak bisa masak tapi hobi makan juga bisa menjadi modal untuk Anda dalam membuka usaha sampingan makanan dan minuman ini. Caranya yaitu dengan menyeleksi.makanan dan minuman yang menurut Anda memiliki rasa yang enak. Selanjutnya dibeli dan dijual kembali dengan harga jual Anda. Keuntungannya Anda dapatkan dari selisih harga beli dan harga jual yang Anda tentukan.

Anda cukup list saja makanan dan minuman favorit Anda, selanjutnya masukan ke dalam list makanan dan minuman yang akan Anda jual. Ketika ada orang yang memesan makanan atau minuman tersebut maka bersiaplah untuk.memesannya ke tempat biasa Anda membelinya. Tentunya dengan harga yang lebih murah dari seharusnya. Selisihnya inilah yang akan menjadi keuntungan untuk Anda dalam usaha sampingan makanan dan minuman.

Cara lainnya yaitu dengan membuka gerai makanan dan minuman yang langsung Anda ambil dari pembuatnya. Dengan begitu Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari penjualan makanan dan minuman walaupun Anda berstatus sebagai reseller. Semakin banyak ragam makanan dan minuman yang Anda jual akan menambah peluang untuk mendapatkan pelanggan.

bisnis sampingan di rumah: jual minuman

Untuk bisnis makanan dan minuman yang bukan Anda buat sendiri. Dengan posisi Anda sebagai reseller hendaknya pastikan kembali ketahanan setiap makanan atau minuman yang Anda jual. Untuk menghindari makanan menjadi basi harus diperhatikan bahan dan cara menyimpan makanan tersebut yang baik dan benar. Jika bisa disimpan di dalam lemari pendingin maka simpanlah di lemari pendingin. Pun untuk miniman yang tersedia kemasan siap seduh juga bisa menjadi alternatif minuman yang bisa Anda jual di gerai makanan dan minuman yang jadi bisnis sampingan milik Anda.

 

  1. Berjualan Pulsa

Ini adalah usaha sampingan di rumah yang sangat mudah untuk dilakukan. Apalagi di era teknologi saat ini. Banyak perusahaan yang bergerak sebagai dealer M kios membuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin membuka counter isi ulang. Persyaratannya juga sangatlah mudah karena yang Anda cukup memiliki KTP saja. Sementara peralatan yang dibutuhkan juga hanyalah sebuah HP dengan nomor HP yang aktif. Tidak perlu HP berteknologi tinggi. Asalkan bisa mengirimkan pesan sudah cukup untuk berjualan pulsa

Jika HP yang Anda gunakan lebih canggih lagi maka Anda berkesempatan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak lagi. Sebabnya karena untuk melakukan transaksi Anda bisa menggunakan sarana lain. Mulai dari.watshap, BBM, hingga telegram yang berbasis internet. Selain mampu melakukan Transaksi dengan lebih cepat juga lebih murah tentunya karena tidak sampai beberapa KB hanya untuk mengirimkan pesan singkat pada server. Prosesnya juga bisa lebih cepat dibandingkan dengan SMS yang terkadang delay dan memakan waktu yang jauh lebih lama.

Berbeda 150 hingga 350 cukup lumayan juga ketika bisnis sampingan yang kita lakukan adalah berjualan pulsa. Apalagi ketika nomor server yang satu tidak membalas maka otomatis kita sebagai penjual mencoba SMS ke server yang lain hingga terkadang sampai ke 4 nomor yang berbeda. 350 rupiah saja dikalikan 4 sudah 1400 rupiah. Itu artinya keuntungan kita sama sekali tidak didapatkan karena diambil biaya SMS. Itulah sebabnya alangkah baiknya jika Anda bisa menggunakan aplikasi lain yang lebih hemat dan efisien.

bisnis sampingan di rumah: jual pulsa

Untuk keuntungan paling besar hingga 2000 rupiah untuk 1 x transaksi. Terutama jika kita menjual TOKEN listrik yang biasanya nominalnya juga jauh lebih besar daripada pembelian voucher elektronik atau isi ulang nomor-nomor telepon seluler. Jika sehari saja Anda berhasil melakukan transaksi 20x saja. Untuk keuntungan minimal 1000 rupiah, maka sehari Anda bisa memperoleh keuntungan 20.000 rupiah. Dalam 1 bulan Anda sudah bisa mengantongi keuntungan bersih Rp600.000,- rupiah bahkan tanpa memiliki counter sekalipun. Cukup lumayan bukan untuk sebuah usaha sampingan?

Apalagi jika Anda memiliki keluarga besar atau koneksi yang cukup banyak. Keuntungan tentu saja berlipat. Hanya pastikan kembali keuntungan dan deposit yang Anda gunakan untuk mengisi ulang tidak terpakai bahkan terus digunakan. Dengan begitu uang terus berputar dan modal semakin hari semakin besar hingga keuntungapun bisa berlipat-lipat. Bukan tidak mungkin tempat pengisian ulang Anda menjadi tempat isi ulang yang paling laku hingga bisa beromset jutaan setiap bulannya. Jika omset sudah besar maka deposit Anda juga bisa lebih besar hingga transaksi isi ulang yang Anda lakukan dapat terus berjalan dengan lancar.

 

  1. Garage Sale

Cara yang paling mudah untuk berjualan adalah dengan membuka garage sale. Seperti kebiasaan yang dilakukan oleh orang-orang luar negeri. Caranya yaitu dengan memajang barang-barang bekas yang kita miliki di garasi miliki kita. Tentunya dengan diberi label DIJUAL. Semuanya dipajang dengan posisi yang mengundang para calon pembeli untuk melihat ke garasi satu per satu barang yang akan Anda jual.

Barangnya bisa apa saja yang menurut Anda memang masih layak dijual dan masih ada yang akan membelinya. Misalnya mainan anak-anak Anda yang sudah tidak terpakai. Mulai dari sepeda, kolam renang karet, perosotan, boneka-boneka, mobil-mobilan, dll. Anda juga bisa menjual baju-baju bekas yang masih bagus dan layak untuk dijual kembali. Biasanya baju-baju pesta yang hanya beberapa kali pakai. Bisa karena ukurannya yang sudah tidak muat lagi, bisa juga karena modelnya yang sudah tidak trend lagi.

Selain itu untuk Anda yang sering gonta ganti tas, berjualan tas bekas juga bisa dilakukan di garasi Anda. Terutama tas-tas yang masih bagus. Tidak harus bermerk tapi masih nampak bersih dan baru. Terutama dari bahan yang nampak masih kuat hingga masih sangat layak untuk digunakan. Pun dengan sepatu-sepatu yang sudah tidak muat lagi atau sepatu yang baru digunakan beberapa kali tapi Anda sudah bosan dengan sepatu tersebut. Begitupun dengan sabuk, topi, shawl, dan berbagai aksesoris lainnya yang bisa Anda jual pada para tetangga atau siapapun yang mungkin lewat di depan rumah Anda.

Cara ini sangat efektif untuk Anda yang tinggal di komplek-komplek atau perumahan. Dimana warganya akan sangat mungkin untuk lalu lalang melewati rumah Anda dan berinteraksi sejenak dengan Anda walaupun hanya bertanya kabar. Hai ini membuat peluang untuk mendapat pembeli lebih banyak lagi. Semakin banyak yang melintas di depan rumah Anda, semakin banyak pula orang yang melihat koleksi Garage Sale Anda. Dengan begitu peluang untuk mendapatkan pundi-pundi uang pun lebih besar lagi.

Bisnis sampingan yang bisa Anda lakukan di rumah Anda sendiri tanpa modal yang berarti karena Anda juga memang sudah tidak akan menggunakan barang-barang yang Anda jual tersebut lagi. Artinya barang yang dijual benar-benar sudah tidak dipergunakan lagi. Dengan begitu menjualnya sudah tentu menjadi jalan terbaik yang tidak hanya membantu Anda melakukan efisiensi ruangan di lemari atau rumah Anda, tapi juga membantu Anda memperoleh penghasilan dari rumah.

Penghasilannya tentu bergantung pada terjual atau tidaknya semua barang bekas yang sudah Anda pajang di garasi Anda. Semakin banyak yang terjual tentunya akan membuat keuntungan yang Anda dapat juga menjadi semakin besar. Apalagi jika barang bekas yang Anda jual memang masih mulus bahkan masih tampak seperti baru. Biasanya barang-barang yang jarang digunakan atau hanya beberapa kali saja digunakan dan setelah itu Anda bosan dan meninggalkannya begitu saja. Ini sangat berlaku untuk Anda yang seringkali lapar mata ketika berbelanja baju, tas, sepatu, dll.

 

  1. Berjualan Barang Bekas

Berjualana barang bekas juga jika ditekuni dengan baik bisa menjadi sebuah usaha sampingan yang dapat menjadi pintu rezeki untuk Anda dalam memperoleh pundi-pundi uang dengan cara yang halal. Barang bekas yang dijual tentunya merupakan barang bekas yang masih bisa digunakan atau layak pakai. Jika benda tersebut adalah sebuah benda yang bernilai seni tentunya harus tampak masih layak dan bagus untuk dijual. Dengan begitu masih memiliki nilai ketika diperjual belikan.

Jika Anda tidak mempunyai garasi atau area yang cukup luas untuk menjual baju-baju atau barang bekas Anda di garasi maka Anda bisa gunakan berbagai situs jual beli on line yang sedang marak-maraknya di Indonesia. Di situs jual beli On line ini Anda hanya cukup melakukan pendaftaran dan membuka lapak jualan barang bekas yang akan Anda jadikan toko on line Anda. Namun pastikan Anda tidak melakukan kebohongan dengan menceritakan deskripsi produk jika memang barang yang Anda jual tersebut adalah barang bekas. Anda hanya cukup memfoto barang yang akan Anda jual dan meng-upload-nya di lapak Anda.

Nantinya mereka yang tertarik dan membutuhkan barang bekas yang Anda jual tersebut akan menghubungi Anda. Hingga transaksi bisa dilakukan dengan baik dan barang-barang bekas Anda berhasil bertransformasi menjadi nominal uang. Selain Anda mengosongkan rumah Anda dari barang-barang bekas yang sudah tidak digunakan lagi, Anda juga memperoleh penghasilan tambahan yang tentunya cukup lumayan untuk bisa membeli barang lain yang baru untuk mengganti barang lama yang Anda jual. Jika semua barang Anda terjual tentu rupiahnya juga semakin besar.

Apalagi jika barang bekas yang Anda jual memiliki nilai nominal yang cukup besar. Misalnya saja sepeda, sepeda motor, mobil bekas, dll. Selain miliki Anda sendiri Anda juga bisa menjadi makelar dari berbagai kendaraan yang Anda jual tersebut. Semakin mahal barang yang Anda jual tentunya akan menambah penghasilan Anda dari bisnis sampingan ini. Bahkan ketikan Anda melakukan semuanya di rumah saja dengan memanfaatkan jaringan internet yang tersedia di rumah Anda.

 

  1. Berjualan Snack

Snack atau makanan ringan dalam hal ini kami artikan sebagai makanan ringan untuk konsumsi dalam berbagai acara tertentu. Sebuah kebutuhan yang pasti selalu ada di berbagai acara baik yang berbentuk formal maupun informal. Terutama ketika acara tersebut membutuhkan waktu yang tidak sebentar hingga mengganjal perut peserta merupakan urusan yang tidak boleh terlupakan oleh panitia penyelenggara acara. Itulah sebabnya seksi konsumsi sudah tentu menjadi staff yang harus selalu ada di dalam setiap pembentukan susunan kepanitiaan.

Saat ini usaha pembuatan snack atau makanan ringan memang sudah menjadi bisnis rumahan yang dipilih oleh banyak orang. Lalu bagaimana agar Anda juga bisa menggeluti bisnis snack tanpa harus mengeluarkan modal? Apalagi jika Anda memang sama sekali tidak jago dalam urusan membuat aneka kue atau kudapan yang seringkali ada di dalam snack berbagai acara yang diselenggarakan suatu kepanitiaan. Nah, caranya yaitu dengan menjadikan diri Anda sebagai reseller atau marketing dari industri-industri rumahan pembuat snack tersebut. Dengan begitu snack yang Anda ambil sudah tentu merupakan snack yang dibuat oleh para pembuat snack tersebut di rumah mereka masing-masing.

usaha sampingan di rumah dengan berjualan makanan

Untuk memasarkan snack yang kerap kali dibutuhkan oleh organisasi atau institusi ini bisa dilakukan berbai cara. Karena yang Anda inginkan adalah usaha sampingan yang bisa dilakukan di rumah tanpa modal maka Anda harus mencari strategi marketing yang tepat agar bisa menjual berbagai paket snack tanpa harus mengeluarkan modal. Salah satu caranya yaitu dengan memanfaatkan jaringan. Cari daftar industri rumah tangga atau mereka-mereka yang memang membuat makanan-makanan ringan tertentu sendiri di rumah mereka masing-masing. Pertimbangannya tentu harga, jarak, kemudahan dan kecepatan akses dalam pemesanan, juga memiliki rasa yang lezat serta penampilan yang meyakinkan.

Langkah berikutnya yaitu dengan mencari daftar institusi atau orang-orang yang seringkali terlibat dalam berbagai kepanitiaan yang diselenggarakan. Entah itu di institusi tertentu, perusahaan, hingga personal yang seringkali dipilih sebagai seksi konsumsi. Alasannya karena mereka-mereka inilah yang bisa menjadi pasar potensial Anda dalam memasarkan paket-paket snack yang sudah Anda siapakan. Dengan begitu, selain mereka membantu para pembuat snack untuk memasarkan kue-kue yang mereka buat, Anda juga membantu berbagai pihak yang berkepentingan dalam mempersiapkan snack ini. Hasilnya pekerjaan mereka juga menjadi lebih ringan ketika mereka sudah menyerahkan orderan mereka kepada Anda.

Keuntungan yang didapat tentu dari selisih harga antara harga yang diberikan para pembuat kue dengan harga yang Anda buat untuk ditawarkan pada para konsumen paket snack Anda. Itulah sebabnya Anda harus pandai menyeleksi kue-kue mana yang bisa dijual dengan harga yang sebanding dengan kelezatannya. Juga kue-kue yang memiliki harga yang murah yang memiliki rasa yang enak. Dengan begutu Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan tanpa harus merugikan salah satu pihak. Dalam hal ini produsen dan para calon konsumen paket snack yang Anda tawarkan. Keuntungan dari per item nya bisa jadi tidak lebih dari 500 rupiah, tapi jika dalam jumlah besar dan setiap harinya Anda mendapat order maka akan menjadi nilai rupiah yang cukup besar. Hingga bisa menjad jenis usaha sampingan yang cukup menjanjikan.

 

  1. Berjualan Kosmetika

Kosmetika adalah salah satu produk yang bisa dijadikan komoditi untuk dijual sebagai salah satu bisnis sampingan. Terutama jika Anda adalah kaum wanita yang tidak hanya pandai bersolek tapi juga pandai berbisnis. Produk kosmetik yang paling menjanjikan untuk menambah pundi-pundi rupiah Anda. Hanya saja yang harus diperhatikan adalah seberapa besar peluang bisnis serta jumlah rupiah yang bisa didapatkan. Ingat pula tanggung jawab moril kita sebagai penjual yang secara tidak langsung juga merangkap sebagai seorang konsultan kecantikan atau konsultan kesehatan kulit.

Untuk itu sebelum memilih produk dan menjualnya ada baiknya Anda kenali dulu produk yang akan Anda pasarkan tersebut. Aman atau tidak, caranya minimal dengan memastikan bahwa produk tersebut sudah terdaftar sebagai produk kosmetik yang bebas dari kandungan berbagai zat berbahaya di BPOM. Selanjutnya bahannya, hal ini terkait dengan bahan-bahan yang digunakan dari kosmetik atau skin care tersebut. Bahan kimia apa saja, jika herbal dari bahan apa, halal atau tidak, dll.

bisnis sampingan di rumah: jual kosmetik

Siapa saja yang bisa menggunakannya serta batas keamannya. Apakah kosmetik atau skin care tersebut aman untuk digunakan ibu hamil atau ibu menyusui atau tidak. Aman untuk remaja di bawah 17 tahun atau tidak, dan lain sebagainya. Jika produknya sudah dipastikan aman dan berkualitas Anda juga bisa melihat bagaimana prospek bisnisnya. Apakah hanya sekadar menawarkan keuntungan langsung dari penjualan saja atau ada aspek penghasilan lainnya, seperti bonus, reward, dll.

Jika ada produk berkualitas dan memiliki aspek bisnis lain tentu lebih menjanjikan untuk dijadikan usaha sampingan. Alasannya tentu akan membuat Anda tidak hanya sekadar mendapakan keuntungan dari penjualannya saja tapi juga bisa mendapatkan pasif income dengan menjalankan bisnis tersebut. Terlebih jika Anda juga bisa membantu wanita lain juga menjalankan bisnis yang Anda jalani serta mengajak mereka untuk bisa iku sukses menjalankan bisnis kosmetik atau skin care yang Anda jalankan tersebut.

Kemungkinan ini akan Anda dapatkan jika Anda tergabung dalam sebuah MLM yang produknya berupa kosmetik atau skincare. Namun pastikan terlebih dahulu apakah MLM tersebut real MLM atau bukan. Salah satu cirinya yaitu MLM tersebut terdaftar dalam Federasi Penjualan Langsung Internasional, jika kosmetik atau skin care yang Anda tawarkan merupakan produk buatan luar negeri. Ada banyak pilihan yang bisa Anda pilih sebagai bisnis sampingan Anda. Tinggal pilih yang paling sesuai dengan minat dan kebutuhan Anda.

Sebagai usaha sampingan di rumah,  bisnis kosmetik tersebut sangat memungkinkan Anda untuk tidak hanya mendapatkan keuntungan sebagai penjual saja tapi juga keuntungan lainnya. Mulai dari pasif income karena Anda berhasil menjadi leader yang baik untuk tim Anda atau jalan-jalan ke luar negeri. Kemampuan Anda juga terasah dengan baik karena Anda tidak hanya dibekali dengan product knowledge, tapi juga berbagai pengeahuan tentang bisnis serta berbagai soft skill lain yang akan sangat membantu Anda untuk berkembang. Bukan tidak mungkin penghasilan Anda bisa mencapai ratusan juta dari bisnis sampingan seperti ini.

 

  1. Berjualan Tanaman

Berjualan memang selalu menjadi bisnis yang sangat bisa dilakukan untuk Anda yang sedang mencari binis sampingan yang bisa dijalankan di rumah sendiri. Untuk bisnis tanaman ini syarat utama tentunya Anda mencintai tanaman dan hobi bercocok tanam. Salah satu komoditi yang bisa Anda kembangkan dalam bisnis tanaman ini beraneka ragam. Mulai dari berbagai tanaman hias, buah-buahan, tanaman herbal, dll yang bisa disesuaikan dengan minat dan juga situasi dan kondisi yang ada di lingkungan Anda.

Untuk bisa sukses di bisnis tanaman ini selain Anda seorang pencinta tanaman Anda juga harus memiliki pengetahuan yang cukup mengenai tanaman-tanaman yang Anda tanam. Dengan begitu Anda akan sangat lihai dalam memberikan perawatan yang terbaik bagi tanaman-tanaman Anda. Pun ketika pembeli menanyakan perihal tanaman tersebut Anda dapat menjelaskannya dengan detil dan juga meyakinkan sehingga pembeli mendapakan pengetahuan yang cukup juga agar ia bisa merawat tanaman yang dibelinya.

Selain itu lokasi yang strategi tentu dibutuhkan untuk kelangsungan bisnis ini. Karena yang kita bahas kali ini mengenai bisnis sampingan tentunya rumah Anda harus menjadi lokasi terbaik untuk menjalankan bisnis ini. Itulah sebabnya, Anda harus memilih tanaman-tanaman yang paling cocok dan sesuai ditanam di rumah Anda. Terutama berkaitan dengan kondisi tanah, suhu serta kelembapan udara yang sangat mempengaruhi pertumbuhan tanaman-tanaman yang Anda kembang biakan tersebut.

Untuk menjadikan usaha berjualan tanaman ini sebagai bisnis sampingan sebaiknya Anda mulai dengan memberdayagunakan tanaman-tanaman yang sudah ada di rumah Anda. Jika sudah dapat menghasilkan, barulah tambah dengan tanaman jenis lainnya. Untuk pemula bisa memulainya dengan tanaman-tanaman yang mudah perawatannya serta memiliki daya tahan yang cukup baik. Dengan begitu, tanaman-tanaman tersebut bisa menjadi modal awal untuk berkembangnya usaha sampingan ini.

Perhatikan pula jenis tanaman yang Anda pilih memiliki harga yang stabil sehingga sudah pasti akan selalu memberikan keuntungan pada Anda setiap tanaman tersebut berhasil terjual. Upayakan dalam perawatannya tidak menyusahkan Anda apalagi yang sampai memakan biaya yang cukup besar. Terutama jika Anda baru memulainya dan berniat menjadikan usaha berjualan tanaman ini menjadi usaha sampingan yang Anda lakukan di rumah Anda sendiri.

 

  1. Beternak Lele

Ikan Lele adalah salah satu jenis ikan tawar yang sangat mudah untuk dirawat dan dibiakan. Selain itu ikan Lele juga memiliki rasa yang enak serta banyak diminati. Terutama dalam bisnis Pecel Lele yang dari dulu hingga kini menjadi salah satu bisnis yang tak pernah mati. Pun dengan penggemarnya ya tidak pernah ada bosannya mengonsumsi Ikan Lele dengan bumbu pecel ini. Itulah sebabnya ketika Anda memutuskan untuk beternak lele, sudah pasti target pasar Anda adalah menjadi produsen Ikan Lele untuk para penjual pecel lele tersebut.

Semakin banyak menjaring para pengusaha pecel lele akan membuat peluang untuk mendapatkan penghasilan sampingan juga semakin besar. Apalagi jika yang Anda sasar adalah penjual Pecel Lele berkelas yang memiliki banyak cabang di berbagai kota di Indonesia. Pengusaha yang menjadikan ikan Lele diberi harga yang pantas untuk ikan yang mudah dimakan karena dagingnya yang tebal dan mudah dilepas dari durinya.

Namun demikian Anda yang ingin memulai usaha sampingan beternak ikan lele ini setidaknya memang sudah harus memiliki tambak atau kolam ikan sendiri di rumah Anda. Dengan begitu Anda bisa dengan mudah menjalankan bisnis ternak ikan lele ini sebagai bisnis sampingan yang nyaris tanpa modal. Dikatakannyaris tanpa modal karena ikan lele ini bibitnya saja memiliki harga yang cukup murah.

Beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam beternak lele ini yaitu proses pemijahan. Sebuah proses dalam mempertemukan induk jantan dan betina agar bisa mengeluarkan sel telur dan sel sperma yang selanjutnya akan menjadi telur yang berkembang menjadi anak-anak ikan lele yang banyak. Untuk itu Anda harus menyediakan kolam khusus untuk pemijahan ini. Perhatikan pula nutrisi yang dibutuhkan agar mereka bisa bertahan hidup pada fase ini.

Untuk proses pembiakan ini hendaknya Anda ketahui mengenai syarat-syarat induk jantan dan induk betina yang baik yang memungkinkan proses pemijahan berhasil tanpa hambatan. Salah satunya mengenai ukuran ikan, warna, serta bentuk dari ikan lele yang akan dikawinkan itu sendiri. Pengetahuan ini bisa Anda dapatkan dengan membaca berbagai informasi mengenai ternak ikan lele. Bisa juga dengan belajar langsung dari pakarnya yang sudah terlebih dahulu menjalankan bisnis ikan Lele

Setelah selesai proses pembiakan hingga telur menetas dan menjadi anak-anak lele maka pindahkan mereka ke kolam untuk pendederan. Lakukan dengan hati-hati proses ini. Perhatikan suhu air, debit air, serta peralatan yang dipergunakan dalam pemindahan ini agar berhasil dengan baik. Jika sudah mulai tumbuh maka budidayakan mereka dengan dipelihara hingga ukuran ikan-ikan lele tersebut layak untuk dijual. Perkiraan saat ukuran ikan-ikan tersebut sudah 5 hingga 12 cm.

 

  1. Beternak Ikan Hias

Jual Beli Hewan Peliharaan memang termasuk bisnis sampingan yang menjanjikan. Apalagi jika mengoleksi ikan hias termasuk hobi Anda dan keluarga. Selain itu ikan hias tidak memerlukan space yang besar cukup dengan modal beberapa aquarium koleksi Anda dan keluarga saja sudah bisa dilakukan. Itulah sebabnya usaha beternak ikan hias ini termasuk salah satu usaha sampingan yang bisa dilakukan nyaris tanpa modal.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam beternak ikan hias ini. Salah satu yang cukup penting adalah menentukan jenis ikan apa yang akan Anda ternakan. Pilih ikan yang memang memiliki banyak varian dan bisa dengan mudah dikawin silang hingga bisa menghasilkan varian yang berbeda atau unik. Biasanya ikan jenis ini akan memiliki harga jual yang lebih tinggi dibandingkan dengan ikan kebanyakan.

Pilih ikan hias yang berasal dari air tawar. Pasalnya ikan hias yang hidup di air tawar tidak terlalu sulit dalam hal perawatannya dibandingkan dengan ikan hias ari laut. Selain itu ikan hias yang berasal dari air awar memiliki ketahanan hidup yang lebih tinggi dibandingkan dengan ikan hias air laut. Apalagi untuk pemula seperti Anda yang baru mulai belajar untuk tidak hanya senang melihat ikan-ikan hias itu dalam Aquarium tapi juga baru memulai peruntungannya dalam menjadikan bisnis ikan hias ini sebagai bisnis sampingan yang bisa Anda kerjakan di rumah.

Selain itu perawatan tempat ikan-ikan hias ini diternakan haruslah terjaga kebersihannya. Salah satu caranya dengan memasang filter agar sirkulasi dan kebersihan air selalu terjaga. Cara lain yang alami dan cukup ampuh untuk memastikan air aquarium bisa bersih lebih lama yaitu dengan menambahkan arang di dalam aquarium. Bisa dijadikan serbuk lalu ditaburkan begitu saja atau disimpan dibalik hiasan-hiasan Aquarium Anda. Bisa juga menggunakan tanaman air tawar, misalnya tanaman sri rezeki yang terbukti bisa menjadikan air aquarium bisa tetap terjaga kebersihannya dalam waku yang lama.

Perhatikan besar dan kapasitas setiap ikan yang akan diternakan. Pastikan pula untuk memisahkan ikan yang satu dengan ikan jenis lain yang bisa jadi merupakan predator dari ikan yang Anda ternakan tersebut. Untuk itu dibutuhkan pengetahuan dan wawasan yang cukup baik mengenai berbagai jenis ikan hias. Terutama yang Anda pilih untuk diternakan


1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here