Ini Dia 50 Usaha Sampingan di Rumah yang Nyaris Tanpa Modal

0
8262

Emaksuper.com – Butuh usaha sampingan di rumah tapi tidak punya modal untuk memulai usaha? Tenang…Kami punya solusi untuk masalah Anda. Kali ini kami akan berikan 50 jenis usaha yang bisa Anda kerjakan sendiri di rumah walaupun tanpa modal sekalipun. Tidak percaya? Silahkan cek satu per satu dari 50 jenis usaha ini. Anda bisa pilih usaha yang mana yang paling sesuai untuk Anda dan yang paling mungkin untuk Anda lakukan. Percayalah, semua jenis usaha ini hanya membutuhkan tekad dan keinginan yang kuat untuk bisa Anda lakukan.

50 Inspirasi Usaha Sampingan di Rumah Pilihan

  1. Data Entry

Ini adalah salah satu bisnis sampingan yang jika ditelateni cukup memberikan hasil yang tidak sedikit. Mulai dari 5 ribuan untuk satu kata hingga puluhan ribu. Harga yang ditawarkan biasanya disesuaikan dengan tingkat kesulitan dan ketelitian yang dibutuhkan dalam melakukan proses input data tersebut. Selain itu juga berdasarkan lama atau sebentarnya waktu pengerjaan yang diminta oleh klien.

bisnis sampingan di rumah:data-entry

Data entry yang dimaksud mulai dari memasukan kumpulan data ke dalam bentuk tabel. Bisa juga untuk menulis capcha dengan benar, atau menuliskan angka secara akurat. Bisa juga dengan meminta Anda menuliskan email dari banyak perusahaan dengan benar, memasukan data-data yang dibutuhkan oleh perusahaan, menyalin foto atau scan buku tertentu untuk dijadikan e-book, dan banyak lagi yang lainnya.

Pekerjaan Anda hanya menyalin dan memastikan apa yang Anda masukan atau Anda tulis sama persis dengan yang ada di bahan. Itulah yang biasanya diminta klien. Oleh karena itu pekerjaan ini cocok dilakukan oleh Anda yang memiliki tingkat ketelitian dan kecermatan yang tinggi. Selain itu juga Anda haruslah bisa tahan berlama-lama untuk melakukan input data dengan intensitas yang tinggi sesuai dengan order yang diberikan pada Anda atau yang Anda sanggupi.

Untuk mendapatkan pekerjaan ini Anda bisa lakukan hanya dengan ketersediaan jaringan internet di rumah Anda. Hal ini akan memungkinkan Anda untuk melakukan pekerjaan ini tanpa meninggalkan rumah. Untuk mendapatkan order data entry saat ini sudah banyak situs lowongan kerja untuk pekerjaan ini. Anda bisa mendaftar sebagai penerima order sementara di pihak yang lain adalah mereka yang sedang mencari dan membutuhkan jasa Anda sebagai penginput data. Salah satunya di freelancer.com atau situs sejenis lainnya.

Tantangan terbesar dari usaha sampingan ini yaitu ketersediaan waktu yang banyak dan juga keharusan Anda untuk bisa fokus dalam melakukan input data tersebut. Kesalahan satu huruf atau karakterpun akan sangat menentukan keberlangsungan pekerjaan yang Anda lakukan. Ketika klien Anda puas dengan hasil kerja Anda maka ia akan menjadikan Anda sebagai kandidat yang selalu dicarinya jika ada pekerjaan baru yang lain untuk urusan input data ini.

  1. Mengolah Data

Usaha sampingan di rumah lainnya yang bisa Anda lakukan yaitu mengolah data. Ini juga bisa dilakukan di rumah. Hanya saja tidak semua orang bisa melakukannya karena ini berkaitan dengan keahlian seseorang di dalam statistika. Itulah sebabnya hanya mereka yang memiliki keahlian dan pengalaman dalam mengolah data dalam sebuat statistik akan dengan mudah mendapatkan serta mengerjakan pekerjaan ini.

Jika Anda merasa memiliki keahlian dalam mata kuliah statistika maka usaha sampingan ini sangat mungkin untuk menjadi lahan usaha Anda sehari-hari. Ada banyak perusahaan atau bahkan institusi yang membutuhkan keahlian Anda dalam mengolah data-data yang mereka miliki. Mereka yang mengumpulkan data melalu survey, sensus, menyebar questioner, dan sejenisnya.

bisnis sampingan di rumah: mengolah data

Selanjutnya Andalah yang mengolahnya menjadi sebuah data yang bisa terbaca dengan jelas. Menjadi sebuah olahan data yang bisa dengan mudah untuk dipresentasikan. Hasilnya tentu tujuan dari pengumpulan data tersebut tepat guna. Mudah untuk dipersentasikan dengan kata-kata oleh mereka yang akan mempersentasikannya. Apapun hasilnya nanti, mulai dari bentuk diagram, hipotesa-hipotesa, dan kesimpulan yang diperoleh dari pengolahan data tersebut.

Tidak hanya dibutuhkan kecermatan dan keteliatian dalam analisa, tapi juga perhitungan. Anda juga harus menguasai berbagai metode kuantitatif hingga hasil pengolahan data yang Anda lakukan benar-benar akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. Tidak mudah mencari orang dengan kualifikasi tersebut. Untuk itu Anda bisa menjadi pelopor untuk menjadikan jasa pengolah data ini sebagai usaha sampingan Anda. Jika sudah berkembang bahkan Anda bisa merekrut para sarjana yang ahli dalam statistika ini untuk bekerja secara freelance pada Anda.

Nantinya Anda yang mencarikan mereka pekerjaan. Mencari klien yang membutuhkan jasa Anda dan rekan-rekan Anda sebagai pengolah data. Walaupun demikian pekerjaan mengolah data ini dapat dijadikan usaha sampingan dengan penghasilan yang cukup lumayan. Penghasilan yang bisa dihasilkan dari pekerjaan ini minimal 1 juta rupiah untuk pengolahan data dengan jumlah data yang sedikit termasuk pengolahan data yan tidak terlalu rumit. Untuk data yang jauh lebih besar dan kompleks minimal Rp3.000.000,- sudah bisa Anda kantongi.

Klien yang bisa Anda jadikan sasaran untuk mempersentasikan jasa pengumpulan data yang Anda lakukan diantaranya berbagai instansi baik miliki swasta maupun pemerintahan. Untuk klien perorangan biasanya mereka para mahasiswa baik S-1 maupun S-2 yang sedang mengerjakan tugas akhir mereka. Entah itu skripsi maupun tesis. Terutama yang menggunakan metode kuantitatif. Mereka yang tidak memiliki banyak waktu atau bisa jadi tidak memiliki kemampuan yang cukup baik dalam melakukan pengolahan data tersebut. Sementara di sisi lain mereka membutuhkan hasil dari pengolahan data tersebut untuk menjadi bagian dari isi penelitian yang sedang mereka lakukan.

 

  1. Mengisi Survey

Terdengar sepele memang, namun ternyata pekerjaan ini bisa menjadi salah satu jenis usaha sampingan di rumah yang bisa Anda lakukan sendiri tanpa harus meninggalkan rumah. Modalnya cukup dengan memanfaatkan koneksi internet yang Anda miliki di rumah. Untuk menjadi salah satu pengisi survey sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu konteks dari survey yang akan dilakukan. Dengan begitu, Anda bisa menjawab setiap pertanyaan yang dilontarkan pada Anda dengan baik dan sesuai dengan harapan klien. Manfaatnya tentu untuk hasil survey yang akurat dan dapat dipertanggung jawabkan.

Saat ini sudah banyak website yang dapat membantu Anda untuk mendapatkan pekerjaan dengan menjadi sample atau pihak yang dimintai keterangan. Salah satunya yaitu poin-web.com. Biasanya setelah menyelesaikan satu survey Anda akan mendapatkan sejumlah poin yang banyaknya disesuaikan dengan berapa pertanyaan yang Anda selesaikan dalam kuestioner yang Anda isi secara on line dan real time. Itulah sebabnya Anda butuh waktu yang benar-benar khusus tanpa gangguan selama mengerjakan sebuah survey.

Nantinya poin-poin ini bisa ditukar dengan uang, voucher, pulsa, dan banyak lagi hadiah lainnya sesuai dengan besarnya poin yang Anda dapatkan. Semakin banyak pertanyaan yang Anda jawab maka semakin besar poin Anda. Semakin banyak survey yang Anda lakukan juga akan mendongkrak jumlah poin Anda. Apalagi jika Anda termasuk yang seringkali menyelesaikan setiap kuesioner yang diberikan hingga akhir survey. Biasanya akan ada tambahan bonus poin untuk Anda.

bisnis sampingan di rumah: mengisi survay

Jika Anda menguasai bahasa asing bahkan Anda uga bisa mengikuti survey dari perusahaan-perusahaan asing tentunya dengan bayaran dolar yang jauh lebih menjanjikan. Namun untuk pembayaran yang berhubungan dengan luar negeri ada baiknya Anda sudah memiliki paypal, dan sejenisnya yang memungkinkan Anda untuk menerima bayaran yang sudah menjadi hak Anda atas jerih payah Anda menjawab semua pertanyaan dengan jujur dan akurat. Bayarannya biasanya akan dibayarkan jika sudah melewati batas minimal tertentu.

Untuk bisa mengerjakan pekerjaan sampingan ini, selain membutuhkan koneksi internet yang baik juga dibutuhkan pengetahuan seputar materi yang akan menjadi materi pertanyaan. Sebelumnya biasanya ada pemberitahuan tentang berbagai survey yang mungkin untuk Anda kerjakan dengan judul survey. Judul survey inilah yang bisa Anda jadikan petunjuk pertanyaan mengenai apa yang akan Anda dapatkan dalam questioner yang diberikan. Dengan

begitu Anda bisa menjawab lebih banyak pertanyaan hingga survey tersebut bisa Anda selesaikan hingga pertanyaan terakhir. Hasilnya Anda akan mendapatkan poin yang lebih banyak

Poin-poin inilah yang nantinya akan diakumulasikan dan bisa ditukarkan dengan voucher, pulsa hingga sejumlah uang sebagai bayaran atas kesediaan Anda mengikuti survey yang diberikan. Memberikan jawaban yang dianggap akurat oleh penyelenggara survey. Untuk itu ketika pendaftaran biasanya kita diharuskan mengisi data-data dasar mulai dari pekerjaan, penghasilan, barang-barang elektronik yang kita miliki, kebiasaan bepergian yang kita lakukan, dll yang akan sangat berguna untuk menyeleksi layak atau tidaknya kita menjadi sample dari survey yang akan dilakukan,

Dari jawaban-jawaban yang Anda berikan itulah Anda akan terseleksi secara otomatis untuk meneriman berbagai undangan survey yang diperkirakan sesuai dengan diri Anda. Ketika survey berjalan dan ternyata Anda tidak memenuhi kriteria maka survey tersebut akan dihentikan hingga poin yang didapat juga menjadi lebih sedikit dibandingkan dengan survey yang selesai hingga terakhir. Untuk situs lembaga survey internasional yang menggunakan bahasa Inggris biasanya menyediakan bayaran yang lebih besar lagi. Hingga sangat besar kemungkinan Anda untuk mendulang dolar hanya dengan mengerjakan survey-survay berbahasa Inggris tersebut.

Untuk mengerjakan pekerjaan ini Anda haruslah memiliki waktu yang cukup dan memiliki nalar yang baik dalam memahami setiap pertanyaan yang diberikan. Dengan begitu Anda dapat mengerjakan survey lebih banyak dengan jawaban yang sesuai dengan yang diminta atau diinginkan oleh pihak penyedia survey. Entah itu instansi maupun perorangan. Itulah sebabnya ini bisa dijadikan usaha sampingan untuk mendapat tambahan penghasilan dari rumah.

 

  1. Jasa Desain Logo

Usaha sampingan di rumah berikutnya adalah usaha sampingan yang bisa dilakukan oleh Anda yang memiliki keahlian dalam mendesain. Kabar baiknya saat ini dengan banyaknya tutorial atau panduan untuk belajar desain di internet akan membantu Anda untuk bisa mempelajarinya sendiri. Itu artinya walaupun Anda bukan seorang pakar dalam men-design Anda juga bisa belajar membuat desain logo sendiri. Namun tentunya dengan sering berlatih dan terus belajar mengenai berbagai unsur yang terdapat dalam suatu logo mulai dari titik, warna, dan juga bentuk yang akan menimbulkan makna yang berbeda antara satu logo dengan yang lain.

Membuat desain logo memang lebih istimewa dibandingkan dengan desain lainnya karena ketika Anda membuat sebuah logo, maka logo tersebut harus dapat merepresentasikan sesuatu. Dalam hal ini menyangkut visi dan misi dari sebuah perusahaan, instansi atau bahkan sebuah produk. Itulah sebabnya selain belajar untuk membuat berbagai desain logo Anda juga jangan pernah berhenti untuk terus mengikuti perkembangan pengetahuan dalam dunia desain logo ini.

bisnis sampingan di rumah: desain logodesign-logo

Belajarlah terus dari mereka yang sudah pakar dalam membuat desain logo ini. Belajar mengenai semiotika, warna, dan berbagai unsur lain yang terdapat dalam logo. Karena seperti kita ketahui desain sebuah logo akan mampu berbicara banyak walau hanya dengan ukuran yang kecil. Di sana ada sebuah penilaian atau persepsi yang ingin dicapai suatu badan, instansi, organisasi bahkan perorangan berkaitan dengan logo yang ia gunakan tersebut.

Jangan lupa untuk mengumpulkan setiap logo yang sudah berhasil Anda buat dalam sebuah portpolio. Ini akan menambah nilai jual Anda sebagai seorang designer logo. Dengan begitu Anda akan bisa lebih banyak mendapatkan klien. Saat ini juga Anda diberi kemudahan dengan tersedianya situs-situs yang digunakan untuk melelang desain logo yang Anda buat. Sistemnya yaitu -mempertemukan desainer dengan pihak-pihak yang membutuhkan desain logo.

Nantinya para penerima akan menyeleksi semua logo yang masuk. Ketika logo Anda yang terpilih maka Anda akan mendapatkan bayaran sesuai dengan yang dijanjikan pihak yang melakukan pemesanan logo tersebut. Jika Anda ingin mendapatkan nominal yang lebih besar tentunya dengan masuk ke situs lelang desain internasional. Dengan demikian klien yang melakukan pemesanan adalah berbagai instansi yang berasal dari luar negeri. Dengan begitu usaha Anda lebih cepat berkembang karena Anda dibayar dengan kurs yang lebih tinggi nilainya dari rupiah.

Jika Anda memang sudah memiliki keahlian dalam membuat desain logo karena dukungan akademis. Bisa juga karena berbagai sertifikat pelatihan desain yang sudah Anda miliki, maka Anda bisa menjadikan bisnis desain logo ini menjadi sebuah bisnis yang bisa Anda jalankan sendiri di rumah. Hanya saja diri Anda sendiri yang harus memperkenalkan usaha ini pada dunia. Hingga banyak orang yang tahu bahwa Anda seorang desainer spesialis logo.

Anda juga bisa menawarkan pada perusahaan-perusahaan yang berencana ingin mengganti logo mereka. Bisa juga perusahaan yang Anda anggap memiliki logo yang buruk. Nantinya Anda bisa menjemput bola dengan mendatangi perusahaan tersebut untuk mengajukan ide logo yang sudah Anda rancang untuk perusahaan tersebut. Namun tentunya tidak dengan tangan kosong melainkan dengan berbagai alasan yang Anda persentasikan untuk memberi tahu mereka bahwa logo yang Anda buat jauh lebih bagus dari logo perusahaan mereka saat ini.

Bekalnya tentu survey dan riset yang sudah Anda lakukan jauh-jauh hari sebelum Anda mencoba membuat desain logo untuk perusahaan yang akan Anda datangi tersebut. Perusahaan yang menjadi target Anda untuk meng-goal kan logo yang Anda buat. Jika ternyata mereka menyukai logo yang Anda buat hingga benar-benar diajukan untuk menjadi logo pengganti yang baru maka tentunya Anda akan mendapatkan upah atas kerja keras Anda dalam membuat desain tersebut.

Jika tidak berhasilpun Anda tidak perlu kecewa karena masih banyak perusahaan-perusahaan lainnya yang bisa jadi jauh lebih baik dalam penghargaan yang mereka berikan atas logo yang sudah dibuat. Sekali saja berhasil maka percayalah, Anda akan mendapatkan tawaran-tawaran lain dari berbagai perusahaan untuk menjadi desainer logo perusahaan mereka. Terutama untuk perusahaan-perusahaan baru yang bahkan sama sekali belum memiliki logo untuk brand mereka. Dengan begitu Anda sudah pasti bisa mengumpulkan pundi-pundi uang Anda lebih banyak lagi.

Harapannya tentu membuat jasa pembuatan logo Anda semakin berkembang hingga memungkinkan Anda untuk mepekerjakan beberapa desainer yang akan membantu Anda dakam menyelesaikan banyak order desain logo yang sampai ke tangan Anda. Hingga bukan tidak mungkin, hanya dari kehlian Anda dalam membuat desain logo menjadi sebuah bisnis sampingan yang besar. Bahkan bisa jadi lebih besar dibandingkan gaji seorang karyawan setiap bulannya.

 

  1. Jasa Desain Kartu Nama

Jasa desain lain yang cukup populer dan juga bisa menghasilkan adalah desain kartu nama. Desainer kartu nama juga bisa menjadi salah satu bisnis sampingan menghasilkan yang dapat Anda kerjakan di rumah. Alasannya tentu karena kartu nama sudah menjadi kebutuhan yang tidak terelakan lagi. Terutama bagi mereka yang memiliki kehlian atau profesi tertentu. Dengan adanya kartu nama tentu akan mempermudah mereka untuk mendapatkan klien ataua customer yang nantinya akan menjadi aset untuk mereka.

Kartu nama seseorang sedikit banyak mempresentasikan bagiamana karakter seseorang. Seberapa penting keberadaannya dibutuhkan dalam project tertentu. Bahkan untuk yang memiliki profesi tertentu yang menjadikan kartu nama yang mereka miliki sebagai salah satu bagian dari personal branding yang mereka lakukan. Salah satu yang penting dimiliki untuk mereka yang menjadikan pekerjaan mereka sebagai sebuah profesi.

Misalnya saja untuk seorang pengacara, dokter, penulis, blogger, personal trainer, mc, konsultan, arsitek, desainer, dan sederet profesi lain yang bisa diketahui atau diberitahukan kepada orang lain. Terutama relasi atau kenalan-kenalan baru yang mereka temui. Kartu nama ini akan sangat membantu mereka untuk mendpatkan pekerjaan atau peluang bisnis dari kolega-kolega baru yang mereka temui dalam suatu acara.

bisnis sampingan di rumah: desain-kartu-nama

Kartu nama ini menjadi salah satu perlengkapan orang sukses. Itulah sebabnya desain dari kartu nama tentu menjadi poin yang tak kalah penting. Sebagaimana ketika kita bertemu seseorang maka kesan pertama yang kita lihat adalah dari penampilannya. Jika kita diberi kartu nama oleh seseorang ketika mereka memberikan kita referensi dalam suatu hal tentu yang akan kita lihat pertama kali desain dari kartu nama tersebut. Itulah sebabnya usaha sampingan desain kartu nama bisa menjadi salah satu bisnis sampingan yang menjanjikan.

Untuk desain sebuah kartu nama bisa dimulai dengan puluhan ribu. Selanjutnya meningkat sesuai dengan tingkat kesulitan desain dan juga tingkat kemampuan klien Anda. Namun demikian perlu diingat bahwa siapapun klien Anda tetap berikan mereka hasil desain yang terbaik yang sesuai dengan standar harga yang Anda tawarkan kepada mereka. Bekerja sama dengan tukang sablon atau percetakan untuk mencetak kartu nama. Dengan begitu selain desain juga bisa sekaligus cetak kartu nama. Keuntungannya tentu bertambah besar karena Anda juga bisa mengambil keuntungan dari bahan dan percetakan langganan Anda tersebut.

  1. Jasa Desain Stiker

Stiker merupakan salah satu alat promosi, identitas, brand atau bahkan bisa juga sebagai karya seni. Semua itu bergantung pada siapa yang memesan dan untuk apa. Jadi tugas Anda hanya membuatkan sesuai pesanan saja. Namun tentunya dengan konsep yang jelas mengenai stiker seperti apa yang diinginkan. Mulai dari ukuran, bentuk, warnanya hingga bahan yang ingin digunakan. Faktor-faktor inilah yang nantinya akan menjadi acuan Anda untuk pengerjaan project desain tersebut.

Jika pesanan stiker yang akan Anda buat untuk alat promosi tentunya dibuat semenarik mungkin. Tak lupa pesan yang ingin disampaikan dari stiker tersebut. Harapannya tentu tujuannya tercapai untuk menjadikan stiker tersebut sebagai alat promosi. Dengan begitu ketika orang melihat stiker tersebut maka mereka sudah kenal betul dengan stiker tersebut. Oleh karena itu pastikan konsep dari stiker yang akan dibuat memang sesuai dengan target dari pasar yang dituju dari perusahaan atau produk tersebut.

Menggunakan stiker tertentu juga bisa jadi kebanggaan tersendiri bagi penggunanya. Tidak  mudah untuk mendapatkan stiker tersebut. Alasannya tentu karena tidak sembarang orang yang memiliki akses untuk memasang stiker tersebut. Itulah sebabnya, stiker yang dibuatpun memiliki desain dan bahan yang ekslusif. Jika Anda bisa menjadi desainer yang membuat pesanan desain stiker tersebut tentunya Anda juga akan dibayar mahal atas desain ekslusif yang akan Anda buat.

Banyak lagi peluang yang bisa Anda dapatkan hanya dengan mendesain stiker. Cara termudah medapatkan klien tentu dengan memiliki banyak kolega dari kalangan pebisis kakap yang bisa jadi akan membutuhkan jasa Anda dalam membuat desain stiker yang mereka butuhkan. Perluas pasar hingga ke internasional untuk mendapat klien-klien internasional yang rela membayar desain Anda dengan tarif lebih mahal biasanya dibandingkan dengan pangsa lokal.

 

  1. Jasa Desain Produk

Jasa desain produk juga bisa menjadi salah satu usaha sampingan di rumah yang cukup menjanjikan. Ini berkaitan dengan kemampuan Anda dalam berkreasi sekreatif mungkin. Produknya bisa apa saja disesuaikan dengan minat atau pesanan dari klien. Jika memang yang Anda ingin lakukan sekadar untuk bisnis sampingan tentu akan lebih menyenangkan jika desain yang dipilih adalah yang paling sesuai dengan minat.

Misalnya Anda lebih senang dengan merancang busana atau pakaian maka buatlah desain pakaian sebanyak mungkin. Buatlah sesuai dengan kreasi dan kreatifitas Anda. Jika lebih cenderung menyukai desain tas Anda juga bisa coba buat berbagai desain tas sekreatif mungkin. Ini juga berlaku untuk Anda yang berminat pada desain produk lainnya. Mug, lampu, piring, jam dinding, jam tangan, sepatu, sandal, topi, aksesoris, perhiasan, dll.

Perbanyak referensi dengan melihat karya-karya para desainer produk dunia. Dengan begitu Anda akan selalu mendapatkan ide baru. Salah satu cara yang populer dan mudah untuk dilakukan yaitu metode AMD yang merupakan singkatan dari Amati, Tiru, lalu Modifikasi. Cara ini bisa Anda lakukan untuk mendapatkan karya Anda sendiri. Tentunya sebuah karya yang baru karena sudah Anda modifikasi dengan baik. Semakin orisinal desain yang Anda buat akan membuat nilai desain Anda semakin tinggi. Hasilnya tentu membuat produk Anda bisa dijual dengan harga yang juga lebih tinggi.

 

  1. Jasa Desain Interior

Jika Anda adalah senang melakukan desain di dalam ruangan, terutama jika Anda termasuk orang yang memiliki bekal akademik dalam mendesain interior tidak ada salahnya untuk menjadikan desain interior ini menjadi pekerjaan sampingan Anda. Apalagi jika Anda juga gemar mencari dan mengumpulkan barang-barang atau benda unik yang dapat membuat suatu ruangan jadi terlihat berbeda. Tidak hanya karena komposisinya, tapi juga perpaduan warna, bentuk, dan fungsi dari setiap ruangan.

Ditambah lagi keahlian untuk mengoperasikan program-program guna memvisualisasikan desain yang Anda buat. Dengan begitu, Anda bisa membuat port polio yang merupakan contoh desain-desain interior yang pernah Anda buat. Ini akan mempermudah Anda ketika suatu saat Anda bertemu calon klien yang akan menggunakan jasa Anda. Mereka yang akan meminta Anda untuk membuatkan desain interior bangunan yang mereka miliki. Entah itu rumah tinggal, kantor, hotel, restoran, mall, dan lain sebagainya.

Semakin besar dan banyak ruangan yang membutuhkan sentuhan desain Anda tentunya akan membuat bayaran yang Anda terima lebih besar lagi. Semakin banyak portpolio hasil desain interior yang Anda kerjakan akan menambah jam terbang Anda dan memperbanyak alternatif bagi klien Anda untuk memilih desain mana yang mereka inginkan. Dengan begitu proses order yang dilakukan bisa dilakukan dengan lebih singkat lagi. Anda juga tidak membutuhkan lebih banyak waktu untuk mengerjakannya karena hanya perlu mengedit sedikit desain interior yang sudah Anda buat sebelumnya.

Untuk memastikan desain interior yang Anda buat ekslusif sekalipun klien meminta sebuah desain yang sudah dibeli oleh sebuah brand, sebaiknya gunakan desain baru. Hal ini menyangkut kepercayaan para klien Anda sebelumnya yang sudah menggunakan jasa desain interior yang telah Anda lakukan. Dengan begitu pekerjaan sampingan Anda dapat terus berjalan dengan baik. Hasilnya tentu pundi-pundi rupiahpun akan mengalir lebih deras ke rekening Anda.

  1. Jasa Desain Taman

Urusan desain taman berkaitan dengan Anda yang gemar berkebun atau berurusan dengan tanaman. Selain Anda memiliki kemampuan untuk merancang taman yang tidak hanya indah dari segi estetika tapi juga sesuai dengan karakter atau sifat dari tanaman-tanaman yang Anda pilih untuk ditananm pada sebuah taman milik klien Anda. Hal ini tentu disesuaikan dengan fungsi keberadaan dari tanaman tersebut pada sebuah taman.

Untuk itu sebelum mengerjakan project desain taman untuk klien Anda ada baiknya Anda mengkomunikasikannya dengan baik dengan klien Anda. Poin nya adalah Anda mengerti benar apa yang menjadi keinginan dari klien Anda. Taman seperti apa yang ingin dibuatnya, fungsinya untuk apa, budgetnya berapa, dan hal-hal lain yang mempengaruhi Anda dalam mengerjakan project taman dari klien Anda tersebut.

Hal ini akan memudahkan Anda untuk menentukan tanama-tanaman apa saja yang harus Anda cari untuk ditanam dan ditempatkan di taman yang akan Anda rancang tersebut. Tidak hanya dengan melihat jenis tanamannya, kelangkaan tanamannya, warnanya, bentuknya, cara tanaman tersebut tumbuh, apa yang paling dibutuhkan tanaman tersebut untuk bisa tumbuh dengan baik, di bagian mana bisa ditempatkan, dll.

Jika Anda berhasil meletakannya pada tempat yang tepat dengan komposisi yang tepat serta memenuhi fungsi dari keberadan setiap tanamann tersebut di taman maka Anda berhasil. Menjadikan taman tidak hanya indah dipandang mata tapi juga dapat dimanfaatkan oleh klien Anda serta membantu menyelamatkan lingkungan. Apalagi jika Anda juga secara tidak langsung turut serta melestarikan tanaman-tenaman tertentu yang sudah jarang keberadaannya.

Carilah referensi desain dari berbagai situs design taman baik dari dalam maupun luar negeri. Perdalam juga pengetahuan Anda tentang tanaman-tanaman hias maupun tanaman jenis lainnya. Bisa jadi tidak hanya desain taman hias yang Anda lakukan tapi juga taman herbal atau jenis taman lain yang tidak hanya mengutamakan segi keindahannya saja, melainkan juga fungsionalnya.

Bayaran yang Anda terima dari jasa desain taman ini tentunya cukup besar. Apalagi jika klien Anda adalah perusahaan besar atau perusahaan yang berskala internasional. Bisa berjuta-juta dari setiap desain yang Anda kerjakan. Namun memang tidak mudah untuk meyakinkan mereka bahwa Anda adalah orang yang tepat dan harus dibayar dengan bayaran yang tinggi. Mereka butuh diyakinkan bahwa Anda adalah orang yang tepat yang mereka cari. Itulah sebabnya perkaya pengalaman dan pengetahuan Anda tentang desain taman ini sebelum Anda memutuskan untuk menekuni usaha sampingan ini.

 

  1. Jasa Edit Foto

Dengan maraknya foto digital atau bahkan hampir semua telepon seluler dilengkapi dengan camera membuat mengambil foto bukanlah hal yang sulit. Namun hal ini akhirnya menimbulkan peluang baru yaitu dalam mengedit foto. Jadi tak penting lagi bisa memotret yang penting bisa mengedit foto. Terutama mereka yang gemar jika fotonya dibuat menjadi sesuatu yang unik. Misalnya dengan menggunakan latar belakang seperti di luar negeri. Bisa juga melakukan permak wajah dengan menghilangkan jerawat, dll.

Ada lagi yang tak kalah banyak penggemar adalah edit foto seolah-olah sudah melakukan welfi bersama para sosok publik figure. Mulai dari artis, para pejabat, dll. Di kota besar pekerjaan sampingan ini mungkin tidak terlalu banyak diminati. Hal ini berkaitan dengan kemudahan teknologi dan lebih banyaknya orang yang melek teknologi yang dengan menggunakan aplikasi pun sudah bisa melakukan edit foto sesuai dengan yang ia inginkan. Berbeda dengan di kota-kota kecil atau daerah.

Itulah sebabnya pekerjaan sampingan ini akan sangat mungkin menjadi pekerjaan yang menghasilkan jika Anda tinggal di kota-kota kecil atau daerah. Akan ada banyak calon klien Anda yang berminat untuk diedit fotonya, Terutama mereka yang baru mengenal media sosial. Jika di kota besar jasa edit foto ini biasanya sudah mencakup jasa fotografi. Itulah sebabnya untuk menjalani pekerjaan edit foto ini sebagai usaha sampingan, Anda bisa bermitra dengan teman-teman Anda yang berprofesi sebagai fotografer.

Nantinya Anda yang akan mengedit foto-foto hasil jepretannya menjadi gambar-gambar yang menarik dan memiliki sentuhan artistik yang indah. Dengan begitu foto-foto yang dihasilkan memiliki nilai jual yang lebih tinggi dari sebelum diedit. Jenis fotonya mulai dari foto prawedding, foto ibu hamil, foto baby born, foto makanan, dll. Apalagi ketika foto itu ditujukan untuk promosi yang bersifat komersil, maka Anda akan sangat dibutuhkan.

 

  1. Jasa Pengetikan di Rumah

Mulai dari jenjang sekolah TK di kota-kota besar sudah dikenalkan dengan teknologi komputer. Tidak hanya belajar menggambar mereka juga diajarkan cara mengetik menggunakan berbagai aplikasi yang ada di komputer. Terutama Microsoft Office. Dengan begitu keterampilan mengetik dan menggunakan komputer bukan lagi hal asing bagi mereka yang tinggal di kota. Bahkan dengan menggunakan Smart phone yang mereka miliki mereka bisa mengetik sejumlah hasil karya mereka yang harus menjadi tulisan yang ditulis dengan komputer.

Mirisnya di kota-kota kecil atau daerah, masih banyak yang tidak memiliki komputer, apalagi komputer jinjing. Sementara untuk tugas di sekolah hingga tugas kuliah tentunya harus diketik. Itulah sebabnya keberadaan jasa pengetikan di rumah yang Anda buka sebagai usaha sampingan Anda tentu akan sangat bermanfaat bagi mereka. Imbasnya tentu Anda akan mendapatkan bayaran dari apa yang Anda kerjakan tersebut.

Mengetik apa saja mulai dari nama-nama untuk undangan, tugas sekolah, berbagai karya tulis ilmiah. Semuanya bisa menjadi ladang bagi Anda dalam memperoleh penghasilan dari kemampuan mengetik dan perangkat laptop atau komputer yang Anda miliki. Tugas Anda hanya menyalin apa yang harus Anda tuliskan. Ketika ada typo atau kesalahan dalam penulisan maka Anda juga bisa langsung melakukan koreksi. Dengan begitu ada nilai jual dari jasa pengetikan yang Anda buka di rumah Anda sendiri ini.

 

  1. Jasa Penerjemah Bahasa Asing

Tidak banyak orang yang memiliki kemampuan untuk memahami dan mengerti bahasa lain selain bahasa Indonesia atau bahasa ibu yang ia miliki sendiri. Sementara berbagai literasi berbahasa asaing semakin mudah masuk dan di akses oleh siapa saja. Terutama para kalangan akademisi yang membutuhkan referensi dari buku-buku asing yang dinilai jauh lebih lengkap daripada yang berbahasa Indonesia. Karena walau bagaimanapun hasil terjemahan manusia tentu akan lebih mudah dimengerti dibandingkan dengan terjemahan yang dilakukan oleh mesin penerjemaah.

Untuk menjalani profesi ini Anda harus memiliki kemampuan yang baik dalam memahami dan menterjemahkan bahasa Asing. Setidaknya Anda memiliki dasar akademis atau bahkan pernah belajar bahasa di berbagai lembaga pelatihan Bahasa Asing yang ada di Indonesia. Tentunya dengan nilai yang baik yang bisa menjadi daya jual Anda dalam menjadi seorang penerjemah. Pengalaman Anda dalam menerjemahkan berbagai literasi juga menjadi acuan para calon klien pengguna jasa Anda untuk akhirnya menjatuhkan pilihan pada Anda sebagai calon penerjemaah.

Mulai dari menerjemahkan kalimat sehari-hari untuk diubah menjadi bahasa asing, menterjemahkan literatur tertentu untuk konsumsi pribadi, hingga menerjemahkan karya tulis dari buku berbahasa Asing ke dalam Bahasa Indonesia. Untuk yang terakhir, biasanya berkaitan dengan dunia literasi. Para penerbit biasanya yang bermain di ranah ini. Itulah sebabnya jika Anda mengincar pekerjaan sebagai penerjemah untuk buku-buku berbahasa asing Anda harus melamar pada penerbit-penerbit yang biasanya menerbitkan ulang buku-buku bahasa Asing untuk dibuat versi Bahasa Indonesianya atau bahkan sebaliknya.

Dengan begitu profesi penerjemah ini tentu memiliki kualifikasi yang pastinya jauh lebih baik lagi. Karena selain dia bisa menerjemahkan dengan baik, ia juga harus mengerti cara menulis dalam bahasa asing yang baik dan benar. Hingga terjemahannya bisa diterima dengan baik oleh mereka yang nantinya akan membaca buku yang sudah Anda terjemahkan dari bahasa Asing atau sebaliknya.

Untuk itulah penerbit juga akan melakukan seleksi yang ketat untuk pekerjaan ini. Biasanya yang mereka cari adalah mereka yang memiliki basic akademisi Bahasa Asing, pernah tinggal di luar negeri atau mereka yang memang sudah terbukti memiliki karya-karya yang sudah mereka kerjakan sebagai bukti bahwa mereka pernah menerjemahkan suatu karya literasi yang berbahasa asing atau sebaliknya.

Dengan begitu bayaran untuk mereka juga tidak main-main. Untuk 1 buku bisa sampai jutaan. Hingga jasa penerjemah yang Anda buka sebagai usaha sampingan ini bisa digeluti sebaga profesi yang mendatangkan penghasilan dalam jumlah yang besar. Apalagi jika jam terbang Anda dalam menerjemahkan semakin tinggi lagi. Sudah pasti bayaran Anda juga akan jauh lebih besar lagi.

bisnis sampingan di rumah: pengetikan

  1. Jasa Mengetik Ulang

Untuk usaha sampingan ini sebenarnya tidak jauh berbeda denga jasa input data. Hanya saja data yang harus Anda masukan adalah tulisan yang banyaknya berlembar-lembar. Biasanya isinya berkaitan satu sama lain atau bisa jadi yang harus Anda ketikan tersebut adalah sebuah buku. Biasanya buku tersebut adalah buku-buku lama yang sudah tidak memiliki soft copy. Itulah sebabnya jasa Anda dibutuhkan untuk membuat buku-buku tersebut memiliki soft copy lagi yang berupa file. Hingga akhirnya dibuat dalam bentuk ebook yang saat ini sudah marak di dunia.

Untuk memperoleh pekerjaan ini Anda bisa cari website-website pencari kerja yang membutuhkan Pekerja untuk menuliskan naskah-naskah dokumen yang biasanya berupa file foto atau gambar. Nantinya Anda harus mengetikannya sesuai dengan text yang tertera pada foto atau gambar yang diberikan pihak agensi atau pemberi pekerjaan pada Anda. Jika ada ketentuan lain mereka akan memberikan informasinya ketika Anda mendapatkan penugasan untuk mengetikan ulang naskah yang yang dalam bentuk gambar atau foto tersebut.

Tentunya dengan informasi untuk tenggat waktu yang diberikan pada Anda untuk mengerjakan pekerjaan tersebut. Sementara untuk penghasilan biasanya akan ditawarkan di awal sebelum Anda setuju untuk mengambil pekerjaan tersebut. Dalah hal ini Anda akan bersaing dengan para penyalin ulang lainnya untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Itulah sebabnya Anda harus memberikan gambara kelebihan yang bisa Anda berikan ketika mengerjakan pekerjaan tersebut.

Jika yang Anda datangi adalah pihak penerbit yang hendak menjadikan buku yang sudah mereka terbitkan menjadi sebuah e-book . Terutama buku-buku lama yang soft copy nya sudah tidak ditemukan lagi, maka tugas Anda menyalin isi buku tersebut ke dalam bentuk tulisan. Tugas Anda memasukan kata demi kata yang tertulis di dalam buku ke dalam bentuk teks. Untuk menjadikan buku yang sudah terbit tersebut ke dalam bentuk file kembali untuk selanjutnya diperjual belikan melalui ebook.

  1. Jasa Pengetikan Skripsi

Walaupun pada umumnya mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir atau skripsi mengerjakan skripsinya sendiri namun selalu ada pengecualian. Terutama mereka yang lebih senang menuliskan setiap Bab Skripsinya dengan menulis tangan. Alasannya bisa jadi bukan karena tidak ada laptop atau komputer tapi karena lebih suka menuangkan apa yang ada di pikirannya melalui goresan tulisan tangan. Sementara hasil yang diinginkan tentu berupa hasil ketik tangan melalui komputer atau laptop.

Nah, untuk mereka yang memiliki kecenderungan inilah Anda dibutuhkan. Hingga jasa pengetikan skripsi ini layak dijadikan usaha sampingan yang memang dapat membantu Anda untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah. Tentu lebih mahal bayarannya dibandingkan pengetikan tulisan biasa. Alasannya tentu karena teknik dalam menulis skripsi berbeda dengan tulisan biasa. Hal tersebut terutama karena bentuk sripsi yang tiada lain merupakan salah satu karya ilmiah.

Tidak hanya karena pengetikannya yang harus mengikuti ejaan penulisan yang telah disempurnakan, tapi juga mengikuti kaidah dari aturan penulisan skripsi. Mulai dari cara menulis kutipan, catatan kaki, dll. Itulah sebabnya tidak hanya dibutuhkan keahlian untuk menginput tulisan menjadi hasil ketikan komputer tapi juga bagaimana mengubah bentuk tulisan tangan tersebut menjadi sebuah karya tulis ilmiah yang baik yang memenuhi ketentuan yang diinginkan atau aturan tertentu yang diberikan pihak kampus.

Bahkan tidak sedikit mereka yang menyerahkan teknik penulisan sepenuhnya pada pengetik skripsi ini. Setiap ada revisi maka ia akan kembali lagi pada juru ketik dan menyampaikan revisi yang ia dapat dari dosen pembimbingnya. Mengoreksi beberapa bagian dalam tulisannya atau bahkan satu Bab. Bisa juga menambahkan tulisan baru yang dirasa kurang, dan lain sebagainya seperti apa yang disarankan oleh pembimbingnya. Hal ini akan terus menerus dilakukan hingga Tugas Akhirnya selesai dan tidak ada lagi revisi. Selama itu pula, Anda akan menjadi mitranya sebagai pengetik Skripsi.

Tantangannya tentu Anda harus siap dengan berkali-kali revisi, sedianya Anda yang sedang menjadi mahasiswa, sementara klien Anda yang menjadi dosen pembimbingnya. Namun ini sudah menjadi resiko yang harus dihadapi dalam bisnis sampingan yang Anda pilih ini. Semakin banyak Skripsi atau Tugas Akhir yang Anda tuliskan akan membuat jam terbang Anda semakin tinggi. Hasilnya dari hari ke hari pekerjaan yang Anda jalani tentu akan terasa lebih mudah. Hasilnyapun tentu akan semakin terasa.

 

  1. Jasa Editing Skripsi

Masih tentang Skripsi atau penulisan Tugas Akhir, namu pekerjaan sampingan yang ini lebih tinggi tingkatannya dari sekedar juru ketik skripsi. Alasannya tentu karena Anda menjadi editor dari naskah Tugas Akhir yang sudah dibuat klien Anda. Tentunya sebelum ia menyerahkannya kepada dosen pembimbingnya. Di sini Anda menjadi pembaca pertama tulisan yang dibuat oleh klien Anda. Dengan begitu sebelum dikoreksi habis-habisan oleh dosen pembimbingnya Andalah yang akan memberikan sentuhan editing hingga naskah Tugas akhir tersebut bisa dibuat sebagai mana mestinya.

Tentunya dengan memenuhi kaidah penulisan yang baik dan benar. Bebas dari kesalahan pengetikan, penulisan huruf besar dan kecil, line space, penulisan kutipan, bahasa serapan, catatan kaki, dll. Secara teknis dan isi dari konten naskah skripsi tersebut. Itulah sebabnya, untuk menjalani pekerjaan ini sebagai pekerjaan sampingan Anda tidak hanya sekadar mengerti mengenai teknik penulisan skripsi saja, tapi juga mengerti mengenai metode penelitian, cara membuat grafis, dll.

Dengan begitu editing yang Anda lakukan benar-benar bisa meminimalisir revisi yang harus dilakukan mahasiswa tersebut saat ia menyerahkan bab demi bab skripsi yang ditulisnya tersebut. Hasilnya proses pengerjaan Skripsi bisa menjadi lebih cepat. Tentunya jika didukung dengan konsistensi dari mahasiswa yang mengerjakan Tugas Akhirnya tersebut. Mengerjakan setiap babnya secara terus menerus. Semakin cepat maka semakin baik, dan Anda juga semakin cepat mendapat bayaran atas jasa editing skripsi ini.

Untuk masalah tarif, biasanya tergantung kesepakatan Anda dengan klien Anda. Namun biasanya, semakin terkenal Anda sebagai pengedit skripsi yang baik maka bayaran atas jasa editing yang Anda lakukan juga semakin tinggi. Untuk itu, ketika Anda ingin memperbesar pendapatan Anda maka Anda juga harus semakin meningkatkan kemampuan Anda dalam melakukan editing dari tulisan karya ilmiah yang berupa skripsi ini.

  1. Menjadi First Reader

Jika Anda gemar membaca, pekerjaan ini tentu akan menjadi sebuah peluang usaha yang menyenangkan untuk Anda. Selain Anda bisa menyalurkan hobi Anda membaca, Anda juga mendapat bayaran dari pekerjaan Anda tersebut. Untuk mulai menjajal pekerjaan ini menjadi usaha sampingan Anda cobalah untuk membuat resensi ata review buku-buku yang baru saja terbit dan beredar di toko buku. Lalu Anda kirimkan ke berbagai media yang menyediakan space khusus untuk resensi ini.

Semakin sering nama Anda muncul di media cetak dengan resensi buku yang Anda buat, maka nama Anda akan dikenal semakin dikenal. Setidaknya oleh penulis buku atau penerbit yang menerbitkan buku tersebut. Jika resensi yang Anda buat bagus maka bisa jadi Anda akan diminta untuk menjadi first reader dari berbagai genre buku baru yang dikeluarkan oleh penerbit tersebut. Minimal oleh Si Penulis karena ia merasa resensi yang Anda buat benar-benar bagus dan berkualitas.

Terutama yang berkaitan dengan kejujuran seorang pembaca yang pertama kali membaca buku tersebut. Resensi yang bukan iklan melainkan penilaian yang objektif dari seorang pembaca buku. Hingga ia tidak memiliki kepentingan apapun untuk mempromosikan buku tersebut atau sebaliknya untuk menjelek-jelekan buku tersebut. Menjadi penilai murni layaknya seorang pembaca buku yang menilai buku yang sudah dibacanya tersebut.

Pun dengan kelengkapan dari isi resensi tersebut yang membuat poin khusus. Tak lupa penuturan resensi yang enak dibaca dan mudah dipahami oleh pembaca resensi yang merasa terwakili dengan resensi yang Anda buat tersebut. Sehingga seseorang bisa menjadi tertarik untuk membaca buku tersebut, atau sebaliknya bersyukur sudah membaca resensi yang Anda buat hingga ia urung membeli buku yang Anda resensikan tersebut karena memang tidak sesuai dengan ekspektasinya.

Jika sudah bisa menjadi seorang peresensi yang baik, biasanya akan Anda penerbit yang atau penulis yang langsung mengontak Anda untuk meminta Anda menjadi pembaca pertama dari buku yang telah ditulis atau yang telah mereka terbitkan. Selain Anda mendapatkan buku baru Anda juga mendapatkan bayaran dari pekerjaan Anda sebagai first reader. Semakin banyak Anda dikenal sebagai first reader yang baik maka orderan atas jasa Anda tentu akan semakin banyak. Hasilnya tentu juga akan semakin banyak. Namun pastikan juga dengan kemampuan membaca Anda karena klien tentu tidak mau menunggu Anda untuk segera menghabiskan bacaan yang mereka sodorkan untuk Anda baca dan Anda resensi.

Untuk dapat menjadikan pekerjaan in sebagai usaha sampingan selain dengan memulai meresensi di berbagai media Anda juga bisa menghubungi masing-masing penerbit atau penulis. Untuk menjadi first reader mereka. Biasanya mereka akan meminta Anda untuk memberikan contoh resensi-resensi buku yang pernah Anda buat. Selain itu Anda juga bisa mencari di situs lowongan pekerjaan sebagai first reader. Selanjutnya, kirimkan CV Anda dengan bahasa menarik yang meyakinkan mereka bahwa Anda layak menjadi seorang first reader.

  1. Berjualan Makanan dan Minuman

Berjualan makanan dan minuman adalah salah satu usaha sampingan di rumah yang bisa Anda pilih. Terutama untuk Anda yang gemar memasak atau bahkan yang hobi makan. Karena dua hal tersebut bisa jadi merupakan modal yang cukup potensil untuk membuka usaha sampingan ini. Jika Anda gemar memasak maka Anda dapat berkreasi dalam membuat makanan atau minuman yang enak. Terlebih jika dibuat dari bahan-bahan pilihan yang berkualitas. Membuat makanan dan minuman yang Anda pilih tidak hanya lezat tapi juga sehat.

Berbagai kreasi makanan dan minuman yang Anda buat bisa menjadi salah satu favorit para calon pelanggan Anda. Untuk itu Anda harus bisa melahirkan makanan atau minuman yang unik dan menarik. Tidak hanya dihadirkan dengan penampilan yang unik dan menarik tapi juga lezat. Ditambah lagi jika dengan inovasi yang Anda buat dengan resep atau cara penyajiannya yang sudah pasti menarik banyak calon pembeli yang ingin mencoba makanan dan minuman hasil kreasi Anda. Menjadi satu yang diburu oleh mereka para penggemar makanan dan minuman hasil karya Anda di dapur

usaha sampingan di rumah: jual makanan

Jika Anda tidak bisa masak tapi hobi makan juga bisa menjadi modal untuk Anda dalam membuka usaha sampingan makanan dan minuman ini. Caranya yaitu dengan menyeleksi.makanan dan minuman yang menurut Anda memiliki rasa yang enak. Selanjutnya dibeli dan dijual kembali dengan harga jual Anda. Keuntungannya Anda dapatkan dari selisih harga beli dan harga jual yang Anda tentukan.

Anda cukup list saja makanan dan minuman favorit Anda, selanjutnya masukan ke dalam list makanan dan minuman yang akan Anda jual. Ketika ada orang yang memesan makanan atau minuman tersebut maka bersiaplah untuk.memesannya ke tempat biasa Anda membelinya. Tentunya dengan harga yang lebih murah dari seharusnya. Selisihnya inilah yang akan menjadi keuntungan untuk Anda dalam usaha sampingan makanan dan minuman.

Cara lainnya yaitu dengan membuka gerai makanan dan minuman yang langsung Anda ambil dari pembuatnya. Dengan begitu Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari penjualan makanan dan minuman walaupun Anda berstatus sebagai reseller. Semakin banyak ragam makanan dan minuman yang Anda jual akan menambah peluang untuk mendapatkan pelanggan.

bisnis sampingan di rumah: jual minuman

Untuk bisnis makanan dan minuman yang bukan Anda buat sendiri. Dengan posisi Anda sebagai reseller hendaknya pastikan kembali ketahanan setiap makanan atau minuman yang Anda jual. Untuk menghindari makanan menjadi basi harus diperhatikan bahan dan cara menyimpan makanan tersebut yang baik dan benar. Jika bisa disimpan di dalam lemari pendingin maka simpanlah di lemari pendingin. Pun untuk miniman yang tersedia kemasan siap seduh juga bisa menjadi alternatif minuman yang bisa Anda jual di gerai makanan dan minuman yang jadi bisnis sampingan milik Anda.

 

  1. Berjualan Pulsa

Ini adalah usaha sampingan di rumah yang sangat mudah untuk dilakukan. Apalagi di era teknologi saat ini. Banyak perusahaan yang bergerak sebagai dealer M kios membuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin membuka counter isi ulang. Persyaratannya juga sangatlah mudah karena yang Anda cukup memiliki KTP saja. Sementara peralatan yang dibutuhkan juga hanyalah sebuah HP dengan nomor HP yang aktif. Tidak perlu HP berteknologi tinggi. Asalkan bisa mengirimkan pesan sudah cukup untuk berjualan pulsa

Jika HP yang Anda gunakan lebih canggih lagi maka Anda berkesempatan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak lagi. Sebabnya karena untuk melakukan transaksi Anda bisa menggunakan sarana lain. Mulai dari.watshap, BBM, hingga telegram yang berbasis internet. Selain mampu melakukan Transaksi dengan lebih cepat juga lebih murah tentunya karena tidak sampai beberapa KB hanya untuk mengirimkan pesan singkat pada server. Prosesnya juga bisa lebih cepat dibandingkan dengan SMS yang terkadang delay dan memakan waktu yang jauh lebih lama.

Berbeda 150 hingga 350 cukup lumayan juga ketika bisnis sampingan yang kita lakukan adalah berjualan pulsa. Apalagi ketika nomor server yang satu tidak membalas maka otomatis kita sebagai penjual mencoba SMS ke server yang lain hingga terkadang sampai ke 4 nomor yang berbeda. 350 rupiah saja dikalikan 4 sudah 1400 rupiah. Itu artinya keuntungan kita sama sekali tidak didapatkan karena diambil biaya SMS. Itulah sebabnya alangkah baiknya jika Anda bisa menggunakan aplikasi lain yang lebih hemat dan efisien.

bisnis sampingan di rumah: jual pulsa

Untuk keuntungan paling besar hingga 2000 rupiah untuk 1 x transaksi. Terutama jika kita menjual TOKEN listrik yang biasanya nominalnya juga jauh lebih besar daripada pembelian voucher elektronik atau isi ulang nomor-nomor telepon seluler. Jika sehari saja Anda berhasil melakukan transaksi 20x saja. Untuk keuntungan minimal 1000 rupiah, maka sehari Anda bisa memperoleh keuntungan 20.000 rupiah. Dalam 1 bulan Anda sudah bisa mengantongi keuntungan bersih Rp600.000,- rupiah bahkan tanpa memiliki counter sekalipun. Cukup lumayan bukan untuk sebuah usaha sampingan?

Apalagi jika Anda memiliki keluarga besar atau koneksi yang cukup banyak. Keuntungan tentu saja berlipat. Hanya pastikan kembali keuntungan dan deposit yang Anda gunakan untuk mengisi ulang tidak terpakai bahkan terus digunakan. Dengan begitu uang terus berputar dan modal semakin hari semakin besar hingga keuntungapun bisa berlipat-lipat. Bukan tidak mungkin tempat pengisian ulang Anda menjadi tempat isi ulang yang paling laku hingga bisa beromset jutaan setiap bulannya. Jika omset sudah besar maka deposit Anda juga bisa lebih besar hingga transaksi isi ulang yang Anda lakukan dapat terus berjalan dengan lancar.

 

  1. Garage Sale

Cara yang paling mudah untuk berjualan adalah dengan membuka garage sale. Seperti kebiasaan yang dilakukan oleh orang-orang luar negeri. Caranya yaitu dengan memajang barang-barang bekas yang kita miliki di garasi miliki kita. Tentunya dengan diberi label DIJUAL. Semuanya dipajang dengan posisi yang mengundang para calon pembeli untuk melihat ke garasi satu per satu barang yang akan Anda jual.

Barangnya bisa apa saja yang menurut Anda memang masih layak dijual dan masih ada yang akan membelinya. Misalnya mainan anak-anak Anda yang sudah tidak terpakai. Mulai dari sepeda, kolam renang karet, perosotan, boneka-boneka, mobil-mobilan, dll. Anda juga bisa menjual baju-baju bekas yang masih bagus dan layak untuk dijual kembali. Biasanya baju-baju pesta yang hanya beberapa kali pakai. Bisa karena ukurannya yang sudah tidak muat lagi, bisa juga karena modelnya yang sudah tidak trend lagi.

Selain itu untuk Anda yang sering gonta ganti tas, berjualan tas bekas juga bisa dilakukan di garasi Anda. Terutama tas-tas yang masih bagus. Tidak harus bermerk tapi masih nampak bersih dan baru. Terutama dari bahan yang nampak masih kuat hingga masih sangat layak untuk digunakan. Pun dengan sepatu-sepatu yang sudah tidak muat lagi atau sepatu yang baru digunakan beberapa kali tapi Anda sudah bosan dengan sepatu tersebut. Begitupun dengan sabuk, topi, shawl, dan berbagai aksesoris lainnya yang bisa Anda jual pada para tetangga atau siapapun yang mungkin lewat di depan rumah Anda.

Cara ini sangat efektif untuk Anda yang tinggal di komplek-komplek atau perumahan. Dimana warganya akan sangat mungkin untuk lalu lalang melewati rumah Anda dan berinteraksi sejenak dengan Anda walaupun hanya bertanya kabar. Hai ini membuat peluang untuk mendapat pembeli lebih banyak lagi. Semakin banyak yang melintas di depan rumah Anda, semakin banyak pula orang yang melihat koleksi Garage Sale Anda. Dengan begitu peluang untuk mendapatkan pundi-pundi uang pun lebih besar lagi.

Bisnis sampingan yang bisa Anda lakukan di rumah Anda sendiri tanpa modal yang berarti karena Anda juga memang sudah tidak akan menggunakan barang-barang yang Anda jual tersebut lagi. Artinya barang yang dijual benar-benar sudah tidak dipergunakan lagi. Dengan begitu menjualnya sudah tentu menjadi jalan terbaik yang tidak hanya membantu Anda melakukan efisiensi ruangan di lemari atau rumah Anda, tapi juga membantu Anda memperoleh penghasilan dari rumah.

Penghasilannya tentu bergantung pada terjual atau tidaknya semua barang bekas yang sudah Anda pajang di garasi Anda. Semakin banyak yang terjual tentunya akan membuat keuntungan yang Anda dapat juga menjadi semakin besar. Apalagi jika barang bekas yang Anda jual memang masih mulus bahkan masih tampak seperti baru. Biasanya barang-barang yang jarang digunakan atau hanya beberapa kali saja digunakan dan setelah itu Anda bosan dan meninggalkannya begitu saja. Ini sangat berlaku untuk Anda yang seringkali lapar mata ketika berbelanja baju, tas, sepatu, dll.

 

  1. Berjualan Barang Bekas

Berjualana barang bekas juga jika ditekuni dengan baik bisa menjadi sebuah usaha sampingan yang dapat menjadi pintu rezeki untuk Anda dalam memperoleh pundi-pundi uang dengan cara yang halal. Barang bekas yang dijual tentunya merupakan barang bekas yang masih bisa digunakan atau layak pakai. Jika benda tersebut adalah sebuah benda yang bernilai seni tentunya harus tampak masih layak dan bagus untuk dijual. Dengan begitu masih memiliki nilai ketika diperjual belikan.

Jika Anda tidak mempunyai garasi atau area yang cukup luas untuk menjual baju-baju atau barang bekas Anda di garasi maka Anda bisa gunakan berbagai situs jual beli on line yang sedang marak-maraknya di Indonesia. Di situs jual beli On line ini Anda hanya cukup melakukan pendaftaran dan membuka lapak jualan barang bekas yang akan Anda jadikan toko on line Anda. Namun pastikan Anda tidak melakukan kebohongan dengan menceritakan deskripsi produk jika memang barang yang Anda jual tersebut adalah barang bekas. Anda hanya cukup memfoto barang yang akan Anda jual dan meng-upload-nya di lapak Anda.

Nantinya mereka yang tertarik dan membutuhkan barang bekas yang Anda jual tersebut akan menghubungi Anda. Hingga transaksi bisa dilakukan dengan baik dan barang-barang bekas Anda berhasil bertransformasi menjadi nominal uang. Selain Anda mengosongkan rumah Anda dari barang-barang bekas yang sudah tidak digunakan lagi, Anda juga memperoleh penghasilan tambahan yang tentunya cukup lumayan untuk bisa membeli barang lain yang baru untuk mengganti barang lama yang Anda jual. Jika semua barang Anda terjual tentu rupiahnya juga semakin besar.

Apalagi jika barang bekas yang Anda jual memiliki nilai nominal yang cukup besar. Misalnya saja sepeda, sepeda motor, mobil bekas, dll. Selain miliki Anda sendiri Anda juga bisa menjadi makelar dari berbagai kendaraan yang Anda jual tersebut. Semakin mahal barang yang Anda jual tentunya akan menambah penghasilan Anda dari bisnis sampingan ini. Bahkan ketikan Anda melakukan semuanya di rumah saja dengan memanfaatkan jaringan internet yang tersedia di rumah Anda.

 

  1. Berjualan Snack

Snack atau makanan ringan dalam hal ini kami artikan sebagai makanan ringan untuk konsumsi dalam berbagai acara tertentu. Sebuah kebutuhan yang pasti selalu ada di berbagai acara baik yang berbentuk formal maupun informal. Terutama ketika acara tersebut membutuhkan waktu yang tidak sebentar hingga mengganjal perut peserta merupakan urusan yang tidak boleh terlupakan oleh panitia penyelenggara acara. Itulah sebabnya seksi konsumsi sudah tentu menjadi staff yang harus selalu ada di dalam setiap pembentukan susunan kepanitiaan.

Saat ini usaha pembuatan snack atau makanan ringan memang sudah menjadi bisnis rumahan yang dipilih oleh banyak orang. Lalu bagaimana agar Anda juga bisa menggeluti bisnis snack tanpa harus mengeluarkan modal? Apalagi jika Anda memang sama sekali tidak jago dalam urusan membuat aneka kue atau kudapan yang seringkali ada di dalam snack berbagai acara yang diselenggarakan suatu kepanitiaan. Nah, caranya yaitu dengan menjadikan diri Anda sebagai reseller atau marketing dari industri-industri rumahan pembuat snack tersebut. Dengan begitu snack yang Anda ambil sudah tentu merupakan snack yang dibuat oleh para pembuat snack tersebut di rumah mereka masing-masing.

usaha sampingan di rumah dengan berjualan makanan

Untuk memasarkan snack yang kerap kali dibutuhkan oleh organisasi atau institusi ini bisa dilakukan berbai cara. Karena yang Anda inginkan adalah usaha sampingan yang bisa dilakukan di rumah tanpa modal maka Anda harus mencari strategi marketing yang tepat agar bisa menjual berbagai paket snack tanpa harus mengeluarkan modal. Salah satu caranya yaitu dengan memanfaatkan jaringan. Cari daftar industri rumah tangga atau mereka-mereka yang memang membuat makanan-makanan ringan tertentu sendiri di rumah mereka masing-masing. Pertimbangannya tentu harga, jarak, kemudahan dan kecepatan akses dalam pemesanan, juga memiliki rasa yang lezat serta penampilan yang meyakinkan.

Langkah berikutnya yaitu dengan mencari daftar institusi atau orang-orang yang seringkali terlibat dalam berbagai kepanitiaan yang diselenggarakan. Entah itu di institusi tertentu, perusahaan, hingga personal yang seringkali dipilih sebagai seksi konsumsi. Alasannya karena mereka-mereka inilah yang bisa menjadi pasar potensial Anda dalam memasarkan paket-paket snack yang sudah Anda siapakan. Dengan begitu, selain mereka membantu para pembuat snack untuk memasarkan kue-kue yang mereka buat, Anda juga membantu berbagai pihak yang berkepentingan dalam mempersiapkan snack ini. Hasilnya pekerjaan mereka juga menjadi lebih ringan ketika mereka sudah menyerahkan orderan mereka kepada Anda.

Keuntungan yang didapat tentu dari selisih harga antara harga yang diberikan para pembuat kue dengan harga yang Anda buat untuk ditawarkan pada para konsumen paket snack Anda. Itulah sebabnya Anda harus pandai menyeleksi kue-kue mana yang bisa dijual dengan harga yang sebanding dengan kelezatannya. Juga kue-kue yang memiliki harga yang murah yang memiliki rasa yang enak. Dengan begutu Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan tanpa harus merugikan salah satu pihak. Dalam hal ini produsen dan para calon konsumen paket snack yang Anda tawarkan. Keuntungan dari per item nya bisa jadi tidak lebih dari 500 rupiah, tapi jika dalam jumlah besar dan setiap harinya Anda mendapat order maka akan menjadi nilai rupiah yang cukup besar. Hingga bisa menjad jenis usaha sampingan yang cukup menjanjikan.

 

  1. Berjualan Kosmetika

Kosmetika adalah salah satu produk yang bisa dijadikan komoditi untuk dijual sebagai salah satu bisnis sampingan. Terutama jika Anda adalah kaum wanita yang tidak hanya pandai bersolek tapi juga pandai berbisnis. Produk kosmetik yang paling menjanjikan untuk menambah pundi-pundi rupiah Anda. Hanya saja yang harus diperhatikan adalah seberapa besar peluang bisnis serta jumlah rupiah yang bisa didapatkan. Ingat pula tanggung jawab moril kita sebagai penjual yang secara tidak langsung juga merangkap sebagai seorang konsultan kecantikan atau konsultan kesehatan kulit.

Untuk itu sebelum memilih produk dan menjualnya ada baiknya Anda kenali dulu produk yang akan Anda pasarkan tersebut. Aman atau tidak, caranya minimal dengan memastikan bahwa produk tersebut sudah terdaftar sebagai produk kosmetik yang bebas dari kandungan berbagai zat berbahaya di BPOM. Selanjutnya bahannya, hal ini terkait dengan bahan-bahan yang digunakan dari kosmetik atau skin care tersebut. Bahan kimia apa saja, jika herbal dari bahan apa, halal atau tidak, dll.

bisnis sampingan di rumah: jual kosmetik

Siapa saja yang bisa menggunakannya serta batas keamannya. Apakah kosmetik atau skin care tersebut aman untuk digunakan ibu hamil atau ibu menyusui atau tidak. Aman untuk remaja di bawah 17 tahun atau tidak, dan lain sebagainya. Jika produknya sudah dipastikan aman dan berkualitas Anda juga bisa melihat bagaimana prospek bisnisnya. Apakah hanya sekadar menawarkan keuntungan langsung dari penjualan saja atau ada aspek penghasilan lainnya, seperti bonus, reward, dll.

Jika ada produk berkualitas dan memiliki aspek bisnis lain tentu lebih menjanjikan untuk dijadikan usaha sampingan. Alasannya tentu akan membuat Anda tidak hanya sekadar mendapakan keuntungan dari penjualannya saja tapi juga bisa mendapatkan pasif income dengan menjalankan bisnis tersebut. Terlebih jika Anda juga bisa membantu wanita lain juga menjalankan bisnis yang Anda jalani serta mengajak mereka untuk bisa iku sukses menjalankan bisnis kosmetik atau skin care yang Anda jalankan tersebut.

Kemungkinan ini akan Anda dapatkan jika Anda tergabung dalam sebuah MLM yang produknya berupa kosmetik atau skincare. Namun pastikan terlebih dahulu apakah MLM tersebut real MLM atau bukan. Salah satu cirinya yaitu MLM tersebut terdaftar dalam Federasi Penjualan Langsung Internasional, jika kosmetik atau skin care yang Anda tawarkan merupakan produk buatan luar negeri. Ada banyak pilihan yang bisa Anda pilih sebagai bisnis sampingan Anda. Tinggal pilih yang paling sesuai dengan minat dan kebutuhan Anda.

Sebagai usaha sampingan di rumah,  bisnis kosmetik tersebut sangat memungkinkan Anda untuk tidak hanya mendapatkan keuntungan sebagai penjual saja tapi juga keuntungan lainnya. Mulai dari pasif income karena Anda berhasil menjadi leader yang baik untuk tim Anda atau jalan-jalan ke luar negeri. Kemampuan Anda juga terasah dengan baik karena Anda tidak hanya dibekali dengan product knowledge, tapi juga berbagai pengeahuan tentang bisnis serta berbagai soft skill lain yang akan sangat membantu Anda untuk berkembang. Bukan tidak mungkin penghasilan Anda bisa mencapai ratusan juta dari bisnis sampingan seperti ini.

 

  1. Berjualan Tanaman

Berjualan memang selalu menjadi bisnis yang sangat bisa dilakukan untuk Anda yang sedang mencari binis sampingan yang bisa dijalankan di rumah sendiri. Untuk bisnis tanaman ini syarat utama tentunya Anda mencintai tanaman dan hobi bercocok tanam. Salah satu komoditi yang bisa Anda kembangkan dalam bisnis tanaman ini beraneka ragam. Mulai dari berbagai tanaman hias, buah-buahan, tanaman herbal, dll yang bisa disesuaikan dengan minat dan juga situasi dan kondisi yang ada di lingkungan Anda.

Untuk bisa sukses di bisnis tanaman ini selain Anda seorang pencinta tanaman Anda juga harus memiliki pengetahuan yang cukup mengenai tanaman-tanaman yang Anda tanam. Dengan begitu Anda akan sangat lihai dalam memberikan perawatan yang terbaik bagi tanaman-tanaman Anda. Pun ketika pembeli menanyakan perihal tanaman tersebut Anda dapat menjelaskannya dengan detil dan juga meyakinkan sehingga pembeli mendapakan pengetahuan yang cukup juga agar ia bisa merawat tanaman yang dibelinya.

Selain itu lokasi yang strategi tentu dibutuhkan untuk kelangsungan bisnis ini. Karena yang kita bahas kali ini mengenai bisnis sampingan tentunya rumah Anda harus menjadi lokasi terbaik untuk menjalankan bisnis ini. Itulah sebabnya, Anda harus memilih tanaman-tanaman yang paling cocok dan sesuai ditanam di rumah Anda. Terutama berkaitan dengan kondisi tanah, suhu serta kelembapan udara yang sangat mempengaruhi pertumbuhan tanaman-tanaman yang Anda kembang biakan tersebut.

Untuk menjadikan usaha berjualan tanaman ini sebagai bisnis sampingan sebaiknya Anda mulai dengan memberdayagunakan tanaman-tanaman yang sudah ada di rumah Anda. Jika sudah dapat menghasilkan, barulah tambah dengan tanaman jenis lainnya. Untuk pemula bisa memulainya dengan tanaman-tanaman yang mudah perawatannya serta memiliki daya tahan yang cukup baik. Dengan begitu, tanaman-tanaman tersebut bisa menjadi modal awal untuk berkembangnya usaha sampingan ini.

Perhatikan pula jenis tanaman yang Anda pilih memiliki harga yang stabil sehingga sudah pasti akan selalu memberikan keuntungan pada Anda setiap tanaman tersebut berhasil terjual. Upayakan dalam perawatannya tidak menyusahkan Anda apalagi yang sampai memakan biaya yang cukup besar. Terutama jika Anda baru memulainya dan berniat menjadikan usaha berjualan tanaman ini menjadi usaha sampingan yang Anda lakukan di rumah Anda sendiri.

 

  1. Beternak Lele

Ikan Lele adalah salah satu jenis ikan tawar yang sangat mudah untuk dirawat dan dibiakan. Selain itu ikan Lele juga memiliki rasa yang enak serta banyak diminati. Terutama dalam bisnis Pecel Lele yang dari dulu hingga kini menjadi salah satu bisnis yang tak pernah mati. Pun dengan penggemarnya ya tidak pernah ada bosannya mengonsumsi Ikan Lele dengan bumbu pecel ini. Itulah sebabnya ketika Anda memutuskan untuk beternak lele, sudah pasti target pasar Anda adalah menjadi produsen Ikan Lele untuk para penjual pecel lele tersebut.

Semakin banyak menjaring para pengusaha pecel lele akan membuat peluang untuk mendapatkan penghasilan sampingan juga semakin besar. Apalagi jika yang Anda sasar adalah penjual Pecel Lele berkelas yang memiliki banyak cabang di berbagai kota di Indonesia. Pengusaha yang menjadikan ikan Lele diberi harga yang pantas untuk ikan yang mudah dimakan karena dagingnya yang tebal dan mudah dilepas dari durinya.

Namun demikian Anda yang ingin memulai usaha sampingan beternak ikan lele ini setidaknya memang sudah harus memiliki tambak atau kolam ikan sendiri di rumah Anda. Dengan begitu Anda bisa dengan mudah menjalankan bisnis ternak ikan lele ini sebagai bisnis sampingan yang nyaris tanpa modal. Dikatakannyaris tanpa modal karena ikan lele ini bibitnya saja memiliki harga yang cukup murah.

Beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam beternak lele ini yaitu proses pemijahan. Sebuah proses dalam mempertemukan induk jantan dan betina agar bisa mengeluarkan sel telur dan sel sperma yang selanjutnya akan menjadi telur yang berkembang menjadi anak-anak ikan lele yang banyak. Untuk itu Anda harus menyediakan kolam khusus untuk pemijahan ini. Perhatikan pula nutrisi yang dibutuhkan agar mereka bisa bertahan hidup pada fase ini.

Untuk proses pembiakan ini hendaknya Anda ketahui mengenai syarat-syarat induk jantan dan induk betina yang baik yang memungkinkan proses pemijahan berhasil tanpa hambatan. Salah satunya mengenai ukuran ikan, warna, serta bentuk dari ikan lele yang akan dikawinkan itu sendiri. Pengetahuan ini bisa Anda dapatkan dengan membaca berbagai informasi mengenai ternak ikan lele. Bisa juga dengan belajar langsung dari pakarnya yang sudah terlebih dahulu menjalankan bisnis ikan Lele

Setelah selesai proses pembiakan hingga telur menetas dan menjadi anak-anak lele maka pindahkan mereka ke kolam untuk pendederan. Lakukan dengan hati-hati proses ini. Perhatikan suhu air, debit air, serta peralatan yang dipergunakan dalam pemindahan ini agar berhasil dengan baik. Jika sudah mulai tumbuh maka budidayakan mereka dengan dipelihara hingga ukuran ikan-ikan lele tersebut layak untuk dijual. Perkiraan saat ukuran ikan-ikan tersebut sudah 5 hingga 12 cm.

 

  1. Beternak Ikan Hias

Jual Beli Hewan Peliharaan memang termasuk bisnis sampingan yang menjanjikan. Apalagi jika mengoleksi ikan hias termasuk hobi Anda dan keluarga. Selain itu ikan hias tidak memerlukan space yang besar cukup dengan modal beberapa aquarium koleksi Anda dan keluarga saja sudah bisa dilakukan. Itulah sebabnya usaha beternak ikan hias ini termasuk salah satu usaha sampingan yang bisa dilakukan nyaris tanpa modal.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam beternak ikan hias ini. Salah satu yang cukup penting adalah menentukan jenis ikan apa yang akan Anda ternakan. Pilih ikan yang memang memiliki banyak varian dan bisa dengan mudah dikawin silang hingga bisa menghasilkan varian yang berbeda atau unik. Biasanya ikan jenis ini akan memiliki harga jual yang lebih tinggi dibandingkan dengan ikan kebanyakan.

Pilih ikan hias yang berasal dari air tawar. Pasalnya ikan hias yang hidup di air tawar tidak terlalu sulit dalam hal perawatannya dibandingkan dengan ikan hias ari laut. Selain itu ikan hias yang berasal dari air awar memiliki ketahanan hidup yang lebih tinggi dibandingkan dengan ikan hias air laut. Apalagi untuk pemula seperti Anda yang baru mulai belajar untuk tidak hanya senang melihat ikan-ikan hias itu dalam Aquarium tapi juga baru memulai peruntungannya dalam menjadikan bisnis ikan hias ini sebagai bisnis sampingan yang bisa Anda kerjakan di rumah.

Selain itu perawatan tempat ikan-ikan hias ini diternakan haruslah terjaga kebersihannya. Salah satu caranya dengan memasang filter agar sirkulasi dan kebersihan air selalu terjaga. Cara lain yang alami dan cukup ampuh untuk memastikan air aquarium bisa bersih lebih lama yaitu dengan menambahkan arang di dalam aquarium. Bisa dijadikan serbuk lalu ditaburkan begitu saja atau disimpan dibalik hiasan-hiasan Aquarium Anda. Bisa juga menggunakan tanaman air tawar, misalnya tanaman sri rezeki yang terbukti bisa menjadikan air aquarium bisa tetap terjaga kebersihannya dalam waku yang lama.

Perhatikan besar dan kapasitas setiap ikan yang akan diternakan. Pastikan pula untuk memisahkan ikan yang satu dengan ikan jenis lain yang bisa jadi merupakan predator dari ikan yang Anda ternakan tersebut. Untuk itu dibutuhkan pengetahuan dan wawasan yang cukup baik mengenai berbagai jenis ikan hias. Terutama yang Anda pilih untuk diternakan

  1. Jual Beli Hewan Peliharaan

Jika Anda dan keluarga termasuk keluarga pencinta binatang maka memilih jual beli hewan peliharaan tentu bisa menjadi pilihan pekerjaan sampingan yang menjanjikan. Selain hobi Anda dan keluarga terpenuhi dengan merawat binatang-binatang peliharaan, Anda juga bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah dengan menjualnya pada mereka yang juga termasuk penyayang binatang.

Hal yang harus diperhatikan tentu hewan-hewan yang dipilih untuk diperjualbelikan bukanlah hewan langka. Hewan yang dilindungi WWF karena jumlahnya yang sedikit bahkan hampir punah. Jika Anda memelihara atau bahkan memperjualbelikan hewan-hewan tersebut bukannya uang yang didapat melainkan hukuman karena pelanggaran yang sudah Anda lakukan. Hewan-hewan tersebut diataranya yaitu kuskus, kukang, badak jawa, harimau sumatra, orang utan, dll. Selain hewan yang termasuk dalam daftar hewan dilindungi itulah yang bisa menjadi pilihan Anda untuk diperjualbelikan. Diantaranya yang termasuk jenis hewan peliharaan yang dicari orang untuk dipelihara yaitu berbagai jenis anjing, kucing, kelinci, burung, dan ular.

bisnis sampingan di rumah: jual hewan peliharaan

Sebelum menjadikannya sebagai bisnis hal yang pertama wajib Anda ketahui adalah berbagai hal mengenai hewan yang akan Anda pelihara tersebut. Terutama cara pemeliharaan hewan tersebut. Mengenai makanan mereka, apa yang mereka suka dan tidak sukai, kebiasaan hewan tersebut, cara menjaga kesehatan mereka, vaksin yang diperlukan, termasuk mengajari mereka toilet training, dll.

Dengan pengetahuan yang cukup maka Anda bisa memelihara hewan-hewan tersebut dengan baik. Hasilnya tentu hewan-hewan yang Anda pelihara menjadi hewan peliharaan yang terawat. Baik kesehatan serta kebersihan mereka, termasuk dengan kandang-kandang tempat tinggal mereka. Jika perawatan dan pemeliharaan hewan sudah bisa dilakukan dengan baik barulah hewan-hewan peliharaan Anda berdaya jual tinggi. Artinya mereka bisa Anda jual dengan harga yang cukup tinggi.

Untuk satu binatang, sebut saja misalnya kucing angora bisa memberikan Anda keuntungan lebih dari 500ribu rupiah, bahkan lebih. Tak jauh berbeda dengan kucing, kelincipun demikian. Apalagi jika kelinci yang Anda jual termasuk jenis kelinci yang unik. Biasanya didapat dari hasil perkawinan silang antara dua kelinci yang berbeda jenis.

Hewan yang tidak kalah populer untuk dijadikan hewan peliharaan yaitu burung. Ada jenis burung yang dipelihara karena bentuk dan warna fisiknya yang menarik, ada juga karena memiliki suara yang merdu. Semakin bagus dan unik warnanya membuat harganya menjadi lebih mahal. Begitupun untuk jenis burung yang bersuara merdu. Semakin merdu suaranya harganya juga menjadi lebih tinggi. Apalagi jika sudah pernah Anda ikut sertakan dalam berbagai kejuaraan.

Karena burung termasuk jenis unggas yang rentan menjadi penyebab flu burung maka memerlukan perawatan yang baik. Salah satunya selalu menjaga kebersihan kandangnya dengan membersihkan dan membuang kotorannya setiap hari. Bila perlu gunakan cairan anti kuman untuk memastikan burung-burung yang Anda pelihara tidak menjadi penyebab flu burung bagi Anda dan masyarakat sekitar Anda.

Untuk pemilihan lokasi karena yang kita bahas adalah usaha sampingan tentunya rumah Anda sendiri yang dijadikan markas para binatang peliharaan. Pastikan binatang mana yang lebih pas untuk dipelihara dan nantinya bisa dijadikan komoditi untuk diperjualbelikan. Hendaknya dibicarakan terlebih dahulu dengan semua anggota keluarga agar usaha sampingan jual beli hewan peliharaan yang akan Anda lakukan tidak mengganggu keluarga Anda, namun sebaliknya.

 

  1. Catering Kantoran

Usaha catering ini memang sudah sejak lama merajai bisnis usaha sampingan. Alasannya tentu karena makanan terutama menu makan besar merupakan kebutuhan pokok manusia yang memang harus terpenuhi setiap harinya. Namun ada kalanya keberadaan kantor yang tidak strategis atau cukup memakan waktu untuk sampai ke tempat maka menjadikan para karyawannya enggan untuk membeli makan keluar. Terutama untuk jam makan siang mereka setiap harinya. Sementara di sisi lain kemacetan dan padatnya kota-kota besar cukup memakan waktu mereka setiap harinya. Itulah sebabnya ini menjadi peluang yang sangat berpotensi untuk dijadikan sebagai usaha sampingan.

Lokasi-lokasi kantor seperti itulah yang sangat membutuhkan kehadiran Anda sebagai penyedia catering kantoran. Menjadi solusi untuk mereka yang membutuhkan makan siang tanpa harus meninggalkan tempat kerja mereka. Itulah sebabnya ketika ada selisih harga yang lebih tinggipun biasanya mereka akan lebih memilih catering dibandingkan harus membeli ke luar untuk memenuhi kebutuhan mereka untuk makan siang setiap harinya.

Salah satu cara untuk mendapakan orderan catering ini tentu Anda harus berusaha mencari chanel sendiri. Dengan melakukan riset pasar yang memungkinkan untuk Anda masuki. Mulai dari membuat data atau list perusahaan-perusahaan besar dengan jam kerja yang tetap setiap harinya yang terkendala dengan pengadaan makan siang ini. Selain itu memanfaatkan koneksi orang-orang yang bekerja di perusahaan tersebut tentu juga sangat membantu Anda untuk mendapatkan klien.

Ketika Anda sudah berhasil deal dengan sebuah perusahaan maka Anda bisa tenang karena akan selalu mendapatkan penghasilan tetap dari perusahaan tersebut secara berkala setiap bulannya. Biasanya mereka memberikan perjanjian kontrak untuk menggunakan jasa catering kantorang secara berkala. Biasanya paling sebentar 1 tahun. Terutama untuk perusahaan-perusahaan yang sudah maju dan cukup memiliki nama besar di Indonesia.

Namun biasanya mereka memiliki standar tertentu untuk memilih catering kantoran mana yang berkualitas. Itulah sebabnya sebelum mengajukan diri untuk mendapatkan klien perusahaan-perusahaan besar Anda harus memastikan kualitas masakan yang Anda berikan adalah yang terbaik dibanding dengan penyedia layanan catering kantoran yang lain. Tidak hanya dari rasa tapi juga ketersediaan berbagai menu pilihan, kebersihan bahan makanan dan penyajian, juga harga yang sesuai dengan kualitas yang diberikan sebagai catering profesional.

Baca juga: Seri Bisnis Ibu Rumah Tangga : Katering Online

 

  1. Catering Sekolah – Usaha Sampingan di Rumah

Tidak jauh berbeda dengan catering kantoran, namun menu yang disajikan tentunya lebih sehat dan variatif. Bahkan bila perlu dikemas atau disajikan dengan menarik. Dengan cara tersebut catering Anda tidak hanya dapat membuat para ibu tenang karena makanan sehat yang disajikan tapi juga membuat anak-anak jadi lebih suka makan karena mereka bisa menghabiskan catering yang mereka dapatkan setiap harinya.

Salah satu ide uniknya yaitu dibuat seperti bento yang biasa dibuat Jepang. Dengan bentuk yang lucu-lucu namun memiliki kelengkapan gizi yang seimbang. Tidak daging melulu tapi juga lengkap dengan sayur, buah, bahkan makanan kecil untuk mengganjal perut ketika mereka lapar pada jam istirahat sekolah. Apalagi untuk sekolah yang sudah menerapkan sistem full day school jasa catering sekolah tentu akan sangat dibutuhkan.

Ini sama halnya dengan catering perusahaan yang merupakan sasaran kakap yang menjanjikan keuntungan besar bila berhasil masuk menjadi catering 1 sekolah tersebut. Alasannya tentu karena secara otomatis Anda akan mendapatkan penghasilan tetap yang didapatkan setiap bulannya dari pembayaran catering ini. Bisa dari koordinator orang tua siswa atau bahkan dari pihak sekolah langsung.

Nah, untuk sampai pada tahap tersebut juga butuh usaha keras untuk membuat nama catering Anda dikenal. Khususnya di kalangan para pihak sekolah. Terutama sekolah swasta yang biasanya menjadikan catering sekolah sebagai salah satu daftar dalam fasilitas yang mereka tawarkan kepada para siswanya. Apalagi jika Anda berkomitmen untuk tidak menggunakan pengawet atau MSG dalam berbagai menu yang Anda sajikan untuk para siswa tersebut. Terkait dengan kesadaran masyarakat untuk menghindari penggunaan MSG pada makanan, terurama anak-anak usia sekolah.

Variasi makanan hendaknya memenuhi nilai gizi yang baik tidak hanya untuk kecerdasan tapi juga tumbuh kembang anak. Itulah sebabnya Anda juga harus memiliki pengetahuan yang cukup mengenai gizi, serta tumbuh kembang anak. Dengan begitu Anda tahu nutrisi terbaik yang bisa diberikan pada para siswa yang menjadi klien Anda. Menjadikan makanan yang mereka makan tidak hanya mencukupi kebutuhan energi mereka tapi juga kesehatan, kecerdasan serta tumbuh kembang mereka.

 

  1. Antar Jemput Anak Sekolah atau Kantoran

Bisnis yang bisa dijadikan usaha sampingan berikutnya yaitu antar jemput anak sekolah. Bisnis ini bisa Anda lakukan jika Anda hanya bekerja di rumah dan memiliki kendaraan yang mobilitasnya kurang karena jarangnya Anda bepergian. Setidaknya pada waktu anak-anak berangkat dan pulang sekolah. Beruntung lagi jika Anda memang memiliki anak yang juga bersekolah di sekolah yang sama. Artinya sudah tentu sambil mengantar jemput buah hati Anda ke Sekolah, Anda juga mendapatkan uang.

Jika Anda beum memiliki kendaraan maka Anda bisa buka tabungan Anda untuk membeli mobil secara kredit denggan uang muka yang ringan. Banyak sekali mobil-mobil yang memang dilabeli uang muka yang murah untuk menarik hati dan menaikan omset penjualan mereka. Sasarannya tentu leasing yang akan membayarkan pada mereka secara tunai sementara Anda cukup menyicil mobil tersebut setiap bulannya. Walaupun nominalnya cukup besar, namun Anda tidak perlu khawatir karena cicilannya tentu saja terbayarkan dengan bayaran usaha sampingan antar jemput yang Anda lakukan.

Walaupun Anda memang tidak bisa mengambil sebanyak-banyaknya klien untuk mendapatkan penumpang. Penyebabnya tentu karena kapasitas mobil juga terbatas. Pun dengan waktu antar jemput yang juga terbatas karena tentu saja waktu antar jemput yang sama hampir semua sekolah. Sekalipun sekolah tersebut sudah menggunakan sistem full day school tetaplah waktu masuk sekolah hampir semua sekolah sama. Kecuali tingkatannya. Antara TK dengan SD sudah tentu berbeda. Jika kasusnya seperti itu maka Anda bisa menambah klien Anda untuk mendapat lebih banyak penghasilan.

TK dengan SD saja yang Anda ambil. Misalnya 1 mobil berkapasitas 10 orang anak. Katakanlah minimum biaya langganan antar jemput peranak 1 hari Rp10.000,-. Dalam 25 hari Anda sudah mengantongi Rp2.500.000,- Ditambah dengan anak TK dengan jumlah yang sama. Artinya jika dikalkulasikan Anda sudah mendapatkan pendapatan Rp.5000.0000,- setiap bulannya.

Belum lagi jika Anda juga berhasil mendapatkan tender jemputan karyawan. Biasanya di perusahaan yang menerapkan sistem shifting yang memungkinkan karyawati perempuan pulang di atas jam 10 malam. Biasanya ini berlaku di perusahaan yang memiliki jam kerja 24 jam seperti call center, reporter, perawat rumah sakit, dll. Biasanya perusahaan tersebut adalah perusahaan besar hingga mereka bisa memberikan fasilitas hingga sedetil itu demi kepentingan karyawannya.

Untuk antar jemput ini biasanya diberikan kepada mereka yang pulang atau pergi malam hingga dini hari. Waktu-waktu yang memang akan sangat membahayakan jika seseorang pulang dari kantor atau baru pergi ke kator pada jam-jam tersebut. Itulah sebabnya resiko sebagai orang yang melakukan antar jemput pun juga semakin tinggi. Selain mengganggu waktu istirahat pada umumnya tentu.

Karena alasan itu pula tidak semua orang akan berani mengambil pekerjaan ini. Akan ada banyak pertimbangan yang bisa jadi menjadi ganjalan pada setiap orang. Namun jika Anda bersedia menerima semua resiko tersebut maka tentunya penghasilan yang Anda dapatkan juga sudah akan sebanding dengan pengorbanan yang Anda lakukan. Nominal yang didapat sudah tentu jauh lebih besar daripada menjadi supir untuk antar jemput anak sekolah saja.

Artinya ketika Anda ambil kesempatan ini maka dalam sebulan minimal Anda sudah bisa mengantongi sebesar Rp5.000.000,- hanya dengan modal mobil yang sudah Anda miliki. Itulah sebabnya pekerjaan sampingan sebagai penerima jasa antar jemput anak sekolah dan karyawan tentu bisa menjadi bisnis sampingan yang menjanjikan untuk Anda geluti.

 

  1. Membuka Jasa Penitipan Anak

TPA atau Tempat Penitipan Anak kini menjadi sebuah bisnis yang tumbuh subur di Indonesia. Terutama di kota-kota besar. Hal ini tentu berkaitan dengan fenomena yang terjadi di negeri kita bahwa semakin banyak perempuan-perempuan yang juga sedianya sebagai seorang Ibu juga bekerja atau bisa jadi masih dalam status menjalankan pendidikan. Ia harus melakukan aktivitasnya setiap hari yang tidak memungkinkanya untuk membawa serta anaknya, terutama yang masih kecil.

Sementara ia hidup di kota lain yang bisa jadi berjauhan dengan orang tua atau bahkan keluarganya yang membuat ia tidak bisa menitipkan anaknya sementara bekerja pada keluarganya. Untuk mencari pengasuh anak atau baby siters juga juga buka perkara yang mudah. Akan ada banyak pertimbangan yang membuat memiliki baby siters menjadi pilihan ke sekian yang diambil oleh para orang tua yang masih memiliki anak Balita.

Apalagi ketika gaji yang didapatkan masih jauh dari cukup bahkan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga. Belum lagi maraknya kasus human trafficking yang melibatkan anak-anak di bawah umur, sewa menyewa Balita, atau bahkan kejahatan lainnya yang melibatkan anak-anak. Fenomena yang membuat para orang tua semakin khawatir untuk meninggalkan anak-anak mereka dengan perasan tenang. Hingga ia butuh jasa penitipan anak yang terpercaya yang bisa mengusir segala kekhawatirannya terhadap anaknya ketika ia bekerja.

Jika Anda menyukai anak-anak, bahkan selalu bahagia jika dikelilingi anak-anak maka jangan sia-siakan anugerah tersebut. Faktanya tidak semua orang bisa survive dengan anak-anak. Terutama dengan berbagai tingkah polah ajaib anak-anak Balita. Sekalipun anak mereka sendiri, apalagi bukan anaknya sendiri. Tidak semua orang juga bisa dengan mudah untuk dekat dengan anak-anak. Hanya mereka yang tulus menyayangi yang biasanya akan dengan mudah untuk bisa dekat dengan anak-anak.

Jika orang tersebut adalah Anda, maka Anda bisa jadikan hal ini sebagai sebuah bisnis sampingan yang bisa Anda lakukan di rumah Anda sendiri. Selain niat ingin membantu para Ibu bekerja Anda juga dapat menambah penghasilan dengan cara yang halal. Caranya yaitu dengan menggunakan rumah Anda sendiri untuk dijadikan TPA. Ketika diawali dengan perasaan cinta dan kepedulian Anda terhadap berbagai fenomena yang terjadi maka tentu semuanya akan menjadi berkah.

Namun biasanya jasa Anda ini juga tidak dipandang sebelah mata oleh para orang tua yang memang merasa sangat membutuhkan jasa Anda. Itulah sebabnya biasanya para orang tua juga akan membayar berapa saja tarif yang Anda pasang untuk jasa penitipan anak ini. Sedikitnya Rp 1.000.000,- perbulan bisa Anda terima dari para orang tua untuk menitipkan 1 orang anaknya. Semakin kecil usia anak biasanya akan membuat biaya penitipan menjadi lebih tinggi.

Coba bayangkan ketika 5 orang saja anak yang Anda terima untuk Anda jaga selama orang tuanya bekerja, maka sedikitnya Rp5.000.000,- sudah di tangan setiap bulannya. Dengan begitu pekerjaan ini bisa menjadi sebuah bisnis sampingan yang tak kalah menjanjikan dibandingkan pekerjaan sampingan lainnya. Terutama untuk Anda yang menyukai anak-anak. Namun lebih daripada itu Anda juga bisa mematangan konsep bisnis dengan tidak hanya sekadar menerima penitipan anak saja. Anda juga bisa menyusun jadwal kegiatan anak-anak yang tentu bermanfaat untuk tumbuh kembang mereka.

Karena masa-masa Balita adalah masa penting dalam tumbuh kembang mereka. Sehingga peran Anda sebagai pengasuh tentu menjadi sangat penting dalam fase ini. Pun dengan nutrisi yang diberikan untuk mereka. Mulai dari makanan mereka, hingga camilan mereka. Semuanya harus sudah dipersiapkan dengan matang. Dengan begitu harga jasa penitipan Andapun bisa menjadi lebih tinggi karena ada nilai lebih yang ditawarkan dari sekadar menerima titipan anak.

 

  1. Jasa Laundry

Mencuci pakaian adalah salah satu kegiatan harian yang bagi sebagian orang tentu menjadi kegiatan yang membutuhkan waktu yang tidak cukup sedikit. Padahal menjaga pakaian untuk selalu bersih dan wangi tentu menjadi sebuah kebutuhan yang harus dipenuhi setiap harinya. Sayangnya sebagian orang tidak memiliki cukup waktu untuk melakukan hal tersebut. Jika cukup waktupun tidak sedikit orang yang merasa tidak cukup mampu untuk bisa mencuci pakaian mereka dengan bersih. Bahkan menyetrikanya sampai rapi hingga ketika digunakan membuatnya bisa tampil lebih baik.

Fenomena ini biasanya terjadi pada anak-anak kost yang tinggal jauh dari orang tua mereka yang hidup sendiri tanpa asisten rumah Tangga. Bisa jadi mereka adalah orang-orang dewasa terutama kaum laki-laki yang harus hidup terpisah dari pasangan mereka karena pekerjaan. Hingga akhirnya urusan cuci baju hingga setrikaan ini mereka serahkan pada jasa laundry. Lebih mudah dan efisien karena mereka cukup memberikan baju kotor dan menerima pakaian yang sudah rapi dan wangi dari laundry.

bisnis sampingan di rumah: laundry

Untuk memulai bisnis ini sebagai bisnis sampingan cukup terima 1 hingga 5 orang saja pelanggan tetap Anda. Kenakan tariff yang tidak lebih mahal daripada laundry yang sudah ada saat ini yaitu Rp5.000,-/Kg. Harga ini bisa lebih tinggi jika di tempat Anda tinggak tidak ada laundry sama sekali. Hingga jasa laundry dengan tarif lebih mahalpun bisa tetap laku dan tidak kalah saing.

Sediakan waktu untuk mengerjakan pekerjaan laundry ini di sela-sela waktu luang Anda. Bisa juga dengan sengaja meluangkan waktu beberapa jam dalam sehari untuk mengerjakannya. Untuk urusan mencuci, mesin cuci yang Anda miliki bisa membantu menyelesaikan urusan cuci mencuci ini. Namun untuk urusan menyetrika tentu Anda harus turun tangan sendiri dan meluangkan waktu yang lebih serius mengingat resikonya cukup tinggi jika disambil dengan pekerjaan lain.

Dari 5 klien yang menjadi pelanggan tetap Anda dalam 1 minggu mereka mencuci rata-rata 4 Kg saja maka Anda sudah mendapatkan bayaran Rp 100.000,- setiap minggu. Dalam 1 bulan Anda sudah mendapatkan Rp400.000,- sebulan. Cukup lumayan jika pekerjaan ini hanya sebagai bisnis sampingan yang Anda lakukan. Apalagi jika tarif yang Anda kenakan jauh lebih mahal daripada tarif tersebut.

Caranya tentu dengan memberikan pelayanan lebih untuk membuat pelanggan Anda lebih puas. Misalnya dengan jasa antar jemput yang Anda tawarkan untuk menjemput baju kotor dan mengantarkan kembali baju yang telah bersih. Bisa juga dengan menjamin setiap jenis bahan mendapatkan perlakuan yang sesuai dengan yang seharusnya hingga tidak merusak baju tersebut. Itulah sebabnya wajar jika Anda mengenakan tarif khusus diluar tarif kiloan untuk pakaian-pakaian dengan bahan yang memerlukan perlakuan khusus dalam mencuci atau menyetrikanya.

Misalnya untuk pakaian berbahan sutra, wol asli, kulit, dll. Juga untuk sepatu, boneka, karpet, selimut, dll. Pelanggan Anda tentu tidak akan keberatan karena Anda juga memberikan treatmen terbaik untuk pakaian atau barang-barang yang memang memerlukan perlakuan khusus tersebut untuk membersihkan dan menjadikannya menjadi wangi. Untuk itu sebelum menjadikan usaha ini sebagai bisnis sampingan di rumah Anda sebaiknya Anda lakukan riset terlebih dahulu. Mulai dari cara pencucian yang benar untuk setiap jenis bahan atau barang, juga berbagai treatment pencucian khusus pada berbagai jenis bahan.

Dengan begitu Anda para klien Anda akan merasa puas dengan pekerjaan yang Anda lakukan. Pekerjaan Anda tidak akan mengecewakan mereka. Hingga akhirnya mereka tidak akan merasa kemahalan dengan tarif yang Anda berikan untuk setiap jenis pakaian kotor mereka. Untuk mendapatkan semakin banyak klien Anda bisa mencarinya ke tempat strategis. Salah satunya yaitu kos-kosan. Baik khusus laki-laki maupun perempuan atau bahkan keduanya.

Jika Anda termasuk orang yang tidak jijik dengan darah, urin, kotoran, dll maka Anda juga bisa mengambil laundry khusus bu bersalin atau rumah sakit. Biasanya mereka menawarkan bayaran jauh lebih tinggi dari Rp5.000,-/Kg. Untuk mendapatkan pekerjaan tersebut Anda bisa mencari link rumah-rumah sakit, Rumah sakit bersalin atau Rumah Sakit Ibu dan Anak yang terdekat dengan lokasi Anda. Semakin banyak cucian yang Anda terima tentu akan membuat penghasilan Anda juga lebih besar.

 

  1. Even Organizer

Jika Anda berpengalaman dalam berorganisasi ketika jaman sekolah atau kuliah dulu tentu sudah sangat berpengalaman dalam menjadi panitia sebuah kegiatan. Mengetahui dengan pasti apa yang dibutuhkan dalam sebuah kegiatan, bagaimana susunan kepanitiaan, serta bagaimana prosedur yang harus dilalui untuk terselenggaranya kegiatan yang akan dilakukan. Mulai dari hanya sebuah ide hingg dapat terealisasi menjadi sebuah kegiatan. Apalagi jika sudah melibatkan masa yang cukup banyak dan berbagai pihak yang terkait. Terlebih jika kegiatan tersebut sukses.

Ternyata ini bisa menjadi modal yang cukup untuk memulai usaha sampingan sebagai Even Organizer yang diseingkat EO ini. Bakat Anda bisa Anda pergunakan untuk mendapatkan pundi-pundi uang bahkan dari rumah Anda sendiri. Mulai dengan menerima project Even Organizer acara ulang tahun anak, acara seminar, lanjut ke pernikahan, pameran, konser musik, dll. Tergantung kecenderungan Anda lebih menyukai yang mana dari kegiatan-kegiatan yang dapat diselenggarakan tersebut. Namun sebagai langkah awal tentu dimulai dengan penyelenggaraan even dengan skala kecil terebih dahulu.

Ketika Anda bisa mengorganisir sebuah even dengan sangat baik tentu akan membuat track record Anda baik. Tidak hanya di mata pengguna jasa Anda tapi juga dari berbagai pihak yang terlibat sebagai bagian dalam terselenggaranya acara tersebut. Jika dalam sebuah seminar pembicara, undangan, peserta, sponsor hingga media merasa puas dengan acara yang Anda buat tersebut. Semakin banyak acara yang Anda tangani maka jam terbang Anda akan semakin tinggi sehingga akan lebih mudah untuk bertumbuh menjadi EO yang lebih besar lagi.

Untuk bisa terus tumbuh dan berkembang Anda harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, memiliki keahlian dalam bernegosisasi, memiliki koneksi dan relasi yang luas. Menjadi poin-poin yang penting dalam membuat pekerjaan Anda menjadi lebih mudah. Hasilnya kegiatan-kegiatan yang Anda lakukan akan berjalan dengan lancar dan sukses. Alasannya tentu karena semua pihak yang terlibat dalam acara akan berupaya seoptimal mungkin menjadi bagian terbaik dalam acara yang Anda rencanakan tersebut.

Jika sudah begitu tentu semua pihak akan berusaha untuk menjadi bagian dari sukses acara tersebut. Kesuksesan inilah selanjutnya yang akan menjadi modal dari portpolio Anda sebagai sebuah Even Organizer dari acara-acara yang pernah diselenggarakan dan sukses tersebut. Semakin banyak acara yang Anda selenggarakan dan ternyata sukses akan membuat semakin banyak calon klien yang mengenal Anda. Mereka yang bisa jadi akan membutuhkan Anda untuk membantu mereka menyelenggarakan kegiatan yang ingin mereka adakan baik secara personal maupun dari perusahaan atau organisasi.

Jika berbicara rupiah, sebuah EO tentu akan dibayar sangat mahal ketika acara tersebut membutuhkan orang yang lebih banyak sebagai bagian dari tim EO. Itulah sebabnya semakin besar even yang akan diselenggarakan, maka semakin banyak juga tim yang diperlukan hingga membuat bayaran seorang EO juga semakin besar. Bahkan bisa mencapai puluhan juta untuk even yang melibatkan banyak pihak di dalamnya. Terlebih jika banyak juga sponsorship dari acara tersebut. Tidak hanya mendapat uang tapi juga berbagai produk dari sponsor.

 

  1. Menerima Panggilan MC

Master of Ceremony atau disingkat MC adalah salah satu pekerjaan yang jika ditekuni ternyata bisa menghasilkan rupiah yang cukup besar. Bahkan bekerja sebagai MC digadang-gadang termasuk ke dalam pekerjaan dengan penghasilan tak terbatas. Apalagi jika Anda seorang selebritis atau termasuk seseorang yang populer. Setidaknya di kalangan atau komunitas tertentu yang membuat Anda dikenal dengan baik di kalangan mereka-mereka yang seringkali menghadiri acara-acara yang biasa Anda tangani.

Untuk menjadi seorang MC selain kecakapan Anda dalam berkomunikasi, Anda juga harus bisa menguasai acara, tidak hanya berpatokan pada susunan acara melainkan juga melihat situasi dan kondisi saat acara tengah berlangsung. Jadilah MS yang bisa serius tapi juga tidak kaku karena Anda pandai menyelipkan sedikit humor sebagai bumbu dalam pekerjaan Anda sebagai seorang MC. Anda juga harus memerhatikan penampilan Anda karena Anda menjadi salah satu yang harus diperhatikan bahkan dari awal acara.

Tidak sampai di situ saja, seorang MC juga harus cerdas. Tidak hanya menguasai materi acara tapi juga berkaitan dengan audience yang hadir salam acara, juga tema acara. Sehingga Anda akan dengan sangat mudah untuk berkomunikasi atau melakukan improvisasi saat acara sedang berlangsung. Perhatikan nama-nama termasuk jabatan dan juga gelar akademis jika ada dan memang harus disebutkan ketika acara sedang berlangsung. Perhatikan pula etika dalam gerak gerik serta celoteh yang Anda keluarkan ketika acara berlangsung.

Anda juga harus sebisa mungkin tampil menarik untuk semua tamu yang hadir pada acara tersebut. Dengan begitu mereka bisa memperhatikan Anda ketika Anda sedang berbicara. Lakukan interaksi-interaksi yang membuat acara yang sedang Anda tangani sebagai MC menjadi menyenangkan dan dapat diterima oleh semua pihak. Karena MC merupakan salah satu bagian penting yang dapat menentukan berhasil atau tidaknya sebuah acara. MC-lah yang mengatur dan memiliki kewenangan untuk mengkondisikan audience dan juga para pendukung acara.

Karena begitu beratnya pekerjaan seorang MC maka tidak salah jika seorang MC diberi bayaran yang cukup besar. Bahkan bisa sampai puuhan juta untuk sebuah acara. Apalagi jika acara tersebut berskala besar atau bahkan dihadiri oleh audience dari kalangan internasional. Hingga membutuhkan kecakapan Anda juga dalam berbahasa asing. Itu artinya Anda juga akan diberi bayaran yang lebih besar dibandingkan dengan acara yang dipandu dengan menggunakan Bahasa Indonesia.

Untuk mendapatkan pekerjaan sebagai seorang MC Anda memerlukan pengalaman dan jam terbang sebagai seorang MC. Anda bisa dapatkan dengan mengambi pekerjaan MC mulai dari level terendah dan terus naik secara bertahap hingga level yang lebih tinggi. Bila perlu Anda mengikuti pendidikan khusus untuk Public Speaking. Dengan sertifiaksi yang Anda miliki tentunya menjadi pertimbangan calon klien untuk memilih Anda sebagai MC dalam acara yang akan ia selenggarakan.

Selain itu Anda juga bisa melakukan kerjasama dengan Even Organizer. Kerjasama tersebut memungkinkan Anda untuk lebih mudah mendapatkan pekerjaan sebagai seorang MC. Tentunya dari berbagai acara yang ditangani oleh Even Organizer tersebut. Untuk permualaan sebaiknya tidak usah banyak pertimbangan dalam menerima tawaran pekerjaan untuk menjadi MC ini. Jika nama Anda sudah dikenal karena kulitas dan kapasitas Anda sebaga seorang MC profesional barulah sah-sah saja ketika Anda memberikan rate yang lebih tinggi dari sebelumnya. Terutama jika klien yang Anda tangani adalah perusahaan besar atau sudah bertaraf internasional.

 

  1. Freelancer

Freelancer tentu menjadi sebuah pekerjaan sampingan yang sangat bisa dikerjakan di rumah. Pekerja paruh waktu yang tentu saja memiliki lebih bisa menghabiskan waktu di luar “kantor” karena ia tidak terikat jam kantor juga berbagai peraturan kantor. Salah satunya yaitu harus bekerja dari pukul 8 pagi dan pulang kantor pukul 5 sore. Seorang Freelancer bisa bekerja lebih sebentar daripada itu bisa juga lebih lama daripada itu. Biasanya bergantung pada pekerjaan yang ia dapatkan serta tenggat waktu yang diberikan untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan.

Banyak sekali pekerjaan freelance yang bisa diambil untuk bisa menjadi sebuah pekerjaan yang menghasilkan sejumlah rupiah. Namun pekerjaan tersebut juga tidak begitu saja didapatkan. Anda harus mencari sendiri atau bekerja sama dengan pihak lain untuk membantu kita mendapatkan order-order dari para klien atas pekerjaan tertentu. Tentunya sesuai dengan kapasitas serta keahlian yang Anda miliki masing-masing.

Jika Anda gemar menulis maka Anda bisa menjadi penulis lepas. Menulis apa saja mulai dari opini, feature artikel, cerpen, dll. Jika Anda gemar fotografi maka Anda juga bisa mengambil pekerjaan paruh waktu untuk session foto model, foto produk, dan lain sebagainya. Jika Anda seorang sales yang handal maka Anda juga bisa menjadi freelancer sales atau marketing produk perbankan, asuransi, dll. Apa saja yang sesuai dengan minat dan bakat Anda.

Tantangan terbesar untuk seorang freelancer adalah managemen waktu. Berada di rumah dengan banyak orang dan banyak kepentingan serta urusan tentu akan menyita waktu. Itulah sebabnya Anda memerlukan pengaturan waktu yang baik agar Anda dapat membagi waktu antara pekerjaan yang Anda dapatkan dengan berbagai urusan yang berkaitan denagn rumah tangga dan keluarga, serta berbagai pihak yang bisa jadi berhubungan dengan Anda.

Jika Anda dapat mengatur waktu dengan baik barulah pekerjaan Anda sebagai seorang freelancer dapat berjalan dengan baik. Anda mendapatkan keuntungan dari bayaran Anda klien yang menggunakan jasa Andapun akan puas dengan pelayanan yang telah Anda berikan. Jika sudah begitu, maka orderan demi orderan untuk pekerjaan freelance ini akan terus masuk pada Anda. Inilah kesempatan Anda untuk mengais lebih banyak rezeki. Namun saat ini pula Anda ditantang untuk bisa mengatur waktu sebaik mungkin hingga semua pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik tanpa melewati tenggat waktu yang telah ditentukan.

Urusan bayaran tentu sesuai dengan pekerjaan yang Anda lakukan. Berkaitan pula dengan orang yang memberikan Anda pekerjaan tersebut. Secara langsung dari user yang biasanya bayarannya lebih mahal. Aternatif lain yaitu melalui jasa para agency yang memberikan Anda pekerjaan. Tentunya menjadi pihak yang menghubungkan atau mempertemukan Anda dengan kilen yang. Pihak agency inilah yang biasanya memberikan potongan dari penghasilan yang kita dapatkan. Ada banyak agensi yang usahanya memang sebagai penghubung Anda dangan para klien atas sebuah pekerjaan.

Tidak hanya secara langsung tapi juga on line. Anda bisa temukan beberapa broker tenaga kerja atau ousourching yang dikenal dengan nama agency dari internet. Ada website khusus yang mengakomodir pekerjaan Anda sebagai freelancer. Anda bisa berikan kualifikasi Anda lalu para klien akan mencari dan menemukan Anda sendiri. JIka mereka merasa cocok dan apa yang mereka cari kulifikasinya Anda miliki, maka kemungkinan besar mereka akan memilih Anda untuk bekerja paruh waku.

 

  1. Membuat Toko On line

Era digital saat ini di mana banyak hal yang semula dilakukan secara langsung menjadi on line. Ini tentu menjadi kesempatan besar bagi kita yang tidak punya ruang khusus untuk berjualan di rumah. Tidak memiliki lokasi strategis untuk memasarkan barang-barang dagangan kita. Bahkan untuk menyewa kios untuk menjajakan dagangan kitapun tidak bisa dilakukan. Pun dengan keterbatasan waktu dan kondisi yang membuat kita kesulitan untuk berniaga secara langsung.

Semua permasalahan tersebut bisa diatasi dengan memiliki toko on line. Anda cukup membuat website khusus untuk toko on line Anda atau yang lebih dikenal dengan on line shop. Cukup bermodal domain dan hosting yang hanya membutuhkan dana ratusan ribu saja tidak sampai berjuta-juta. Jika Anda tidak memiliki kemampuan untuk urusan website ini maka saat ini sudah banyak para ahli internet marketing yang menyediakan jasa pembuatan website hingga optimasi website tersebut agar barang dagangan Anda lebih mudah ditemukan orang.

Untuk itu tentu membutuhkan modal yang lebih besar. Modal yang tiada lain merupakan investasi ketika awal memulai usaha toko on line ini sebagai usaha sampingan yang bisa Anda kerjakan di rumah, bahkan di manapun Anda berada. Alasannya tentu karena media internet membuat Anda terbebas dari masalah ruang. Anda hanya cukup mengecek secara berkala ketika ada yang berbelanja di website Anda serta menjawab pertanyaan-pertanyaan calon pembeli Anda melalui messenger, BBM, Wa, atau apalikasi lain sebagai pendukung untuk kenyamanan komunikasi dengan para calon pembeli potensial.

Untuk keberhasilan toko on line Anda harus menyediakan waktu khusus ketika ada calon pembeli yang bertanya pada Anda. Menjawab pertanyaan mereka satu per satu untuk memberikan pelayanan yang baik pada mereka. Termasuk ketika mereka mengkomplen barang yang sudah mereka beli dari Anda. Untuk itu sebaiknya Anda maksimalkan keterangan yang benar ketika kita menuliskan mengenai deskripsi produk. Dengan begitu para pembeli mendapatkan informasi yang lengkap serta tidak merasa kita bohongi. Hal ini dapat menghindari atau meminimalisir banyaknya komplen yang masuk. Terebih jika harus sampai melakukan retur barang yang tentunya dapat merugikan Anda sebagai penjual on line.

Banyak alat pendukung lain yang juga harus kita kuasai dalam suksesnya toko on line yang kita miliki. Diantarnya yaitu memaksimalkan media sosial untuk berpromosi mulai dari Fan Page Facebook, instagaram, twiter, dll. Kita juga bisa beriklan di google ads hingga toko on line Anda akan muncul di website atau blog milik orang lain. Pun dengan beriklan di sosial media. Tidak hanya itu Anda juga perlu menebar link toko on line Anda di berbagai situs ternama yang tentunya memperbolehkan adanya link berjualan dalam tulisan kita. Untuk lebih mahir lagi ada banyak kursus internet marketing yang bisa Anda ikuti baik yang berbayar maupun gratis.

Baca juga:

Seri Bisnis Ibu Rumah Tangga: Bisnis Fashion Online

Seri Bisnis Ibu Rumah Tangga: Cara Mudah Bisnis Tiket Online

  1. Memberi Les Privat Make Up

Jika Anda pandai bersolek baik karena otodidak maupun sudah pernah mengikuti pelatihan tata rias wajah atau make up artis, maka tidak ada salahnya untuk menjajal bisnis sampingan ini. Karena bisa jadi ini adalah salah satu pintu rezeki Anda. Menjadi jalan bagi Anda untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah. Apalagi jika Anda termasuk dari jajaran perias atau make up artis yang sudah cukup memiliki jam terbang dan punya nama untuk memulai karir Anda sebagai guru les privat make up ini.

Les privat make up ini bisa menjadi pilihan untuk jenis kelas make up yang bisa Anda tawarkan. Alasannya tentu karena tidak sedikit juga para wanita yang dalam hatinya berkeinginan untuk bisa jago make up. Setidaknya bisa berias untuk dirinya sendiri, namun di sisi lain ia juga tidak memiliki kemampuan untuk melakukannya. Sudah mencoba-coba sendiri tapi ternyata masih juga belum berhasil. Jika sudah begitu tentu yang dibutuhkan adalah seorang guru atau mentor yang bisa membantu mereka untuk bisa ber make up dengan baik. Setidaknya untuk diri mereka sendiri.

Mereka yang masuk ke dalam kelas middle up yang memiliki kelebihan uang hingga tidak akan khawatir ketika uang mereka dibelanjakan untuk mengikuti les private make up pada Anda. Apalagi jika berias sudah menjadi kebutuhan mereka sehari-hari. Terutama dalam aktivitas mereka yang membuat mereka harus selalu tampil dengan make up di segala susasana.

salon

Sementara untuk setiap hari ke salon atau memanggil perias tentu akan membutuhkan waktu dan biaya yang tentu jauh lebih banyak. Hingga mereka tentu akan lebih memilih untuk menginvestasikan uang mereka demi mendapatkan keterampilan dalam memainkan warna demi warna di wajah mereka agar bisa tampil maksimal. Dengan keahlian mereka yang didapatkan dari privat make up yang Anda berikan mereka bisa menggunakan berbagai jenis perelngkapan make up dengan baik.

Tidak hanya itu mereka juga mampu memadupadankan warna riasan yang mereka gunakan hingga secara keseluruhan terlihat cantik. Mulai dari riasan mata, bibir, perona pipi yang digunakan hingga memilih foundation dan bedak yang tepat untuk mereka gunakan. Hasilnya tidak hanya terlihat cantik tapi juga memiliki kulit yang sehat karena menggunakan make up yang tepat sesuai dengan jenis kulit mereka.

Jika berbicara masalah bayaran biaya privat make ini bervariasi. Bisa Anda tentukan sendiri sesuai dengan kemampuan yang berani Anda berikan pada para calon peserta privat make up Anda. Tentunya semakin banyak keterampilan merias yang Anda berikan akan membuat tarif yang Anda kenakan semakin besar. Anda bisa memberikan tariff per pertemuan atau per paket. Dengan begitu peserta privat make up Anda mendapatkan keseluruhan paket keahlian make up yang Anda berikan pada mereka. Anda bisa memulainya dengan tarif terendah Rp 50.000,- untuk 1 kali pertemuan.

 

  1. Memberi Les Privat Public Speaking

Public speaking adalah salah satu kemampuan yang tidak dimiliki semua orang. Namun pada kenyataannya keahlian untuk berbicara di depan banyak orang pada saat ini sangat dibutuhkan. Tidak hanya untuk kepentingan akademis tapi juga untuk hampir semua pekerjaan. Apalagi ketika seseorang berada di posisi sebagai staff yang berhubungan langsung dengan orang. Dengan para customer atau klien perusahaan.

Apalagi jika Anda adalah seseorang yang tidak terikat dengan perusahaan atau organisasi apapun. Anda hanya memiliki diri Anda sendiri untuk bisa menjual barang atau jasa yang Anda buat atau yang Anda miliki. Kemampuan Anda untuk berbicara di depan orang tentu menjadi salah satu modal utama Anda. Itulah sebabnya public speaking ini menjadi sebuah skill yang penting dan memiliki nilai jual. Alasannya tentu karena tidak semua orang bisa dan tidak semua orang berani melakukannya. Perlu mentor dan pelatihan untuk bisa benar-benar bisa melakukannya.

Nah, ini tentu menjadi peluang yang cukup menjanjikan untuk Anda yang pernah mengenyam pendidikan public speaking maupun pelatihannya Anda bisa jadikan usaha sampingan di rumah yang menjanjikan. Apalagi jika sudah memiliki sertifikasi dan memang sudah benar-benar terjun langsung ke lapangan sebagai praktisi dari public speaking ini. Pengalaman di lapangan, jam terbang, serta pengetahuan secara teoritis dan praktis akan sangat membantu Anda untuk memberikan privat public speaking ini pada orang lain.

Terutama mereka yang membutuhkan keahlian ini dan tidak memiliki waktu untuk secara formal mengikuti pendidikan atau pelatihan untuk berbicara di depan orang banyak ini. Anda bisa menjadi solusi bagi mereka agar bisa menguasai keahlian untuk berbicara di depan umum. Baik dalam kapasitas mereka sebagai MC, pembicara, narasumber, moderator, fasilitator, atau bahkan sebagai diri sendiri sebagai bagian dari personal branding.

Jangan berpikir bahwa keahlian ini hanya dibutuhkan oleh para lelaki, para wanita juga sangat membutuhkannya. Bahkan untuk hanya sekadar cara pengajian atau arisan. Itulah sebabnya tidak sedikit juga para kaum hawa yang mencari seseorang untuk menjadi mentor atau pelatih mereka dalam menguasai keterampilan berbicara di depan banyak orang ini. Dengan begitu, peluang Anda untuk mendapatkan peserta privat akan selalu ada.

Bayarannya tentu disesuaikan dengan pengalaman, jam terbang serta sertifikasi yang Anda miliki sebagai akademisi sekaligus praktisi dari kegianan public speaking ini. Semakin besar pengalaman Anda, semakin terkenal nama Anda sebagai praktisi Public Speaking ini akan membuat bayaran Anda semakin mahal. Hingga profesi ini tidak bisa dikatakan sebagai usaha sampingan lagi karena sudah menjadikan Anda sebagai seorang profesional sebagai guru atau trainer Public Speaking ini.

 

  1. Memberi Les Privat Main Gitar – Usaha Sampingan di Rumah untuk yang Jago Gitar

Bermain gitar adalah sebuah keahlian yang kebanyakan didapat secara otodidak. Terutama mereka yang memang merasa bisa belajar bermain gitar sendiri. Tapi bagi mereka yang memiliki uang lebih tentu dengan mengikiti les privat bermain gitar lebih menjadi pilihan yang menggiurkan daripada sekadar belajar sendiri.

Sekalipun bisa dilakukan dengan menonton video tentu tidak sama dengan diajarkan langsung. Terutama karena interaksi yang dilakukan dengan pelatih. Apalagi jika peserta termasuk orang yang lebih mudah menyerap pelajaran yang diberikan dengan melihat dan mendengar secara langsung bahkan dengan praktek langsung. Sehingga tidak hanya mengenal kunci-kuncinya saja melainkan juga mengetahui dengan pasti bagaimana teknik dan trik-trik yang bisa digunakan dalam bermain gitar ini.

Dengan belajar secara langsung, sang guru juga lebih mudah dalam mengajarkan bagaimana cara bermain gitar yang baik dan benar pada muridnya. Seperti membetulkan posisi tangan atau jari pada setiap grip yang dimainkan, senam jari untuk melatih kelenturan tangan peserta untuk berpindah grip. Tidak hanya itu, belajar langsung pada guru tentu memiliki aura tersendiri. Antara seorang guru dan murid dalam transfer ilmu yang dimiliki. Dengan begitu proses belajar mengajar menjadi lebih mudah dan bisa lebih cepat dibandingkan dengan hanya belajar sendiri atau menonton dari berbagai situs yang juga bisa dijadikan media belajar.

Fakta yang terjadi di lapangan, tidak sedikit orang yang ingin sekali bisa bermain alat musik petik ini. Apalagi jika mereka bisa memainkan gitar classic. Dengan lagu-lagu classic yang secara teknis memiliki tingkat kesulitan yang lebih besar dibandingkan dengan lagu-lagu pop biasa. Baik dalam teknik bermain maupun dalam attitude para pemain gitar klasik yang kerap kali berbeda dengan pemain gitar biasa.

Itulah sebabnya mereka yang memiliki keahlian dalam bermain gitar klasik ini lebih dicari orang untuk dijadikan guru privat bermain gitar dibandingkan yang tidak biasa. Pun dengan bayaran yang ditawarkan untuk mereka yang bisa bermain gitar klasik yang jauh lebih besar dari mereka yang hanya bisa memainkan lagi-lagu pop atau top 40 saja.

Untuk urusan tariff, privat Anda bisa buat garansi sampai bisa dengan nominal tertentu atau bisa juga dihitung per pertemuan bahkan per lagu yang Anda ajarkan. Di mana masing-masing lagu memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. Artinya bayaran yang didapatkan juga berbeda. Hal ini bisa dinegosiasikan dengan calon murid Anda hingga sampai kata sepakat. Dengan demikian keduanya merasa diuntungkan dengan les privat bermain gitar yang dilakukan.

 

  1. Memberi Les Privat Memasak – Usaha Sampingan di Rumah Unik

Memasak adalah salah satu keahlian yang juga berpotensi besar untuk dijadikan usaha sampingan yang bisa Anda lakukan di rumah nyaris tanpa modal. Adapun modal yang dibutuhkan adalah keahlian Anda dalam memasak berbagai macam variasi menu yang tidak hanya lezat tapi juga sehat. Sehingga masakan yang Anda sajikan tidak hanya mengundang sensasi kelezatan tersendiri tapi juga bisa menyehatkan.

Dua poin yang terkadang sulit untuk digabungkan karena yang kebanyakan terjadi seringkali masakan-masakan yang dianggap atau dirasa lezat adalah masakan-masakan yang tidak sehat. Masakan yang mengandung banyak lemak, banyak kolesterol, banyak pengawet, banyak penyedap, banyak pewarna, dan banyak lagi yang lainnya. Hingga akhirnya mereka para praktisi kesehatan seringkali menjadi musuh terbesar para cheff atau ahli memasak ini.

Padahal, seiring kemajuan jaman nyatanya bayak inovasi yang bisa dilakukan hingga seorang juru masak tidak hanya dapat menghasilkan masakan yang lezat, tapi juga sehat. Nah, jika Anda juga memiliki keahlian memasak dan juga perduli akan kesehatan buatlah berbagai kreasi masakan yang memenuhi dua standar tersebut. Jangan lupa untuk mengabadikannya setiap kali berkreasi dengan resep yang Anda buat atau Anda modifikasi. Mulai dengan bahan-bahan, cara memasak dan berbagai tips dan trik dalam memasak menu tersebut.

Nantinya resep tersebut bisa dijadikan buku panduan untuk murid-murid privat memasak Anda dalam memasak. Kenapa harus privat, karena banyak hal yang bisa dengan mudah disampaikan seorang guru masak kepada muridnya ketika keduanya terjun langsung ke lapangan dalam memasak menu masakan tertentu. Terutama trik-trik khusus yang tidak diketahui banyak orang. Terutama mereka yang tidak pernah kursus memasak secara langsung Inilah yang nantinya menjadi nilai jual dari privat memasak yang bisa Anda ajarkan pada seseorang.

Urusan bayaran tentu ditentukan dengan kesepakatan. Jika Anda memang serius dalam bisnis ini hendaknya lakukan banyak hal sebagai langkah personal branding Anda sebagai guru privat memasak. Jika nama Anda sudah dikenal, maka secara otomatis Anda dianggap mampu menjadi guru memasak tersebut. Akan ada banyak orang yang mengantri untuk bisa belajar secara privat untuk bisa menguasai keahlian memasak yang Anda miliki tersebut.

Terutama mereka yang akan atau sudah menikah dan berkeinginan untuk bisa menyajika menu masakan yang lezat dan sehat untuk keluarga mereka. Tarif privat memasak dengan Anda juga secara otomatis akan semakin besar. Membuat keahlian memasak Anda bisa menjadi keahlian yang bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah walaupun dilakukan di rumah Anda sendiri.

 

  1. Memberi Les Privat Baking

Tidak jauh berbeda dengan usaha sampingan sebelumnya, namun kali ini keahlian yang dimiliki tentunya bergelut dengan urusan baking atau membuat kue-kue, roti, dan pastry. Keahlian dalam mengkombinasikan berbagai bahan hingga menjadi santapan yang lezat. Bukan untuk menu makan besar melainkan untuk makanan pembuka, penutup, makanan ringan, atau bahkan cake untuk berbagai acara. Baking yang tidak semua orang bisa melakukannya hingga keberadaan les privat baking yang Anda sediakan menjadi privat yang unik dan luar biasa.

Biasanya mereka yang berguru adalah mereka yang ingin memiliki usaha bakery dan pastry. Harapan mereka tentu setelah privat baking bersama Anda mereka bisa membuka usaha dengan keahlian yang mereka dapatkan langsung dari ahlinya yaitu Anda. Apalagi jika nama Anda sudah cukup terkenal dalam dunia baking. Maraknya media sosial yang bisa dengan mudah membagikan berbagai hal termasuk keahlian Anda dalam baking tentu sedikit banyak dapat membantu Anda untuk menaikan nilai jual Anda sebagai ahli baking yang handal.

Hasilnya tentu membuat nama Anda menjadi lebih terkenal dalam dunia baking. Hingga mereka yang ingin menjadi murid Anda juga akan berusaha untuk bisa menyerap ilmu yang Anda ajarkan pada mereka dengan baik. Alasannya tentu karena mereka harus mengorbankan sejumlah uang untuk mendapatkan ilmu baking yang Anda miliki sebagi sebuah keahlian yang memang bukan main-main dan memang tidak bisa didapatkan hanya dengan menonton video atau membaca resepnya saja.

Ketika Anda dirasa semakin mampu dan semakin terkenal dalam urusan baking ini maka tarif privat baking pada Anda juga menjadi semakin mahal. Terlebih karena privat, maka Anda akan mendapat lebih dari sekadar keahlian dalam mengolah aneka jenis cake dan pastry tapi juga berbagai tips khusus dalam membuatnya. Mulai dari berbagai teknik dasar dalam baking hingga trik-trik para baking profesional dalam membuat berbagai kreasi dan cake, bread, dan juga pastry.

Anda bisa memulai bayaran Anda dengan tarif terendah Rp 150.000,- untuk setiap pertemuan atau tergantung dari tingkat kesulitan pembuatan. Tentu karena Anda adalah seorang profesional. Jika Anda baru dalam tahap bisa saja bayarannya bisa jadi jauh lebih murah dari tarif tersebut. Ketika Anda sudah melakukan bisnis ini secara profesional maka penentuan tarif tentu akan menjadi lebih mudah untuk Anda. Alasannya tentu karena privat ini lebih bersifat personal dan membuat Anda harus lebih fokus pada personal yang tentunya akan memiliki kemampuan yang berbeda dalam menerima ilmu yang Anda ajarkan. Hingga wajar jika bayarannya jauh ebih maha daripada sebuah kelas memasak.

 

  1. Memberi Les Privat Membuat Hantaran

Jika Anda pandai berkreasi dalam membuat berbagai bentuk tertentu untuk hantaran maka Anda berpotensi untuk bisa melakukan bisnis sampingan ini. Caranya tentu dengan membuat les yang bersifat personal atau privat kepada seseorang. Biasanya mereka yang ingin mendaptkan keahlian untuk bisa juga menjadikan keahlian dalam membuat hantaran ini sebagai sebuah profesi yang bisa mereka lakukan. Apalagi di Indonesia yang hingga saat ini masih menjadikan tradisi memberikan hantaran dalam sebuah pernikahan adalah hal yang wajib untuk dilakukan. Setidaknya dalam kreasi mahar untuk pernikahan.

Faktanya tidak semua orang bisa melakukannya. Padahal pada kenyataannya profesi sebagi pembuat hantaran ini adalah sebuah keahlian yang memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Sangat mungkin untuk dijadikan sebuah bisnis yang menjanjikan. Menjadi sebuah bisnis yang bisa membantu seseorang mendapatkan pundit-pundi ruiah dari setiap kreasi hantaran yang mereka buat dalam sebuah pernikahan.

Langkah pertama untuk menggeluti profesi ini tentu dengan menjadi seorang pembuat hantaran yang terkenal. Semakin banyak kreasi mahar yang sudah Anda buat akan membuat semakin panjang juga draft keahlian Anda dalam membuat mahar. Semakin banyak variasai yang bisa Anda buat membuat keahlian yang Anda miliki juga lebih banyak untuk ditransfer pada orang lain, Terutama mereka yang dengan sengaja ingin berguru secara privat pada Anda untuk bisa menguasai keahlian yang Anda miliki tersebut.

Semakin dikenal nama Anda terutama karena berbagai karya hantaran yang telah Anda buat akan membuat bayaran Anda juga semakin mahal. Itulah sebabnya nantinya Anda bisa menjadikan privat membuat hantaran ini ke dalam beberapa level. Mulai dari level basic yang merupakan level terendah hingga level teratas. Tingkatan yang proses pembuatannya semakin sulit. Hingga menghasilkan kreasi yang tidak hanya unik tapi juga tidak mudah dilakukan orang lain yang belum mengikuti les privat membuat hantaran ini.

Untuk urusan bayaran, ketika Anda merasa bahwa keahlian Anda memang unik dan tidak dimiliki semua orang yang bisa membuat hantaran maka Anda bisa memasang harga tinggi. Apalagi jika orang yang berguru pada Anda juga memang berniat untuk serius menjalani bisnis sebagai pembuat hantaran ini. Hingga mereka sama sekali tidak akan merasa dirugikan ketika Anda memungut bayaran atas keahlian yang Anda berikan kepada mereka. Bayaran tersebut adalah bagian dari investasi mereka untuk mendapatkan keahlian yang jika sudah mereka miliki juga bisa menjadi bisnis yang menguntungkan untuk mereka.

 

  1. Memberi Les Privat Menjahit

Tidak jauh berbeda dengan les privat sebelumnya, hanya saja kali ini yang dijadikan bisnis adalah keahlian yang Anda miliki dalam urusan jahit menjahit. Terutama jika Anda merasa bahwa Anda sudah sangat ahli dalam dunia jahit menjahit ini. Hingga Anda memiliki kemampuan yang sama dalam mengajarkan keahlian menjahit Anda pada murid yang memgikuti kursus atau les menjahit secara privat kepada Anda.

Dari banyaknya kursus menjahit yang ada atau lembaga-lembaga pelatihan, les privat menjadi salah satu alternatif yang bisa dipilih ketika Anda tidak memiliki waktu yang cukup atau waktu yang pas untuk bisa mengikuti les tersebut. Apalagi jika kelasnya dilakukan secara regular. Dengan demikan tentu ketika Anda membuka les menjahit ini untuk privat akan menjadi solusi untuk mereka yang memiliki keinginan besar untuk memiliki keahlian juga dalam menjahit.

Alasannya tentu karena keahlian menjahit ini juga merupakan sebuah kehlian yang harus dipelajari. Tidak semua orang memiliki bakat dalam menjahit. Sekalipun berbakat, ketika mereka tidak mengetahui ilmunya dengan pasti atau berbagai trik dalam menjahit maka tentunya akan tetap menjadi sebuah kesulitan yang membutuhkan solusi. Mereka perlu mentor yang bisa membimbing mereka untuk bisa menghasilkan jahitan-jahitan yang bagus.

Biasanya level dimulai dari basic atau terendah. Pada level ini dijarkan tentang bagaimana caranya membuat pola, teknik pengukuran sebelum atau sesudah jahitan selesai, berbagai pola jahitan, teknik menggunting kain, pemilihan bahan, serta berbagai teknik dasar dalam menjahit lainnya yang harus dikuasai sebelum bisa menjahit berbagai jenis pakaian atau hasil jahitan lainnya yang memiliki tingkat kesukaran yang rendah.

Jika peserta sudah menguasai teknik dasar dari menjahit ini maka dilajutkan dengan level setingkat di atasnya yaitu menjahit baju-baju yang memiliki tingkat kesukaran yang tidak terlalu sulit. Dengan demikian murid Anda yang baru menguasai berbagai teknik dasar dalam menjahit sudah bisa mengaplikasikan ilmu yang mereka miliki dengan langsung mempraktekannya pada jahitan-jahitan dasar yang mudah untuk dilakukan.

Selanjutnya naik ke level lebih tinggi hingga terakhir yaitu level yang tersulit seperti teknik membuat kebaya dan juga blazer. Dua jenis pakaian yang menggunakan bahan-bahan dengan berbagai variasi serta harga yang jauh lebih mahal dari bahan untuk baju biasa. Itulah sebabnya proses menjahitnya juga memilki teknik dan tingkat kesulitan yang jauh lebih besar dari berbagai jenis baju biasa. Itulah sebabnya pada level ini Anda bisa memberikan tariff yang lebih mahal dari level sebelumnya. Alasannya tentu karena Anda juga harus lebih intensif dalam mentrasfer keahlian dan ilmu yang Anda miliki pada murid Anda.

 

  1. Memberi Les Privat Bahasa Asing

Jika Anda memiliki kemampuan dalam berbahasa asing maka ini bisa menjadi modal untuk Anda dalam membuka les privat bahasa Asing. Terutama untuk mereka yang harus menguasai bahasa asing dalam jangka wajtu yang lebih cepat. Baik untuk keperluan pendidikan yang akan mereka jalani maupun untuk keperluan pekerjaan yang menuntut mereka untuk bisa mengusai bahasa tersebut dalam waktu yang singkat. Itulah sebabnya bayaran yang dikenakan juga menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan menjadi guru les bahasa asing biasa.

Apalagi jika Anda juga memiliki kewenangan untuk mengeluarkan sertifikasi khusus yang sama dengan lembaga pendidikan Bahasa Asing yang diakui secara internasional. Tentu privat bahasa asing yang Anda buka sebagai usaha sampingan memiliki tingkatan yang jauh lebih baik dari sekadar privat bahasa asing biasa. Untuk itu dibutuhkan keseriusan Anda dalam menjadikan usaha bisnis sampingan yang Anda buat tersebut menjadi sebuah bisnis yang legal hingga bisa setara dengan berbagai lembaga bahasa yang sudah diakui di Indonesia lainnya.

Setidaknya bisa menjamin bahwa setelah privat bahasa Asing pada Anda murid Anda akan lulus dalam ujian formal untuk mendapatkan score TOEFL atau IELTS misalnya, dengan nilai yang cukup baik hingga memenuhi kualifikasi untuk bisa bekerja atau melanjutkan pendidikan di luar negeri. Dengan begitu tanpa mereka mengikuti kelas regular atau kursus-kursus bahasa Asing di Lembaga Pendidikan dan pelatihan bahasa Asingpun mereka bisa mendapatkan kemampuan bahasa Asing yang baik hingga berhasi lulus dalam tes-tes yang diperlukan dengan sertifikasi internasional.

Beberapa Bahasa Asing yang cukup diminati dan dibutuhkan diantaranya adalah bahasa Inggris, Mandarin, Jepang, dan Perancis. Jika Anda menguasai salah satu dari bahasa tersebut maka bisa menjadi modal yang cukup untuk memulai membuak les privat berbahasa Asing ini. Tentu denggan memulainya dengan biaya yang cukup terjangkau untuk sebuah les privat Bahasa Asing. Apalagi jika yang diperlukan hanya kemahiran dalam percakapan saja.

Jika level kesukaran yang diajarkan lebih sulit maka secara otomatis tarif akan menyesuaikan. Cukup meluangkan waktu 1 jam saja untuk 1 orang maka Anda sudah bisa memiliki penghasilan tambahan. Katakanlah tariff yang Anda kenakan mulai dari Rp75.000,- saja untuk setiap pertemuan. Bayangkan jika dalam 1 hari ada 3 saja murid les privat Anda. Tentu bisa menjadi sebuah bisnis yang mejanjikan untuk digeluti sebagai bisnis sampingan di rumah yang nyaris tanpa modal ini.

 

  1. Memberi Les Privat Vokal – Usaha Sampingan di Rumah yang Ok juga

Bernyanyi adalah salah satu kegiatan yang berhubungan dengan hobi. Namun ternyata hobi ini jika ditekuni dengan baik, ditambah dengan wawasan dalam berbagai teori mengenai teknik vokal bisa menjadikan hobi bernyanyi ini bisa sangat berpeluang untuk menjadi sebuah bisnis sampingan yang bisa Anda lakukan di rumah Anda sendiri

Terutama untuk Anda yang seringkali memenangkan berbagai turnamen atau festival dalam talenta Anda mengolah vokal. Hingga dengan prestasi tersebut secara tidak langsung Anda sudah membuktikan sendiri kemampuan Anda. Bahwa Anda tidak hanya bisa menyanyi tapi juga sudah sangat ahli dalam mengolah vokal Anda hingga bisa menghasilkan suara yang tidak hanya indah tapi juga sesuai dengan teori dari teknik vocal sendiri.

Hal ini menjadi pertanda juga bahwa dari kemampuan vokal yang Anda miliki Anda bisa mendapatkan banyak hadiah dan kesempatan untuk ke luar negeri, mendapatkan hadiah uang dan tropi, dan lain sebagainya. Hingga dengan begitu dengan bermodal suara Anda bisa menghasilkan uang. Sebagai bukti juga bahwa Anda adalah penyanyi profesional. Hingga wajar saja jika tarif yang Anda kenakan untuk les privat vokal pada Anda Anda berikan cukup tinggi.

Terutama bagi mereka yang sama sekali tidak tahu banyak tentang teori bernyanyi. Atau bahkan yang sama sekali tidak memiliki suara yang bagus. Alasannya tentu karena Anda harus bekerja lebih keras untuk dapat melatihnya agar bisa bernyanyi dengan baik. Membantunya untuk bisa bernyanyi dengan teknik vokal yang baik dan benar. Hingga vokal yang keluar dari berbagai lagu yang dinyanyikan sesuai dengan nada dan melodi dari lagu tersebut.

Biasanya mereka-mereka yang membutuhkan privat les vokal yaitu para artis yang memiliki tampang, cantik atau ganteng, mereka mendapatkan tawaran bernyanyi atau bahkan membuat album, padahal mereka sama sekali tidak bisa bernyanyi dengan baik. Biasarnya produser mereka akan merekomendasikan Anda untuk menjadi guru voal mereka untuk keperluan bisnis rekaman tersebut. Alasannya tentu untuk mengajari artis mereka agar bisa bernyanyi dengan baik. Bahkan mereka yang sama sekali tidak bisa bernyanyi.

Masalah bayaran, jangan ditanya. Semakin berkualitas Anda dalam bernyanyi dan kemampuan mengolah vokal akan menjadikan bayaran Anda semakin mahal. Itulah sebabnya sudah pasti hanya mereka yang memiliki banyak uang saja yang akan menjadi klien Anda. Les privat vokal ini biasanya menjadi pilihan yang harus diambil untuk mereka yang ingin bisa memiliki suara bagus dalam waktu yang singkat. Terutama untuk keperluan bisnis musik atau industri musik.

 

  1. Memberi Les Privat Mengaji

Menularkan ilmu pada orang lain tentu merupakan sebuah amal yang bermanfaat. Namun ketika ilmua yang kita miliki dihargai dengan sejumlah uang tentu juga bisa menjadi sebuah pintu rezeki bagi kita. Karena mengaji berkaitan dengan perintah agama, pun dengan mengamalkan ilmu yang bermanfaat terutama dalam urusan agama maka agak sensitif jika berbicara masalah tarif atau bayaran.

Untuk keahlian yang satu ini hendaknya kita serahkan pada mereka yang akan menggunakan jasa Anda untuk mengajarkan keahlian mengaji pada murid Anda tersebut. Pastikan motif mereka apa. Apakah sekadar untuk bisa membaca Al-Quran, bisa membaca sekaligus memahami maknanya atau bahkan agar memilliki keahlian khusus dalam melafakan ayat-ayat suci Al-Quran ini atau yang kita kenal dengan istilah murotal. Hingga tidak hanya sekadar tahu tadjwidnya saja hingga bisa membaca setiap kalimat yang terdapat dalam ayat suci, tapi juga bisa melantunkannya dengan indah.

Ada banyak teknik yang bisa diajarkan dalam membaca Al-Quran ini. Masing-masing memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. Begitupun untuk kepentingan dari setiap orang. Biasanya jika kepentingannya untuk diikutkan ke dalam lomba-lomba maka tentu akan semakin mudah jika kita memberikan tarif. Itupun tentu berdaskan keikhlasan mereka yang meminta kita untuk mengajari mereka secara privat. Karena pada dasarnya tetap harus ikhlas dan Anda jadikan sebuah ibadah yang tujuannya tentu untuk beribadah. Itulah sebabnya imbalan yang didapat juga hendaknya tidak menjadi tujuan utama untuk dapat mengajarkan orang lain untuk bisa membaca Al-Quran bahkan untuk bisa menguasai seni membaca Al-Quran yang sudah Anda kuasai.

Walaupun demikian, tidak sedikit juga yang menjadikan keahlian membaca Al-Quran atau bahkan seni membaca Al-Quran ini sebagai sebuah pekerjaan atau bisnis yang tujuan utamanya tiada lain untuk medapatkan uang. Apalagi melihat fakta di lapangan bahwa betapa sulitnya mencari pekerjaan. Maka ketika menjadi seorang guru ngaji bisa menghasilkan materi tentu bisa menjadi sebuah pekerjaan yang halal untuk dijalankan dibanding pekerjaan lainnya yang memang tidak Anda dikuasai.

 

  1. Usaha Sampingan di Rumah yang menarik – Menjadi Konsultan Kecantikan

Konsultan kecantikan berbeda dengan dokter karena memang tidak dibutuhkan pendidikan formal untuk menjadi seorang konsultan. Ketika Anda memilki keahlian dalam dunia kecantikan, make-up, kesehatan kulit, skin care, dan lain sebagainya yang bekaitan dengan masalah kecantikan maka Anda sudah bisa menjadi seorang konsultan. Biasanya seseorang disebut konsultan apabila ia bergabung dalam sebuah organisasai atau bisnis yang bergerak di bidang kesehatan dan kecantikan kulit.

Selanjutnya sudah tentu tugas Andalah untuk menerima konsultasi para calon pembeli produk yang Anda tawarkan. Konsultasi ini diperlukan untuk membantu mereka mengambil langkah atau tidakan apa yang harus mereka lakukan berkaitan dengan kulit mereka yang bermasalah. Salah satunya tentu memberikan rekomendasi produk yang sesuai dengan kebutuhan para calon pembeli produk Anda. Alasannya tentu karena masing-masing produk sudah dibuat dengan kandungan dan manfaatnya masing-masing.

bisnis sampingan di rumah: make-up

Konsultasi ini diperlukan agar para konsumen dapat memilih dan memberi produk yang tepat sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kulit mereka. Seorang konsultan juga bertugas untuk mendampingi mereka yang sudah membeli produk untuk memastikan bahwa perawatan yang mereka lakukan sudah tepat. Dengan begitu hasil yang didapatakan juga sesuai dengan keinginan atau kebutuhan mereka.

Itulah sebabnya seorang konsultan kecantikan melalui proses training terlebih dahulu. Dengan harapan ia memiliki pengetahuan yang cukup dan mumpuni untuk bisa menjadi seorang konsultan kecantikan yang baik. Hingga mereka tidak akan melakukan kesalahan dalam memberikan saran pada pelanggan. Selain itu mereka juga benar-benar mengetahui secara pasti akan product knowledge setiap produknya. Mulai dari kandungan bahan, manfaat serta cara penggunaannya, termasuk kontradiksi yang mungkin terjadi ketika seseorang menggunakan produk tersebut.

Begitupun ketika mereka dikomplen mereka sudah siap untuk menerima komplen tersebut dan memberikan penjelasan yang tepat sebagai jawaban dari komplen yang dilayangkan para pengguna produk yang mereka tawarkan. Itulah sebabnya seorang konsultan yang baik tidak hanya harus bertindak sebagai pendengar yang baik tapi juga merangkap sebagai pembimbing, motivator, hingga customer service yang siap menerima berbagai permintaan dan komplen dari pelanggan secara langsung.

Masalah bayaran kebanyakan dibayar berdasarkan dari jumlah produk yang berhasil dijual. Artinya semakin banyak orang yang melakukan konsultasi pada Anda, maka akan semakin banyak juga produk yang berhasil Anda jual. Dengan demikian pendapatan yang Anda dapatkan juga sudah tentu menjadi semakin besar. Hingga bisa dikatakan bahwa penghasilan tak terbatas bisa Anda dapatkan dengan menjadi seorang konsultan kecantikan. Apalagi jika yang Anda pilih adalah konsultan independent pada perusahaan kosmetik yang memiliki penggajian yang besar tanpa mengharuskan Anda untuk bekerja secara formal setiap harinya.

 

  1. Usaha Sampingan di Rumah – Menjadi Konsultan Rumah Tangga

Bila Anda sudah pernah menikah atau sudah berkeluarga, apalagi jika Anda seorang pendengar yang baik hingga menjadi teman yang paling mengasyikan menjadi tempat untuk mencurahkan hati. Profesi sebagai konsultan Rumah tangga tentu bisa menjadi pekerjaan sampingan yang bisa Anda pilih. Dalam hal ini tentu yang dapat menghasilkan materi walaupun hanya dari rumah. Alasannya karena kantor Anda juga di rumah.

Mereka, orang-orang yang membutuhkan konsultasi pada Andalah yang akan mendatangi Anda untuk berbicara mengenai masalah keluarga mereka. Meminta saran Anda apa yang harus mereka lakukan untuk memperbaiki atau menyelesaikan masalah rumah tangga yang sedang mereka alami. Karena faktanya seringakali kedua belah pihak sama-sama egosi dalam mengambil keputusan. Keduanya merasa paling benar hingga dibutuhkan seorang mediator yang biasanya merangkap sebagai seorang konsultan Rumah Tangga untuk memberikan saran tertentu.

Bukan sembarang saran, melainkan saran yang baik hingga saran tersebut bisa menjadikan Rumah tangga yang berkonsultasi juga menjadi jauh lebih baik keadaannya. Anda bisa memberikan solusi dari sisi agama, juga dari sisi psikologi. Itulah sebabnya bekal ilmu agama dan pendidikan psikologi bisa menjadi modal yang dibutuhkan untuk menjadi seorang konsultan Rumah Tangga. Dengan begitu saran-saran yang Anda berikan juga dapat diperatanggung jawabkan baik secara teoritis maupun dalam aplikasinya.

Berkonsutasi dengan Anda dapat menjamin mereka yang memiliki masalah rumah tangga atau keluarga untuk bisa mendapatkan solusi yang tepat. Solusi yang menguntungkan kedua belah pihak juga tidak mengorbankan anak dalam mengambil keputusan. Tentunya keputusan terbaik yang bisa diambil yang menjadi solusi dari permasalahan rumah tangga sepasang suami istri. Hingga percaraian, perseteruan yang tak kunjung usai, hubungan suami istri yang semakin memanas dan tegang dari ke hari tidak berkelanjutan. Harapannya tentu menjadi lebih baik lagi setelah melakukan konsultasi pada Anda.

Untuk masalah bayaran biasanya para konsultan sudah mematok harga khusus untuk konsultasi. Sama halnya ketika Anda berkonsultasi tentang kesehatan atau penyakit Anda pada seorang dokter. Pun dengan para psikolog yang memiliki dasar pendidikan akademik psikologi profesi. Hingga untuk berkonsultasi dengan mereka Anda membutuhkan baya konsultasi. Nantinya Anda akan diberikan saran-saran terbaik untuk setiap permasalahan rumah tangga yang Anda dan pasangan Anda alami dalam Rumah Tangga.

 

  1. Usaha Sampingan di Rumah – Menjadi Konsultan Parenting

Tak jauh berbeda dengan profesi konsultan sebelumnya, yaitu konsutan Rumah Tangga, konsultan parenting juga memiliki aspek yang sama yaitu mendengarkan dan memberikan saran yang tepat. Terutama yang berhubungan dengan anak-anak yang bermasalah. Karena kebanyakan anak-anak yang bermasalah berawal dari pola asuh yang salah yang dilakukan orang tua, nenek atau bahkan pengasuh yang salah. Hingga seringkali menjadikan mereka menjadi anak dengan pribadi yang tidak menyenangkan atau seringkali dianggap pembuat masalah.

Biasanya terjadi pada anak-anak pertama dari pasangan suami istri yang baru menikah. Terutama ketika anak-anak mereka sudah mulai masuk usia 5 tahun ke atas. Tentunya dengan tingkah polah mereka yang seringkali membuat kaget orang tua mereka. Terutama para orang tua yang tidak bisa selalu mendampingin anak-anak mereka di rumah. Orang tua yang tidak memiliki cukup waktu untuk bersama anak-anak mereka.

Terkadang sebagai orang tua seringkali kesulitan dalam menentukan sikap. Bagaimana menghadapi beragam tingkah laku anak. Tidak hanya di usia Balita tapi dari waktu ke waktu. Alasannya tentu karena tumbuh kembang anak berbeda satu sama lain. Pun dengan keunikan yang dimiliki setiap anak yang tidak bisa disama ratakan. Hingga akhirnya apa yang baik untuk satu anak belum tentu baik untuk anak yang lain.

Banyak probematika seputar parenting ini yang seringkali dikeluhkan oleh para Ibu atau bahkan ayah. Bahkan bisa jadi pasangan suami istri dalam menghadapi anaknya. Terutama ketika usia mereka semakin bertambah. Pergaulan mereka semakin luas dari yang semula hanya bersama kalangan keluarga saja mulai ditambah dengan lingkungan sekolah, teman sepermainan, teman les, dan seterusnya. Semakin besar pergaulan anak bertambah luas. Hingga mereka harus dibekali pertahanan yang baik agar tetap berada di jalur yang benar.

 

  1. Menjadi Konsultan Bisnis

Apakah Anda seorang pebisnis yang tidak memiliki keahlian untuk berbicara di depan umum hingga tidak memungkinkan untuk menjadi seorang pembicara dalam sebuah seminar bisnis? Jika Iya, maka menjadi konsultan bisnis bisa menjadi alternatif bisnis sampingan yang bisa Anda lakukan di rumah. Anda bisa membantu orang lain yang hendak memulai bisnis atau bahkan menjadi konsultan untuk para pebisnis. Tentunya dengan biaya konsultasi atau mentoring bisnis yang sudah Anda tentukan. Sebagai harga dari sebuah konsultasi bisnis.

Saat ini menjadi konsultan bisnis bukan lagi sebuah hal yang aneh karena sudah banyak dilakukan oleh banyak orang . Terutama mereka para pakar dan praktisi yang memang sudah bergelut di bidang bisnis. Sudah mengecap asam garam atau pahit manisnya dalam berbisnis. Hingga benrkonsultasi dengan mereka tentunya akan memberi banyak pencerahan dalam dunia bisnis. Apalagi untuk para pebisnis yang baru memuai bisnis mereka dari 0.

Itulah sebabnya jika Anda merasa salah satu dari mereka, tidak ada salahnya untuk menjadikan konsultan bisnis ini sebagai salah satu bisnis sampingan Anda. Untuk menjadi konsultan bisnis tentunya Anda harus dikenal oleh kalangan pebisnis terlebih dahulu. Sebagai seorang pebisnis yang handal dan berpengalaman hingga sudah memiliki bukti nyata keberhasilan bisnis yang sudah Anda peroleh dari waktu ke waktu. Apalagi jika Anda sudah pernah membuat buku. Ini akan menjadi nilai tambah tersendiri untuk Anda sebagai seorang konsultan bisnis.

Semakin terkenal Anda, semakin bagus personal brand yang Anda miliki sebagai seorang pebisnis akan memudahkan Anda untuk menjadi seorang konsultan bisnis. Imbasnya tentu bayaran yang Anda terima untuk para klien yang ingin berkonsultasi mengenai bisnis mereka dengan Anda juga menjadi semakin tinggi. Apalagi jika tips dan trik, serta solusi-solusi yang Anda berikan untuk mereka memang benar-benar membantu keberhasilan bisnis klien Anda. Sudah pasti akan semakin banyak orang yang ingin berkonsultasi dengan Anda.

Jika sudah begitu tentu bayaran ratusan ribu bahkan jutaan bukan lagi sebuah tarif yang mahal untuk mereka. Semuanya akan terbayar seiring dengan keberhasilan Anda membantu mereka untuk mendapatkan untung yang besar dari bisnis mereka. Membuat mereka bisa sukses mengikuti langkah sukses yang Anda lakukan dalam berbisnis, juga berusaha bangkit sebagaimana Anda bisa bangkit dari kegagalan dalam berbisnis pada masa lalu. Sebuah bisnis sampingan yang menjanjikan bukan?

 

  1. Menjadi Konsultan Pendidikan

Masih profesi sebagai seorang konsultan, namun kali ini tentunya hanya berlaku untuk Anda yang sudah malang melintang dalam dunia kependidikan. Bisa sebagai seseorang yang mengalaminya secara langsung atau bisa jadi Anda justru yang pernah membantu mengurus pendidikan putra putri atau bahkan sahabat dan kerabat Anda ketika mereka hendak memutuskan atau menjalani pendidikan baik di dalam maupun di luar negeri. Sehingga Anda tahu betul alur atau prosedur yang harus diikuti untuk mencapai tahap demi tahap jenjang pendidikan mulai dari pendidikan usia dini hingga tingkat jenjang yang lebih tinggi.

Bagaimana memilih jurusan di universitas swasta hingga universitas negeri. Cara yang tepat untuk memilih sekolah dalam negeri hingga ke luar negeri. Bahkan untuk program beasiswa dalam negeri hingga ke mancanegara. Anda sudah tahu bentul apa saja yang harus dilakukan serta apa yang dibutuhkan untuk sampai ke sana. Hingga wajar jika Anda dikatakan sebagai orang yang tepat dalam dunia kependidikan. Menjadi seorang pakar yang tepat untuk ditanyai ini itu yang berkaitan dengan dunia kependidikan.

Sama halnya dengan profesi konsultan lainnya kemampuan dan pengalaman Anda serta sepak terjang Anda dalam dunia pendidikan ini sudah sangat luar biasa. Hingga apapun yang par aklien Anda tanyakan untuk berbagai masalah yang menyangkut dunia kependidikan Anda bisa menjawabnya dengan tepat. Itulah sebabnya Anda juga harus selalu mengikuti perkembangan terbaru dari dunia pendidikan ini baik nasional maupun internasional.

Semakin lengkap dan solusii yang bisa Anda berikan dalam konsultasi yang Anda berikan pada klien Anda tentu akan membuat konsultan Anda semakin berkualitas dan memiliki nama. Dengan begitu tarif yang Anda dapatkan untuk konsultasi ini juga akan semakin besar. Akan semakin mnguntungkan juga jika Anda juga menjadi marketing beberapa lembaga yang memang terkait dengan kepengurusan berbagai hal yang berkaitan dengan kependidikan ini.

Dengan begitu Anda tidak hanya mendapat bayaran dari konsultasi yang Anda berikan tapi juga dari lembaga-lembaga terkait tersebut. Tentunya dengan legal dan memang sudah terpercaya hingga saran yang Anda berikanpun tidak memaksakan klien Anda untuk membeli produk pendidikan yang Anda sarankan. Hal yang utama tentu membantu mereka yang kesulitan dalam masalah pendidikan baik untuk diri sendiri maupun untuk anak-anak mereka. Hingga berkonsultasi dengan Anda sungguh bisa menjadi sebuah solusi.

Nah itulah paparan inspirasi 50 usaha sampingan di rumah yang siapa tahu bisa jadi inspirasi untuk Anda yang sedang mencari bsnis yang bisa dikerjakan dari rumah.

Baca juga:

Mendapat Untung dari Bisnis Rumahan

5 Bisnis Modal Kecil Untuk Ibu Rumah Tangga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here