Ibu Menyusui Boleh Minum Kopi Asalkan…

0
7

Ibu menyusui boleh minum kopi asalkan… Saya rela memenuhi apapun syaratnya demi bisa minum secangkir saja kopi. Lalu bagaimana cara minum kopi yang aman untuk ibu menyusui? Pertanyaan ini kerap melanda batin saya karena hanya kopi yang dapat membuat saya terjaga ketika rasa kantuk hadir di sela-sela bekerja, terutama di malam hari.

busui ngopi
dailymail.co.uk

Mungkin ini tidak hanya saya rasakan tapi juga Anda Mak, bahkan beratus-ratus ibu menyusui lain yang memiliki hubungan yang spesial dengan si hitam ini. Kini saya bisa berlega hati karena nyatanya ibu menyusui masih boleh minum kopi. Namun ada syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi sebagai berikut:

Tidak Berlebihan

Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak pernah menghasilkan efek yang baik bagi tubuh. Begitupun halnya dengan kopi yang dipercaya tidak hanya memiliki banyak khasiat tapi juga efek samping. Pada Ibu menyusui efeknya ketika minum kopi berlebihan yaitu bayinya sering demam, bayi sering terjaga dan hanya tidur sebentar-sebentar, matanya selalu terbuka, terlihat lemah dan seringkali rewel. Untuk itu batasi hingga 2 gelas paling banyak dalam sehari. Jika secangkir kopi sudah cukup itu lebih baik lagi.

Tidak Disertai Sumber Kafein Lain

Ingat Mak, kafein faktanya tidak hanya terdapat pada kopi saja yang seringkali membuat kopi selalu menjadi tersangka utama ketika bayi mengalami gejala-gejala yang telah disebutkan tersebut. Ada berbagai makanan dan minuman lain yang mengandung kafein. Diantaranya minuman bersoda, obat pereda demam, minuman penambah energi, teh dan cokelat. Sebaiknya jangan mengkonsumsi kopi dengan makanan atau minuman lain yang mengandung kafein, apalagi jika bersamaan. Akibatnya kafein tersebut bisa terakumulasi dan akhirnya mempengaruhi ASI yang Anda berikan pada buah hati Anda.

Jika Bayi Sudah 4 Bulan

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan seorang Dokter dari Departemen Pedriatrics Universityof Rochester di New York, Amerika Serikat menyatakan bahwa metabolisme bayi baru dikatakan siap ketika usia mereka sudah mencapai 3 hingga 4 bulan. Itulah sebabnya jika Anda sangat ingin minum kopi sebaiknya tunggu hingga bayi berusia 3 hingga 4 bulan. Jika Anda bisa lebih sabar lagi, tunggu hingga usianya 6 bulan dan melewati masa pemberian ASI ekskllusif.

Imbangi dengan Memperbanyak Minum Air Putih

Sebagai penyeimbang agar efek kafein tidak terlalu berpengaruh pada ASI yang Anda berikan pada buah hati, sebaiknya ibu menyusui yang penggemar berat kopi memperbanyak air minum lebih dari biasanya. Terutama ketika ia sudah atau berencana akan meminum kopi pada hari tesebut. Dengan begitu, efek kafein juga tidak dirasakan oleh bayi yang Anda susui.

Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayuran Hijau

Buah dan sayuran hijau selain mengandung banyak vitamin, zat besi, juga mengandung antioksidan. Memperbanyak mengonsumsinya berarti membantu tubuh mendapatkan gizi yang seimbang. Hasilnya kualitas ASI dapat dipertahankan walaupun Anda minum kopi. Bayi juga lebih tahan terhadap efek dari kafein yang terbawa pada ASI yang mereka minum.

Nah, sudah tenang kan sekarang? Jadi minum kopi untuk ibu menyusui tidaklah haram hukumnya. Ibu menyusui boleh minum kopi asalkan ia memenuhi syarat-syarat minum kopi yang aman untuk ibu menyusui ini. Ingat ya Mak, kafein tidak hanya terdapat pada kopi saja. Tetap waspadai makanan dan minuman lain yang juga mengandung kafein. Jangan sampai Anda anti kopi tapi justru tidak berhenti makan cokelat, minum teh setiap kali minum, minuman bersoda, minum obat penghilang demam, dll.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here