Es Timun Selasih

0
36

cara membuat es timun

Di siang hari yang panas, ketika kepala terasa penat karena seabreg kerjaan, alangkah nikmatnya jika menyeruput segelas minuman segar yang dingin. Salah satu es favorit saya adalah es timun selasih. Membuatnya sangat mudah. Bahan-bahan yang diperlukan pun sangat sederhana. Bahan utamanya adalah mentimun sayur, biji selasih, dan jeruk nipis.

Selain rasanya yang segar, Anda pun dapat menikmati berbagai manfaat dari bahan-bahan tersebut bagi kesehatan tubuh. Di antaranya adalah melancarkan pencernaan, melunturkan lemak, melancarkan peredaran darah, anti-oksidan, dan sumber vitamin C. Masih banyak lagi khasiat lainnya yang bisa Anda dapat.

Oiya, agar khasiat mentimun dapat kita rasakan lebih maksimal, mentimun yang digunakan tidak perlu dikupas dan dibuang kulitnya. Ini karena kulit dan biji mentimun pun ternyata kaya akan manfaat. Namun, jika tidak menyukainya, Anda dapat mengupas tipis kulitnya, membelah, lalu mengeruk bijinya. Kemudian, dagingnya diserut tipis panjang.

Es Timun Selasih

Bahan:

Simple syrup

  • 300 ml air
  • 150 gr gula pasir
  • 1 lembar daun pandan (dirobek, lalu disimpulkan)
  • Sejumput garam

3 buat mentimun sayur ukuran sedang

Biji selasih kering secukupnya, direndam dalam air hingga mengembang

Air jeruk nipis

Air es

Es batu serut (dapat diganti es batu biasa)

Cara membuat:
  1. Masak seluruh bahan simple syrup hingga mendidih dan gula larut. Angkat dan dinginkan.
  2. Parut mentimun menggunakan parutan keju hingga berbentuk tipis memanjang. Sisihkan.
  3. Siapkan gelas. Masukkan serutan mentimun, selasih, simple syrup, air jeruk nipis , dan air es secukupnya. Aduk rata. Tambahkan es batu serut, lalu hidangkan.

resep es timun

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here