Bingung Mengatur Pemasukan? Yuk Cermat Mengatur Uang Bulanan!

0
12

Cara Mengatur Uang Bulanan

Cermat mengatur uang bulanan, sudah menjadi tanggung jawab setiap ibu rumah tangga. Ibu rumah tangga memang menjadi kunci sukses pengelolaan keuangan. Sukses mengelola keuangan maka makin banyak hal yang bisa dilakukan dan didapat.

Bingung Mengatur Pemasukan? Yuk Cermat Mengatur Uang Bulanan!

Mungkin banyak diantara anda, ibu-ibu rumah tangga yang senantiasa merasa kehabisan uang sebelum menerima kucuran dana segar dari suami. Hal tersebut tidak hanya terjadi pada satu atau dua orang, namun banyak orang. Apakah karena penghasilannya memang terbatas? Jawabannya tidak, sebab besar kecilnya pendapatan tidak memiliki pengaruh secara langsung terhadap habisnya uang bulanan.

Agar tidak selalu pusing mendekati akhir bulan, maka berikut adalah beberapa tips cermat mengatur uang bulanan:

1. Selalu Buat Anggaran

Anggaran atau perencanaan keuangan sangat penting dipergunakan untuk melakukan kendali terhadap pengeluaran. Prioritaskan kebutuhan yang mendasar, kemudian mendesak, baru kemudian yang sifatnya tambahan. Selalu berikan porsi untuk tabungan, sebab hal ini penting untuk persiapan masa mendatang atau kebutuhan mendadak. Perusahaan-perusahaan besar yang merajai bisnis dunia juga melakukan penganggaran setiap periode. Maka jika ingin sukses mengelola uang bulanan, buat perencanaan yang baik.

2. Tahan Diri Terhadap Nafsu Belanja

Belanja sudah menjadi kegemaran wanita. Berkumpul dengan teman sesama ibu rumah tangga bisa menjadi awal habisnya uang tidak terkendali. Senantiasa ingat untuk menahan nafsu belanja, jika ingin menikmati penghasilan hingga akhir bulan. Adanya anggaran juga akan memberikan kendali terhadap keinginan untuk berbelanja.

3. Rencanakan Belanja yang Baik

Pergi ke pasar atau supermarket untuk membeli kebutuhan pokok, tanpa catatan dapat dipastikan akan menghasilkan barang-barang yang tidak perlu. Buat catatan saat akan ke pasar, akan sangat membantu mengontrol keuangan. Fokus pada catatan juga akan membuat beragam barang melintas saja di pandangan tanpa menimbulkan ketertarikan.

4. Usahakan Masak Sendiri

Memasak makanan sendiri untuk keluarga, terbukti sangat hemat. Makan di luar selain porsinya terbatas, tentu saja harus dibayar mahal. Uang bulanan bisa saja habis tidak terduga akibat sering jajan di luar. Ibu rumah tangga yang memasak sendiri, tentu akan merasakan kepuasan yang berlebih, apalagi saat anggota keluarga memuji masakannya. Satu lagi memasak sendiri menimbulkan rasa kasih sayang antar anggota keluarga. Jadi mengapa harus makan di luar?

Ternyata cara-cara berhemat cukup sederhana dan tidak memerlukan perjuangan yang dramatis.

Demikian beberapa tips cermat mengatur uang bulanan. Semoga bermanfaat dan selamat berhemat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here