Cara Tepat Merawat Clodi Agar Tetap Awet

0
21

Cloth Diapering Series

“Kenapa ya kok clodinya bau pesing?”

“Kok udah bocor ya, padahal baru dipake 2 jam lho..”

“Cara bersihin noda bekas pup gimana sih?”

Apa Mak punya pertanyaan yang sama seperti diatas? Jika iya, bisa jadi karena perawatan clodinya yang belum tepat. Simak ulasan berikut ini ya tentang cara yang tepat merawat si clodi agar tetap awet dan performanya tetap keren.

Perawatan Awal

Kalau punya barang baru, suka dicuci dulu gak sebelum dipakai? Pasti dong. Nah, perawatan awal untuk clodi agak sedikit berbeda. Karena biasanya Mak cukup cuci 1 kali barangnya setelah datang, trus langsung dipakai. Tapi lain halnya dengan clodi, Mak wajib mencuci clodi yang baru setidaknya 3 kali cuci-kering atau bahkan lebih tergantung jenis bahan yang digunakan.

Clodi baru dicuci kering sebanyak 3 kali bertujuan untuk menghilangkan lapisan lilin dan lapisan kimia yang biasanya digunakan di tahap akhir / finishing produksi. Kalau Mak tidak mengikuti sesuai instruksi maka jangan heran kalau di awal pemakaian daya serap clodi tidak maksimal seperti yang seharusnya.

 

Perawatan Harian

Proses pencucian clodi pada dasarnya tidak berbeda dengan pencucian bahan pakaian lainnya. Yang membedakan hanyalah takaran detergen yang digunakan. Untuk clodi, Mak cukup menambahkan seujung jari detergen ke dalam air rendaman. Detergen yang terlalu banyak akan menyisakan residu atau bahan sisa di clodi yang bisa mengganggu daya serapnya.

Dianjurkan clodi dicuci setiap hari, namun jika anda tidak sempat mencuci setiap hari sebaiknya clodi dicuci tidak lebih dari 2 hari. Jika lebih lama clodi kotor disimpan, maka noda dan bau nya akan sulit hilang.

Hindari perendaman clodi terlalu lama karena akan merusak lapisan clodi serta bisa menjadi sarang bakteri untuk berkembang biak. Hindari penyikatan pada bagian clodi, cukup dikucek perlahan dengan tangan. Jika ada noda bekas pup yang membandel, biarkan saja karena biasanya akan hilang dengan sendirinya saat proses pengeringan di bawah sinar matahari.

Setelah selesai dicuci, bilaslah clodi dengan benar. Usahakan agar tidak ada lagi busa yang menempel agar tidak ada residu detergen yang tertinggal didalam clodi. Residu inilah yang membuat performa clodi tidak sebaik di awal pembelian, mudah bocor, bau pesing dan sebagainya.

Tahap terakhir adalah pengeringan. Mak bisa mengeringkan dengan cara biasa dibawah sinar matahari atau dengan menggunakan pengering mesin cuci. Mengeringkan di bawah sinar matahari memiliki beberapa keuntungan diantaranya menghilangkan noda membandel yang sulit hilang saat proses pencucian. Namun jika kondisi cuaca tidak memungkinkan, Mak bisa mengeringkan menggunakan mesin cuci dengan catatan hanya insert atau lapisan penyerap saja yang bisa dikeringkan. Sementara untuk cover clodi dikeringkan dibawah sinar matahari dengan bagian dalam menghadap ke arah matahari.

Demikianlah cara yang benar dan tepat merawat popok kain atua clodi. Dengan perawatan yang benar maka masa pakai clodi akan lebih panjang dan tentunya akan tetap terasa nyaman saat dikenakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here