Cara Menghilangkan Noda Tinta di Baju

0
52

noda tinta

Pasti bete banget ya Mak kalau lihat ada noda tinta di baju? Noda tinta termasuk salah satu jenis noda membandel yang cukup sulit untuk dihilangkan. Dengan usaha ekstra pun seringkali tidak bisa mengembalikan baju menjadi bersih seperti semula. Tenang Mak, tidak perlu panik karena kali ini saya akan membagikan tips dan cara menghilangkan noda tinta di baju yang ampuh. Semoga setelah mempraktekkannya nanti Mak tetap bisa tersenyum ceria meskipun bajunya terkena noda tinta ya.

Cara Menghilangkan Noda Tinta di Baju

Ada banyak jenis noda yang dianggap sulit untuk dibersihkan, salah satunya noda dari tinta yang terkena baju. Noda tinta ini bisa berasal dari spidol / pulpen yang bocor atau coretan spidol. Tenang saja Mak, ternyata asal tahu tips dan triknya membersihkan noda tinta ini tidak serumit yang dibayangkan lho. Ada 3 hal yang wajib Mak lakukan saat baju terkena noda tinta, yaitu :

  1. Segera bersihkan noda, secepat mungkin sebelum tinta menjadi kering. Saat mengering, biasanya akan lebih sulit untuk dibersihkan.
  2. Agar noda tinta tidak semakin melebar, coba tepuk-tepuk bagian yang terkena noda. Hindari menggosok karena hanya akan membuat kain menjadi rusak dan membuat area noda menjadi semakin luas
  3. Pastikan noda sudah hilang sama sekali, sebelum memasukkan ke dalam mesin pengering. Jika sudah dikeringkan, noda akan bersifat permanen dan lebih sulit dibersihkan.
  4. Jika menggunakan sabun/produk pembersih, sebaiknya didiamkan dulu beberapa saat untuk memberikanw waktu agar pembersih bisa bereaksi. Karena pada umumnya, dibutuhkan waktu untuk membersihkan dan mengangkat noda.

Baca juga : Cara Menghilangkan Karat dengan 5 Bahan Alami

Cara Menghilangkan Noda Tinta Dari Pulpen

Jenis tinta dari pulpen biasanya menggunakan tinta yang berbahan dasar air. Untuk noda jenis ini, biasanya lebih mudah dibersihkan dibandingkan dengan jenis noda dari bahan lainnya. Untuk menghilangkan noda, tidak diperlukan tambahan cairan penghilang noda khusus. Mak cukup mengikuti instruksi  pencucian yang baik, seperti berikut :

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah segera tangani pakaian yang terkena noda, jangan didiamkan terlalu lama agar noda tetap mudah diangkat.
  2. Serap noda dengan menggunakan kain mikrofiber, sejenis handuk. Cukup ditempelkan saja ya Mak, hindari menggosok noda karena bisa membuat noda semakin meluas
  3. Jika noda sangat besar, Mak bisa gunakan cairan pembersih khusus noda membandel. Oleskan di area noda, dan diamkan selama 10 menit. Ini memberikan waktu kepada cairan pembersih untuk bisa mengatasi noda yang menempel.
  4. Cuci pakaian secara terpisah dengan pakaian lain, agar noda tidak mengenai pakaian lainnya. Pencucian bisa dilakukan dengan tangan atau mesin cuci.
  5. Cek terlebih dahulu apakah noda sudah benar-benar terangkat dan bersih. Jika iya, maka baju sudah boleh dikeringkan. Jika belum, ulangi lagi proses pencuciannya sampai noda benar-benar bersih.

Baca juga : Pakaian Rapi Tanpa Setrika? Ini Dia Tipsnya

Cara Menghilangkan Noda Tinta Permanen di Baju

Mengatasi noda tinta permanen yang berasal dari spidol dan beberapa jenis pulpen memang cukup sulit dan dibutuhkan usaha  yang lebih ekstra ya Mak. Tapi jangan dulu putus asa, karena ada tips khusus untuk mengtasinya. Secara umum langkah pembersihannya sama dengan cara membersihkan noda tinta pulpen. Yang berbeda Mak harus menambahkan alkohol atau hairspray yang terbukti ampuh untuk hilangkan noda tinta yang berat. Jadi, saat Mak oleskan alkohol atau menyemprot hairspray diatas noda tinta, segera cuci baju dan pisahkan pencuciannya dengan pakaian lainnya. Mak bisa tambankan detergen yang biasa digunakan. Jika noda sudah benar-benar hilang, baju sudah boleh dikeringkan. Jika masih terlihat ada noda, lakukan tahapan pencucian seperti diatas.

Sekarang sudah tidak perlu lagi cemas dan panik saat ada noda tinta di baju ya Mak. Semoga tips cara menghilangkan noda tinta di baju bisa bermanfaat ya. Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here