Cara Menghilangkan Karat dengan 5 Bahan Alami

0
762

Bagaimana cara menghilangkan karat? Barang yang sudah berkarat memang sungguh mengesalkan. Terlihat kotor dan sudah tidak dapat berfungsi dengan baik. Namun, tunggu dulu! Jangan langsung saja membuang barang-barang yang sudah berkarat ya, Mak. Anda masih dapat membersihkannya dengan menggunakan bahan-bahan alami yang tersedia di rumah.

Baca juga: Inilah Cara Benar Membersihkan Lantai dan Sofa.

cara menghilangkan karat
Kredit: alfa-img.com

Cara Menghilangkan Karat dengan Menggunakan 5 Bahan Alami yang Tersedia di Rumah

Barang yang sudah berkarat dapat dibersihkan dengan menggunakan pembersih karat khusus. Namun, bagaimana jika di rumah tidak tersedia pembersih tersebut? Jangan khawatir, Anda masih dapat membersihkannya dengan bahan-bahan lain yang lebih alami dan tersedia di rumah.

1. Garam + Jeruk Nipis

Cara menghilangkan karat dengan menggunakan garam dan jeruk nipis sangatlah mudah, Mak. Pertama, taburkan garam pada permukaan benda yang berkarat. Lalu, beri perasan air jeruk nipis hingga seluruh permukaannya cukup basah. Setelah 2-3 jam didiamkan, gosok permukaan berkarat tersebut dengan kulit jeruk nipis. Setelah bersih, jangan lupa untuk mengeringkannya. Penggunaan jeruk nipis pun dapat diganti dengan jeruk lemon.

2. Cuka + Alumunium Foil

Ini merupakan cara cerdas dan mudah untuk mengilangkan karat. Ambil selembar aluminium foil, lalu lipast-lipat hingga ukurannya mudah dipegang tangan Anda. Celupkan ke dalam cuka, lalu gosokkan ke permukaan yang berkarat. Setelah itu, bersihkan dengan lap.

3. Baking Soda + Air

Taburkan baking soda di atas permukaan barang berkarat. Siapkan sikat gigi, lalu celupkan ke dalam air. Gosok  permukaan yang sudah ditaburi baking soda hingga bersih.

Jika karat yang terbentuk telah cukup tebal, Anda dapat melumuri permukaan tersebut dengan pasta yang terbuat dari baking soda yang dicampur dengan sedikit air. Diamkan selama beberapa jam. Lalu, bersihkan.

4. Merendamnya di Dalam Cuka

Jika barang yang berkarat memiliki ukuran yang cukup kecil, Anda dapat merendamnya di dalam cuka. Diamkan selama semalaman. Karat pun akan lluntur dengan sendirinya tanpa perlu digosok.

5. Kentang + Sabun Pencuci Piring

Ternyata, kentang pun dapat dimanfaatkan untuk membersihkan karat. Potong kentang menjadi 2 bagian. Ambil 1 potongan kentang, lalu celupkan ujung yang dipotong ke dalam sabun pencuci piring. Kemudian, gosokkan pada permukaan yang berkarat hingga bersih. Selanjutnya, Anda dapat memotong kembali kentang yang telah digunakan tersebut, lalu mencelupkannya kembali ke dalam sabun pencuci piring, dan menggosokkannya pada karat.

Cara menghilangkan karat ternyata cukup mudah ya, Mak. Namun, jangan lupa untuk mengeringkan barang-barang tersebut setelah dibersihkan. Kemudian, jaga kebersihannya agar tidak mudah kembali berkarat. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Pakaian Rapi Tanpa Setrika? Ini Dia Tipsnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here