Cara Menghadapi Masalah dengan Cepat dan Tepat

0
34

Tidak penting masalah apa yang sedang Anda hadapi, yang terpenting adalah cara menghadapi masalah tersebut. Ini sebuah pernyataan yang diplomatis, namun seringkali sulit untuk dipraktikkan dalam hidup sehari-hari ya, Mak. Dalam kehidupan yang penuh dinamika di mana ketika kita mencoba untuk terhindar dari masalah pun, tanpa kita undang masalah itu hadir dalam kehidupan kita. Mulai dari masalah yang kecil hingga masalah besar.

Baca juga: 7 Langkah Cara Menyelesaikan Masalah Kehidupan

cara menghadapi masalah
Kredit: urbanwired.com

Masalah juga buta, sama halnya seperti cinta. Ia tidak memandang kepada siapa akan berlabuh. Bedanya, masalah akan membuat orang cenderung menjadi bersedih, berduka cita, emosi, kecewa, atau berbagai emosi negatif lainnya. Sementara, cinta justru kebalikannya. Nah, ternyata ada beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk bisa menghadapi berbagai masalah yang dapat dalam kehidupan kita, Mak. Ini dia tipsnya.

Kontrol Emosi

Ketika masalah datang dalam hidup kita, pastilah emosi akan langsung mengeluarkan taringnya. Membuat Anda menangis, marah, menjerit, melempar benda-benda, memukul-mukul kepalan tangan Anda ke dinding, menyobek-nyobek foto kenangan, memukul orang, dan banyak lagi tindakan lain yang sudah pasti didasari dengan emosi.

Pada akhirnya, semua tindakan yang berdasarkan emosi selalu tidak berujung bahagia. Sealalu ada sesal di akhir. Seperti kata peribahasa, penyesalan di akhir itu tidak akan berguna. Itulah sebabnya sebaiknya ketika masalah datang sebisa mungkin berusahalah untuk menahan emosi Anda.

Diam Sejenak

Diam sejenak adalah salah satu cara menghadapi masalah yang memang membuat Anda memang membutuhkan waktu untuk berpikir sejenak. Jika Anda perlu menghilang sejenak dari berbagai elemen yang mungkin akan terkena dampak dari permasalah tersebut, sejenak menghindari semua itu rasanya bukan sebuah persoalan besar.

Tapi pastikan ada seseorang yang sudah pasti akan membantu Anda untuk meng-handle  semua pertanyaan berkaitan dengan diri Anda atau tugas-tugas Anda untuk sementara waktu. Sehingga tidak ada seorang pun yang berpikir bahwa Anda lari dari masalah.

Mencoba Mengurai Masalah

Masalah sekecil apa pun butuh penyelesaian. Cepat atau lambat Anda membutuhkan solusi untuk menyelesaikan permasalahan yang sedang Anda hadapi. Itulah sebabnya, untuk mendapatkan solusinya, cobalah untuk mengurai permasalahn yang sedang Anda alami tersebut. Tak perduli apa itu permasalahan kecil atau permasalahan besar. Ketika ada suatu hal yang membuat Anda tidak nyaman dan menurut Anda membutuhkan penyelesaian maka berarti Anda sedang menghadapi masalah.

Cara mengurai masalah jika dianalogikan seperti kita mencoba meluruskan kembali sebuah benang yang kusut. Gunanya tentu untuk mendapati letak permasalahan yang sebenarnya sedang kita hadapi. Terkadang permasalahan kecil yang mudah untuk diselesaikan jadi tampak besar ketika kita tidak berusaha untuk mengurainya. Sebaliknya, jika kita mencoba mengurainya maka permasalahan besar pun akan terlihat kecil hingga dapat terselesaikan dengan baik.

Selesaikan Satu Per Satu

Jika permasalahannya sudah ditemukan, cobalah untuk mencari solusinya. Berdiam diri atau mencoba menghindar dalam waktu yang terlalu lama tanpa menyelesaikan permasalahan, bisa membuat permasalahan semakin besar. Untuk itu, sebaiknya coba selesaikan permasalahan yang sudah kita temukan tersebut satu per satu.

Jika samua sudah ditemukan solusinya, artinya Anda sudah dapat menemukan solusi dari permasalahan yang sedang Anda hadapi tersebut. Itu artinya, cara menghadapi masalah  yang sudah Anda lakukan sudah tepat.  Selamat! Itu artinya Anda sudah terbebas dari satu masalah.

Berprasangka Baik

Ketika masih belum juga ditemukan solusi maka hadapilah dengan terus bersabar, bertawakal, dan berdoa. Lakukan tugas-tugas yang memang seharusnya Anda lakukan dengan sebaik-baiknya. Lupakanlah sejenak permasalahan tersebut ketika Anda sedang melakukan tugas yang memang tidak berhubungan dengan permasalahan tersebut.

Ketika Anda kembali pada masalah tersebut maka cobalah untuk menghadapinya dan siap dengan resiko yang harus Anda terima. Berprasangka baiklah karena ketika Anda mendapatkan masalah berarti Anda sedang diuji. Ujian untuk membuat kita naik ke level yang lebih tinggi sebagai manusia bijak atau manusia yang lebih baik lagi. Anda juga telah belajar satu hal di sana, yaitu bagaimana cara menghadapi masalah dengan tepat.***

Baca juga berbagai tulisan inspiratif di sini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here