Cara Menggunakan Mesin Cuci Otomatis & Semi Otomatis

0
970

Cara menggunakan mesin cuci. Mencuci merupakan kegiatan mingguan bahkan harian yang tidak dapat dihindari. Munculnya mesin cuci sangat membantu meringankan proses gilas-menggilas pakaian ini.

Anda tak perlu repot-repot lagi berbasah-basah ria karena harus mengucek seember pakaian kotor, Mak. Juga tak perlu lagi khawatir make up akan luntur karena keringat. Hanya tinggal menekan atau memutar tombol ini dan itu, proses mencuci pun telah diambil alih oleh mesin tersebut. Anda tinggal menunggu prosesnya selesai sambil melakukan pekerjaan lainnya. Wah, sangat praktis, ya?

Baca juga: Pakaian Rapi Tanpa Setrika? Ini Dia Tipsnya.

Lalu, bagaimana sih cara menggunakan mesin cuci itu? Secanggih apa pun mesin cuci yang nangkring di rumah Anda, tanpa mengetahui cara kerjanya, proses mencuci tidak bisa berjalan. Sebenarnya, seluruh cara penggunaan mesin cuci ada pada buku petunjuk. Namun, khusus untuk Emak, akan saya share bagaimana cara menggunakan mesin cuci ini. Baik yang otomatis, maupun yang semi otomatis. Yuk, disimak saja uraian berikut.

Cara menggunakan Mesin Cuci Otomatis (Satu Tabung)

Ada 2 jenis mesin cuci otomatis atau satu tabung. Mesin cuci dengan bukaan depan (front loading) dan mesin cuci dengan bukaan atas (top loading). Cara kerja keduanya secara umum sama saja.

cara menggunakan mesin cuci satu tabung
Mesin cuci satu tabung dengan bukaan depan

Berikut ini langkah-langkah menggunakan mesin cuci otomatis atau satu tabung.

  1. Masukkan pakaian kotor ke dalam tabung mesin.
  2. Masukkan deterjen dan pelembut (jika perlu) ke dalam wadah yang disediakan. Masukkan seperlunya saja, disesuaikan dengan banyaknya cucian.
  3. Pasang stop kontak listrik, lalu buka keran air.
  4. Tekan tombol “ON/OFF” untuk menyalakan mesin.
  5. Pilih pengaturan yang sesuai dengan jenis pakaian yang dicuci,  lalu tekan tombol start.
  6. Tunggu hingga proses mencuci selesai.
cara mencuci menggunakan mesin cuci
Mesin cuci satu tabung dengan bukaan atas

Aduh, simple banget kan, Mak? Hanya tinggal tekan beberapa tombol, seluruh proses pencucian telah diambil alih mesin. Anda tinggal duduk manis saja sambil menunggu cucian Anda bersih. Atau malah sambil memasak atau membersihkan rumah.

Cara Menggunakan Mesin Cuci Semi Otomatis (Dua Tabung)

Mencuci dengan menggunakan mesin cuci semi otomatis ini sedikit merepotkan ketimbang menggunakan mesin cuci otomatis. Namun, masih jauuuuh lebih ringan jika dibandingkan dengan mengucek sendiri pakaian kotor tersebut dengan tangan Anda.

cara menggunakan mesin cuci dua tabung
Mesin cuci dua tabung

Berikut ini langkah-langkah mencuci menggunakan mesin cuci dua tabung.

  1. Pastikan tombol pembuangan air tidak pada posisi “drain“. Isi tabung pencucian (yang ukurannya lebih besar) dengan air secukupnya. Beri deterjen secukupnya, lalu aduk agar larut.
  2. Masukkan pakaian kotor. Tambahkan lagi air jika masih kurang.
  3. Pilih pengaturan pencucian dengan memutar tombol ke “heavy” untuk putaran yang cepat atau “soft” untuk putaran yang lebih lambat. Pilih juga waktu mencuci yang diinginkan.
  4. Setelah proses pencucian selesai, keluarkan air kotor dengan cara memutar tombol ke arah “drain“.
  5. Isi kembali tabung pencucian dengan air secukupnya, tambahkan pelembut jika perlu. Lalu, ulangi proses nomor 4 dan 5 untuk membilas sabun deterjen yang menempel pada pakaian.
  6. Masukkan pakaian yang telah dibilas ke dalam tabung pengeringan. Putar tombol ke arah waktu pengeringan yang diinginkan. Tunggu hingga selesai.
  7. Jika dirasa busa pada pakaian masih belum cukup bersih, proses pembilasan dan pengeringan dapat diulangi lagi.

Begitulah cara menggunakan mesin cuci otomatis dan semi otomatis. Sepertinya sedikit rumit ya, Mak. Sebenarnya tidak, lho. Setelah satu atau dua kali mempraktikkannya, akan terasa sangat mudah, kok. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Tinta di Baju.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here