Cara Mencerahkan Kulit dengan Susu

0
31

Cara mencerahkan kulit dengan susu sebetulnya beragam. Tergantung pada produk apa yang Anda gunakan. Hal ini terkait dengan banyaknya produk kosmetik berbahan susu yang beredar saat ini. Alasannya karena kandungan yang terdapat pada susu, terutama asam laktik (lactic acid). Namun yang terbaik tentu dengan cara alami. Walaupun hasilnya tidak cepat didapat tapi manfaatnya juga terasa dalam waktu yang lebih lama dibandingkan dengan penggunaan pencerah kulit berbahan kimia.

Susu untuk Mencerahkan Kulit Wajah

Cookingplaingreek.com
                                        Cookingplaingreek.com

Untuk mencerahkan kulit wajah Anda bisa gunakan susu sebagai bahan alami untuk dibuat masker. Anda bisa menggunakan susu bubuk tanpa campuran lain selain bahan dasar susu itu sendiri yaitu susu sapi atau susu kambing. Cara membuatnya yaitu dengan menambahkan air secukupnya lalu campur hingga merata.

Selanjutnya Anda aplikasikan pada wajah dan biarkan hingga 20 menit. Setelah itu bersihkan dengan air bersih sampai tidak ada lagi masker susu yang menempel. Langkah terakhir cuci muka dengan menggunakan sabun pencuci muka yang biasa Anda gunakan, lalu keringkan dengan handuk bersih.

Susu untuk Mencerahkan Badan

Cara mencerahkan kulit dengan susu untuk kulit tubuh Anda bisa dilakukan dengan cara berikut:

  • Mandi Susu
sumber: musmus.me
sumber: musmus.me

Mandi susu adalah salah satu treatment dalam perawatan tubuh yang biasanya sudah disediakan di berbagai pusat pelayanan perawatan kecantikan. Jika Anda ingin mencobanya sendiri, perawatan ini mudah dilakukan. Gunakan susu sapi atau susu kambing asli yang sudah dididihkan lalu ditiriskan. Jika Anda kurang suka dengan baunya bisa menambahkan perasan air lemon scukupnya atau air mawar.

Rendam badan Anda dalam bak berisikan campuran susu tersebut. Sambil berendam gosok-gosokan seluruh kulit tubuh Anda hingga Anda merasa setiap jengkalnya sudah bersih. Susu membantu mengangkat kotoran, debu, dan sel-sel kulit mati dengan mudah. Hasilnya kulit terlihat lebih cerah alami.

Pastikan susu yang Anda gunakan untuk mandi susu adalah susu dengan kulitas yang baik. Masih segar dan belum terkontaminasi bakteri karena penyimpanan yang tidak tepat. Penggunaannya sesuai dengan kebutuhan agar seluruh tubuh Anda bisa terendam dengan baik. Tapi ingat ya Mak, susu yang sudah digunakan harus dibuang karena sudah tercampur dengan berbagai kotoran dari tubuh.

  • Lulur Susu

Lulur dengan menggunakan susu membutuhkan susu dalam jumlah yang lebih sedikit. Hanya 200 ml susu yang dicampur dengan perasan lemon atau jeruk nipis agar baunya sedikit tersamarkan. Jika ingin kulit Anda lebih halus, susu bisa diganti dengan buttermilk atau yogurt tanpa rasa. Anda cukup mengoleskan saja sambil dipijat ke seluruh tubuh. Selanjutnya dibilas, lalu mandi seperti biasa.

Jika Anda memilih menggunakan susu cair,hangatkan dulu susu ke dalam microwave selama 30 detik. Jika direbus biasa, rebus hingga mendidih lalu matikan dan tunggu sampai hangat. Jika sudah hangat, campurkan air perasan lemon secukupnya agar tidak terasa bau amis. Ambil spon kain yang biasa digunakan untuk membersihkan sisa masker pada wajah. Masukan ke dalam mangkok susu, peras hingga terasa masih basah namun tidak ada susu yang menetes. Sapukan pada tubuh Anda mulai dari leher, tangan, dan seterusnya hingga ujung kaki.

Tiap bagian diulang beberapa kali hingga kulit terasa bersih karena kotoran dan sel kulit mati yang terdapat pada bagian tersebut terangkat oleh spon yang telah dicelup ke susu tersebut. Jika semua bagian tubuh sudah terkena lulur susu selanjutnya tunggu hingga mengering. Selanjutnya bilas dengan air dingin, lalu gunakan lotion atau parfum agar tidak menyisakan bau susu.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal semua treatment mencerahkan kulit dengan susu ini sebaiknya dilakukan dengan teratur. Hasilnya biasanya baru akan terlihat setelah 3 hingga 4 minggu. Dicoba ya Mak! Walaupun hasilnya tidak instan, tapi masalah khasiat, tentu bisa disandingkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here