Tabungan Berjangka, Cara Menabung yang Efektif dan Cerdas

0
86
tabung
credit : esquaredelectrical.com

Ada pepatah lama, rajin menabung kita beruntung. Semua orang menyadari hal ini. Tapi, ada saja hal yang membuat kita lupa atau menunda untuk menyisihkan  uang sebagai tabungan. Berikut ini ada bahasan bagaiamana cara menabung yang efektif yaitu dengan tabungan berjangka, sehingga sesuai dengan pepatah di atas anda akan beruntung. Cara ini merupakan salah satu cara efektif bagi anda yang sulit menyisihkan uang untuk menabung.

Cara Menabung Yang Efektif

Ada beberapa alasan yang membuat anda harus memilih tabungan berjangka sebagai jenis simpanan. Beberapa alasan tersebut, diantaranya sebagai berikut :

Membuat Target

Sebenarnya, tabungan berjangka mirip dengan produk tabungan biasa. Bedanya, produk ini membantu anda membuat target untuk kurun waktu tertentu dan ‘memaksa’ anda untuk mematuhinya. Produk ini sepertinya memang dirancang untuk mereka yang ingin menabung namun sulit secara senang hati menyisihkan sebagian uang untuk ditabung.

Produk ini selain bisa membuat anda menyisihkan uang, juga memberikan kebebasan kepada para nasabahnya menentukan sendiri berapa lama ingin menabung dan berapa besar jumlah tabungan perbulan.  Tabungan ini memberikan kepastian adanya dana yang anda dapatkan di tahun yang telah anda tentukan sendiri.  Hampir disetiap bank memiliki produk tabungan jenis ini, anda tinggal pelajari yang cocok menurut anda dan yang terdekat dari rumah.

Baca juga : 10 Cara Hidup Hemat Tanpa Berhenti Belanja

Tentukan Setoran Sendiri

Berapa target penambahan dana yang anda inginkan tentu tergantung kebutuhan dan kemampuan anda mencicilnya. Namun, umumnya. Bank menetapkan  minimal setoran perbulan adalah Rp100 ribu dengan setoran awal yang bervariasi (minimal Rp 1 juta – Rp 100 juta).

Dengan tabungan jenis ini, uang anda akan aman dari gangguan karena tidak dapat diambil sewaktu-waktu. dana di tabungan ini hanya bisa ditarik setelah jatuh tempo berdasarkan jangka waktu yang disepakati di awal atau setelah dana yang ditargetkan tercapai. Bila dana di cairkan sebelum waktunya biasanya akan kena penalti.

Bunga yang ditawarkan juga lebih besar dari tabungan biasa. Menariknya lagi, tabungan berjangka biasanya dilengkapi perlindungan asuransi yang akan membuat anda terbebas dari rasa cemas. Bila penabung meninggal dunia, ahli waris yang ditunjuk akan memperoleh santunan atau yang bersangkutan dibebaskan dari kewajiban melunasi setoran.

Alternatif Selain Tabungan

Banyak cara untuk membiakkan uang. Bila tabungan kurang menarik minat anda, ada beberapa instrumen investasi yang bisa anda pilih. Berikut di antaranya :

Jika anda mempunyai cukup dana tapi ingin mendapatkan tambahan dana lebih, manfaatkan saja deposito. Apalagi saat ini suku bunga deposito lebih tinggi dari tabungan biasa. Besarnya bunga tabungan maksimal 5% sementara deposito bisa mencapai 11%.

Bahkan jika anda ingin mendapat keuntungan yang lebih besar lagi, cobalah deposito berjangka di bank-bank syariah. Dengan sistem bagi hasil yang mencapai 60% untuk jangka waktu enam dan dua belas bulan.

Baca juga : 13 Cara Menghemat Listrik di Rumah ini Dapat Menyelamatkan Bumi

Unit Link

Ini adalah produk asuransi plus investasi. Beberapa tahun terakhir produk ini makin digemari karena memberikan pembayaran atau tahapan pada saat pemegang polis unit link, anda sendiri yang menentukan berapa dana yang ditanamkan untuk investasi dan berapa untuk asuransi jiwa.

Resiko kerugian investasi anda sendiri yang menanggungnya. Itu sebabnya dalam menentukan pilihan investasi, sesuaikan dengan tujuan keuangan dan toleransi anda terhadap resiko. Dengan cara menabung yang efektif seperti  demikian, anda akan mendapatkan keuntungan yang diharapkan secara optimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here