Cara Memijat Bayi yang Benar

0
19

baby msg

Sebagai orang tua sudah selayaknya kita mengetahui bagaimana cara memijit bayi yang benar ya Mak. Pengetahuan ini tentu akan berguna untuk dipraktekan langsung pada bayi kita pada saat yang memang dibutuhkan. Terutama pijatan untuk memberi bayi kenyamanan dan membuat mereka labih dekat dengan Anda secara emosional.

Memijat Kaki Bayi

Kaki menjadi objek pijatan untuk memulai pemiijatan pada bayi. Alasannya karena kaki adalah bagian yang tidak terlalu sensitif dibandingkan dengan bagian lain. Gerakan pijat yang dilakukan adalah melingkar ke dalam secara perlahan dan tidak terlalu keras. Lakukan untuk kedua kaki agar bayi Anda merasa nyaman walaupun seringkali menggerak-gerakan kakinya, terutama di 6 bulan pertamanya.

Memijat Perut Bayi

Pijatan pada perut bayi berguna untuk membuang gas yang terdapat di perut serta untuk melancarkan pencernaan bayi Anda. Untuk memulainya dilakukan dengan memijat perut bagian atas sebelah kiri dengan gerakan dari atas ke bawah selama beberapa kali. selanjutnya pindah ke perut kanan dengan gerakan yang sama berulangkali. Jangan terlalu ditekan, usap dengan lembut dan penuh perasaan ya Mak.

Memijat Dada Bayi

Bagian ini adalah bagian yang pemijatannya harus dilakukan dengan hati-hati. Alasannya karena dada bayi masih sangat lunak dan rawan. Gerakan pijatan yang dilakukan yaitu dari bagian bawah ke atas dengan arah diagonal. Arahkan pada lahar kanan dan kiri bayi secara  berulang-ulang. Dimulai dengan dada bagian kiri, dilanjutkan dengan bagian dada kanan secara bergantian.

Memijat Lengan Bayi

Pijatan diawali dengan memijat bahu bayi lalu dilanjutkan ke tangan, lengan hingga pergelangan tangan bayi. Lakukan pijatan memutar yang mengarah ke bagian dalam. Pastikan tekanan yang Anda berikan membuat bayi Anda lebih nyaman ya, Mak. Tangan termasuk bagian yang sering digerak-gerakan oleh bayi dalam tumbuh kembang motoriknya. Memijatnya menghindari bayi Anda dari pegal-pegal akibat terlalu banyak melakukan gerakan tangan.

Memijat Punggung Bayi

Pemijatan pada bagian punggung sangat bermanfaat untuk relaksasi. Selain menguatkan tulang punggunnya pemijatan punggung bayi juga dapat membuat buah hati Anda tidur lebih nyenyak. Pemijatan dilakukan mulai dari leher turun hingga ke bagian bokong bayi. Lakukan pijatan naik turun dan memutar. Anda bisa pilih salah satu yang paling nyaman untuk bayi atau mengkombinasikan keduanya.

Tips Memijit Bayi

Ada beberapa tips yang harus Anda ketahuai dalam pemijatan bayi ini.

  • Lakukan pemijatan dalam suasana tenang dan nyaman.
  • Gerakan pemijatan dilakukan perlahan dengan tekanan ringan hingga tidak membuat pijatan Anda justru membuat badannya menjadi sakit.
  • Pilih minyak pijat yang paling cocok dengan bayi Anda. Jika kulit bayi menjadi kemerahan atau alergi berarti minyak tersebut tidak cocok dan harus diganti.
  • Untuk pijatan di bagian lengan dan kaki sebaiknya gunakan minyak yang berbahan alami agar tidak membahayakan bayi Anda jika gerakannya membuat tangan atau kakinya masuk ke mulutnya.
  • Ketika posisi bayi terlentang, upayakan untuk melakukan kontak mata untuk menjalin kedekatan emosional dengan bayi Anda.
  • Cuci tangan Anda sebelum melakukan pemijitan dan pastikan kuku Anda tidak tajam.
  • Buka baju bayi seluruhnya agar pijatan dilakukan skin to skin untuk mendapat hasil yang maksimal.

itulah cara memijat bayi yang benar yang bisa Anda lakukan pada buah hati Anda. Untuk pijatan penyembuhan karena ada bagian tubuh bayi yang sakit sebaiknya dilakukan oleh ahlinya. Setidaknya ia memiliki sertifikasi dari lembaga resmi yang berhubungan dengan pijat bayi ini. Dengan begitu, bayi Anda dapat ditangani dengan baik dan benar Mak.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here