7 Langkah Cara Jualan di Tokopedia

17
23456

Mak, tertarik dengan bisnis online? Jualan di tokopedia saja, yuk. Cara jualan di tokopedia cukup mudah, lho. Dan yang terpenting, semuanya gratis! Anda hanya tinggal bermodal internet saja. Yuk, simak saja bagaimana cara jualan di tokopedia.

Baca juga tips bisnis online ini: Seri Bisnis Ibu Rumah Tangga: Bisnis Fashion Online.

tokopedia

Cara Jualan di Tokopedia

Berikut ini langkah-langkah untuk berjualan di tokopedia.

1. Registrasi

Pertama, Anda perlu membuat akun di tokopedia terlebih dahulu (jika sudah punya, lewati saja langkah ini). Cara membuatnya sebagai berikut. Klik pada gambar untuk memperbesar gambar.

  • Masuk ke https://www.tokopedia.com/register.pl
  • Selanjutnya, akan ada tampilan berikut. Anda dapat registrasi melalui Facebook, Google+, Yahoo, atau pun secara manual dengan mengisi data yang disediakan.

cara jualan di tokopedia

  • Pada gambar tersebut, saya melakukan registrasi dengan mengisi data. Setelah melengkapinya, klik “Daftar Akun”.
  • Selanjutnya, akan ada tampilan berikut. Anda akan menerima email konfirmasi dari Tokopedia.
  • Cek email Anda. Jika dalam waktu yang cukup lama Anda belum juga mendapat email dari Tokopedia, klik “Kirim Ulang Email Aktivasi”

bagaimana cara jualan di tokopedia

  • Isi email aktivasi akan berbentuk seperti berikut. Klik pada “Aktifkan Akun Anda”.

cara berjualan di tokopedia

2. Verifikasi Nomor Ponsel

Setelah mengaktifkan akun Tokopedia Anda, akan muncul tampilan berikut. Selanjutnya, untuk dapat membuka toko di Tokopedia, Anda perlu memasukkan nomor ponsel aktif. Klik pada “Verifikasi Sekarang”.

cara jual barang di tokopedia

Masukkan nomor ponsel aktif Anda. Lalu, tunggu SMS dari tokopedia yang berisi kode verifikasi. Lalu, masukkan kode tersebut pada form yang telah disediakan, klik “Submit”. Setelah itu, akan ada konfirmasi bahwa nomor ponsel Anda telah diverifikasi, lalu klik “Kembali ke Beranda”

Sekarang, Anda telah dapat membuka toko di Tokopedia.

3. Buka Toko Anda

Untuk membuka toko, klik ikon toko seperti pada gambar. Lalu, klik “Buka Toko”.

jualan di tokopedia

Isi seluruh seluruh data yang diperlukan. Berhati-hatilah pada saat mengisi Nama Toko, karena tidak dapat diubah lagi. Klik “Cek Nama Toko” untuk mengetahui apakah nama tersebut telah digunakan atau belum. Jika sudah digunakan, Anda harus menggantinya dengan nama lain.

Selain itu, jangan lupa juga untuk mengisi nama domain toko Anda. Nama domain pun tidak boleh sama dengan orang lain. Klik “Cek Domain” untuk mengetahuinya.

toko online di tokopedia

Jika Anda menggulung layar ke atas, akan terdapat tampilan peta. Isi alamat toko Anda pada kolom berwarna putih. Jika alamat tersebut sudah dipastikan benar, klik pada “Gunakan Lokasi Ini”.

buka toko online di tokopedia

Setelah memilih jasa pengiriman dan cara pembayaran, klik “Buka Toko”.

jual online di tokopedia

Selamat, kini Anda telah memiliki sebuah toko online di Tokopedia. Selanjutnya, Anda perlu menampilkan produk-produk yang akan dijual. Klik pada “Tambahkan Produk Pertama Anda”.

buka toko di tokopedia

4. Masukkan Produk Anda

Isi seluruh data yang berkaitan dengan produk Anda. Meliputi foto dan detail produk.

cara memasukkan barang di tokopedia

Jika telah selesai, klik “Simpan”. Atau klik “Simpan & Tambah Baru” jika ingin menambahkan produk lain.

cara jualan di tokopedia

Jika Anda mengeklik “Simpan” maka akan ada tampilan berikut. Produk Anda telah masuk ke dalam etalase toko dan siap untuk dijual.

bisnis online

5. Tunggu Pesanan Datang

Selanjutnya, Anda tinggal menunggu pesanan datang dari pelanggan. Tokopedia akan mengirimkan email pemberitahuan jika ada pesanan yang datang. Anda pun harus sering-sering mampir ke toko Anda dan memberikan respons secepat mungkin bagi pelanggan.

Untuk setiap pesanan yang datang, Tokopedia memberikan waktu 3 hari bagi Anda untuk merenpos. Anda dapat menerima ataupun menolak pesanan tersebut. Tentu saja, berikan alasan yang jelas jika Anda menolaknya.

6. Kirim Pesanan Pelanggan Anda

Setelah pelanggan mentransfer dana ke Tokopedia, Anda harus segera mengirimkan barang pesanan tersebut. Anda pun perlu memasukkan nomor resi pengiriman. Agar pembeli dapat dengan mudah melacak paketnya.

7. Terima Dana Hasil Penjualan Anda

Setelah paket sampai di tangan pembeli, pembeli akan melakukan konfirmasi. Lalu, Tokopedia pun akan meneruskan dana hasil penjualan tersebut ke saldo Tokopedia Anda.

Lalu, bagaimana jika pembeli tidak melakukan konfirmasi, padahal barang sudah sampai? Jangan khawatir, ya. Jika setelah 2 hari sejak barang dinyatakan sampai oleh sistem dan tidak ada konfirmasi dari pembeli, dana hasil penjualan tersebut akan diteruskan ke saldo Tokopedia Anda.

Bagaimana, Mak? Hmmm, sepertinya cara jualan di Tokopedia ini sedikit rumit, ya. Namun, sebenarnya tidak serumit yang dibayangkan jika Anda sudah menjalankannya. Selamat jualan di Tokopedia!

Baca juga: Inovasi Kreatif yang Efektif untuk Mendongkrak Bisnis Kuliner.

17 COMMENTS

  1. Makasih banget, artikel ini sangat membantu untuk orang yang pingin mulai buka toko online di tokopedia.

    thank emaksuper.com

    • Langkah-lankah untuk tarik dana:
      – Masuk ke akun tokopedia.
      – Pada pojok kiri atas, di bawah nama akun akan ada informasi saldo tokopedia (ada ikon bertuliskan Rp). Pilih ikon tsb.
      – Kemudian, pilih “Tarik dana” di sebelah kanan bawah. Selanjut, ikuti petunjuk dari tokopedia.

      Semoga membantu, terima kasih.

  2. Trs Tokopedia memberikan konfirmasi pembayaran pembeli engga ke si penjual nyh?? Apa kita sbgai penjual tinggal kirim trs baru dapat konfirmasi / dana dari pembayaran barang orderan??

    • Tokopedia akan menghubungi penjual jika si pembeli sudah mentransfer uangnya. Jadi, uang yg sudah dibayarkan pembeli akan ditampung dulu oleh tokopedia.

      Penjual diberi waktu sekitar 3 hari untuk mengirimkan barang yang dipesan pembeli. Jika barang tsb sudah diterima pembeli, tokopedia akan mengirimkan pembayarannya ke saldo penjual.

      Semoga membantu. Trims.

  3. ka mau tanya , klo ada orderan itu kan ada notif , terima atau tolak,. nah orderan itu sudah jadi/ bayar kan ke tokopedia ? …apakah ada notif dari tokopedia misal ada yang baru order tapi blm bayar, untuk seller cek ketersediaan barang .. info ya ka , trims

    • Orderan hanya akan masuk ke seller jika buyer sudah membayar. Jadi, sebaiknya barang-barang yang dipajang di etalase ready stock. Karena jika seller menolak orderan tsb, akan mengurangi nilai reputasi toko. Trims, semoga membantu.

  4. Kak mau nanya dong, klo ngomongin ongkirnya gimana tuh? Semisal saya penjual tinggal di bekasi, dan pembelinya membeli brng saya dri luar jabodetabek. Kan kena harga lbh dri 9k tuh. Harga ongkirnya itu akan otomatis di beritahukan ke si pembeli brp ribu? Bakal ada kemungkinan kita penjual nombok uang ongkir gak? Semisal ongkir ke medan 25k, tpi tokopedia cmn bilang 20k ke si pembeli, otomatis kita nombok 5k kan ke kurisnya nanti, bakal kaya gitu ga ya? Makasih kak hehe

    • Ongkir akan otomatis diinformasikan kepada pembeli sesuai dengan berat barang dan jarak tempuh pengiriman (dari mana barang akan dikirim (alamat toko) dan ke mana barang akan dikirim (alamat pembeli)).

    • Update barang seperti apa? Kalau status ketersediaan barang sebaiknya update terus. Jadi, dipastikan kalau barang2 yg dipajang itu ready stock. Kalau ada barang yg kosong tp masih dipajang, lalu diorder konsumen. Itu tanggung jawab toko untuk menyediakan barang tsb. Jika membatalkan pesanan, nanti akan berpengaruh pada reputasi toko.

      Intinya, pengelolaan toko diserahkan kepada pemilik toko masing-masing. Semoga membantu. Trims.

  5. maaf mau tanya. kalau barang yg saya jual hanya 1 buah, trus laku, gimana cara ubah barang habis . apa yg perintah “digudangkan”? lalu apa tunggu barang di terima oleh pembeli baru di gudangkan? thx

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here