10 Cara Hidup Hemat Tanpa Berhenti Belanja (Part 2)

0
46
hemat1
credit : rspvmagazine.ie , cara hidup hemat

Mengatur keuangan memang gampang-gampang susah. Sebagai manajer rumah tangga, seorang emak wajib bisa mengatur uang yang ada supaya bisa mencukupi segala kebutuhan. Alhasil, hemat mutlak harus dilakukan. Tapi sayangnya, karena alasan berhemat emak seringkali tidak bisa lagi berbelanja. Setelah sebelumnya Mak baca ada 5 tips cara hidup hemat tanpa berhenti belanja (Part 1 ), kali ini ada tips lainnya yang juga bisa Mak terapkan.

Jangan Impulsif

Rasanya acara belanja kurang pas jika tidak ada barang “main sambar”. Sepertinya mall penuh dengan barang-barang yang begitu memelas minta dibeli. Kemarin anda boleh begitu. Tapi setelah membaca artikel ini, no way. Barang-barang cute itu akan tetap survive walau anda tidak membelinya. Dia pasti akan menemukan jodoh yang lain. Anda tidak perlu mudah terharu pada si cantik yang seolah-olah menggapai-gapai dompet anda.

Kemiskininan yang terjadi selama ini sebagian besar bersumber dari belanja impulsif. Coba lihat isi tas, dompet, isi kamar, serta isi lemari anda. Hitunglah ada berapa jumlah barang yang jika tidak dimiliki tidak akan membuat anda menderita dan kacau balau. Vas bunga cantik, misalnya apakah anda perlu membelinya sekarang? Saat ini juga? Tidak bisakah vas lama memenuhi hasrat anda meletakkan bunga di dalamnya?.

Baca juga : Tips Berbelanja Hemat Tanpa Membuat Kantong Bolong

Budget Belanja Dadakan

Anda tidak perlu kejam pada diri sendiri. Boleh belanja yang lain di luar daftar. Barangkali ada barang menarik yang sudah anda incar sejak dahulu kala. Dan, ini menariknya, belanjaan seperti itu bisa dianggarkan.

Sebelum berangkat belanja, buatlah anggaran belanja dadakan. Jadi, walau terkesan impulsif, sebenarnya anda sudah mencadangkan uang untuk itu. Misalnya menganggarkan belanja hari ini sebesar Rp300 ribu (semua belanjaan, termasuk jajanan yang anda sukai), maka anggarkan sekitar Rp50-Rp100 ribu saja, misalnya untuk belanja dadakan. Namun, pastikan bahwa itu hanya akan digunakan jika anda menemukan ‘barang impian segala zaman”, jika tidak, lupakan saja. Simpan kembali uang cadangan anda.

Kumpulkan Kembalian

Coba bongkar dompet dan tas anda. Juga laci-laci meja kerja, kotak pensil dan di tempat-tempat lain yang biasa anda gunakan untuk menyimpan uang. Bukan tidak mungkin anda menemukan uang-uang kembalian tersebut.

Mulai hari ini, kumpulkan uang-uang kembalian belanja, serta uang yang tidak terkumpul itu jadi satu (bisa pake amplop). Simpan di lemari atau di suatu tempat yang cukup sulit untuk dijangkau. Anda hanya akan menjangkaunya untuk menyimpan uang, bukan mengambil. Jadikan ini suatu kebiasaan.

Setiap 2 atau 3 bulan sekali kosongkan kotak tempat anda mengumpulkan uang receh tadi dan bawa isinya ke bank, masukkan ke rekening tabungan. Tanpa sadar, anda sudah semakin kaya.

Baca juga : Tips Hemat Membangun Rumah Impian

Auto Debet

Gaji anda ditransfer kan? Jika tidak mulai hari ini buat rekening dan minta kantor untuk mentransfernya. Tidak ada kebijakan itu? Jika benar demikian, segera masukkan gaji anda ke rekening tabungan. Setelah itu daftarkan diri anda pada bank untuk melakukan auto debet sejumlah tertentu setiap bulan ke rekening tabungan lain (jadi dalam hal ini anda harus punya dua rekening).

Hal ini akan membuat anda otomatis menabung tanpa terasa, percayalah pada satu atau dua bulan pertama rasanya seperti sebuah penderitaan. Lama kelamaan tidak terasa, bahkan anda bisa lupa jika mempunyai tabungan.

Shoping Day

Jika memang perlu di catat dalam agenda anda, hari apa yang akan ditetapkan sebagai hari belanja atau shoping day. Pada saat menentukannya, pikirkan kemungkinan-kemungkinan yang bisa terjadi sewaktu-waktu tersebut. Misalnya, anda memilih senin sore/malam karena sepi, hinga tidak harus berdesakan dengan orang banyak. Selain itu ada norma atau malah anda memilih satu atau minggu, agar berdesak-desakan dengan orang lain di pusat perbelanjaan, hingga nafsu untuk berbelanja mengendur.

Demikian 10 cara Hidup Hemat tanpa Berhenti Belanja yang bisa mak terapkan, semoga tips ini bisa membantu ya mak..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here