Cara Ganti Password Gmail di Komputer

0
9

gmail

Punya email tapi jarang dibuka? Terakhir buka email bertahun-tahun yang lalu? Jika iya, wajib ganti password ya Mak. Ada banyak alasan kenapa kita harus mengganti password email yang sudah lama tidak dibuka, salah satunya adalah faktor keamanan. Di dunia digital seperti sekarang ini, pencurian data via internet sudah banyak dilakukan. Mengganti password secara berkala adalah cara yang cukup efektif untuk memberikan perlindungan pada data-data pribadi kita yang ada di internet, termasuk email. Kali ini saya ingin berbagi tips dan cara ganti password gmail yang cepat dan mudah dilakukan. Simak ya.

Cara Ganti Password Gmail

Ada banyak penyedia layanan email, seperti yahoo, ymail dan gmail. Gmail akhir-akhir ini lebih banyak dipilih karena memudahkan untuk terkoneksi dengan berbagai situs lainnya yang sama-sama dibawah naungan Google, Inc, misalnya blogspot. Berikut ini beberapa langkah yang harus dilakukan jika Mak ingin mengganti password di akun gmail, yaitu :

Baca juga : 7 Langkah Cara Ganti ID LINE di Android

Login ke akun gmail anda

Masukkan password lama dari akun gmail yang Mak punya untuk masuk ke dashboard email. Kemudian Klik SIGN IN

gmail

Klik MY ACCOUNT

Klik gambar foto profil, akan muncul “My Account” seperti pada gambar dibawah :

gmail1

Klik SIGN -IN & Security

Jika pengaturan gmail menggunakan bahasa Indonesia maka yang tampil adalah MASUK & Keamanan. Tampilannya akan seperti berikut ini  :

gmail2

Penggantian Password

Mak akan masuk ke tampilan seperti dibawah ini, scroll ke bagian bawah sampai melihat tulisan PASSWORD, kemudian klik.

gmail3

Akan muncul tampilan LOG IN seperti pertama kali masuk ke akun gmail, masukkan lagi password lama. Setelah itu klik SIGN IN.

gmail4

Nah, disinilah Mak harus mengisi dengan PASSWORD BARU yang diinginkan. Isi kolom “NEW PASSWORD” dan “CONFIRM PASSWORD” dengan isian yang sama.

Tips : jangan pernah menggunakan tanggal kelahiran sebagai password akun anda. Baiknya digunakan kombinasi huruf dan angka minimal 8 digit. Ini agar akun yang Mak punya tidak mudah diretas atau di hack.

gmail5

Klik CHANGE PASSWORD

Dan selesai sudah, akun gmail yang Mak punya sudah berganti dengan password baru.

Mudah bukan cara ganti password gmail di komputer ? Ingat, ingat untuk secara berkala mengganti passwordnya ya Mak. Selamat mencoba

Baca juga : 7 Langkah Cara Jualan di Tokopedia

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here