Tips Memanfaatkan Buah dan Sayuran Agar Tidak Terbuang Percuma

0
10
Buah dan Sayuran
Buah dan Sayuran

Kesadaran untuk mengonsumsi buah dan sayuran sebagai pelengkap asupan nutrisi bagi tubuh memag baik untuk dilakukan. Tak jarang, banyak Bunda yang kemudian menyetok kebutuhan makanan sehat ini jauh hari sebelum dimasak atau digunakan.

Tips Memanfaatkan Buah dan Sayuran Agar Tidak Terbuang Percuma

Untuk menunggu buah yang Bunda beli menjadi manis, biasanya dengan sengaja Bunda meletakkannya lagi di kulkas dalam keadaan sudah dibuka. Alhasil, karena Bunda terlampau sibuk dan tidak sempat membuka kulkas, Bunda lupa pernah menyetok makanan yang akhirnya menjadi sia-sia dibeli karena sudah busuk atau layu dan terpaksa dibuang. Padahal, ada hal-hal yang perlu Bunda perhatikan agar buah dan sayuran bisa termanfaatkan dengan baik, seperti berikut ini:

Belanja Sesuai Kebutuhan

Belanja sesuai kebutuhan ini merupakan cara cerdas yang bisa Bunda lakukan untuk selalu menampilkan sajian makanan segar dan bergizi bagi keluarga. Bunda bisa membeli bahan makanan di tukang sayur yang pasti akan Bunda segera masak.

Jika Bunda berniat tidak akan masak hari ini, sebaiknya tidak membeli jenis sayuran hijau apapun. Apalagi jika Bunda terpengaruh diskon yang diadakan di supermarket. Kecuali jenis bahan makanan seperti kentang, ataupun buah-buahan yang bisa disimpan agak lama. Karena gizi yang terkandung dalam sayuran akan sangat mudah menguap jika tidak segera dimasak.

Pastikan Barangnya Masih Segar

Ketika membeli, Bunda perlu selektif dalam memilih bahan makanan. Terutama jenis sayuran. Karena pedagang kadang masih menyimpan sayuran yang tidak terjual hari kemarin, dan menjualnya keesekon harinya. Sayuran yang terlihat sudah agak layu sekalipun masih seperti bentuk aslinya, menandakan telah terpapar sinar matahari atau mengalami penyimpanan. Sayuran segar bisa terlihat dari bentuknya yang masih kencang dengan daun yang terbuka, bukan menguncup. Sedangkan buah yang ranum biasanya lebih lunak ketika dipegang, dan bisa langsung dikonsumsi.

Penyimpanan yang Tepat

Untuk sayuran, Bunda bisa segera menyimpannya di kulkas sebelum dimasak. Untuk jenis yang bisa bertahan lama, Bunda bisa meletakkannya diluar kulkas dengan cara ditutup dengan kain atau koran. Agar tidak didekati hewan kecil yang menyebabkan pematanga semakin cepat. Pisahkan pula jenis buah-buahan yang mengandug ethylene dan bisa meyebabkan sayuran atau buah lain yang berada di dekatnya cepet busuk seperti pisang, melon, ataupun apel.

Agar tidak terkontaminasi dan mengontaminasi, letakkan buah dan sayuran di tempat penyimpanan khusus yang terdapat dalam kulkas. Misalnya di wadah bagian bawah yag terdapat pada kulkas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here