Beri Pendidikan Anak Usia Dini yang Mengasyikan untuk Anak Kita

0
13

Pendidikan anak usia dini bukanlah pendidikan sebagaimana yang kita tahu pada umumnya karena mereka spesial. Kegagalan atau keberhasilan mereka dalam pendidikan di tahap selanjutnya sangat ditentukan olah sukses atau tidaknya pendidikan yang mereka dapatkan ketika mereka masih berusia dini. Usia Balita atau dibawah lima tahun. Tidak harus pendidikan formal yang penting pendidikan itu mengasyikan untuk mereka.

Baca juga: Peran Ayah Dalam Pendidikan Anak!

pendidikan anak usia dini
Kredit: koalaeducationalbooks.com

Seperti apa sih pendidikan untuk anak usia dini yang mengasyikan itu? Tentunya pendidikan yang membuat mereka nyaman dengan apa yang mereka kenal dengan sekolah, belajar, mengetahui sesuatu yang baru, mendapatkan pengalaman baru, dan semua hal baru yang baru mereka dapatkan sebagai awal pendidikan untuk mereka. Berikut pendidikan yang tepat untuk anak usia dini:

Bermain Sambil Belajar

Cara ini adalah cara belajar yang disukai anak-anak usia dini. Bermain adalah hobi bahkan merupakan kegiatan mereka sepanjang waktu. Seandainya saja bisa, maka sepanjang waktu akan mereka habiskan hanya dengan bermain. Itulah sebabnya metode bermain sambil belajar ini termasuk salah satu metode pendidikan anak usia dini yang bisa diterapkan pada anak-anak Balita kita.

Dalam permainan tersebut tentu terdapat pelajaran tersembunyi yang mengajari anak-anak banyak hal. Mulai dari kekompakan, saling membantu, kerja keras, dan berbagai pelajaran mental lainnya untuk menanamkan mental yang baik untuk bekal mereka kelak. Tidak hanya itu mereka juga diperkenalkan pada angka, warna, huruf, anggota tubuh, dll hingga tanpa disadari sambil bermain mereka juga mempelajari sesuatu.

Ada Pelajaran di Balik Cerita

Cerita atau dongeng juga menjadi salah satu hal yang disukai anak-anak usia dini. Ceritakan pada mereka berbagai kisah menarik sebanyak mungkin. Perkenalkan mereka dengan berbagai tokoh yang terdapat dalam cerita dan biarkan mereka bertanya tentang setiap tokoh tersebut atau berbagai pertanyaan yang mungkin akan mereka tanyakan lalu jawablah dengan benar dan tepat.

Puaskan mereka dengan keingin tahuan mereka dengan memberikan mereka jawaban yang benar. Bila perlu pancing mereka untuk bertanya lebih banyak lagi agar mereka semakin kritis. Berani bertanya tentang banyak hal yang tidak mereka mengerti atau yang ingin mereka ketahui. Karena itulah mereka akan bertambah pintar setiap hari.

Ada Pengetahuan Baru dalam Gambar

Ajari mereka menggambar sesuatu mulai dari bentuk-bentuk dasar hingga kombinasi dari bentuk-bentuk itu menjadi sesuatu yang lebih kompleks lagi. Misalnya menjadi sebuah badut, binatang, buah-buahan, dll. Beri mereka pengetahuan akan apa yang Anda gambarkan dan jelaskan dengan menggunakan bahasa yang mereka mengerti.

Sesekali biarkan mereka menggambar bebas dan biarkan mereka berkreasi dengan imajinasinya. Tanyakan gambar apa yang mereka buat dan biarkan mereka menjelaskan apa yang digambarnya termasuk warna yang mereka pilih untuk gambar-gambar yang mereka buat tersebut. Selain melatih anak untuk mengungkapkan idenya juga dapat melatih keberanian mereka untuk berbicara.

Bernyanyi Sambil Belajar

Bernyanyi juga merupakan salah satu yang disukai oleh anak-anak usia dini. Masa dimana penuh dengan keceriaan yang salah satunya bisa mereka ekspresikan melalu nyanyian. Ajari mereka lagu anak-anak yang ceria. Tidak hanya berisi kata-kata yang sederhana tapi mudah untuk disertai dengan gerakan agar mereka bergerak mengikuti nada dan lagu yang terdapat dalam lagu tersebut. Misalnya dengan lagu “Topi Saya Bundar”, “Dua mata Saya”, dll.

Nah, mudah bukan, Mak? Anda sendiri bisa melakukannya di rumah untuk bersenang-senang bersama anak Anda sekaligus mengajari mereka tanpa mereka sadari. Membekali mereka dengan pendidikan anak usia dini yang tepat untuk bekal jenjang pendidikan berikutnya untuk mereka apakah Taman Kanak-Kanak atau Sekolah Dasar. Menanamkan pada mereka bahwa belajar itu menyenangkan hingga membuat mereka menjadi generasi yang suka belajar hingga mereka dewasa kelak.

Baca juga: Pentingnya Pendidikan Bagi Ibu Rumah Tangga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here