Atasi Rasa Bosan dalam Bekerja dengan 9 trik Ini

0
30

perlu trik khusus atasi rasa bosan bekerja

Perlu siasat khusus untuk bisa atasi rasa bosan dalam bekerja. Terutama untuk Anda yang bekerja dalam sebuah perusahaan yang sama, dengan posisi yang sama pun dengan tugas yang sama yang sangat rentan merasakan hal ini. Tapi sebagai seorang pekerja tentu tidak bisa dengan mudah untuk begitu saja meninggalkan pekerjaan dan masuk lagi ketika rasa bosan hilang. Apalagi ketika kontrak kerja masih ada serta terdapat poin membayar pinalty ketika kita memutuskan berhenti sebelum kontrak usai. Inilah 9 trik yang bisa Anda lakukan:

Menata Ulang Meja Kerja

Menata kembali meja dengan rapi, tambahkan pernak pernik unik dan menarik, jangan lupa foto anak-anak Anda yang lucu di salah satu pojok meja kerja Anda. Ditambah dengan foto keluarga yang di sana ada Anda, suami, dan buah hati. Dengan meja kerja yang ditata baru membuatnya terlihat lebih cantik dan membuat semangat bekerja kembali.

Ingat Kembali Motivasi Awal Bekerja

Ketika awal kerja berbagai motivasi membuat Anda semangat untuk berhasil lolos dan masuk menjadi salah satu pekerja di perusahaan tersebut. Tentu banyak alasan yang menyertainya. Ketika rasa bosan menyerang sebaiknya ingat kembali motovasi-motivasi tersebut yang membuat Anda sangat ingin bekerja di sana. Dengan mengingatnya bisa jadi menjadi salah satu cara atasi rasa bosan menghadapi pekerjaan-pekerjaan Anda.

 

Menentukan Target baru

Terkadang rasa bosan timbul karena Anda merasa sudah mendapatkan semua yang Anda inginkan. Bisa jadi merasa sudah menguasai semua pekerjaan Anda. Apalagi untuk Anda yang menyukai tantangan. Hal ini bisa disiasati dengan mencari target baru yang lebih menantang dalam pekerjaan. Bisa berusaha untuk mendapat promosi di suatu posisi yang bagus untuk pengembangan diri Anda atau target finansial untuk membeli sesuatu untuk diri Anda sendiri atau keluarga. Dijamin, ini bisa menjadi booster semangat untuk Anda.

Mempelajari Berbagai Hal Baru

Jika kebosanan dikarenakan kejemuan Anda dengan rutinitas yang itu-itu saja ada baiknya mencoba berbagai hal baru dalam pekerjaan yang sebelumnya belum pernah Anda lakukan. Misalnya mencoba membantu menyelesaikan pekerjaan teman Anda yang berada di bagian lain atau mempelajari trik-trik baru dalam menghadapi klien, dll.

Berliburlah

Coba ingat-ingat kembali berapa sisa cuti yang belum Anda ambil. Jika masih ada ambil untuk istrirahat sejenak dari rutinitas pekerjaan dan berbagai hal yang menyangkut pekerjaan Anda. Ras bosan muncul bisa jadi pertanda bahwa Anda kurang piknik. Berlibur yang tenang dan menyenangkan ini sebaiknya dipersiapkan dengan memastikan semua tugas Anda telah selesai hingga tida ada lagi pekerjaan yang menunggu untuk diselesaikan. Bisa juga dengan membawa pekerjaan dan bekerja di rumah atau di tempat liburan.

Lakukan Hobi

Sudah berapa lama Anda tidak melakukan hobi karena sibuk bekerja? Lakukanlah kembali hobi Anda di sela-sela pekerjaan Anda. Sepulang bekerja atau pada waktu akhir pekan. Dengan melakukan hobi yang sudah lama terlupakan pastinya kan membuat semangat Anda kembali terisi. Atasi rasa bosan dengan hal yang menyenangkan hati hingga hilang dan siap bekerja kembali untuk meraih berbagai target yang ingin diraih.

Mengobrol dengan Sahabat

Bisa jadi kebosanan karena Anda kurang bersentuhan dengan orang-orang di luar pekerjaan Anda. Sahabat adalah orang yang paling tepat untuk diajak mengobrol. Walaupun ia tidak bisa memberikan solusi, setidaknya mengungkapkan perasaan Anda sedikit meringankan beban di pundak. Ada hal lain yang justru bisa jadi bahan tertawaan yang menjadi hiburan  untuk atasi rasa bosan dalam bekerja.

Bicarakan Pada Bos

Jika dengan berbagai cara rasa bosan belum juga hilang, membicarakannya dengan bos tentu langkah yang bisa Anda lakukan. Jangan takut, ia juga pasti pernah di posisi Anda dan tahu apa yang Anda butuhkan. Ia juga tidak ingin performa Anda menurun akibat rasa bosan yang sedang menggerogoti Anda. Siapa tahu dia merekomendasikan Anda untuk pekerjaan yang lain dari biasanya atau memberikan training gratis untuk meng up-grade diri Anda dan mengembalikan semangat yang hilang karena rasa bosan.

Bersyukur

Bersyukurlah jika Anda mempunyai pekerjaan. Di luar sana banyak yang sangat menginginkan posisi Anda tapi tidak bisa diterima di tempat Anda bekerja. Bahkan tidak sedikit orang yang masih menganggur dan sangat menginginkan pekerjaan. Rasa syukur ini akan membuat rasa bosan hilang berganti dengan bekerja dengan sepenuh hati. Pekerjaan yang dilakukan dengan ikhlas menjadi ibadah, dan ibadah diganjar dengan pahala berlimpah.

Jika masih belum juga hilang rasa bosan dalam bekerja padahal sudah melakukan 9 trik untuk menghilangkan rasa bosan bekerja di atas berarti saatnya Anda mencari pekerjaan lain. Bisa jadi saatnya Anda berpikir untuk membuka usaha baru atau bahkan menjadi bos, minimal untuk diri Anda sendiri dengan menjadi seorang enterperneur atau mulai menjadi ibu bekerja di rumah. Who Knows?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here