9 Cara Ampuh Mengajarkan Anak Menghormati Orang Tua

0
94

mengajarkan anak menghormati orang tua

Mengajarkan anak menghormati orang tua memang bukanlah hal yang mudah. Apalagi jika di sekelilingnya sudah tumbuh dan berkembang masyarakat yang tidak mengindahkan lagi sopan santun kepada orang yang lebih tua. Itulah sebabnya butuh upaya extra dari orang tua untuk  mengajari mereka untuk bersikap sopan dan santun terhadap orang tua. Ada 9 cara ampuh yang bisa Anda lakukan agar buah hati Anda bisa menghormati orang tua.

1.Hormati Anak Anda Seakan Mereka Orang Dewasa

Ketika kita meminta anak untuk bersikap hormat pada orang tua maka sebaiknya kita juga menghormati mereka layaknya orang dewasa. Mereka akan melihat bagaimana cara Anda menghormatinya, dan begitulah yang akan ia lakukan pada Anda dan orang yang lebih tua lainnya.

Cara ini akan membuatnya terbiasa melakukan budi pekerti yang baik kepada orang yang lebih tua. Hormati juga hak-hak yang mereka miliki agar mereka juga bisa menghargai hak orang lain dengan penuh kesadaran sebagai bentuk rasa hormat mereka pada orang lain.

2.Beri contoh yang Baik dalam Berprilaku Sepanjang Hari

Anak adalah peniru yang sangat baik. Mereka akan meniru apa yang Anda perbuat, begitupun dengan cara Anda menghormati orang tua. Itulah sebabnya, Anda juga harus menunjukan sikap hormat Anda pada orang-orang di sekitar Anda termasuk pada pasangan Anda yang tiada lain adalah ayah dari anak Anda. Ini akan menumbuhkan kepercayaannya bahwa rasa hormat adalah cara yang baik dalam memperlakukan orang lain, bukan dengan teriakan atau bahkan mengamuk jika ada sesuatu yang tidak sesuai dengan keinginan.

3. Bersikap Tegas dengan Ucapan Anda

Tegaslah ketika memerintahkan sesuatu pada anak. Termasuk bagaimana sikap yang harus ia lakukan kepada orang tua. Berikan alasan yang benar dengan menggunakan bahasanya hingga buah hati Anda akan mengerti. Bukan dengan membentaknya apalagi sampai memukulnya.

4. Bersikap Jujur

Jujurlah ketika buah hati Anda meminta penjelasan kepada Anda mengenai alasan kenapa ia harus bersikap hormat kepada seseorang.  Jika Anda masih ragu dengan jawaban Anda sebaiknya jawablah dengan jujur dan ajak mereka untuk sama-sama mencari jawabannya.  Mereka akan lebih menghargai kejujuran Anda dibandingkan dengan sikap sok tahu Anda.

5. Menjadi Orang Tua yang Konsisten

Upayakan Anda konsisten dengan tindakan dan kata-kata Anda, terutama yang menyangkut perilaku baik dalam menghormati orang tua. Jangan ubah sebuah aturan yang sebelumnya telah Anda buat atau sepakati bersama anak Anda. Misalnya karena orang tersebut tidak Anda sukai, atau alasan lainnya.

6. Beri Penghargaan atas Usahanya

Jika buah hati Anda berhasil menunjukan rasa hormat dan budi pekertinya yang baik pada orang lain berilah ia penghargaan atas usahanya tersebut. Penghargaan tidak harus selalu dengan hadiah, pujian dan pelukan terkadang lebih mereka butuhkan dibandingkan hadiah. Apalagi jika tindakan tersebut memang tindakan yang seharusnya ia lakukan.

Baca juga: 5 Cara Mendisiplinkan Anak Tanpa Kekerasan

7. Jangan Memperdayanya

Jangan mencoba untuk memperdaya anak Anda karena mereka cukup cerdas untuk untuk mengetahui bahwa Anda telah memperdaya mereka. Sikap ini hanya akan membuat anak Anda justru tidak menghargai Anda sebagai orang tuanya. Hasilnya ia justru akan dengan mudah menyepelekan aturan yang Anda buat.

8. Berani Minta Maaf bila Bersalah

Ini adalah tindakan yang baik untuk ditiru. Berani minta maaf ketika Anda melakukan kesalahan pada anak Anda. Termasuk cara yang salah yang telah Anda lakukan dalam mendidik mereka. Cara ini akan membuat buah hati Anda menghargai Anda sebagai orang tuanya dan melakukan tindakan yang sama ketika ia juga melakukan kesalahan.

9. Ungkapkan Kasih Sayang Anda

Anak Anda akan tahu kalau Anda menyayanginya tidak hanya dari sikap Anda. Mengungkapkan perasaan dengan ekspresi Anda justru akan membuatnya juga dengan mudah mengekpresikan berbagai hal yang ia alami dan rasakan. Termasuk reaksinya dalam menunjukan cara bagaimana ia menghormati orang tua. Cara ini juga termasuk salah satu cara yang ampuh dalam mengajarkan anak  menghormati orang tua.

Baca juga4 Kesalahan Orangtua Yang Berujung Buruknya Akhlak Anak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here