Suka Makanan Pedas? Yuk Simak Resep 8 Sambal Khas Nusantara

0
26

8 Sambal Khas Nusantara

8 sambal khas nusantara, sebaiknya setiap orang indonesia tahu. Tentu saja disebabkan resep tersebut adalah warisan luhur nenek moyang bangsa. Boleh saja bangsa Indonesia tidak begitu hebat dalam hal penemuan teknologi, namun jangan tanya dalam hal makanan. Indonesia adalah salah satu negara dengan resep masakan terbanyak di dunia.

Suka Makanan Pedas? Yuk Simak Resep 8 Sambal Khas Nusantara

Sambal tentunya, menggunakan cabe sebagai bahan dasarnya. Mungkin jika di luar negeri, sambal bisa disamakan dengan saus. Saus paling dikenal hanya saus tomat, saus cabe, kecap dan mayonaise. Keempat saus tersebut menghiasi setiap makanan ala eropa dan daratan china, seperti jepang dan korea.

Indonesia memiliki banyak sekali jenis sambal. Setidaknya ada 8 sambal khas nusantara, dengan keunikan tersendiri. Berikut keunikan kedelapan jenis sambal tersebut:

1. Sambal Lingkung

Sambal ini berasal dari Palembang. Bahan yang membuatnya khas adalah ikan tenggiri dan kelapa parut. Ikan tenggiri dan jahe dikukus, kemudian disangrai dengan bumbu-bumbu lainnya.

2. Sambal Bajak

Sambal ini cukup dikenal di daerah jawa, namun paling dikenal berasal dari Banten. Bahannya cabe, tomat dan terasi. Semua bahan dicampur kemudian dihaluskan, selanjutnya digoreng.

3. Sambal Pencit

Cara membuat sambal pencit seperti sambal biasa. Cukup campurkan cabai dengan terasi, garam dan gula secukupnya. Kemudian tambahkan serutan mangga muda di atas sambal. Rasa sambal mirip dengan rujak manis. Sambal ini dikenal berasal dari Jawa Tengah.

4. Sambal Kecap Petis

Buat sambal cabai dengan kacang goreng, irisan pisang klutuk, garam dan gula secukupnya. Setelah dihaluskan, tambahkan kecap dan petis. Bisa ditambahkan terasi secukupnya. Sambal ini cukup nikmat untuk cocolan gorengan atau tahu. Jawa Timur adalah tempat asal sambal ini.

5. Sambal Embe

Sambal dari Bali ini menggunakan cabe merah, cabe hijau, bawang merah, garam, terasi dan perasan jeruk limau. Goreng semua bahan tersebut, kemudian haluskan dan beri taburan bawang merah goreng. Terakhir beri perasan jeruk limau.

6. Sambal Kenari

Kenari banyak dihasilkan di Maluku, sehingga terciptalah ide sambal kenari. Untuk membuatnya sama seperti membuat sambal lainnya. Keunikannya ada tambahan kenari tumbuk. Kemudian sambal tersebut diberi lemasan lemon cina.

7. Sambal Kaluku

Jika pergi ke Makassar, maka anda dapat menemukan sambal kaluku. Sambal ini mirip dengan sambal lingkung khas Palembang. Bedanya digunakan ikan gabus untuk campuran sambal. Kelapa juga menjadi bagian sambal ini.

8. Sambal Dabu-dabu

Sambal ini bisa disebut sebagai lalapan. Semua bahan seperti cabe rawit, tomat, bawang merah dan tangkai kemangi, cukup diiris dadu. Kemudian semua bahan tersebut dicampurkan dengan diberi perasan jeruk limau. Tambahkan garam untuk memberikan rasa asin. Manado adalah tempat asal sambal unik ini.

Demikian sedikit informasi tentang 8 sambal khas nusantara. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kekayaan nusantara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here