7 Makanan Terbaik untuk Pasien Demam Berdarah

0
153

Makanan untuk pasien demam berdarah harus sangat diperhatikan. Ini karena demam berdarah merupakan salah satu penyakit yang serius. Jika tidak segera ditangani, dapat menyebabkan kematian.

Penyakit yang disebabkan oleh virus dengue ini ditularkan oleh jenis nyamuk Aedes aegypti. Gejala umum dari penyakit ini adalah demam yang mendadak tinggi, nyeri sendi, nyeri pada bagian belakang mata, sakit kepala, mual, dan muntah.

Pasien demam berdarah dapat dirawat inap ataupun rawat jalan. Untuk informasi lebih lengkapnya, dapat dibaca di sini.

Perawatan dan pengobatan yang tepat akan mempercepat penyembuhan pasien demam berdarah. Salah satunya adalah pemilihan makanan. Makanan bagi pasien tersebut haruslah mudah dicerna. Diet bagi pasien demam berdarah umumnya mencakup memperbanyak asupan cairan, sayuran hijau, dan protein.

Berikut ini 7 jenis makanan yang dianjurkan bagi pasien demam berdarah.

Makanan untuk Pasien Demam Berdarah

Source: boldsky.com

1. Memperbanyak Asupan Cairan
makanan untuk pasien demam berdarah
Kredit: servingjoy.com

Pasien demam berdarah harus memperbanyak asupan cairan. Ini sangat penting guna mengganti air dan ion yang keluar dari pembuluh darah yang mengalami kebocoran. Selain itu, banyak minum pun dapat membantu menghilangkan racun dari dalam tubuh.

Cairan dapat diperoleh dari infus. Selain itu, pasien pun harus banyak minum. Selain air mineral, minuman yang baik bagi pasien demam berdarah adalah oralit, air tebu, air kelapa muda, air jeruk manis, air jeruk nipis, dan jus buah lainnya.

 2. Pepaya

Masyarakat daerah terpencil sering menggunakan obat-obatan tradisional untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Salah satunya adalah sari daun pepaya. Sari daun pepaya ini dikenal sebagai obat alami yang sangat efektif untuk menyembuhkan demam berdarah.

Cek juga: Yuk Cari Tahu Tentang Demam Berdarah Dengue.

3. Sup dan Bubur

Makanan untuk pasien demam berdarah sebaiknya bertekstur lembut agar mudah dicerna. Misalnya, sup dan bubur. Anda juga dapat menambahkan ayam, telur, ikan, juga sayuran ke dalamnya. Jika perlu, cincang terlebih dahulu bahan-bahan tersebut pada saat mengolahnya.

4. Makanan Tinggi Protein

Makanan tinggi protein sangat baik bagi pasien demam berdarah untuk memerangi virus dengue. Ini akan membantu mempercepat pemulihannya. Juga untuk mengganti nutrisi penting yang hilang dari tubuh pasien. Kandungan protein tinggi dapat diperoleh dari susu dan produk olahannya, ikan, daging ayam, dan telur. Bahan makanan ini dapat dicampurkan ke dalam sup ataupun bubur.

5. Sayuran

Bagi pasien yang masih dapat makan, mengkonsumsi banyak sayuran sangat baik. Terutama sayuran yang berdaun segar. Sebaiknya, sayuran tidak dimasak terlalu lama. Ini bertujuan agar tidak menghilangkan kandungan nutrisinya.

makanan untuk pasien demam berdarah
Kredit: juskhana.com

Cek juga: Inilah Persamaan dan Perbedaan Virus Zika dengan Demam Berdarah.

6. Hindari Makanan Pedas dan Berminyak

Makanan untuk pasien demam berdarah tidak boleh pedas dan berminyak. Makanan ini akan sulit dicerna. Selain itu, kemungkinan juga akan memperparah penyakit pasien.

 7. Teh Jahe
teh jahe
Kredit: healthtap.com

Satu lagi makanan untuk pasien demam berdarah adalah teh jahe. Teh yang diberi campuran jahe ini akan sangat efektif bagi pasien. Ini karena manfaat jahe yang baik bagi kekebalan tubuh, sebagai antivirus, dan lain-lain.

 

Mau resep-resep makanan dan masakan enak? Cek di sini saja.

 


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here