6 Manfaat Sentuhan pada Pijat Bayi

0
9

pijat

Mak, siapa yang rajin pijat si kecil? Menyenangkan bukan?

Jika dulu pijat bayi hanya dilakukan oleh dukun anak, tukang pijat bayi atau tenaga kesehatan, kini aktifitas pijat juga bisa dilakukan orangtua dirumah setiap hari. Pijat bayi jadi salah satu sarana komunikasi non verbal antara orangtua dengan anak. Pijat ini bisa dilakukan siapa aja lho Mak, ajak dan ajarkan juga orang terdekat untuk memijat si kecil seperti suami, kakek, nenek atau bahkan kakaknya.

Pijat Bayi 

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh si kecil saat Mak memijatnya, selain bayi akan merasa senang pijat bayi juga akan membantu bayi untuk tumbuh dna berkembang dengan lebih baik. Pijat bayi bisa dilakukan setiap hari pada pagi dan sore hari. Tidak butuh waktu yang lama, hanya 5-10 menit untuk tiap sesi memijat. Yang dibutuhkan pun tidak banyak, hanya alas tidur yang kering dan minyak bayi atau minyak telon. Pemijatan dilakukan dari ujung kepala hingga ujung kaki secara perlahan.

Karena pemijatan bisa dilakukan sejak bayi baru lahir, mnaka tekanan yang diberikan pada bayi pun berbeda sesuai dengan usianya. Misalnya, pada bayi baru lahir pemijatan cukup dilakukan dengan sentuhan lembut di seluruh tubuhnya. Semakin bertambah usia, maka tekanan pemijatan pun bisa ditingkatkan. Jangan lupa untuk tetap menjaga kontak mata dengan bayi dan ajaklah ia berkomunikasi sambil bernyanyi.

Manfaat Sentuhan pada Pijat Bayi

Sentuhan adalah stimulus sekaligus cara berkomunikasi dengan bayi. Sentuhan yang diberikan saat memijat tidak hanya baik untuk kesehatan si kecil, memberikan rasa nyaman, dan membuat anak bisa tertidur dengan pulas, tapi punya lebih banyak manfaat dari yang pernah terbayangkan. Berikut ini 6 manfaat sentuhan pada pijat bayi seperti yang dijelaskan oleh William Sears, M.D dalam bukunya yang berjudul The Baby Book.

  • Sentuhan merangsang pertumbuhan

Seperti yang sudah diketahui selama ini, bahwa memijat bayi akan merangsang bayi untuk tumbuh dan berkembang dengan baik. Dan hal ini sudah dibuktikan secara ilmiah, bahwa bayi yang mendapatkan lebih banyak sentuhan akan tumbuh lebih baik. Sentuhan menstimulasi hormon pertumbuhan dan meningkatkan jumlah enzim yang membuat sel pada organ-organ vital tubuh menjadi lebih responsif untuk bertumbuh. Contohnya pada kasus bayi prematur yang mendapatkan lebih banyak sentuhan akan lebih cepat mengalami peningkatkan berat badan sebesar  47%  dibandingkan bayi prematur yang tidak mendapatkan sentuhan.

  • Sentuhan merangsang pertumbuhan otak

Sentuhan tidak hanya bermanfaat bayi fisik, namun juga sangat baik bagi perkembangan otaknya. Hasil studi membuktikan bahwa bayi yang mendapatkan lebih banyak sentuhan menunjukkan pertumbuhan sel-sel syaraf otak yang lebih baik. Sentuhan terbukti bisa meningkatkan jumlah myelin atau serabut syaraf di otak sehingga membuat impuls syaraf bergerak dengan lebih cepat.

  • Sentuhan membuat pencernaan lebih sehat

Bayi yang mendapatkan banyak sentuhan menunjukkan peningkatan jumlah hormon pencernaan. Para peneliti meyakini bahwa ini menjadi salah satu alasan mengapa sentuhan bisa membuat bayi tumbuh dan berkembang dengan lebih baik. Peningkatan hormon pencernaan ini membuat sistem pencernaan bayi menjadi lebih efektif dan efisien. Pijat bayi juga secara efektif mampu menghilangkan resiko kolik pada bayi yang sering menjadi penyebab bayi tampak rewel dan tidak nyaman.

  • Sentuhan membuat kualitas tidur membaik

Hasil penelitian menunjukkan bayi yang mendapatkan sentuhan lebih akan terlihat lebih teratur terutama dalam masalah tidur.Bayi akan tidur lebih pulas pada saat malam hari yang membuat ibu juga akan memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat tanpa harus sering terbangun. Untuk bayi yang punya masalah tidur, Mak bisa lakukan pemijatan sebelum tidur. Biasanya ini akan sangat efektif untuk membuat bayi tertidur lebih pulas.

  • Sentuhan membuat bayi mengenali dirinya

Saat pemijatan berlangsung, bayi akan mengenali mana area tubuhnya yang sensitif atau area tubuh yang paling banyak butuh mendapatkan sentuhan agar menjadi lebih rileks. Misalnya beberapa bayi akan terlihat lebih senang saat dipijat bagian kaki,punggung atau tangan. Setiap bayi bisa jadi mempunyai area favoritnya masing-masing. Nah pada area yang disukai bayi, Mak bisa lakukan pemijatan lebih lama dibandingkan area lainnya.

  • Sentuhan membantu orangtua

Ya, memijat tidak hanya bermanfaat untuk bayi namun juga memberikan banyak manfaat bagi orangtua yang memijat. Sentuhan bisa menjadi media komunikasi antara orangtua dan bayi. Untuk Mak yang mengalami baby blues, pijat bayi sangat efektif untuk menghilangkannya. Mak yang sering bepergian meninggalkan bayi misal untuk urusan kerja atau lainnya, segeralah lakukan pijat bayi untuk menjalin lagi kedeketan dengan si kecil. Ajarkan juga sang Ayah untuk memijat bayi ya Mak. Pijatan Ayah akan membuat bayi belajar perbedaan sentuhan antara Mak dan Ayahnya.

 

Sekian informasi mengenai 6 manfaat sentuhan pada pijat bayi. Segera praktekkan sekarang ya Mak dan rasakan perbedaannya. Semoga bermanfaat.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here