Ini Dia Tips dan 6 Cara Hadapi Anak Bicara Kasar

0
44

6 Cara Hadapi Anak Bicara Kasar

6 cara hadapi anak bicara kasar, tentu dibutuhkan oleh setiap orang. Anak yang sudah mulai memiliki pergaulan di luar, biasanya senang berbicara kasar. Memang ada yang tenang-tenang saja, namun anak yang suka berbicara kasar tidak baik didengar dan dipandang.

Ini Dia Tips dan 6 Cara Hadapi Anak Bicara Kasar

Pergaulan memang selalu memberikan pengaruh baik langsung atau tidak langsung. Jika hari ini anak anda pulang dan berkata kasar, tentu saja ada yang ditirunya. Jangan langsung memarahi dan menghukumnya, berikut adalah 6 cara hadapi anak bicara kasar:

1. Selalu Awasi dan Sampingi Anak saat Bermain

Lingkungan memang ada yang biasa dengan budaya bicara kotor. Pembiaran adalah hal yang salah, dan lambat laun anak kan terbiasa, serta melupakan budaya positif yang diajarkan di rumah. Terus dampingi anak, dan jelaskan bahwa perkataannya buruk dan tidak pantas diucapkan.

2. Jangan Marah

Jangan marah menghadapi anak yang berbuat demikian. Kemarahan akan memperburuk kondisi anak. Anak akan merasa kebingungan dan apabila ia kurang perhatian maka ia merasa senang saat dimarahi. Anak jenis ini akan terus mengulangi berkata kotor.

3. Jelaskan Arti Kata yang Diucapkan Anak

Anak hanya menirukan, tanpa mengetahui arti kata tersebut. Penjelasan yang diterima anak akan mampu menghentikan kebiasaan buruknya.

4. Bimbing dan Arahkan

Meski sudah dinasihati anak tetap berkata kotor. Adalah tugas orangtua untuk terus mengingatkan tanpa bosan. Satu hal yang perlu terus dipegang, anak harus memahami perilaku negatif meski lambat.

5. Buat Kesepakatan

Mengingatkan berkali-kali, namun anak makin hobi berkata kotor. Jika memang demikian kasusnya, maka buat kesepakatan hukuman. Hindari hukuman fisik, lebih baik hukumannya berupa pemotongan uang saku atau berdiri di pojok ruangan.

6. Jeli Mencari Penyebab

Anak yang cukup bandel untuk dicegah berkata kotor mungkin meniru perbuatan orang dalam rumahnya. Kejelian mencari penyebab akan membuat masalah tersebut makin mudah diatasi. Mungkin orang tua sering bertengkar, dan tanpa sadar berkata kotor, sehingga anak menganggap perbuatan tersebut benar dan boleh dilakukan. Terus mencari penyebab dan mawas diri menjadi solusi terbaik.

Ternyata tidak terlalu sulit untuk mengatasi anak yang berbicara kotor. Mereka memang masih dalam tahap belajar dan tidak boleh terlalu disalahkan, sampai dihukum fisik. Kasih sayang penuh kedua orang tua, akan mencetak anak yang berperilaku baik. Semoga 6 cara hadapi anak bicara kasar, bermanfaat dan mudah untuk dilakukan.

Baca juga: Agar Anak Rajin Belajar


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here