Ini Dia 5 Sayuran Pahit Kaya Manfaat

0
1359

5 Sayuran Pahit Kaya Manfaat

5 sayuran pahit kaya manfaat, sebaiknya dikonsumsi. Tentu saja dengan alasan kandungan gizi, vitamin, dan beberapa zat bermanfaat lainnya. Memang dari segi rasa banyak yang tidak menyukai, namun jika digantikan dengan begitu banyak manfaat, apakah masih menolak?

Ini Dia 5 Sayuran Pahit Kaya Manfaat

Sayuran memang benar-benar berasa pahit. Pahit di lidah sampai tenggorokan saat ditelan. Maka jangan heran ada yang menolaknya mentah-mentah. Namun jika kita orang asli Indonesia, khususnya jawa sangat menyukai beragam sayur yang disebut dengan kulub. Kulub adalah sayur kukus atau rebus, yang kemudian untuk memakannya mempergunakan sambal atau krawu dari kelapa. Lain di jawa, lain di sunda. Orang sunda lebih suka sayur mentah untuk lalapan. Konon makan sayur mentah akan membuat awet muda, seperti kisah Dayang Sumbi.

Baik jawa atau sunda, keduanya suka dengan sayur pahit. Sebut saja ada lobak, pare dan beragam sayur dengan rasa agak menyiksa. Namun karena keahlian pengolahan, maka rasa pahit dapat diminimalisir. Satu hal yang merupakan kabar baik bagi sayur pahit, adalah mereka memiliki banyak kandungan zat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Masihkah anda berpikir untuk menolak makanan pahit? Berikut adalah 5 sayuran pahit kaya manfaat:

1. Lobak

Dilansir dari boldsky, lobak mampu menjaga kesehatan jantung, sebagai anti kanker, kesehatan tulang, mencegah bau badan dan antioksidan. Semua manfaat tersebut dapat diperoleh sebab lobak mengandung vitamin A, C dan E.

2. Pare

Pare memiliki manfaat antara lain, untuk mencegah kanker payudara, menurunkan kadar gula darah, mengandung serat, vitamin C, karoten, dan kalium. Untuk menghilangkan pahit pare, maka rebus pare pada air mendidih yang telah diberi garam. Biji pare juga hilangkan.

3. Sawi Pahit

Sawi pahit mengandung antioksidan, yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah kanker, mengatasi sembelit dan mencegah beragam penyakit. Untuk menghilangkan pahit sawi ini, cukup masukkan pada air mendidih. Kemudian tiriskan dan siap untuk disantap atau diolah lebih lanjut.

4. Daun Pepaya

Sayur ini memiliki kandungan vitamin C lebih tinggi dibanding buahnya dan mengandung antioksidan tinggi, yang dapat memerangi radikal bebas, menjaga kesehatan sistem kardiovaskular, dan perlindungan terhadap kanker usus besar. Untuk mengurangi rasa pahit daun pepaya, maka beri campuran daun beluntas atau daun singkong, kemudian makan dengan sambal yang pedas.

5. Leunca

Buah pahit ini dikenal dapat menanggulangi kanker, sebagai anti radang dan segudang manfaat lainnya. Tidak perlu dihilangkan rasa pahit leunca, sebab itulah yang membuat leunca jadi unik.

Demikian artikel 5 sayuran pahit kaya manfaat. Mulai sekarang jangan menolak yang pahit, sebab besar manfaatnya.

Baca juga: Anak Bicara Kasar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here