5 Kesalahan Membersihkan Kamar Mandi dan Solusinya

0
39

Membersihkan kamar mandi adalah salah satu kegiatan yang tidak banyak disukai orang. Membersihkan ruangan yang bisa menjadi sangat dicintai sekaligus sangat dibenci. Dicintai jika kamar mandi tersebut dirawat dengan cukup baik hingga nyaman berlama-lama di kamar mandi. Dibenci apabila kamar mandi nya jorok, kotor, dan bau. Namun walau bagaimanapun kamar mandi adalah ruangan yang selalu kita butuhkan setiap hari dalam aktivitas kita sehari-hari. Bahkan ada orang yang serta merta memberikan penilaian terhadap seseorang hanya dari kamar mandinya.

membersihkan kamar mandi kotor

Untuk itu, alangkah baiknya jika kita memilih menjadi orang yang mencintai kamar mandi hingga merawat ruangan yang paling kecil ini dengan baik. Kurangnya waktu atau bisa jadi kemalasan seseorang kita kamar mandi justru berakibat buruk yaitu menjadi semakin malas. Akhirnya kamar mandi menjadi semakin kotor dan membuat kita semakin enggan membersihkannya. Tapi apa boleh buat, Mak. Sebagai  ratu rumah tangga kita yang harus turun tangan membereskan masalah ini.

Tapi tahukah, Mak. Ternyata seringkali kita melakukan kesalahan yang justru berdampak buruk bagi performa kamar mandi. Ini dia 5 kesalahan dalam melakukan perawatan kamar mandi. Tidak hanya kesalahannya saja yang akan kami coba ungkapkan tapi juga solusinya sebagai berikut:

1.Tidak Pernah Memerhatikan Suhu Kamar Mandi

Seharusnya suhu kamar mandi diperhatikan ketika Anda membersihkan kamar mandi. Dengan mengetahui berapa suhunya maka Anda bisa mencoba untuk membuat air yang digunakan untuk membasuh seluruh kamar mandi memiliki suhu 10 derajat celcius lebih tinggi dari suhu kamar mandi. Hal ini dilakukan untuk membuat pembersihan kamar mandi mendapatkan hasil yang maksimal. Semua debu, kotoran, dan kuman yang menempel pada bak mandi, wastafel, serta lantai kamar mandi akan mudah hilang.

2. Menggosok Tirai Kamar Mandi

Biasanya tirai kamar mandi dibuat dari bahan bercampur plastik, bukan kain biasa. Kesalahan kita ketika membersihkan yaitu menggosoknya. Padahal menggosoknya justru malah akan merusak tirai tersebut. Solusinya yaitu dengan merendam kain tirai tersebut dengan air, selanjutnya bersihkan dan bilas. Jika nodanya susah hilang Anda bisa mencuci noda tersebut dengan sabun cair untuk mencuci piring. Hasilnya tirai kamar mandi Anda akan nampak seperti baru kembali.

3.Menggunakan Tisu untuk Membersihkan Kamar Mandi dari Debu dan Kotoran

Menggunakan tisu hanyalah hal yang sia-sia sekaligus pemborosan. Cara yang paling efektif dalam membersihkan kamar mandi yaitu dengan menggunakan kain. Terutama kain yang memiliki daya serap yang tinggi. Salah satunya kain bekas handuk yang tebal dan berdaya serap tinggi. Basahi kain tersebut dengan cairan pembersih kamar mandi lalu oleskan pada seluruh permukaan yang ingin dibersihkan dan biarkan hingga lebih dari 15 menit, lalu bilas. Jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan agar tangan Anda tetap terlindungi dari cairan pembersih tersebut.

Baca juga: Tips membuat dan merawat kamar mandi

4.Tidak Membersihkan Bagian Belakang Toilet

Seharusnya bagian ini juga mendapat perhatian karena sama pentingnya dengan bagian lainnya. Selain itu pada bagian ini justru lebih banyak kotoran, bakteri, serta kuman yang bersarang. Rasa jijik dan kesulitan untuk menjangkaunya seringkali mengurungkan niat kita untuk membersihkannya. Untuk itu gunakanlahn kain bekas handuk, gulung hingga bisa menyerupai tali berdiameter yang cukup agar ia bisa masuk ke sela-sela bagian belakang toilet. Biarkan kain tersebut menyerap cairan pembersih kamar mandi dengan merendamnya beberapa saat. Jika sudah terlihat basah angkat dan gosokan pada bagian belakang toilet ini lalu biarkan hingga 15 menit, lalu bilas dengan air bersih untuk membilas semua debu, kotoran, sekaligus kuman yang bersarang di sana.

5.Tidak Membersihkan Sikat Gigi

Sikat gigi merupakan salah satu peralatan kamar mandi yang seringkali juga luput dari perhatian. Padahal sikat gigi yang baru digunakan mengandung lebih dari 5 juta kuman. Diantaranya adalah bakteri E.Coli yang dapat menjadi penyebab diare. Untuk membersihkannya Anda hanya perlu merendamnya saja hingga 30 menit dengan air bersih. Jika sudah, bilas untuk menyingkirkan semua kotorannya. Jangan lupa mengganti sikat gigi secara teratur setiap 3 bulan sekali.

membersihkan kamar mandi bersih menyenangkan

Nah, sekarang Anda sudah berbekal banyak pengetahuan untuk memperbaiki  kesalahan yang seringkali kita lakukan ketika membersihkan kamar mandi dan seisinya. Tugas Anda kini semakin mudah bukan? Membersihkan kamar mandi secara teratur membuat kamar mandi kita bersih dan terawat dengan baik. Kamar mandi yang sehat membuat semua anggota keluarga nyaman berada di sana untuk berbagai keperluan mandi, cuci dan juga buang air. Hasilnya seluruh keluarga juga menjadi lebih sehat. Selamat mencoba, Mak!

Hanya kita yang bisa melakukannya,Mak, baca juga deh: Menjadi Super Mom Itu Tak Harus Menjadi Sempurna

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here