4 Trik Jitu Membuat Bayi Segera Tertidur Lelap

0
32

bayi tertidur lelap

Ketika sudah saatnya bayi Anda tidur, harapan Anda tentu agar bayi segera tertidur lelap. Namun seringkali harapan itu tidak terwujud. Padahal Anda sudah sangat mengantuk dan butuh tidur secepat mungkin. Bisa jadi ada setumpuk pekerjaan yang menunggu untuk diselesaikan karena hanya bisa dilakukan setelah bayi Anda tidur. Tapi apa boleh buat, sebagai Ibua tentu akan sangat khawatir apabila harus meninggalkan bayi untuk tidur sementara sang buah hati masih juga terjaga.

Kadangkala rasa kantuknya sudah mendera ia justru rewel hingga membuat Anda kebingungan apa lagi yang harus dilakukan. Padahal kerewelannya seamata sebagai akibat bayi Anda sudah ngantuk dan ingin tidur. Tapi rupanya, ada sesuatu yang membuatnya tetap terjaga. Sesuatu itu ternyata rasa nyaman dengan keberadaan Anda di sisinya. Hingga membuatnya bisa tertidur dengan lelap. Nah, untuk menimbulkan rasa nyaman ini ada 4 trik jitu yang bisa Anda lakukan agar bayi Anda bisa segera tertidur lelap. Berikut 4 trik jitu yang bisa Anda coba, Mak:

Membelai

Membelai atau memberikan usapan halus pada bayi adalah salah satu trik jitu yang bisa Anda lakukan untuk membuat bayi Anda segera tertidur lelap. Ada beberapa bagian dari tubuh bayi yang bisa Anda usap atau belai agar bayi Anda segera tertidur. Mulai dari rambutnya, wajahnya, telinganya, hingga leher belakang bayi Anda. Di lokasi-lokasi itulah bayi Anda mendapat rasa nyaman hingga ia bisa tertidur lelap dengan segera. Tidak harus semuanya sekaligus, tapi lakuka satu persatu hingga Anda bisa melihat bagian tubuh mana yang ketika diusap membuat bayi Anda lebih nyaman. Bisa juga dilakukan secara berurutan dari kepala hingga leher belakangnya.

Menepuk-Nepuk

Menepuk-nepuk bayi  juga termasuk ke dalam trik jitu ke-2 yang bisa Anda coba untuk membuat bayi Anda segera tertidur lelap. Biasanya tepukan yang disukai bayi yaitu di bagian bokong, paha, dan punggung. Selain karena mudah untuk untuk dijangkau, tepukan di area-area tersebut ternyata dapat membuat bayi merasa lebih nyaman hingga merasa cukup aman untuk tertidur lelap.

Memberinya ASI

Jika bayi Anda masih minum Air Susu Ibu  maka menyusuinya adalah salah satu trik yang juga bisa ibu lakukan untuk membuat bayi segera tertidur lelap. Selain karena menyusui posisi Anda dan buah hati sangat dekat hingga ia merasa nyaman, susu yang bayi Anda hisap juga mengenyangkan perutnya. Jika perutnya kenyang maka ia akan mudah mengantuk hingga akhirnya bayi Anda bisa tertidur dengan lelap. Jika bayi Anda sudah makan, pastikan menjelang waktu tidur perutnya sudah kenyang agar rasa kantuk mudah datang hingga tidak memakan waktu lama untuk membuat bayi Anda tertidur.

Mengayun

Hampir semua bayi suka jika ia diayun. Ketikan menjelang waktu tidur dan bayi Anda sudah mulai rewel karena rasa kantuknya, mengayunnya perlahan sambil berenandung tentu akan membuatnya merasa nyaman. Jika sudah begitu maka bayi Anda tidak bisa menolak lagi untuk segera tertidur pulas.  Apalagi jika bayi Anda sudah dalam level ngantuk berat dan menjadi rewel karena sulit untuk memejamkan mata.

Itulah 4 trik jitu yang bisa Anda lakukan agar bayi segera tertidur lelap. Keempatnya terbukti ampuh untuk membuat bayi segera tertidur lelap. Keempat trik ini haruslah dilakukan dengan keteraturan atau ritme tertentu yang dapat membuat bayi lebih cepat merasa nyaman. Hindari perasaan ingin cepat membuatnya tertidur tapi lakukan dengan sepenuh hati. Lupakan terlebih dahulu setumpuk pekerjaan yang menunggu untuk dikerjakan atau keletihan Anda setelah beraktivitas seharian. Buah hati Anda membutuhkan Anda untuk benar-benar ‘ada’ menjelang tidurnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here