4 Manfaat Menggendong Bayi yang Menakjubkan

0
27

menggendong

Menggendong bayi adalah hal yang paling menyenangkan di masa-masa awal kelahirannya. Lama kelamaan, pasti pegel juga ya Mak? Tidak heran, kalau banyak orangtua yang akhirnya lebih memilih meletakkan bayinya di ayunan atau kereta bayi (stroller), dibandingkan harus menggendongnya setiap saat.  Tidak hanya itu, banyak orangtua yang tidak mau sering-sering menggendong bayinya dengan alasan takut “bau tangan” yang membuat bayi tidak mau lepas dari gendongan dan akhirnya membuat repot. Padahal faktanya, aktifitas menggendong bayi punya banyak sekali manfaat lho Mak, jadi buang jauh anggapan adanya “bau tangan” itu ya. Di artikel kali ini, saya akan mengulas setidaknya ada 4 manfaat menggendong bayi yang menakjubkan. Mau tahu apa saja? Yuk simak ya..

Ingin anak percaya diri? Baca Juga : Cara Menumbuhkan Kepercayaan Diri Pada Anak

Menggendong Bayi

Ada banyak cara yang dilakukan orangtua untuk menggendong anaknya, yang paling sering tentu menggendong dengan bantuan kain gendongan. Kalau beberapa tahun lalu, orangtua kita sering menggendong anak dengan menggunakan kain panjang yang dililit dibahu, kini sudah tersedia banyak sekali pilihan gendongan bayi/anak. Ada model sling, wrap dan carrier. Semua jenis gendongan ini masing-masing punya manfaat dan kelebihannya tersendiri. Terserah Mak deh lebih nyaman pakai yang mana.

gendong sling
Gendongan Model Sling
gendong2
Gendongan Model Wrap
gendong3
Gendongan Model Carrier

Menggendong bayi merupakan aktifitas yang sangat menyenangkan, karena saat inilah jarak antara kita dengan si kecil sangat dekat dan intim. Anak juga akan merasa lebih nyaman karena merasa aman dan hangat. Yang harus diperhatikan saat berinteraksi dengan si kecil adalah kita tahu kapan harus menggendong bayi dan kapan harus meletakkannya. Misalnya ada saatnya Mak biarkan bayi untuk bermain-main dilantai, merangkak, berguling-guling dan aktifitas lainnya tapi jangan enggan untuk menggendongnya saat anak menginginkan untuk digendong.

Baca juga : 6 Manfaat Sentuhan pada Pijat Bayi

Manfaat Menggendong Bayi

Sekilas terlihat seperti biasa saja, tapi pada faktanya menggendong memberikan banyak manfaat baik bagi ibu maupun tumbuh kembang anak. Bagi ibu, menggendong bayi memudahkan ibu untuk bisa mengerjakan pekerjaan. Misalnya menggendong anak sambil menyapu, membereskan rumah, menjemur pakaian, memasak dan sebagainya. Sedangkan bagi bayi, ada banyak manfaat yang bisa didapatkannya, diantaranya sebagai berikut :

Bayi lebih sedikit menangis. Penelitian menunjukkan bahwa bayi yang lebih banyak digendong, ternyata lebih sedikit menangis hal ini tentu dikarenakan bayi merasa lebih nyaman karena merasakan kehangatan ibu seperti yang pernah ia rasakan sewaktu masih dalam kandungan. Udara yang segar, kontak mata antara Mak dengan si kecil, pemandangan visual seperti daun yang bergerak, mobil, pohon, suara burung dan sebagainya bisa membuat bayi lebih tenang dan terhindar dari kata “rewel”.

Bayi akan bertumbuh dengan lebih baik. Hal ini sangat mungkin terjadi, karena energi yang seharusnya dihabiskan  untuk menangis bisa dipakai untuk tumbuh dan berkembang dengan baik. Selain itu, menggendong juga akan terasa sangat besar manfaatnya terutama bayi bayi yang terlahir prematur. Dengan metode kanguru (bayi digendong dengan posisi badan menempel pada badan penggendong tanpa alas – skin to skin) yang kini banyak dilakukan, terbukti bisa meningkatkan berat badan bayi prematur dengan sangat signifikan dibandingkan bayi harus berada dalam kotak inkubator.

Bayi mempelajari lebih banyak hal. Manfaat berikutnya dari menggendong bayi adalah memberikan kesempatan kepada bayi untuk belajar lebih banyak. Ini karena saat Mak menggendong si kecil, Mak akan terus  membawanya kemanapun Mak pergi. Saat itulah bayi belajar dan memperhatikan lingkungan sekitarnya, ia akan pergi kemana Mak pergi, ia akan melihat apa yang sedang Mak lihat, dan sebagainya. Sehingga akan lebih banyak hal yang bisa ia lihat dan temukan, dibandingkan ia hanya tertidur diatas ranjang atau boks tidurnya dan hanya menatap langit-langit kamar.

Baca Juga : 4 Trik Jitu Membuat Bayi Segera Tertidur Lelap

Bayi bisa bicara dengan lebih baik. Saat digendong, ada banyak hal yang bisa dipelajari oleh si kecil, termasuk memahami ekspresi wajah dan bahasa tubuh. Saat orang-orang disekitarnya sedang berbicara, secara tidak langsung bayi juga terlibat dalam percakapan itu dan ia mendengar secara jelas pula percakapannya. Tidak hanya itu, bayi juga akan menyimpan banyak kosa kata dan mempelajari bagaiamana cara pengucapan kata-kata dengan baik dan benar melalui percakapan yang ia dengar dan dari gerakan bibir yang ia lihat dari orang-orang disekitarnya. Jadi, tidak terasa ya Mak ternyata menggendong bayi juga memberikan kontribusi yang sangat besar dalam hal kemampuan komunikasi anak.

Nah itulah Mak 4 manfaat menggendong bayi yang menakjubkan. Mulai sekarang, jangan enggan untuk menggendong si kecil saat ia  terlihat ingin anda gendong. Nikmati masa-masa ini dengan hati yang gembira ya Mak, karena tidak lama lagi si kecil mungil itu akan tumbuh dan kelak ia pun tidak akan lagi mau digendong. Waktu buah hati dalam lengan Anda yang hangat sangatlah singkat, tapi memori yang tertinggal dalam ingatan si kecil akan berlangsung lama. Selamat menggendong..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here