3 Pola Jitu Pengasuhan Anak Untuk Ibu Bekerja

0
56

3 Pola Jitu Pengasuhan Anak Untuk Ibu Bekerja

3 pola jitu pengasuhan anak untuk ibu bekerja, sebaiknya dipelajari. Ibu bekerja berada pada posisi yang ering dilema. Namun banyak ibu bekerja yang sukses mendidik anaknya. Letaknya bukan pada ibu bekerja atau tidak, namun pada niatan tulusnya.

3 Pola Jitu Pengasuhan Anak Untuk Ibu Bekerja

Ibu bekerja bisa jadi dianggap biang keladi tidak suksesnya anak di sekolah. Hal tersebut bisa jadi adalah salah satu sebab, namun tidak mutlak kebenarannya. Ibu yang hanya di rumah, juga tidak jarang memiliki anak yang bandel dan tidak sukses di sekolah. Intinya adalah keniatan yang ikhlas untuk mendidik anak dengan sebaik-baiknya.

Berikut adalah 3 pola jitu pengasuhan anak untuk ibu bekerja:

1. Waktu Berkualitas

Jarang di rumah tentu saja membuat anak rindu dengan ibunya. Apabila anda sedang di rumah, maka buat waktu menjadi berkualitas meski kuantitasnya terbatas. Jauhkan beragam teknologi seperti: PC, laptop, handphone, smartphone saat anda berinteraksi dengan anak. Mereka akan sangat kecewa jika anda lebih memperhatikan gadget daripada mereka.

Antarkan anak pergi ke sekolah, menemani belajar saat malam hari, dan mengantarnya tidur bisa menjadi aktivitas harian dengan anak yang mengasyikkan. Saat liburan ajak anak bermain ke tempat-tempat wisata dan berikan perhatian penuh. Hal tersebut akan menjaga kualitas hubungan dengan anak, dan bukan tidak mungkin anak akan merasa memegang tanggung jawab besar, sehingga berusaha berbuat sebaik-baiknya untuk anda.

2. Masukkan Anak ke Pendidikan Anak Usia Dini

Memasukkan anak ke lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), akan membantu untuk proses pendidikan anak. Mereka akan diajari banyak hal yang baik, seperti menghormati orang tua dan bertanggung jawab atas suatu pekerjaan. Orang tua dapat berkomunikasi dengan guru PAUD untuk pola pendidikan anaknya.

3. Fungsikan Pengasuh sebagai Perpanjangan Tangan

Pengasuh adalah yang paling lama bergaul dengan anak kita. Maka fungsikan ia sebagai perpanjangan tugas orang tua. Memperlakukan pengasuh dengan baik, maka anak akan makin menghormati orang tuanya. Bisa jadi anak akan makin sayang dengan ibunya, sebab setiap hari pengasuhnya mengajarkan hal yang demikian.

3 tips tersebut dapat diterapkan secara keseluruhan. Niat ikhlas seorang ibu tentu akan membekas di anaknya. Meski tidak memiliki banyak waktu dengannya, ia akan tetap menyayangi ibunya dan berdoa agar ibunya sukses dan lancar bekerja. Demikian 3 pola jitu pengasuhan anak untuk ibu bekerja. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Buah Merah Kaya Manfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here