Tips Memilih Rak Untuk Ruang Kecil

0
4
memilih rak
memilih rak

Masih tentang desain interior rumah ya mak super, kali ini akan di bahas tips memilih rak untuk ruang kecil dan juga rak untuk dapur yang minimalis. Rak rumah atau bufet termasuk perabot yang penting dalam menunjang interior rumah. selain fungsinya yang beragam, rak ataupun bufet bisa menjadi perabotan yang mengedepankan fungsi estetika. Sayangnya, ukuran rak dan bufet yang terhitung besar dan memakan ruangan membuat pemilik rumah meungil harus cermat dalam memilih dan menempatkannya.

Berikut ini adalah panduan dalam memilih rak apabila anda kebetulan memiliki ruangan yang tak terlalu besar atau relatif kecil.

Panduan Memilih Rak

Pertimbangkan dana yang tersedia.

Apabila memiliki dana yang lebih longgar (besar), rak built in yang melekat di dinding rumah merupakan pilihan yang baik karena dapat menghemat ruangan atau tempat. Sayangnya, karena menyatu dengan dinding rumah, maka anda harus mempertimbangkan desain dan kondisi.

Pertimbangkan fungsinya.

Apa yang ingin anda tempatkan di rak tersebut? Televisi dengan perlengkapan audio visual lainnya? Buku-buku? Boneka dan mainan? Ataukah benda-benda yang ingin anda jadikan sebagai pajangan seperti bingkai foto atau benda-benda seni. Pilihan benda yang akan ditempatkan di rak tersebut akan menentukan gaya serta fungsinya. Dengan pemilihan yang pas, maka benda-benda yang ada di dalam rak akan menunjang keberadaanya sebagai perabot penunjang interior.

Baca juga : Tips Mendesain Rumah Agar Nyaman

Pertimbangkan perabotan yang sudah ada

Buatlah daftar furniture/perabotan yang sudah ada di ruang di mana rak tersebut akan diletakkan. Ini akan membantu anda dalam menyelaraskan gaya serta mengurangi kesans sumpek atau berdesakdesakan pada ruangan yang terbatas.

Pertimbangkan modelnya.

Model yang elegan dan tidak rumit adalah pilihan serasi untuk bufet atau rak. Yang memiliki ukiran dan terlalu banyak detail akan memberikan kesan ramai. Apalagi jika banyak barang yang akan disimpan di dalam rak tersebut.

Pertimbangkan alternatifnya.

Pikirkan juga alternatif untuk membuat rak model gantung untuk menghemat ruangan. Rak gantung yang simpel bisa memberikan kesan unik pada dinding rumah. pilihan kayu, metal, atau kaca dapat menonjolkan ornamen dan pajangan yang ingin anda tampilkan di dinding.

Baca juga : Isi Lemari Anda Jamuran? Pakai Serap Air

Memilih Rak Untuk Dapur Minimalis

Pemilihan rak yang sesuai untuk dapur minimalis merupakan hal penting yang tidak bisa dihilangkan. Berikut ini beberapa tips dalam pemilihan untuk dapur minimalis.

  • Rak kayu/rotan.

Rak terbuka berbahan kayu atau rotan sebenarnya cukup mudah untuk dapur kecil, karena kerangkanya kecil sehingga tidak membutuhkan ruang yang besar.

  • Rak gantung

Rak gantung atau floating shelf tidak hanya bisa digunakan untuk menghiasi ruangtamu atau ruang keluarga, namun juga untuk desain dapur minimalis.

Baca juga : Menata Dapur agar tampak Indah dan Rapih 

  • Rak modern.

Ciri utama dari desain dapur minimalis modern adalah desainnya yang mudah dan ringkas. Demikian juga dalam pemilihan media penyimpanan.

  • Rak tersembunyi

Untuk dapur yang kecil, anda bisa menggunakan rak penyimpanan dengan menggunakan rak tersembunyi. Model rak ini tergantung di dinding dapur.

Demikain sekelumit tips memilih rak untuk ruang kecil ya mak, semoga informasi ini bermanfaat dalam menata rumah anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here