Inilah Cara Benar Membersihkan Lantai dan Sofa

0
16
bersihkan lantai
cara membersihkan lantai

Bila selama ini mak super selama ini membersihkan lantai dan sofa dengan cara yang begitu-begitu saja dan hasilnya kurang maksimal, ada tips dan teknik membersihkan lantai dan sofa. Merawat serta menjaga kebersihan rumah atau gedung mempunyai teknik tersendiri. Apalagi jenis bahan pendukung atau perabotan tersebut kadang kala dibuat dari bahan tertentu yang sulit dibersihkan. Dengan mengetahui teknik membersihkannya, masalah yang semula di anggap besar itu menjadi lebih ringan, bahkan anda sendiri bisa mengerjakannya tak perlu memanggil orang lain.

Secara umum, lantai merupakan bagian terbesar dari sebuah rumah. sedangkan sofa, karpet, atau barang-barang perabotan/furniture akan menjadi awet jika dibersihkan secara rutin.

Nah untuk itu, berikut ini adalah teknik untuk membersihkan lantai soda atau karpet untuk rumah anda, agar rumah tampak lebih segar, terkesan baru dan tampak nyaman.

Baca juga : Begini Cara Merapikan Rumah Hanya Dalam 5 menit

Cara Membersihkan Lantai

  • Untuk lantai berjenis keramik yang menggunakan granit, cara membersihkannya harus dipoles dengan HCI atau air asam yang derajat keasamannya (PH) tidak lebih dari tujuh.
  • Selanjutnya dipel dengan forward (semacam pembersih lantai), kemudian dibilas dengan air sampai netral lagi.
  • Untuk mendapatkan hasil terbaik, sebaiknya memakai bahan penghisap debu. Dengan begitu debu akan hilang, karena menempel atau terhisap oleh alat tersebut.
  • Namun untuk jenis lantai terntentu di luar keramik dan granit di- Sedangkan bila lantai marmer harus dikristalisasi sehingga lantai tetap mengkilat.
  • Untuk jenis lantai kayu, cara membersihkan yang paling utama tidak boleh dengan air karena dapat merusak bahan material. Proses pembersihannya menggunakan lap kering yang diteruskan dengan polesan menggunakan murph’s oil. Setelah itu di coating dengan trafic liquid, lalu dilakukan penyemiran secara menyeluruh dengan bahan tertentu.

Baca juga : Tips Mendesain Rumah Agar Nyaman

Cara Membersihkan Sofa / Karpet

  • Untuk sofa, cara pembersihannya serupa dengan karpet. Namun dalam praktiknya ada pencucian kering dan basah, tergantung tingkat kesulitan peralatan tersebut.
  • Mula-mula sofa atau karpet dibersihkan dengan alat penghisap debu.
  • Kemudian diberikan bahan kimia hingga masuk ke pori serat kain atau karpet dengan menggunakan matic machine .
  • Perlu diperhatikan juga pada sofa yang tidak terlalu kotor, artinya jika di dalam gedung dan ruangan ber-AC, cara pencuciannya tidak dengan air karena dapat merusak bahan.
  • Untuk sofa yang terkena banjir, sebaiknya dilakukan pencucian basah.
  • Untuk menjaga agar sofa tetap awet, jangan dijemur yang langsung terkena matahari, tetapi menggunakan mesin pengering.

Baca juga : Tips Mendesain Rumah Agar Nyaman

Cara Merawat Sofa Kulit

  • Bahan kulit umumnya memproduksi minyak untuk melapisi dan melindungi permukaanya. Tanpa lapisan minyak ini, bahan kuit akan cepat kusam dan menampakkan tanda retak-retak atau pecah-pecah karena terlalu kering.
  • Selama masa pakainya, perabotan berbahan kulit akan kehilangan lapisan minyak alaminya. Oleh sebab itu, anda perlu mengganti kandungan minyak tersebut dengan produk perawatan bahan kulit seperti kondisioner dan pelembab guna melindungi permukaan bahan kulit.
  • Supaya perabotan berbahan kulit anda tetap terlihat cantik dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya hindari dari terkena sinar matahari secara langsung atau sumber panas lainnya karena panas matahari dan sinar matahari akan mengakibatkan kulit menjadi kering sehingga mudah retak dan pudar warnanya. Letakkan perabotan kulit setidaknya satu meter dari sumber panas.

Semoga informasi mengenai tips dan teknik membersihkan lantai dan sofa ini bermanfaat ya mak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here